Driver Grab Tidak Bertanggung Jawab dengan Menggantung Orderan Masuk

]Tgl 03 September 2022, saya terima order di resto saya GF 174 dengan rincian pesanan 4 paket bebek goreng (diskon 40%). Sebelum orderan masuk cuaca normal. Pas adzan Magrib saya pergi sholat dulu ke masjid. Lagi wudlu hp saya bunyi ada orderan masuk dan qodarullaah saat itu langsung turun hujan deras.

Karena sudah wudlu saya izin sama customer untuk sholat magrib terlebih dahulu dan customer setuju. Selesai sholat hujan masih deras saya memaksakan diri kembali ke resto. Dalam keadaan basah kuyup saya segera mungkin menyajikan makanan untuk customer.

Alhamdulillah tidak berapa lama selesai semua siap di-pick up makanannya. saya chat lagi customernya dan mengabari kalau makanan sudah ready tapi driver Grab belum juga datang. Tiba-tiba customer balas kalau drivernya minta cancel. Karena kaget saya langsung telepon driver dan drivernya bilang mau ganti baju dulu karena baju basah nanti langsung mau ambil makanannya.

OK saya tunggu lagi, daaann setelah 1 jam lebih menunggu tidak pernah datang drivernya (ditelepon juga hp-nya mati). Saya keluhkan ke cs Grab tapi mereka tidak bisa bantu saya sama sekali dengan no pelaporan 332897423 mereka menyuruh saya untuk menunggu driver pick up makanannya. Tapi setelah setengah jam lagi saya nunggu di aplikasi map grab merchant driver-nya masih gak gerak-gerak juga. Saya telepon pun gak diangkat.

Yang saya keluhkan di sini, pertama kalau memang mau cancel karena hujan sejak awal kenapa driver gak lakukan dari pertama kali orderan masuk (karena saat itu hujan pasti saya juga ngerti dan gak sampe harus menerjang hujan deras untuk menyajikan makanan di resto).

Kedua kenapa driver-nya mesti berbohong dengan alasan ganti baju dulu langsung mau pick up makanannya. Di sini bukan saya saja yang drugikan tapi customer juga dirugikan.

Ketiga, kenapa gak langsung drivernya aja yang cancel orderannya kenapa driver harus nunggu pihak resto yang cancel? Karena resto juga gak mau main cancel aja kalau memang semua sudah siap kenapa kita harus cancel? Apalagi dengan aturan grab yang baru kalau untuk klain orderan yang cancel hanya dikompensasi 40% dari harga yang tercntum setelah dikurangi komisi grab dan biaya promosi.

Pelajaran utamanya untuk pihak Grab tolong lebih selektif dan drivernya di-training lagi untuk meminimalisir driver yang seenaknya aja menggantung orderan.

Sri Yuliani
Bandung

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

124 komentar untuk “Driver Grab Tidak Bertanggung Jawab dengan Menggantung Orderan Masuk

    • 5 September 2022 - (05:35 WIB)
      Permalink

      Banyak aturan siih. Jadi merugikan customer dan driver.. ente yg enak cuman Nerima duit ??

      Cari karyawan bakso syaratnya
      Punya gerobak
      Punya modal
      Punya bumbu

      Hasil di bagi dua

      27
      17
    • 5 September 2022 - (12:36 WIB)
      Permalink

      Menurut sy kesalahan pertama ada di pihak resto
      Kalo memang dlm kondisi tdk siap melayani pesanan seharusnya off aplikasi (tdk menerima pesanan)
      Jika pihak grab tdk bisa menangani mslh dg cepat ini sgt aneh , patut dipertanyakan CS atau systemnya
      Driver tdk bertanggung jwb
      Yg jelas konsumen lah yg paling dirugikan

      8
      7
      • 5 September 2022 - (16:34 WIB)
        Permalink

        Kita mana tau orang juga driver nya gak ada disini. Gimana kondisi lapangan juga gak ngerti. Kalo hujan biasanya ngeblast ,mungkin juga dia udah jauh jauh nyampe resto gal ada orang,lagian mana Tau drivernya kalo resto Lagi sholat, kan ada fitur off atau cancel juga d resto nya .driver juga kalo mo sholat di off in. Ini berarti resto nya gambling ditinggal sholat ke masjid orderan masuk hujan hujan bodo amat sama driver kalo nyampe mau gak mau harus nunggu. Lain sama aplikasi gojek resto terima orderan donating baru system nyari driver. .kalo driver cancel kena penalty trus resto mau off Mau cancel orders tetep tergantung sama yg beli .keliatan kan restonya semaunya sendiri trus laporan k kolom pembaca, pdhl dia juga bilang kalo salah gak off in aplikasi

        12
        2
      • 7 September 2022 - (11:05 WIB)
        Permalink

        menu sudah siap tapi gak diambil, ini driver yang gak profesional, klo gak mau ambil tinggal cancel, nyusahin orang

    • 5 September 2022 - (13:14 WIB)
      Permalink

      Dilihat Dari kronologinya , pihak resto tidak mematikan aplikasi restonya ketika mau sholat, nah ketika orderan masuk pihak resto hanya konfirmasi ke pelanggan minta ijin,Dan tidak mau Tau kondisi SI driver udah nyampe resto apa belum, tanda kutip masa bodoh DG driver mau dah nyampe apa blm.bisa jadi SI driver sebenarnya udah nyampe Dan kondisi tidak ada penjual karena ditinggal sholat, atau mungkin d bilangin penjual sebelah kalo pihak resto LG sholat, mungkin SI driver juga jengkel knp gak dimatiin aplikasi kalo mau jeda sejenak Dr aktivitas? Lagian pihak resto juga Tau Salah tapi gak may Tau malah nulis did kolom pembaca,sebenarnya terlihat karakter pihak restonya .dia bisa cancel gak may cancel ,dia mau jeda Dr aktivitas gak mau off in aplikasi restonya . Lalu nyalahin driver trus ngeshare ke kolom pembaca ? jadi nilai sendiri karakter pihak restonya

      29
      4
      • 5 September 2022 - (13:46 WIB)
        Permalink

        ya nda, kalau emang gt kejadian nya kan tinggal driver nya aja cancel, skrg kalau dibalik kenapa si driver aja g mau cancel? apa alasannya?

        7
        6
        • 5 September 2022 - (13:56 WIB)
          Permalink

          Tau kenapa driver gak bisa cancel? Apa efeknya jika order dicancel oleh driver? Itu aplikasi ojolnya bisa² anyep… Sepi… Karena cancel orderan…
          Bukan begitu abang² grab???

          28
          3
        • 5 September 2022 - (14:18 WIB)
          Permalink

          Saya pernah jadi driver

          Setelah cancel pesanan membuat performa turun dan membuat akun anyep
          Seharusnya kalok resto gak siap off in aplikasinya

          Di driver juga sama kalok gak siap harus off aplikasi agar performa gak turun

          13
          1
        • 5 September 2022 - (14:18 WIB)
          Permalink

          Anda kira cuma anda yang nerobos hujan
          Driver ke resto pun kalok hujan ya di trobos

          11
          2
    • 5 September 2022 - (14:10 WIB)
      Permalink

      Driver utk food pilihin yg intelektualnya tinggi. Karena food beda ma ekspedisi

    • 5 September 2022 - (17:21 WIB)
      Permalink

      si penjajah singapur tuh gak pernah bisa kasih solusi. dia gak peduli sama budaknya

      2
      2
    • 5 September 2022 - (17:47 WIB)
      Permalink

      Wah lain kali kalau aku dapat orderan food terus restonya tutup tapi aplikasi tetep di buka aku muat aja ya di sini ……perlu di ketahui juga kami para driver juga sering di rugikan kami dapat orderan food ketika kami tpl restonya gak diangkat dan ketika kami sampai lokasi tujuan resto tutup….itu gimana kami juga sering di rugikan bensin,waktu,tenaga dan performa akun kami ketika cancel pasti akan berkurang performanya dan berakibat akun kami sulit menerima orderan lagi ….itu gimana boss….kalau masalah hujan kami juga sering kehujanan ketika sampai restonya tutup…….

      15
    • 5 September 2022 - (22:22 WIB)
      Permalink

      Semoga Grab lebih bijak menanggapi ya ,
      Tidak langsung main Suspend driver .
      Masukkan buat para pelaku usaha , coba jangan selalu hanya menyalahkan driver , intropeksi juga di internal apakah sudah baik ke Driver ojol atau hanya memanfaatkan saja , baiknya hanya ke Customer , ingat driver juga customer anda , buat nyaman mereka dengan hanya segelas teh manis atau kopi ketika mereka menunggu itu akan buat mereka merasa dihargai dan akan rajin bolak balik ke resto anda , dan ketika ada kendala seperti ini resto bisa cancel ko , dan sebelumnya minta cs order ulang setelah di cancel , ga usah ribet , seandainya memang order sudah di buat dan gak ada yg ambil , ya cancel saja , setiap usaha resto ada yg namanya waste / riject , buat temen temen driver coba lebih bijak juga kesel sih kesel ujan ujan ngeblast tapi ya kalau gak mau diambil tinggal cancel aja ,
      Saya pelaku usaha pengelola cafe dan juga driver ojol grab , jadi sebenernya ini yg lebay pihak resto nya , tarik angka 1 sampai 50 order yg seperti ini yg bagus berapa Bro yg Jelek bermasalah berapa , yg jelek di ingat sampai dilaporkan yg bagus drivernya gak ada apresiasi , dan saya liat jga di bawah banyak yg komen menyalahkan Grab membandingkan dengan Gojek, intinya pihak resto jangan pelit pelit buat driver sambil order bisa kasih sesuatu ke mereka biàr ke depannya sama sama lancar

      11
      • 13 Juli 2023 - (22:57 WIB)
        Permalink

        iya setuju, kalau driver ga mau ambil dia dong yang cancel,.kesel bgt gw, dah bayar langsung, pesenan dah diproses di dapur, driver malah minta cancel alasannya karena aplikasinya salah, dia itu g*ab driver bukan g*ab food, lah kan dari awal gw mesen pake g*ab food, langsung ada proses pemesanan nya jelas, kalau dha di proses di dapur kan kita gak bisa cancel sebagai customer, trus driver minta ongkos diluar ongkir langsung di kirim ke e wallet dia, kalau gak makanan ga diambil, kan bangke bgt. gw ga bisa cancel, dia ga mau tahu, gw harus cancel, sedangkan di aplikasi udha gak bisa dicancel.karena pesanan dah masuk dapur, trus gw yg ilang duitnya, drpd kerugian makin gede gw transfer uang ke driver, baru dia mau ambil itu pesenan mana diantas 50rb lg ongkirnya, padahal gw dah bayar order plus ongkir juga di aplikasi, hadeeeh trus ini siapa yg salah??? padahal gw dah seriiiiing pesen makanan lwt aplikasi ini dan baru kali ini dpt kasus ky gini

    • 5 September 2022 - (22:48 WIB)
      Permalink

      Seharusnya kaya aplikasi sebelah, rentan waktu 10-15 menit driver ngk gerak ke resto orderan auto ganti driver

    • 6 September 2022 - (03:02 WIB)
      Permalink

      Saran nih buat grab. Rubah Peraturan yg sekarang, biasanya kan Kalau Orderan Grabfood masuk bareng tuh Sama cari driver langsung. Sekarang Rubah.
      Jadi Orderan masuk dulu ke restauran, jika restauran klik Makanan udah jadi baru cari driver, Nahhh jika driver Masuk Orderan tersebut terus cancel, kenakan suapan 1Jam. Dan jika Driver Datang ke restauran tapi restauran belum Bikin Makanan tapi sudah klik Makanan sudah Jadi, driver sudah klik sudah sampai, lebih dari 5mnt nunggu blom jadi juga wajib Cancel Otomatis. Tapi ingat Harus di sosialisasikan terlebih dahulu. Biar Pihak restauran Dan driver Nggk Gagal paham. Di jamin Tuh Nggk bakalan ada orderan Yg di cancel. Dan nggk ada yg di rugikan juga…

      3
      2
  • 4 September 2022 - (12:35 WIB)
    Permalink

    Wah, payah si ojol Grab, menggantung order costumer, sangat gak bertanggung jawab!

    Seharusnya kalau si ojol gak mau ambil order karena hujan, di cancel aja biar gak rugikan costumer dan resto. Tampaknya si ojol gak mau cancel supaya performa nya gak jatuh, makanya dia gantung spy costumer atau resto yang cancel. Si ojol licik!

    Dengan membuat surat di MK ini, besar kemungkinan di ojol akan kena sanksi di suspend hingga di PM sama Grab.

    35
    21
    • 4 September 2022 - (17:54 WIB)
      Permalink

      Wkwkwkwk itu biasanya driver punya banyak aplikasi . Seenaknya ga mau jaga akunnya. Mungkin klo dia disuspend .dia ada aplikasi shope. Lalamove .indriver .maxim.gojek.
      Makanya dia santai masa bodoh. Harus dibersihkan driver kayak gtu

      33
      12
      • 5 September 2022 - (16:26 WIB)
        Permalink

        Yg jadi masalah restonya gk siap orderan, ditinggal sholat gak mau off in aplikasi ,kalo mas driver pasti ngerti kondisi hujan pasti ngeblast nyampe resto kalo penjualnya gak ada di tempat gimana? Kalo driver sholat juga matiin aplikasi. La mas sok tau emang kondisi lapangan seperti apa juga gak ngerti. Resto juga punya fitur off atau cancel orderan

        5
        1
    • 4 September 2022 - (18:21 WIB)
      Permalink

      Biasanya itu driver buangan .soalnya driver2 bekas gojek yang bermasalah . Disuspend .lari ke grab. Soalnya teman2 saya yang bermasalah ga sopan. suka main gantung .suka main ofik dia nariknya pake grab. soalnya akun gojeknya dah disuspand permanet. Kalau. Pengen tahu aja borok2nya driver nakal .saya dah 8 tahun diojol tahu driver2 bekas buangan.

      29
      12
      • 5 September 2022 - (13:41 WIB)
        Permalink

        Leres mas, iku akibat’e lek maruk. Harusnya 1 aplikasi 1 orang, malah 3 aplikasi 1 orang. Giliran kejadian kayak gini siapa yg dirugikan ? Pihak resto dan customer kan. Saya ngomong gini karena saya juga pernah di posisi customer yang nunggu makanan lebih dari 1 jam dan driver gak jawab, pernah di posisi pemilik resto yg nunggu driver gerak 40menit++ padahal sudah saya coba hubungi. Dan saya juga driver tapi gak lalai kayak gitu. Ya seumpama kalo emang gamau perfoma turun, terus terang aja ke resto. Dan matiin aplikasi, kan sekarang udah ada fitur matikan layanan,sebelum kita selesaikan orderan. be a smart driver, jangan bikin orang lain rugi karena kelalaian sendiri.

    • 4 September 2022 - (19:06 WIB)
      Permalink

      Saya driver grab, memang kalo driver cancel kita agak delay terima orderannya atau diganti dengan orderan bike atau express dulu 1,2 orderan baru terima food lagi, kalo takut kesuspend berhenti ojol aja,kita driver profesional aja kerjanya kalo terima ambil, kalo tolak langsung cancel aja kita ini mitra bukan karyawan kita punya hak untuk menerima atau menolak orderan. Kalo suspend paling dua hari suruh nonton video selesai,Kasian resto sama customer nunggu lama.

      40
      4
    • 4 September 2022 - (22:19 WIB)
      Permalink

      Driver kebanyak kan pakai aplikasi tambah han….pakai aplikasi tuyul2 dimana2..driver kadang gk pakai jaker driver nya…ibu dan bapk yg terhomat..basmi aplikasi tambah han pakai tuyul2 dimana2….

      2
      4
    • 5 September 2022 - (10:27 WIB)
      Permalink

      Kelakuan driver grab kaya gitu semua bos. Untuk pengiriman pun sama. Saya pernah pesan pengiriman barang yg instan. Dijemput barangnya hampir 1 jam. Pas ga lama saya pesan LG untuk kiriman lain. Saya pikir datangnya lama. Barang sedang di hitung. Pas saya panggil langsung datang. Saya bilang sama driver nya tunggu sebentar LG di hitung ga sampai 5 menit. Si driver marah2 ngomong sama saya bahwa saya pesan instan. Kalo sudah panggil barang harus sudah siap. Saya bilang barangsedang di hitung sebentar. Saya panggil grab jarang ada yg langsung datang. Dia tetap marah2 ngotot bahwa yg saya pesan itu instan dan ga boleh kaya gini. Saya bilang kalo ga bisa nunggu batalkan saja. Si driver melotot dan ga senang tanya saya maksudnya apa. Driver grab udah kaya preman. Apa LG yg pakai jaket grup ojol. Sikapnya arogan semua.

      8
      11
      • 5 September 2022 - (16:02 WIB)
        Permalink

        Jangan bawa2 semua driver Grab begitu Boss Eddy…saya driver Grab, tapi saya tetap jaga etika, jangan main sama ratakan…

        Mohon agak santun dalam memberi coment., Masih banyak driver Grab yg tetap menjaga etika, di dunia usaha pasti ada oknum yg nakal

        Mohon maaf ya Boss, cuma sedikit koreksi, semoga kedepannya Boss dapat driver yg profesional.

        12
      • 5 September 2022 - (22:06 WIB)
        Permalink

        Pak Eddy yang bapak harus nya katakan oknumnya pak, bukan semuanya driver grab seperti itu.
        Berapa kali bapak mengalami kejadian seperti itu 1.000 kali atau 1juta kali.
        Kok bisa2nya bapak mengatakan semua driver grab seperti itu gak punya tanggungjawab.
        Tolong pak bahasanya lebih diperbaiki lagi pak, biar gak timbul fitnah nantinya .
        Karena perkataan bapak itu sudah menuduh semua driver grab tanpa pengecualian .

      • 5 September 2022 - (22:45 WIB)
        Permalink

        Kayanya belum ketemu driver apk lain yg lebih sadis , saya doakan semoga cepet ketemu ya jadi gak se enaknya komen ente hahahaja

      • 6 September 2022 - (02:49 WIB)
        Permalink

        Tapi setau saya kalau instan Emang barang udah ready baru cari Driver. Kalau nunggu Ngehitung kalau jumblahnya ribuan Bisa amsyong nungguin. Biasanya Seller Seperti ini Orangnya Kumaha deweeek, Suruh Cancel sama driver GK mikir driver Udah berusaha Nyamperin ke Tempat pengirim, mending Kalau Tempat pikupnya Deket Kalau jauh ….
        Kalau Yg jemput biasanya 1Jam itu Sameday. Kalau Instan jarang driver jemput 1 jam. Maka dari itu Jadikan lah pembelajaran, jadi seller jangan pelet. Salam satu lakban ?

    • 5 September 2022 - (13:26 WIB)
      Permalink

      Dilihat Dari kronologinya , pihak resto tidak mematikan aplikasi restonya ketika mau sholat, nah ketika orderan masuk pihak resto hanya konfirmasi ke pelanggan minta ijin,Dan tidak mau Tau kondisi SI driver udah nyampe resto apa belum, tanda kutip masa bodoh DG driver mau dah nyampe apa blm.bisa jadi SI driver sebenarnya udah nyampe Dan kondisi tidak ada penjual karena ditinggal sholat, atau mungkin d bilangin penjual sebelah kalo pihak resto LG sholat, mungkin SI driver juga jengkel knp gak dimatiin aplikasi kalo mau jeda sejenak Dr aktivitas? Lagian pihak resto juga Tau Salah tapi gak may Tau malah nulis did kolom pembaca,sebenarnya terlihat karakter pihak restonya .dia bisa cancel gak may cancel ,dia mau jeda Dr aktivitas gak mau off in aplikasi restonya . Lalu nyalahin driver trus ngeshare ke kolom pembaca ? jadi nilai sendiri karakter pihak restonya . Lu driver baru ya ,gitu gak bisa analisa

      2
      1
  • 4 September 2022 - (12:40 WIB)
    Permalink

    Hanya sharing : klo driver grab yg cancel biasanya rating performa driver turun kak.. kdg klo sdh turun lama dpt orderan lagi.. tp kurang tau klo prihal order digantung itu karena apa.. makin d gantung driver makin lama ndk bisa ambil orderan bgtu…

    16
    2
    • 4 September 2022 - (12:49 WIB)
      Permalink

      Iya kak..tapi drpada menggantung orderan ga jelas lebih baik dari awal cancel aja langsung, sy ga perlu hujan2an yang saat itu memang hujan sedang deras sekali..efek dari kehujanan kmrn badan sy demam semalaman.

      12
      3
      • 4 September 2022 - (21:59 WIB)
        Permalink

        Menurut pandangan saya.

        Jangan hnya menyalakan driver saja tetapi harus juga di salahkan pihak restonya. Krn pihak resto menyajikan makanan terlalu lama sehingga driver tersebut menandai restoran2 yang lama-lama menyajikan makanan agar membuat kerugian pada resto.
        Krn tidak sesuai.
        Knp tidak sesuai?
        1. Ongkos kirim makanan jarak 0-4km itu 8ribu jdi wajar tidak driver menunggu lama demi mendapatkan 8ribu pdahal resto dptnya lebih byk.
        2. Resto Terlalu banyak alasan.
        Krn ketika driver nyampek ke resto alasannya ‘knp belum bunyi’ , ‘kyknya jaringannya lelet deh jdi tidak masuk’ dll sehingga membuat driver merasa tidak di hargai.
        3. Resto mempunyai karyawan yang tdk siap kerja dan cara kerjanya lama.
        Knp tidak siap kerja krn setiap ke resto pasti karyawannya byk yg sibuk di luar kerjaannya sprti main hp dll pads jam kerja sehingga membuat driver mrh dan berujung pada cancel.
        4. Titik resto selalu salah atau tidak sesuai.
        Sprti contoh restonya di sabang dan titiknya di maroke sehingga driver sulit menemukan restonya dan berujung pada cancel.

        Coba aja resto menyajikan makanan cepat,sigap dan tanggap psti driver tidak akan mengcencel orderan.
        Krn hidup ini saling menghargai satu sama lain dan saling memberi pelayanan yg terbaik.
        Bukan seenak jidatnya resto membuat sistem dan kebijakan sendiri dgn cara membuat driver lama menunggu.

        49
        19
        • 5 September 2022 - (05:13 WIB)
          Permalink

          Alhamdulillaah rating resto sy 4.9 penyajian tidak sampe lebih dari setengah jam (kecuali dalam keadaan ramai)..titik sudah sesuai dan karena saat itu sepi dari pagi sudah waktunya adzan sy sebagai muslim harus sholat, d resto sy tidak ada toilet untuk wudlu jadi sy k masjid sekalian, memang sy akuin sy jg salah disini sy tidak tutup sementara restonya. fyi dkios ada yg jaga penjaga kios sebelah yg sy mintakan tolong jagain sementara jadi kalau ada driver datang dia bisa sigap masak terlebih dahulu makanannya karena hp d bawa sy biasanya yg jaga suka tanya menunya apa? Kepihak driver Sambil nunggu sy datang serahkan struknya.sampai sy pulang dr masjid tetangga sebelah sy bilang blm ada drivernya dr tadi.

          9
          3
          • 5 September 2022 - (11:19 WIB)
            Permalink

            Oknum driver grab, karena ga semua driver grab begitu…masih banyak yang baik dan profesional kerjanya

          • 5 September 2022 - (14:36 WIB)
            Permalink

            Sepengelaman saya sbg pengguna jasa grab, gojek, indriver, dan maxim. Memang kebanyakan etika dan sopan santun driver yg jadi point kepuasan pelanggan. Diantaranya, banyak driver yg sengaja menggantung orderan, entah itu makanan, paket, atau antar jemput, hingga cust jadi menunggu lama tanpa kepastian si ojek bakal datang apa tidak, apa pesanan sudah benar-benar diterima atau belum. Sering sekali sy mendapati perilaku yg tidak baik dr driver spt itu. Belum lagi yg mempermasalahkan titik maps, sebenernya iya maps digunakan utk patokan dan acuan selama perjalanan ya gak apa-apa, tapi apakah tidak belajar dari banyaknya kasus “disasarin” sama maps sampai masuk sawah lah, kuburan lah, dll. Berbagi pengalaman aja sih, jgn ada yg salah paham ya 🙂

          • 7 September 2022 - (03:00 WIB)
            Permalink

            Ini mah salah resto, ninggalin resto tapi aplikasi gak di off.

        • 5 September 2022 - (09:43 WIB)
          Permalink

          Kau nggak bisa baca apa gimana cukk???
          Sudah dijelaskan pemilik toko ijin Dulu buat sholat
          Kalau seperti yg anda bilang alasan ini itu sudah jelas driver tidak profesional

          Intinya tuh begini. Si driver nggak mau cancel karena nanti susah dapet orderan lagi… Harus nunggu

          Dan alasan driver grab yg paling fatal
          Kenapa harus bilang ganti baju dulu nanti tak ambil…

          Sudah jelas salah masih aja dibela.
          Juga yg punya toko sudah ijin buat menjalankan ibadahnya dulu. Nggak tanpa kabar.

          4
          3
          • 5 September 2022 - (10:31 WIB)
            Permalink

            Banyak yg kasih komment tapi ga baca jelas permasalahannya.

          • 5 September 2022 - (15:49 WIB)
            Permalink

            Saya selalu pakai grabcar kalau pergi kesal sering dicancel oleh driver setelah menunggu pernah hampir 1 jam menunggu, sebelumnya komunikasi biasa lalu sulit dihubungi. Kalau nggak mau jangan pick up dong waktu saya terbuang, Bahkan saya sampai telat apel di kantor

      • 5 September 2022 - (12:54 WIB)
        Permalink

        Saya juga pelaku usaha… Kalau ada pesanan Grab masuk tidak akan saya layani kecuali jika drivernya sdh sampai di warung saya. Mengapa demikian, ya krn memang driver grab bisa seenaknya cancel pesanan. Saya pernah dirugikan krn pesanan sdh dibuat tapi driver grab seenaknya cancel… Gak ada ganti rugi dr perusahaan Grab. Beda dgn Gofood… Kalau driver meng cancel padahal pesanan yg masuk sdh dibuat, maka Gojek akan mengganti +- 50% nya… Lumayan lah

      • 5 September 2022 - (14:47 WIB)
        Permalink

        lah u jd resto gk mau di rugikan, kemabali lgi ke driver, driver juga gk mau di rugikan, emang nya menuju resto u gk makan bensin dan wakti, di tambah lagi argo yg minim, semua pihak bisa cancel, baik driver, resto, dan custamer, cm custamer gk mau cancel kan takut rugi pulsa..
        u itu resto siap saji, dmn driver saat datang makanan sudah siap, walauphn driver cancel pasti orderan akan masuk ke driver lain.. kalau gk mau rugi gk usah usaha.. biar gk rugi usaha yg benar, on time.. order masuk sajikan, gk usah takut gk ada driver yg ngambil.. orang gila 1 driver untuk nunggu pesanan jadi 30mnt.. belum lagi perjalanan, 1 jam menghasilkan 8rb.. mending w jadi tukang parkir..

        5
        4
        • 5 September 2022 - (18:04 WIB)
          Permalink

          Salahnya cuma satu sudah tahu hujan kenapa langsung dibikinin bos, yang resto gak terima mungkin karena orderan gak diambil dan gak dapet duitkan ? Itukan intinya ? anda tahu kan saat posisi hujan banyak driver mematikan aplikasi dan posisi driver ketika hujan dapat orderan bisa jarak pengambilan 3-5km atau bisa lebih, kalau dihitung-hitung dengan ongkos 8rb apa gak rugi tuh, menurut saya resto dan driver itu satu paket, jika posisi anda jadi driver atau suami anda yang menjalankan saat posisi hujan besar anda juga pasti bakal mikir 2 kali untuk mengantar pesananannya, saran saya hapus postingan dan evaluasi saat bikin orderan, lebih enak ketika driver sudah dilokasi untuk bikin pesanan.

          2
          2
          • 6 September 2022 - (11:33 WIB)
            Permalink

            Lah, kalo si driver dtg pas lg shalat enak kan sdh jd. Pasti akan nunggu lama lg kalau nunggu si pemilik plg dari shalat.

      • 5 September 2022 - (22:35 WIB)
        Permalink

        Halo bosqu
        Kalau driver cancel juga akan pindah ke driver lain dan akan seperti itu terus kecuali you yang cancel dan off you punya aplikasi karena hujan deras menghindari order tidak ada hg pick up terus sekarang you ngeluh sakit hujan hujanan cari simpati dari pembaca seakan akan driver yg buat you sakit , haddehh ,

    • 5 September 2022 - (14:07 WIB)
      Permalink

      Betul Kak, kalau driver cancel orderan, otomatis performa turun, tarif argo juga turun. Dia sengaja gantung biar customer yang cancel.
      Saya seller di shopee dan tokped. Pas puasa kemarin orderan di shopee di bawa kabur driver Grab senilai 168 rban. Jadi di aplikasi driver dia selesaikan orderan, tapi barang nggak di kirim ke customer. Karena tanggung jawab moral sy kirim ulang ke pembeli pakai paxel. Report Shopee dan Grab juga proses lama 1 bulanan itu juga mesti bolak balik telpon dan email. Cuma di ganti harga barangnya aja, jadi tekor ongkos kirim. Driver langsung kena PM tuhhh….dan masih bbrp kali dapat driver kurang enak, akhirnya sementara sy non aktifkan Grab Xpressnya. Tapi Driver Gojek pernah juga dia di aplikasi reportnya pick up barang, setelah 2 jam dia report lagi barang di kembalikan ke toko, karena titik antar salah alasannya, padahal barang masih di toko, jadi barang di gantung 2 jam, kesel juga kalau kaya gitu, kalau nggak mau pick up mbok ya nggak usah bohong/fiktif karena barang harusnya siang udah sampai, tapi jadi request driver lagi dengan jeda yg lama. Intinya apapun aplikasinya kejujuran dan tanggung jawab balik lagi ke personal masing2, karena masih banyak driver yg jujur dan kerja keras kok…

  • 4 September 2022 - (13:43 WIB)
    Permalink

    Kalau saya baca dari awal kamu sudah bisa chat customer dengan minta ijin sholat dahulu.

    Kenapa gak chat customer juga untuk minta dia batalkan order lalu order kembali? Atau chat customer untuk hubungi pusat bantuan grab minta ganti driver? Setau saya bisa kok.

    Apalagi itu orderan digantung 1 jam, saya kalau pesan makanan ga ada respon 15 menit dari driver aja udah buru-buru hubungi aplikasi minta ganti driver, secara logika orang pesan makanan dalam keadaan lapar, kepengennya cepat sampai kan. Masa nunggu 1 jam dia betah aja? Masalah driver yang ini baru deh dilaporin setelah ganti baru. Toh, makanan setelah 1 jam pasti lah udah gak fresh, dingin gak anget. ?

    20
    16
    • 4 September 2022 - (13:46 WIB)
      Permalink

      Sudah kak dan customer ga bisa cancel..bisa cek d aplikasi grabnya ya..kalau sudah dsetujui sebelumnya sm driver customer tidak bisa cancel

      6
      1
    • 4 September 2022 - (13:48 WIB)
      Permalink

      Komennya yang enak dong kak..ga mupngkin smpe sy kirim k MK kalau tidak ada pembicaraan sebelumnya dengan customer..semoga kakaknya tidak memgalami hal.yg sama dengan saya dan sehat selalu

      6
      8
      • 5 September 2022 - (02:42 WIB)
        Permalink

        Loh aneh, dikomentarin begitu aja restonya kok gak enak, kamu aja yang baperan. Namanya artikel udah masuk media konsumen udah harus siap terima komentar publik. Kamu juga masukin artikel kesini dengan tujuan berharap drivernya kena suspen dari aplikasi kan? Ngga mungkin kalau hanya untuk curcol saja.

        10
        7
      • 5 September 2022 - (23:43 WIB)
        Permalink

        Sepertinya SI penulis belum paham cara kerja online. Yang namanya anda cari uang via online, begitu orderan masuk harus segera dikerjakan. Begitu juga dengan driver. Kalau anda ingin shalat tepat waktu, ya mungkin sepuluh atau lima belas menit sebelum shalat, aplikasi agar dimatikan. Sepertinya kesalahan awal dari si penulis sendiri

    • 4 September 2022 - (18:44 WIB)
      Permalink

      Konsumen/Pelanggan tidak bisa untuk mengcancel orderan food. Yang bisa di cancel itu hanya orderan grabbike dan orderan grabexpress.

    • 4 September 2022 - (19:31 WIB)
      Permalink

      Custumer tidak bisa cancel kalau sudah diterima pesanannya oleh penjual.maaf karena sering pakai grabfood jadi tau

      • 5 September 2022 - (02:40 WIB)
        Permalink

        Bisa bro, kamu tinggal hubungi cs, driver tidak bisa dihubungi. Saya juga sering pakai grabfood.

        8
        2
    • 5 September 2022 - (14:23 WIB)
      Permalink

      Setahu sy memang nggak bisa cancel, gofood juga begitu, kalau resto yg sudah super partner nggak bisa cancel…

  • 4 September 2022 - (13:59 WIB)
    Permalink

    besok lagi order gojek aja kak. drivernya lebih baik attitudenya dan order bs batal otomatis dalam 15menitan jika driver tidak ambil

    22
    5
    • 4 September 2022 - (16:14 WIB)
      Permalink

      Tarifnya murah kakak kasian driver gojek ヽ((◎д◎))ゝkaget lihat tarif drivernya .. padahal lihat tarif 14rb di aplikasi tapi pas ditunjukan aplikasi punya driver cuma 6400 . Ngeri juga ya tarif yg didapat mitra driver

      29
      4
      • 5 September 2022 - (02:27 WIB)
        Permalink

        6400 kan karna lu pake promo ****… ntar yang 7600 yang nambahin dari pihak aplikatornya… jadi drivernya tetap dapatnya 14 ribu…

        3
        5
        • 6 September 2022 - (12:47 WIB)
          Permalink

          Dapet 8 k minimal . Bukan 14 k karena potongan dan biaya jasa dari castmer . Dan setiap gojek open rekruitmen pasti yang daftar banyak tak kecuali drever saingan

      • 6 September 2022 - (12:44 WIB)
        Permalink

        Hahahahaha itu tarip daerah mana ? Aku ojol bali . Tarip minimal yang di dapet 8 k. Dan gofod sering ada lonjakan tarip . Belanja banyak ongkir naik . Orderan sa at hujan juga naik . Beda sama sebelah yang lempeng lempeng saja . . Banyak driver yang pengen jadi orderan gofod . Tapi gak semudah itu

    • 4 September 2022 - (21:21 WIB)
      Permalink

      Kalian itu terlalu lebay, apalagi restonya…saya perhatikan banyak driver yang kena diskriminasi dari pihak resto, seolah olah seperti ga ada harganya…lebih banyak yang didahulukan pelanggan yang makan ditempat. Saya bukannya membela driver kadang kesalahan dari pihak resto, costumer memberi penilaian yang buruk kedriver, sering driver nunggu diresto sampe lebih dari 30menit tetep yang dikasih penilain buruk driver….buka mata kalian untuk resto dan costumer… Kesalahan kalian driver yg rasakan…mungkin untuk kasus ini driver ada sesuatu halangan yg kita ga tau, tapi tetap dapat penilain yang buruk juga dari pihak grab akibat laporan dari pihak resto.. salam waras

      9
      16
      • 5 September 2022 - (08:35 WIB)
        Permalink

        Sy hanya kios biasa dan ga terima dine in dan posisi resto jg ttp buka cuma hp aja buat struk ada d sy

    • 5 September 2022 - (23:55 WIB)
      Permalink

      U tau gak kenapa 15 menit ganti driver krn drivernya juga brengsek. Ga mau jalanin dan gak mau cancel jadi by system langsung tercancel otomatis dan mencari driver baru , jadi gak usah sok tau mana yg lebih bagus attitude nya , u oernah liat gak driver gojek dan shoppe ngamuk di resto krn orderan mereka antri sedangkan menurut meteka order sudah masuk lama. Tapi pihak resto menggunakan system siapa yg datang duluan absen pake nomer saking ramenya , pernah liat gak driver aplikasi lain ngata ngatain cs gegara badannya gede naik ojek online ,
      Mas Bro Attitude bukan di liat dari Apa Aplikasinya tapi siapa pengguna Aplikasi tersebut , saya rasa u gak pernah makan bangku sekolahan , kasian sekali

  • 4 September 2022 - (14:53 WIB)
    Permalink

    Kalau saya sih ya saya batalin saja, trus minta customer order lagi. Makanan juga termasuk siap saji dan bisa dijual/dihangatkan kembali, bukan seperti mie ayam dll yang cepat basi. Saya juga jualan online makanan siap saji , kalau ada yg minta cancel ya turutin aja.
    Buat yang belum tahu kalau di Grab memang customer ga bisa batalin order. Pihak resto bisa batalin tapi dibatasi hanya 3X seminggu ( ini di Surabaya sih ). Dan kalau resto yang batalin ga bisa klaim kompensasi memang, kecuali driver yang batalin.

    1
    2
    • 4 September 2022 - (14:57 WIB)
      Permalink

      Pilihan cancel oleh resto hanya ada 2, yaitu menu habis (yang otomatis jika d cancel menu d tutup oleh aplikasi) dan resto tutup (jika ini d pilih tentunya resto akan d tutup oleh aplikasi grab)

      • 4 September 2022 - (15:13 WIB)
        Permalink

        Betul, pilihan menu habis akan ditutup menunya. Setelah itu bisa dibuka lagi oleh resto, tinggal geser. Pilihan resto tutup juga resto ditutup, bisa dibuka lagi juga oleh resto. Tinggal geser juga.

  • 4 September 2022 - (17:35 WIB)
    Permalink

    Itu karena hujan deras dan onkirnya gak manusiawi. Andai aja onkirnya manusiawi mungkin si driver akan terjang walaupun hujan deras

    24
    10
    • 4 September 2022 - (18:10 WIB)
      Permalink

      Makanya dibiasakan hidup teratur. Yg namanya cuaca tdk bs di prediksi. Seharusnya selalu siap jas hujan di motor.

      9
      1
        • 4 September 2022 - (20:12 WIB)
          Permalink

          Bagi seorang driver tarif itu berpengaruh. Hujan deras dengan tarif 6400 itu penuh dengan resiko, beda dengan GOJEK kalau hujan deras ada lonjakan ongkir.

          10
          1
          • 6 September 2022 - (11:39 WIB)
            Permalink

            Intinya selalu siap jas hujan walaupun bkn musim hujan. Ada kok yg harganya cm 5rb tp bs di pakai berkali kali.
            Kalau soal tarif, ya resiko pekerjaan.

          • 6 September 2022 - (11:50 WIB)
            Permalink

            Enak sih ngomong gitu, soalnya gak tau kondisi dilapangan seperti apa, apalagi kalau ketemu custumer yang agak rewel alamat besok gak bisa kerja. Perlu diketahui dapat bintang ⭐4 sekali aja sudah bikin anyep

        • 4 September 2022 - (20:36 WIB)
          Permalink

          Bagaimana jika pekerjaan dia memang hanya menjadi ojol? Kita tidak tahu keadaan seseorang. Ada yang susah mencari cari pekerjaan karena batasan usia. Bahkan kuli bangunan, jaga vila lagi sepi. Yah larinya pasti ngojek hehe…
          Tapi emanh drivernya bener bener gak profesional sih. Jika ingin menolak orderan sudah sepatutnya dia yang bertanggung jawab sendiri atas konsekuensinnya. Bukan malah ngerugiin orang lain hehe. Mudah mudahan kaka yang punya resto di ganti rezekinya yang lebih berlipat?

          6
          1
  • 4 September 2022 - (18:01 WIB)
    Permalink

    Kalo sdh lapor cs ya sih driver pasti kena sanksi lebih parah. Biarin aja tuh biar tau diri. Anyap2 deh tuh

    8
    1
  • 4 September 2022 - (19:06 WIB)
    Permalink

    Merepotkan memang oknum driver seperti ini. Mau enaknya tapi menyusahkan orang lain.
    Kalo alasannya tarif tidak manusiawi dll ya itu kan pekerjaan yang sudah dipilih sendiri.

    Giliran ke suspend ngamuk teriak² merasa orang lain memutus rezeki dia.

    7
    1
  • 4 September 2022 - (19:49 WIB)
    Permalink

    Mungkin HPnya driver lagi hang kena air hujan dan hpnya gak bisa hidup sehingga gak bisa cancel orderan.

    7
    5
  • 4 September 2022 - (20:23 WIB)
    Permalink

    Ada kalanya untuk mengantisipasi kejadian sama, minta no konsumen dan sharelok antar sendiri makanannya. Tidak semua driver tidak memiliki tanggung jawab memang ada beberapa yang tidak niat kerja dan sudah karakternya. Lagi sedang apes saja hehe

    1
    2
  • 4 September 2022 - (20:26 WIB)
    Permalink

    Menurut ane sich mending matiin aj aplikasi ojolnya kl hujan gede biar gak masuk order. Ongkos ga seberapa nerjang hujan itu sangat kurang tepat.

    3
    1
  • 5 September 2022 - (00:01 WIB)
    Permalink

    Hal yg begini sudah sering kami alami di GrabFood.bahkan pernah orderan di resto kami sampai di gantung 24 jam lebih baru di cancel driver,akhirnya costumer ambil sendiri orderannya dan kami tidak berani minta costumer untuk bayar ordernya.karena masih gantung.takutnya nanti diselesaikan driver uang masuk ke resto.costumer jadi 2x bayar.dan dilaporkan ke pihak grab.resto yg disalahkan menerima 2x pembayaran.kami mohon ke pihak GrabFood kasih waktu untuk driver ambil order.bila tidak bergerak pindahin ke driver lain. Terima kasih

    6
    1
    • 5 September 2022 - (11:12 WIB)
      Permalink

      Klo sistem GO-JEK ga begini,karena saat custumer order itu pihak resto harus pastikan siap makanan dulu,dan apabila siap baru mencari driver,jadi driver datang tinggal ambil makanan.Kalau yang ibu bilang setengah jam sebentar itu buat driver sangat lama,jadi lebih baik berkaca diri dulu baru merasa benar.

    • 5 September 2022 - (08:02 WIB)
      Permalink

      Lo mnta ijin ke customer tp ga ngomong ke driver?posisi ujan deres nungguin yg pny resto dtng? Lo sehat bos? Sm hal ny ke driver klo ga siap trima order matiin aplikasi.solat aja dlu tp aplikasi matiin gmpang…tolong pihak grab edukasi jg resto model gni,lapak koq ditinggal tinggal tp aplikasi nyala

      • 5 September 2022 - (08:41 WIB)
        Permalink

        Sy hubungi driver tapi ga d angkat untuk minta nunggu struk d kios aja ada yg jaga kiosnya tetangga sebelah satu kios kita jualan sharing..

        • 5 September 2022 - (19:04 WIB)
          Permalink

          Yang jelas restonya salah karena tidak mematikan aplikasi ketika ditinggal sholat, drivernya juga salah karena menggantung oerderan, saya juga driver grab didaerah yg notabene sepi orderan,ketika ada masalah resto tutup,tidak bisa dihubungi, kadang customer juga tdk bisa dihubungi, atau tarif ongkir terlalu murah lsg saya cancel dan tidak ada masalah dgn akun saya sampai sekarang,asalkan alasan cancel kita tepat dan tidak terlalu lama gantung orderan

  • 5 September 2022 - (04:31 WIB)
    Permalink

    Pihak resto menerima pesanan saat di shalat di masjid.
    meminta ijin pada CS?

    Driver itu kan di pilih yg dekat resto oleh aplikasi. Jangan2 driver nya udah nyampe resto, eh gak ada orang nye?

    lalu dia pergi….

    kalo gw mah kayak gitu gw telp resto!
    kalo gak bisa y gw cancel!
    kagak bakal anyep kalo di grab.
    emang gojek!
    anyep itu alasan doang!
    kalo kebanyakan cancel ya bisa jadi..
    kalo driver cancel, otomatis cari driver lain.
    kalo driver nggantung orderan?
    entahlah!
    sesuatu pasti terjadi.

    1
    2
    • 5 September 2022 - (05:04 WIB)
      Permalink

      Maaf ya..sy sebelum izin zm customer lihat posisi driver masih 1km dr resto..dan customer sudah infokan k driver karena hujan driver jg bilang lagi berteduh dl jadi blm bisa ambil..setelah makanan jadi kurang lebih 15-20meitan dr awal order, sy info k customer kalau makanan udah jadi tp driver blm datang..tp drivee tiba2 minta cancel tanpa dia cancel sendiri dan sy hubungi driver dia bilang lagi ganti baju dl langsung mau pick up minta waktu 5menitan..

      • 5 September 2022 - (06:09 WIB)
        Permalink

        1km itu gak sampe 5 menit kalo naik motor.
        Customer infokan ke driver?
        apa lagi nih?
        blm pernah nemu kayak gini.
        Driver biasanya yg info ke CS kalo hujan.
        dan mau neduh.
        neduh kelamaan jg loss time!

        kalo sampe driver gak cancel pasti ada sesuatu!
        entah apa itu.
        hanya drivernya yg bisa jawab.

        • 5 September 2022 - (06:55 WIB)
          Permalink

          Sy pernah denger curhatan driver yg sengaja menggantung orderan malam yg stlah 1jam baru dia cancel karena kesal dr pagi sepi orderan dia merasa puas dia sengaja matikan hpnya dengan alasan hp error..mungkin itu salahsatu penyebabnya atau mungkin yg lainnya sy tidak tahu..hanya oknum saja yg punya pikiran spt itu

      • 5 September 2022 - (21:46 WIB)
        Permalink

        Berarti oknum drivernya yang gak beres dalam hal ini.
        Grab bisa cancel orderan kok.
        Hanya kalau sudah digeser ke tiba di resto dan dicancel saya gak tahu apa sanksinya nanti.
        Harusnya sang driver harus lebih bijak dan harus lebih profesional dalam hal bekerja.

  • 5 September 2022 - (04:57 WIB)
    Permalink

    Setau saya utk orderan food itu biasanya driver tdk bs mengcancel (tombol cancel nya ga bs diklik), klo di grab saya kurang tau namanya apa tp klo di gojek itu namanya “Resto Super”. Orderan dr resto super itu emang ga bs dicancel oleh driver maupun customer, yg bs mengcancel itu hanyalah pihak resto dan sistem gojeknya sendiri. Biasanya driver klo tdk ingin menjalankan orderan dr resto super itu hanya membiarkan orderannya hingga tercancel secara otomatis oleh sistem dan itu biasanya butuh waktu sekitar 15menit hingga setengah jam. Mungkin dikasus ini, sistemnya lama utk mengcancel otomatis dan mencarikan driver baru dikarenakan jaringan jelek akibat hujan. Jaringan jelek akibat hujan sehingga membuat sistem gojek ataupun grab jd error itu sering kali terjadi dan bkn hanya dilayanan food saja tp jg disemua layanan yg ada (penumpang, paket, belanja, dll).

  • 5 September 2022 - (05:46 WIB)
    Permalink

    Ya begitulah ojol. Ngomel2 tarif terlalu murah lah. Tarif nggak manusiawi lah. Tapi di embat juga dan tetep ngojol. Udah miskin,bawel, banyak maunya.

    8
    5
    • 5 September 2022 - (06:12 WIB)
      Permalink

      Anggi, komentarmu mantap. terima kasih. semoga kamu tidak menjadi apa yg spt komenmu..
      “udah miskin, bawel, banyak maunya”

      7
      4
    • 5 September 2022 - (21:37 WIB)
      Permalink

      Kalau ibu Anggi gak mau dikecewakan oleh pihak ojol simple saja ibu.
      Gak usah pakai jasa ojol manapun mulai saat ini.
      Jangan ibu saat ini ngomong seperti itu , nanti ujung2nya masih pesan makanan ,minuman kirim barang atau beli barang dari NAMANYA OJOLLLLLL

    • 6 September 2022 - (00:40 WIB)
      Permalink

      Komen anda keren .tp msih ajah cari ojol yg taripnya murah, miskin.bawel,bnyk maunya.. pke ojek pribadi donk Bossquhh..

  • 5 September 2022 - (10:44 WIB)
    Permalink

    Intinya pemilik resto kecewa bukan driver yang cancel, jadi ga bisa klaim kompensasi. Pdahal pihak resto diberi fasilitas oleh Grab untuk cancel order ya untuk jaga² hal seperti ini. Apa susahnya cancel trus suruh customer order lagi. Alasannya kalau cancel ntar menu/resto ditutup, padahal yang berkuasa untuk tutup buka resto/menu ya resto. Ada tombol tinggal geser terserah kita.
    Saya pemilik resto online sejak 2016, kalau Grab sejak 2018. Omzet perbulan sudah ratusan juta ( bukan pamer tapi sebagai konteks ). Saya dan driver saya anggap setara,sama² orang kecil yang cari makan. Kalau ada yang susah ya dibantu, jangan dipersulit.

    3
    1
    • 5 September 2022 - (21:34 WIB)
      Permalink

      Betul pak, saya setuju dalam hal ini .
      Kita kerja harus profesional saja .
      Kalau mau jalankan orderannya ya jalankan , kalau gak mau menjalankan pesanannya.
      Dan 1 saran saya buat pihak resto .
      Apabila ke depannya bapak/ibu mau ber aktifitas sebut dalam hal ini sholat.
      Tolong hubungi drivernya , karena yang menjemput pesanan adalah driver bukan pihak konsumen .
      Nanti dari driver pasti akan menyampaikan ke konsumennya .
      Begitulah alur kerjanya.
      Mungkin drivernya sudah kadung kesal karena pas ke resto tidak ada yang melayani pesanannya dan pada akhirnya dia pun memutuskan balas ke pihak resto dengan cara menggantung pesanan itu (tolong dikoreksi kalau ada yang salah).
      Setiap saya ke resto apabila itu bakal lama pasti saya akan langsung memberitahukan ke pihak konsumen agar konsumen tahu driver gak hanya ongkang2 kaki di resto, begitupula kalau grab pas masuk double orderan pasti pengiriman konsumen saya informasikan bahwa ada double pesanan yang masuk ke akun grab saya.
      Bahkan dalam hal ini konsumen banyak yang belum tahu bahwa grab ada pesanan double .

  • 5 September 2022 - (10:54 WIB)
    Permalink

    Hal itu pernah terjadi pada saya (sebagai Customer). Tapi, waktu itu, saya yang mengajukan ke pihak Grab untuk membatalkan pesanan saya, agar bisa mencari driver lain, karena saya diinfo oleh resto, bahwa driver yang akan ambil order saya waktu itu memang terkenal sering kali mengulur waktu dalam mengambil orderan di resto itu (alias banyak alasan, ban bocor dll).

    Mungkin ke depannya pihak resto bisa langsung kontak ke customer, kalau memang driver tidak kunjung datang untuk mengambil pesanannya (30 menit udah lebih dari cukup untuk nunggu driver yang alasannya ganti baju, dan dengan drama HP gak bisa ditelp), jadi nanti customer yang kontak ke Grab langsung untuk membatalkan si driver tsb.

  • 5 September 2022 - (11:38 WIB)
    Permalink

    Setau saya kalau orderan food kalau sudah ke terima. Ga bisa d cancel. Dari driver maupun customer. Yang bisa cancel hnya dari layanan grab help

  • 5 September 2022 - (18:19 WIB)
    Permalink

    Buat para driver disini, jangan kira driver aja yang punya performa. Resto juga punya. Kalau tingkat pembatalan naik peforma juga jadi jelek. Malah rugi dua kali, pertama peforma dan kedua makanan yang sudah dibuat tidak akan bisa dijual lagi itu sudah pasti rugi total. Apalagi kalau dibatalkan oleh resto maka tidak berhak mendapatkan kompensasi apapun dari grab..

    Jadi sama-sama cari makan ya wajib saling memahami juga. Apa salahnya kabari atau komunikasi dulu. Jujur sebagai pelanggan driver grab memang paling sering membatalkan orderan ketimbang driver gojek.

    • 5 September 2022 - (19:26 WIB)
      Permalink

      Grab pembatalan order tidak ada konsekuensi apapun bagi resto. Hanya dibatasi 3X seminggu. Tidak mempengaruhi performa. Shopeefood juga tidak mempengaruhi performa jika tolak order. Hanya Gofood yang ada sanksi jika 3 hari berturut² menolak 25% dari order yang masuk.
      Jadi saya sebagai pemilik resto mau luruskan. Tidak ada mempengaruhi performa membatalkan order di GrabMerchant.

    • 5 September 2022 - (21:16 WIB)
      Permalink

      Mohon maaf nih. Saya juga sebelumnya pernah juga punya merchant di grab. Cuma saat ini udah gak aktif lagi. Kalau dibatalkan setelah makanan dibuat tentu gak ada kompensasi. Dan itu situasinya driver gantung orderan otomatis nanti resto bisa kena penalti apalagi kalau dilaporkan oleh customer dan driver sekaligus. Jadi intinya dalam bisnis mitra ini harus saling memahami dan cari win win solution. Nanti kalau diteruskan ke pihak grab contohnya sampai masuk ke MK gini dijamin itu driver bakal kena suspend permanen. Harusnya kalau gak bisa jemput makanan langsung batalkan saja biar sistem cari driver baru. Ngapain sengaja digantung seperti itu berarti kan sudah mencari masalah.

  • 5 September 2022 - (21:20 WIB)
    Permalink

    Saya juga driver grab dan gojek.
    Saya pernah juga mendapatkan resto yang gak bertanggungjawab dan sering seperti itu.
    Aplikasi buka namun fakta di lapangan resto tutup.
    Setelah saya menelpon pihak resto ada yang katakan lupa mematikan aplikasi , ada juga resto yang dengan santainya mengatakan kan tinggal cancel saja kan pak, gak usah repot-repot kan?
    Ini buat pihak custumer juga kadangkala banyak yang terlalu manja.
    Sudah tahu lokasinya kost dilantai 3 kadangkala minta driver antar sampai depan kamarnya bahkan kadangkala konsumen sama sekali gak ada tanggapan sampai makanan sudah selesai saya antar kan,apakah itu menghargai driver ?
    Belum lagi kami harus bayar biaya parkir di resto.
    Saya mengatakan seperti ini karena disini driver sangat dipojokkan .
    Saya juga sering pesan makanan dll namun gak seperti itu .
    Jadi maksud saya dalam hal ini saling menghargai satu sama lainnya
    Kalau hanya boroknya saja mau diungkap banyak yang bisa saya uraikan disini bukti juga masih ada
    Kalau pun ada driver seperti itu berarti oknumnya yang gak benar.
    Begitu pula resto dan konsumen dalam hal ini.semua nya oknumnya yang gak benar bukan semua nya di sana ratakan.
    Koreksi kalau kita ada salah , jangan selalu merasa paling benar dengan mengatakan semua driver grab atau gojek atau yang lainnya salah.
    Yang salah adalah pribadi (oknumnya)

  • 5 September 2022 - (22:35 WIB)
    Permalink

    Saya driver grab dan pemilik merchant..pas on grab apabila dpt order food..udh tk trima tiba2 hujan deras dn sy tdk mau ambil tnpa lama2 sy cansel..di pilihan pembatalan ada alasan hujan deras..jd tdk merugikan merchant dn costomer..dgn cansel sistem akan mencari driver laen yg mau ambil..masalh anyep itu trgntung rejeki bnyak yg performa di bawah 70% tp ttp gacor..gk usah mikir performa..yg penting pulang bawa uang dan jaga kesehatan..intinya klo tdk siap trima order ya di off kan..di notif grab driver himbauan itu sering muncul..dan mslh order di gntung..bagi pengalaman saja..restoku sering kna kasus itu..klo gk salah grab 3x..shopee 2x..gojek sering..para driver itu di hub gk bisa..pdhl mknan dh jd..mngkin ketiduran ap gmn..alhsl sktr 1-1,5 jam di batalkn dri sistem..biasanya permintaan cstmer dgn cara telp aplikator mnta d btalin krn dh terlalu lm..dn tdk ada penggantian dr pihak aplikator..y dh mknan di mkn sendri klo gk kshkan yg mau..sbnernya phk resto bisa melaporkan..tp kshn nti klo kna suspen smpe pm..siapa tau ojol pekerjaan utamanya

  • 6 September 2022 - (00:00 WIB)
    Permalink

    Halo para netizen yang Budiman kalian semua emang pada ga malu ya negara lain sudah pada mikirin 6G bahkan ada yang berencana mau bikin koloni di planet mars kita masih ributin hal remeh temeh kaya beginian pantesan aja para pejabat di sana pada santai karena tau betul banyak rakyatnya yg berkapasitas seperti ini aja lebih suka ributin hal yg remeh temeh seperti ini ketimbang kritis kepada para elit di negeri ini.
    Saran saya buat yang punya resto jualanya melalui online khususnya yg terjadi di Kasus ini kalian sudah bisa pake smartphone saya yakin kalian ga bodoh bodoh amat lah masa masalah kaya gini aja mesti koar koar si apa ga bisa di omongin baik2 ga harus koar koar di dunia Maya yg memicu keributan sesama bangsa padahal di aplikasi resto khususnya grabfood itu kan sudah tertera jelas nomor pelanggan dan nomor driver tinggal hubungi aja kalopun si driver gantungin orderan atau ga mau cancel kan bisa hubungi costumer bicarain dengan kendala yg ada ajakin costumer buat kerja sama contoh resto batalin setelah di batalin pihak costumer buat order ulang menu yang sama dan diskon yang sama saya yakin promonya ga bakal ilang kok setelah di batalin kalo ga bila perlu pihak resto yg antarin sendiri kalo tidak tau alamatnya suruh costumer buat share lokasi kalo ga mau ribet juga tinggal order aja grab express kan bisa masih banyak cara menuju Roma guys jangan dikit2 koar koar yg ga penting dengan masalah remeh temeh kalo masih ga paham juga mending smartphonenya jual aja tuh ganti hp poli ponik biar ga di ketawain sama smartphone’nya kalo tau pemiliknya lebih bodoh dari pada hpnya wkwkwk??
    #salamIndonesiacerdas

    • 6 September 2022 - (12:10 WIB)
      Permalink

      Maaf kakak, mungkin anda belum pernah berjualan online makanan.
      Saya sudah 3 kali mengalami hal diatas dan sudah melakukan yang anda omongkan namun semua rugi.
      1. Bila kita mengantar atau pakai grab express apabila. Makanan yg tidak diantar oleh grab atau pengemudi tidak akan dibayar dicancel oleh system’ restoran rugi.
      2. Bila lewat 1 jam makanan tidak dimakan bisa rusak atau basi. Restoran rugi.
      Kalau rugi buat apa kami pemilik restoran berjualan?
      3. Tak semua pembeli mau menerima makanan yg sudah lama atau tidak panas lagi . Kena rating jelek bagaimana?
      4. Kalau pembeli mengambil makanan sendiri karena lama apakah nanti dana bisa masuk sedangkan sistem masih menilai kalau pengemudi masih mengambil lalu kalau dicancel restoran akan rugi.

    • 6 September 2022 - (20:46 WIB)
      Permalink

      Negara tidak bisa maju ya karena ini. Hal gini dianggap remeh temeh padahal jelas merugikan. Di negara maju sekalipun yang mau 6G, tetap ada kok kritik dan saran. Elu pindah kewarganegaraan aja deh. Tapi belum tentu juga elu diterima disana. Ngakak

 Apa Komentar Anda?

Ada 124 komentar sampai saat ini..

Driver Grab Tidak Bertanggung Jawab dengan Menggantung Orderan Masuk

oleh Bgbt dibaca dalam: 1 menit
124