Pembajakan Akun Bukalapak

Kronologinya terjadi pada tanggal 30 Agustus 2022 mulai pukul 03.27. Saya kondisinya sudah tidur dan bangun pukul 06.56. Pada saat bangun, saya lihat bahwa pada akun Bukalapak saya sudah ada 9 transaksi pembelian voucher game Steam.

Berikut terlampir beberapa bukti screenshot dengan nomor transaksi Bukalapak:

  • BL2217YEP712INV
  • BL2217YEP77TINV
  • BL2217YEP756INV
  • BL2217YEP7D8INV
  • BL2217YEP7A5INV
  • BL2217YEP7HXINV
  • BL2217YEP7P8INV
  • BL2217YEP7UAINV
  • BL2217YEP7FPINV

Pembelian voucher Steam terjadi dengan nominal Rp595.201 sebanyak 7 kali. Namun pada kali ke-8 transaksi tidak berhasil, karena saldo tidak cukup, jadi diubah untuk ambil yang nominal lebih kecil yaitu Rp119.653. Selanjutnya kali ke-9 terulang kembali tidak berhasil, karena saldo tidak cukup, jadi diubah nominal untuk pengambilan Rp89.355. Sehingga saldo tersisa Rp19.660.

Saldo saya saat itu Rp4.395.075, karena ada hasil penjualan di Bukalapak yang belum saya cairkan, dikarenakan saya berencana untuk jadikan modal untuk promosi di Bukalapak. Saya berjualan kaca film dan karpet di Bukalapak, di bagian otomotif untuk mobil.

Saya sudah melakukan laporan di Bukalapak. Namun jawaban customer service berujung bahwa kesalahan di pihak saya dikarenakan tidak ada pengaktifan TFA (Two Factor Authentication).

Padahal ketika saya cek, kondisinya di akun saya itu sudah aktif TFA (Two Factor Authentication):

Mohon pihak Bukalapak untuk bisa membantu tindaklanjuti permasalahan ini. Mengingat pembajakan ini ada kemungkinan hacker yang menembus pengamanan Bukalapak. Bagaimana bisa saya pihak yang gaptek, tidak mengerti komputer secara detail, malah jadi disalahkan?

Kelvin Tarjanto
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Perihal Pembajakan Akun Bukalapak

Dengan hormat, Terima kasih atas masukan yang diberikan kepada Bukalapak melalui kanal Media Konsumen. Kami informasikan bahwa terkait dengan kendala...
Baca Selengkapnya

9 komentar untuk “Pembajakan Akun Bukalapak

  • 3 September 2022 - (10:20 WIB)
    Permalink

    “Bagaimana bisa saya pihak yang gaptek, tidak mengerti komputer secara detail, malah jadi disalahkan?”

    karena ini malah anda yang saya curiga bersalah, keamanan sebuah akun di media sosial itu seperti brankas, sekuat apa pun pintu dan sistem keamanan brankas nya, ujungnya bisa dibuka oleh kunci

    kunci ini dipegang oleh pengguna nya, yaitu anda, kalau kunci ini secara tidak sadar anda berikan kepada orang lain, atau anda memberikan akses ke orang lain untuk punya kunci itu, ya brankas nya pasti kebuka gimana gimana

    jadi karena anda tidak mengerti komputer dan gaptek, saya curiganya ya jelas celah keamanan nya ada di anda, kenapa begitu? ya kalau hacker nya ini bisa membobol sistem keamanan bukalapak tanpa perlu tahu apa-apa dari sisi pengguna nya, ya semua ID bukalapak g lama sekarang sudah dibobol dong.

    3
    4
    • 3 September 2022 - (11:02 WIB)
      Permalink

      Tidak mengerti komputer secara detail. Bukan tidak mengerti sama sekali.

      Menanggapi komentar ini , seharus nya anda bertanya apakah saya ada memberikan data atau password saya k pihak lain. Bukan lgsg memastikan seakan2 saya sudah memberikan data / password saya k org lain.

      Kejadian dibobol oleh hacker itu tidak selalu kesalahan dr kita memberikan password k pihak lain. Ada kemungkinan kegagalan dalam sistem, dimana kejadian seperti kebobolan ini bukan kejadian satu satu nya.

      Jadi yang diminta dr kami pihak yang dirugikan itu adalah kontribusi dr pihak bukalapak nya bila ada kejadian yang jelas dikarenakan HACKER.

      Dapat d cek jg info saya d atas. Kondisi nya itu pola hack ini adalah menggunakan coding , pembelian voucher yg 595.201 sebanyak 7x dan ke 8x nya gagal d lanjutkan dengan nominal yg lebih kecil begitu seterus nya.

      Poin nya adalah bila hacker menggunakan coding untuk menjebol, itu artinya sistem bukalapak nya yg dijebol dan kebetulan yg kena saya dan saya yg melanjutkan nya k media konsumen ini. Yg kena sudah pasti bukan saya saja

      4
      1
      • 3 September 2022 - (12:25 WIB)
        Permalink

        pertanyaan nya kalau pakai coding, kebetulan anda kena, dan pastinya tidak hanya anda yang kena, kenapa tidak SEMUA kena?

        apa beda 1 akun dengan yang lain? kenapa 1-2-3-10-100 akun kena sementara jutaan lainnya tidak kena?

        nanggung banget nyuri uang

        1
        4
        • 3 September 2022 - (23:16 WIB)
          Permalink

          Pernah sekolah ga sih bang! Gini klo sekolah ga pernah budaya literasi. Pantes aja sih peringkat literasi masyarakat indo jeblok. Klo gtw masalah coding mending ga usah mojokin orang. Belajar dong makanya. Buku bukan buat bantal!!!!! Komentar anda menunjukkan seberapa jauh literasi anda

  • 3 September 2022 - (23:21 WIB)
    Permalink

    Saran saya secepatnya membuat laporan ke polisi karena sudah termasuk kejahatan. Dari surat laporan bisa dijadikan penguat untuk komplain ke pihak Bukalapak. Thns

  • 4 September 2022 - (06:34 WIB)
    Permalink

    Biasanya pembobolan di flatform di Indonesia cara tradisional. Menghubungi customer dan entah dari mana data kita kepegang oleh mereka. Itu patut dicurigai oleh internal bukalapak. Dan pastinya mereka pernah tanya keamanan 2 langkah tersebut ke anda dengan berbagai motif. Dan dengan leluasa mereka membobol dana anda. Kejadian tersebut pernah dialami sya. Di flatform lain. Dengan iming kenaikan limit. Secara tidak sadar kita terhipnotis via telepon. Sistem keamanan flatform kita masih buruk didunia. Menyangkut transaksi. Data terus banyak di Reskrim seluruh Polda. Korban udah puluhan ribu orang.

  • 4 September 2022 - (07:07 WIB)
    Permalink

    Program di aplikasi atau situs bisa di copy paste oleh hacker. Dan mereka sering memunculkan situs bayangan di media sosial. Dari sana data kita diambil. Dan dengan leluasa mereka bobol dana kita.

  • 4 September 2022 - (07:40 WIB)
    Permalink

    Kalau sdh 2 factor authentication gak mungkin terjadi pembobolan tanpa anda ketahui. Karna begitu hacker mencoba log in udah ada notif email masuk tentang percobaan log in dan pasti ada email jg untuk izin masuk akun BL anda. Bekum ada coding untuk izin masuk dan main terabas akun anda tanpa izin dari pemilik. Kecuali anda sering memakai komputer kantor/umum untuk buka email dan BL dan lupa log out setlahnya.

  • 5 September 2022 - (11:49 WIB)
    Permalink

    saya jg pernah kejadian di bukalapak,subuh2 ada sms masuk kode otp
    dan ada notif email ada yg mencoba login akun saya tetapi tidak berhasil
    besok paginya pas saya liat langsung saya apus data2 dan nomor2 kartu yg terdaftar di situ dan telepon ke cs minta blokin akun.dan saya idak menggunakan app itu lg
    sayangnya tidah bisa hapus akun karena beberapa proses yg menurut saya agak repot.

 Apa Komentar Anda mengenai Sistem Keamanan Bukalapak?

Ada 9 komentar sampai saat ini..

Pembajakan Akun Bukalapak

oleh Kelvin dibaca dalam: 1 menit
9