Surat Pembaca

Garansi MODENA Mengecewakan

Saya membeli kompor induksi merk MODENA tipe BI 0721 dengan harga sekitar Rp5 juta. Karena pindah rumah, maka saya simpan sekitar 6 bulan, saya pakai aktual sekitar 4 bulan. Setelah pemakaian 4 bulan, tiba-tiba kompor tidak berfungsi dan muncul code error E5 (keterangan: modul error).

kompor utama
tipe kompor

Saya hubungi MODENA pada tanggal 10 Juni 2022 dan produk masih digaransi. Tanggal 14 Juni 2022, dijadwalkan untuk pengecekan dan diinfokan untuk menunggu spare part maksimal 14 hari kerja. Satu bulan berlalu, tidak ada kabar. Saya mulai tidak sabar dan kesal.

Tanggal 10 Juli 2022 dan 22 Juli 2022, saya telepon dan WhatsApp CS MODENA, baru ada jawaban bahwa spare part tidak ready dan disuruh menunggu kembali. Saya mulai kesal, saya komplain ke CS melalui telepon, penjualan tipe BI 0721 masih ada di pasar online, tetapi mengapa spare part tidak ready? Mengapa tidak disediakan untuk keperluan garansi? Bagaimana dengan nasib pembeli tipe tersebut nantinya? Saya saja yang membeli satu tahun lalu, masih tidak bisa terlayani dengan baik. Sepertinya MODENA hanya asal menulis garansi, tetapi tidak bisa melayani garansi tersebut.

Tanggal 25 Juli 2022, Ibu Emi selaku koordinator komplain menghubungi saya dan memberikan tawaran tukar tambah, dengan alasan spare part tidak bisa disediakan dan sudah tidak diproduksi. Saya diberi tawaran tukar tambah, asumsi jika harga kompor saya Rp 5 juta, dengan depresiasi pemakaian maka saya harus menambah Rp1,7 juta.

Karena tidak ada pilihan, saya menerima tawaran tersebut. Produk infonya akan tersedia pada awal bulan September 2022. Tanggal 27 Agustus 2022, Ibu Emi WA saya bahwa model yang nantinya ready adalah BI 1725 dengan harga Rp 7,6 juta, maka saya harus menambah Rp3 juta.

Sementara saya tolak tawaran tersebut. Saya hanya mau maksimal Rp1,7 juta sesuai perjanjian awal atau silakan dialihkan ke kompor gas atau lainnya, asalkan tidak memberatkan saya. Karena jika menambah Rp3 juta, lebih baik saya membeli kompor induksi baru dengan merk lain karena sudah kesal dengan merk ini.

Di sini saya merasa kecewa dengan pelayanan garansi dari MODENA. Awalnya saya pikir ini merk terbaik, tetapi pelayanan mereka sangat mengecewakan. Seharusnya selama unit masih terjual, spare part seharusnya ada. Atau sekalian saja jangan memberi status Garansi pada produk MODENA. Yang kedua, untuk menanyakan status saja kita harus aktif dan terus tanya, tidak ada info dari pihak MODENA lebih dulu, responsnya juga sangat lama. Semoga ini menjadi pelajaran berharga untuk konsumen lain yang ingin memberi produk khususnya kompor induksi.

Mochamad Cipto Wahyu Sasantimanu
Malang, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan MODENA Terhadap Keluhan Bapak Wahyu

Dengan Hormat, Sehubungan dengan keluhan pelanggan dari Bapak Mochamad Cipto Wahyu Sasantimanu pada tanggal 1 September 2022 dengan judul “Garansi...
Baca Selengkapnya

Komentar

    • terima kasih saya ucapkan ke modena, karena sudah menyetujui menggaransi produknya dengan digantikan dengan tipe lain yang sedikit lebih mahal dan tetap disetujui dengan menambah 1,7 jt. sekarang sudah proses pengiriman.
      semoga tipe yang baru ini lebih awet. dan harapan saya semoga modena selalu ready untuk part garansi-garansi produknya.
      terima kasih atas feedback dan suportnya modena.

  • Modena ini merk branded yg harga barangnya mehong2 kan ya...
    Kacau juga kalo pelayanannya ampe buruk gitu, padahal harganya mehong...

    • Saran Saya Beli Kompor biasa aja Intinya Sama" Nyala dan bisa masak Jangan Liat Gayanya Liat Segi Kegunaan

      • Saran yang bagus tapi versi "biasa" bagi anda dan TS kan beda.

        Mungkin saja TS orang menengah keatas, jadi beli merek tertentu bagi dia biasa.

        Mungkin saja anda orang menengah kebawah, jadi beli merek tertentu luar biasa.

      • ya ada benarnya, tapi kebetulan kita lagi butuh induksi, krn system induksi jika dihitung kwh lebih efisien dan kebersihannya lebih baik, tidak ada asap dari kompornya dan tdk ada angus atau sisa karbon. cuma yg ditekankan disini bukan ttg harga, tapi pelayanan garansi. tks masukannya

      • beda induksi pakai listrik, tau sendiri harga gas fluktuatif, harus ribet masang, klo gas subsidi nyarinya sekarang susah krna dibooking sm warung,restoran

  • HARGA MAHAL PELAYANAN SANGAT-SANGAT BURUK, TERIMAKASIH INFORMASINYA JADI KITA SEBAGAI KONSUMEN TAU MEREK KOMPOR YANG MANA YANG BAIK DAN BURUK

  • Selama masih masa garansi, jika sparepart tipe tersebut tidak ada maka diganti dengan barang baru dengan tipe yang sama atau tipe diatasnya dan tanpa biaya tambahan apapun. Kecuali kita yang minta tukar tambah.
    Itu pengalaman saya di barang electronic dan juga teman saya, pernah mengalami TV 42 inc dapat ganti TV ukuran di atasnya..

  • Barang elektronik jaman now jarang dipake mah malah cepat rusak. Karna gak kena setrum jadi cepat aus part elektroniknya