Surat Pembaca

Shopee Xpress Salah Kirim

Saya ucapkan terima kasih kepada Media Konsumen yang telah memuat surat saya. Perkenalkan, saya salah satu pengguna Shopee. Pada tanggal 25 Agustus 2022, saya melakukan pembelian barang di Shopee Mall via ekspedisi Shopee Express, nomor resi: SPXID028159287338, dan melakukan transaksi pembayaran dengan ShopeePay.

Singkat cerita, pada tanggal 26 Agustus 2022, saya membuat perubahan alamat kirim. Awalnya ke Pancoran, Jakarta diubah ke Taman Sari Jakarta Barat. Hal tersebut sudah disetujui pihak CS Shopee.

Namun ternyata setelah saya cek tanggal 31 Agustus 2022, paket saya malah berada pada jalur pengiriman ke Bangka Belitung. Sehingga saya chat CS Shopee, tapi hanya diyakinkan paket masih di Gudang Shopee di Jakarta dan akan dikirimkan ke alamat yang benar.

Ternyata hari ini tanggal 1 September 2022, paket saya sudah di Pangkalpinang. Padahal harusnya di Jakarta. Saya tanyakan kepada CS Shopee, paket akan dikirim ke mana? Namun CS tidak bisa memberikan jawaban, karena terkait teknis. Padahal perubahan alamat saya sudah jelas, tetapi kenapa paket saya sudah sampai di Sumatera?

Mohon informasi dan tindak lanjut dari Shopee.

Olivia Josephine Wijaya
Kupang, NTT

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Shopee emang aneh, paket saya pernah sudah sampai kota tujuan malah dikirim balik ke penjual tanpa upaya pengiriman ke alamat tujuan.

  • Baru tau kalo bisa ganti alamat pemgiriman setelah checkout (bahkan untuk kasus penulis ini malah ganti alamatnya di keesokan harinya)

    Biasanya sih yang bisa diganti itu ekspedisinya, itupun kalau status paket masih belum berubah ke DIKIRIM alias selama masih disiapkan sama seller nya

    • Iya pak. Saya baca di shopee katanya bisa. Dan saya konfirmasi ke cs pun bisa. Sehingga saya ganti. Hanya saja kok pengiriman bukan ke alamat pertama atau kedua. Tapi ke pangkal pinang ?

      • Dan sampai sekarang belum keterima juga paketnya?

        Sudah koordinasi ke seller kah sebenarnya paket itu ditujukan kemana?

    • Bisa di ganti jga kalo alamat dengan catatan seller belum cetak resi + sebelum CO ada alamat lain, tapi tetap memperhatikan biaya ongkir setelah ganti alamat, ya kalo ongkir nya lebih mahal dr alamat saat CO ya gak bisa, misal CO 1 provinsi ongkir sekitar 10k yg di bayar tapi kalo ganti alamat beda provinsi dan bayar 20k ya jelas gak bisa

  • Kesalahan dari admin cs yg ga tahu persis disistemnya jika ada perubahan alamat setelah di order, kesalahan kdua (dan yg paling utama,) dari ekspedisi/kurir shopeenya, krn biarpun telat dirubah tapi yg dipakai mestinya alamat awal.....knp juga mesti jalan2 ke pangkal pinang???, Saya penasaran apakah pernah ada kasus yang sampai salah kirim ke luar negeri ga ya??? Inipun fix sistem mereka ga bagus dan amburadul

  • Apakah paket cod ? Atau non cod ?

    Jika penggantian alamat ketika sudah muncul notif pesanan sedang di pickup jelas tdk bisa dilakukan , namun solusinya adalah ketika sudah delivering tinggal jangan di klik pesanan sudah diterima . Namun klik ajukan pengembalian barang .beres . Dana kembali jika non cod kalu cod ya otomatis nanti batal dgn sendirinya .ketika sudah sampai pesanan di pickup pun seller tdk bisa membatalkan karna barang sudah jalan

    • Belanja di Shopee malesin emang. Pernah beli barang, murah aja. Itu status pengiriman ga berubah2 selama seminggu dan dinyatakan hilang sama kurir. Eh besok ya datang paketnya. Jadi bayar manual transfer bank ke seller krna keburu refund