Perlakuan Tidak Menyenangkan dari Kolektor Leasing

Saya Rahadian Pramudya Abiyoga, selaku kreditur lama BFI Finance (sejak tahun 2019), merasa kecewa dengan perlakuan kolektor dari BFI. Saya datang ke kantor BFI Finance di Ruko Citra Grand Cibubur, pada hari Rabu tanggal 24 Agustus 2022, untuk membayar angsuran saya. Saat saya memberikan kartu debit saya di meja kasir, tiba-tiba kolektor tersebut mengeluarkan kata-kata dengan sedikit nada yang menantang dan bilang saya “sok jagoan” di depan kasir.

Dia juga mengatakan “Mau di-input atau tidak pembayarannya?”. Pada saat itu sedang ada banyak customer juga di situ, sehingga saya berkata bernada tinggi juga menanggapi perkataan kolektor tersebut dan menjadi perhatian customer lainnya. Silakan dicek sendiri di CCTV dalam kantor BFI.

Saya tidak tahu latar belakang dan alasan kenapa kolektor berkata kasar seperti itu, maka dari itu saya komplain lewat Media Konsumen. Poin yang saya ingin sampaikan:

  1. Saya selalu kreditur lama (hampir 4 tahun) di BFI baru kali ini mendapat perlakuan seperti itu dari kolektor BFI.
  2. Customer datang ke kantor untuk bayar angsuran, tapi kenapa diperlakukan seperti itu oleh kolektor? Apa memang kolektor BFI seperti itu semua? Jika tidak, saya minta diganti kolektor untuk account saya di BFI, yang bisa lebih sopan dalam bertutur kata.
  3. Seyogyanya BFI menyaring kolektor, disesuaikan dengan account customer dan histori pembayaran seperti apa.

Saya mohon dapat ditindaklanjuti oleh pihak BFI. Terima kasih.

Rahadian Pramudya A.
Kab. Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan BFI Finance Atas Surat Bapak Rahadian Pramudya Abiyoga

Kepada Yth. Redaksi Surat Pembaca Mediakonsumen.com, Sehubungan dengan surat Bapak Rahadian Pramudya Abiyoga pada Surat Pembaca Mediakonsumen.com yang berjudul “Perlakuan...
Baca Selengkapnya

Komentar

    • Saya percayakan saja ke BFI utk menindaklanjutin. Secara perusahaan sudah Tbk pasti punya SOP management yang bagus. Kalau pun ada yang tidak benar, itu hanya Oknum yg perlu ditegaskan akan SOP yang harus dilakukan sesuai aturan Perusahaan agar tidak mencoreng nama baik perusahaan yg sdh dibangun bertahun-tahun.

  • Si kolektor ini ujug2 bilang begitu aja atau ada latar belakangnya?

    Kalau ujug2 bilang bgt, tunggu diluar sampai dia keluar kantor, bawa ke tempat sepi baru interogasi apa motif ngomong kek gitu? Kalau a-i-u-e-o ya tinggal "beri pelajaran"

    • Kalau latar blkg sya tdk tau, jadi sya anggap itu ujug2 berkata sprti itu kpd saya.
      Saya percayakan ke BFI saja utk menindaklanjutin hal itu.

      • Latar belakangnya ga tau? Collector biasanya marah kalau ada yg nunggak. Lihat bukti anda, anda nunggak hampir 2 bulan, kita ga tau deh respon anda saat collector nagih gimana, sampai2 tuh collector marah2 saat ketemu anda

    • Walaupun misalnya nunggak, tidak pada tempat nya collector berlaku tidak sopan apalagi didepan customer di Kantor BFI. Walaupun semisalnya ada sikap yang tidak sopan dari Abang Rahadian. Bukankah ada satpam sbg. Keamanan kantor Yg lebih tepat dan terlatih untuk mengurus hal seperti Ini.

  • Kayaknya anda nggak tepat menyebut diri anda kreditur. Lebih tepatnya debitur. Sebab pengertian kreditur itu orang yang memberikan kredit/pinjaman. Kalau debitur orang yg berutang atau menerima kredit/pinjaman dari kreditur.

    Enak2nya menyebut kreditur

    • Kalau tentang hal itu silahkan dikoreksi.
      Bukan hal saya "Enak2nya menyebut Kreditur" krn sya jg kurang paham utk posisi kreditur/debitur sebagai Konsumen/Customer dan itu bukan pokok permasalahan yg saya postingan media konsumen.

  • Sewaktu dulu saya pengajuan suruh tunggu lama.. setelah beberapa lama sy batalin.. seperti gak ada lising lain..

  • Penah nunggak angsuran ga? Kalau iya mungkin pihak BFI pernah hubungi atau datang ke rumah anda namun tidak direspon baik oleh penghuni rumah atau anda.

  • Jadi begini, yg harus dipahami klo udeh terlibat dgn pinjol apalgi dgn pinjol jgn berharap kenyamanan lg. Klo udeh memutusan pinjem persiapkan mental deh.

  • Kalau dilihat by data history payment telat 2 dan hampir mau masuk ke 3 bulan sampek terhitung agustus 2022, wah harusnya sudah ada somasi tuh dr pihak leasing minim ada kunjungan penagihan.. Kl dr pihak kolektor bs bertindak seperti bs jadi keterlambatan tersebut jd pemicunya emosi dikantor, ya ud dibayar aja angsuran dan dendanya sekalian.. Bukan saya membela leasing toh sy jg bukan orang leasing ... Ya bersyukur unit anda gak kena matel.. Kl kena matel dan ketarik, seupama nih gugat dipengadilan coba aja kl menang dipengadilan sampek tingkat PT saya salut sama kuasa hukum yg bela.. Dan jgn lupa cek data diri di OJK masuk gak tuh telat angsuran anda.. Dari OJK nanti bakalan keliatan kok history angsuran data awal sampek akhir. Yg akur yah kl ada angsuran.. Thanks

  • Kreditur itu pihak yang menberikan pinjaman. Kalau yang berhutang (anda) namanya debitur.
    Membayar angsuran pinjaman kan bisa melalui transfer antar bank, jadi lebih nyaman bagi debitur.
    Apakah selama 4 tahun menjadi debitur BFI anda selalu membayar angsuran langsung ke kantor BFI dan baru nengalami kejadian seperti ini?