Shopee Xpress Salah Kirim

Saya ucapkan terima kasih kepada Media Konsumen yang telah memuat surat saya. Perkenalkan, saya salah satu pengguna Shopee. Pada tanggal 25 Agustus 2022, saya melakukan pembelian barang di Shopee Mall via ekspedisi Shopee Express, nomor resi: SPXID028159287338, dan melakukan transaksi pembayaran dengan ShopeePay.

Singkat cerita, pada tanggal 26 Agustus 2022, saya membuat perubahan alamat kirim. Awalnya ke Pancoran, Jakarta diubah ke Taman Sari Jakarta Barat. Hal tersebut sudah disetujui pihak CS Shopee.

Namun ternyata setelah saya cek tanggal 31 Agustus 2022, paket saya malah berada pada jalur pengiriman ke Bangka Belitung. Sehingga saya chat CS Shopee, tapi hanya diyakinkan paket masih di Gudang Shopee di Jakarta dan akan dikirimkan ke alamat yang benar.

Ternyata hari ini tanggal 1 September 2022, paket saya sudah di Pangkalpinang. Padahal harusnya di Jakarta. Saya tanyakan kepada CS Shopee, paket akan dikirim ke mana? Namun CS tidak bisa memberikan jawaban, karena terkait teknis. Padahal perubahan alamat saya sudah jelas, tetapi kenapa paket saya sudah sampai di Sumatera?

Mohon informasi dan tindak lanjut dari Shopee.

Olivia Josephine Wijaya
Kupang, NTT

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Mending batalkan dulu kemudian order lagi dengan alamat yg benar. Apalgi belanja di mall, mustahil alamwt ditulis manual. Anda hub cs untuk ganti alamat tp kalau resi sudah di cetak ya susah. Kl dilihat dr trackingnya jelas alamatnya tdk bisa dirubah, tp kenapa bs sampai pangkalpinang? Yg nulis ini kupang, order kirim ke jakarta, paketnya bisa sampai pangkalpinang. Mumet ra kowe :D

    • Benar pak, yang saya pertanyakan kenapa ke pangkal pinang. Kalau memang tidak bisa diubah dan dikirim ke alamat pertama, saya tidak mempermasalahkan. Namanya pesanan pak, kita pesankan untuk orang lain dengan alamat lain kan bisa juga..

      • Mungkin larinya ke Taman Sari Pangkal Pinang, emang paling sering paket nyasar2 pakai shopee express

        • Paket dari shopee sering banget nyasar tiap bulan ada aja yg nyasar tujuan cianjur malah ke palangkaraya udah sering saya alami, dan jasa kirimnya j&t tapi aneh saya belanja dari mp lain belum pernah ada yg nyasar

      • Seharusnya konfirmasi dulu ke pihak penjual. Apakah alamat yang di tulis di pengiriman itu benar.
        Karena kalo pihak shoppe express itu hanya mengirimkan sesuai dengan alamat yang tertulis.
        Karena kalo cek lokasi barang. Kan tiap barang ada kode nya sendiri2. Dan pelacakan nya kan di update tiap memasuki gudang2 singgah sesuai dengan tujuan pengiriman.

  • Jangan terlalu percaya dengan CS. Benar yang dikatakan bung Hery Mulyanto, batalkan dulu dan pesan ulang dengan alamat yang sesuai. Kalau sudah begini anda rugi waktu dan menguras emosi akibat "kesalahan" sendiri.

    Ini pihak SoPuih juga makin hari layanannya makin turun kasta aja, bikin si Ijo makin senyam-senyum-sambo. Alamat pengiriman di Jakarta (setelah diganti masih di Jakarta) tapi kenapa kudu lewat PangPin dan BaBel segala sih? Entah pihak marketplace atau pihak ekspedisi yang sedang bermain konspirasi kasus salah antar disamarkan jadi kasus penculikan.

    • Sudah saya coba batalkan dahulu sebelum dipickup kurir. Namun seller tidak mau. Sehingga saya menanyakan ke Cs apa bisa diubah. Bila tidak, sebenarnya saya bisa ambil ke tempat alamat pertama. Disayangkan berkembang seperti ini.

    • Saya juga pernah mengalami, alamat di lampung tapi saya tracking 1 hari kemudian sampai denpasar, malah besoknya sampai ke mataram. Tapi karena itu bukan barang urgent saya tunggu aja barangnya sampai bang, dan syukur akhirnya sampai juga orderan saya. Mungkin bagian sortir nya salah tarok. Semoga orderan abang nya juga segara sampai

  • Sebelum membuat order pastikan dulu semuanya, alamat kirim, pembayaran dan dsb. Untuk menghindari salah kirim, sebaiknya jangan merubah alamat pengiriman setelah dibuat order, bisa membingungkan sistem. Dan, yang mencetak alamat pengiriman itu seller, bukan marketplace.

    Seringkali costumer kurang teliti ketika melakukan transaksi, seperti salah ketik nomor rekening, salah ketik nomor akun / hp, mengganti alamat secara tiba-tiba, dsb. Perlu diperhatikan, transaksi online itu pakai sistem, bukan manual yang bisa seenaknya gonta-ganti alamat. Kalau udah begini, yang pusing bukan hanya costumer, tapi juga seller, marketplace sampai dengan kurir. Salah sedikit bisa fatal jadinya!

    • Benar pak. Bila memang tidak bisa mengubah alamat, bisa diinformasikan shopee ke saya. Saya diinfokan bisa mengubah alamat tetapi anehnya malah dikirim ke bangka belitung. Ini yang saya pertanyakan.

  • Kekeliruan ini akibat dari costumer yang tidak konsisten dengan alamat pengiriman, akhirnya komplain di MK.

    • Saya tanya shopee bisa diubah sehingga saya ubah. Bila memang tidak bisa, bisa diinfokan saat saya chat CS nya. Bukan mengiyakan.
      Terima kasih pendapatnya pak, yang super helpful.

  • Mgkn paketnya butuh refreshing,jd jalan2 dulu sampe pangkal pinang trs baru ke jkt.itu jg syukur kl nyampe jkt...biasanya kl dah nyasar trs ilang arah ngga jelas kemana...makin keren aja dah ni so pie

  • Sya jga prh kejadian kyk gini, sya dibekasi Utara trs order jeans dri seller shopee yg ada dibekasi timur...
    Setelah 2hri pas sya mapping pketan sya jln2 ke Semarang 🤭
    Hari ke 5 Bru smpe ke sya...mungking kang paket lelah hahaha

  • GPP itu, saya pernah beli barang dr kudus kirik ke boyolali, tp di aplikasi barang di Pontianak tapi selang beberapa jam barang sampai dirumah