Driver Grab Tidak Bertanggung Jawab dengan Menggantung Orderan Masuk

]Tgl 03 September 2022, saya terima order di resto saya GF 174 dengan rincian pesanan 4 paket bebek goreng (diskon 40%). Sebelum orderan masuk cuaca normal. Pas adzan Magrib saya pergi sholat dulu ke masjid. Lagi wudlu hp saya bunyi ada orderan masuk dan qodarullaah saat itu langsung turun hujan deras.

Karena sudah wudlu saya izin sama customer untuk sholat magrib terlebih dahulu dan customer setuju. Selesai sholat hujan masih deras saya memaksakan diri kembali ke resto. Dalam keadaan basah kuyup saya segera mungkin menyajikan makanan untuk customer.

Alhamdulillah tidak berapa lama selesai semua siap di-pick up makanannya. saya chat lagi customernya dan mengabari kalau makanan sudah ready tapi driver Grab belum juga datang. Tiba-tiba customer balas kalau drivernya minta cancel. Karena kaget saya langsung telepon driver dan drivernya bilang mau ganti baju dulu karena baju basah nanti langsung mau ambil makanannya.

OK saya tunggu lagi, daaann setelah 1 jam lebih menunggu tidak pernah datang drivernya (ditelepon juga hp-nya mati). Saya keluhkan ke cs Grab tapi mereka tidak bisa bantu saya sama sekali dengan no pelaporan 332897423 mereka menyuruh saya untuk menunggu driver pick up makanannya. Tapi setelah setengah jam lagi saya nunggu di aplikasi map grab merchant driver-nya masih gak gerak-gerak juga. Saya telepon pun gak diangkat.

Yang saya keluhkan di sini, pertama kalau memang mau cancel karena hujan sejak awal kenapa driver gak lakukan dari pertama kali orderan masuk (karena saat itu hujan pasti saya juga ngerti dan gak sampe harus menerjang hujan deras untuk menyajikan makanan di resto).

Kedua kenapa driver-nya mesti berbohong dengan alasan ganti baju dulu langsung mau pick up makanannya. Di sini bukan saya saja yang drugikan tapi customer juga dirugikan.

Ketiga, kenapa gak langsung drivernya aja yang cancel orderannya kenapa driver harus nunggu pihak resto yang cancel? Karena resto juga gak mau main cancel aja kalau memang semua sudah siap kenapa kita harus cancel? Apalagi dengan aturan grab yang baru kalau untuk klain orderan yang cancel hanya dikompensasi 40% dari harga yang tercntum setelah dikurangi komisi grab dan biaya promosi.

Pelajaran utamanya untuk pihak Grab tolong lebih selektif dan drivernya di-training lagi untuk meminimalisir driver yang seenaknya aja menggantung orderan.

Sri Yuliani
Bandung

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

    • Banyak aturan siih. Jadi merugikan customer dan driver.. ente yg enak cuman Nerima duit 😁🙏

      Cari karyawan bakso syaratnya
      Punya gerobak
      Punya modal
      Punya bumbu

      Hasil di bagi dua

    • Menurut sy kesalahan pertama ada di pihak resto
      Kalo memang dlm kondisi tdk siap melayani pesanan seharusnya off aplikasi (tdk menerima pesanan)
      Jika pihak grab tdk bisa menangani mslh dg cepat ini sgt aneh , patut dipertanyakan CS atau systemnya
      Driver tdk bertanggung jwb
      Yg jelas konsumen lah yg paling dirugikan

      • Kita mana tau orang juga driver nya gak ada disini. Gimana kondisi lapangan juga gak ngerti. Kalo hujan biasanya ngeblast ,mungkin juga dia udah jauh jauh nyampe resto gal ada orang,lagian mana Tau drivernya kalo resto Lagi sholat, kan ada fitur off atau cancel juga d resto nya .driver juga kalo mo sholat di off in. Ini berarti resto nya gambling ditinggal sholat ke masjid orderan masuk hujan hujan bodo amat sama driver kalo nyampe mau gak mau harus nunggu. Lain sama aplikasi gojek resto terima orderan donating baru system nyari driver. .kalo driver cancel kena penalty trus resto mau off Mau cancel orders tetep tergantung sama yg beli .keliatan kan restonya semaunya sendiri trus laporan k kolom pembaca, pdhl dia juga bilang kalo salah gak off in aplikasi

      • menu sudah siap tapi gak diambil, ini driver yang gak profesional, klo gak mau ambil tinggal cancel, nyusahin orang

    • Dilihat Dari kronologinya , pihak resto tidak mematikan aplikasi restonya ketika mau sholat, nah ketika orderan masuk pihak resto hanya konfirmasi ke pelanggan minta ijin,Dan tidak mau Tau kondisi SI driver udah nyampe resto apa belum, tanda kutip masa bodoh DG driver mau dah nyampe apa blm.bisa jadi SI driver sebenarnya udah nyampe Dan kondisi tidak ada penjual karena ditinggal sholat, atau mungkin d bilangin penjual sebelah kalo pihak resto LG sholat, mungkin SI driver juga jengkel knp gak dimatiin aplikasi kalo mau jeda sejenak Dr aktivitas? Lagian pihak resto juga Tau Salah tapi gak may Tau malah nulis did kolom pembaca,sebenarnya terlihat karakter pihak restonya .dia bisa cancel gak may cancel ,dia mau jeda Dr aktivitas gak mau off in aplikasi restonya . Lalu nyalahin driver trus ngeshare ke kolom pembaca 😀 jadi nilai sendiri karakter pihak restonya

      • ya nda, kalau emang gt kejadian nya kan tinggal driver nya aja cancel, skrg kalau dibalik kenapa si driver aja g mau cancel? apa alasannya?

        • Tau kenapa driver gak bisa cancel? Apa efeknya jika order dicancel oleh driver? Itu aplikasi ojolnya bisa² anyep... Sepi... Karena cancel orderan...
          Bukan begitu abang² grab???

        • Saya pernah jadi driver

          Setelah cancel pesanan membuat performa turun dan membuat akun anyep
          Seharusnya kalok resto gak siap off in aplikasinya

          Di driver juga sama kalok gak siap harus off aplikasi agar performa gak turun

    • Wah lain kali kalau aku dapat orderan food terus restonya tutup tapi aplikasi tetep di buka aku muat aja ya di sini ......perlu di ketahui juga kami para driver juga sering di rugikan kami dapat orderan food ketika kami tpl restonya gak diangkat dan ketika kami sampai lokasi tujuan resto tutup....itu gimana kami juga sering di rugikan bensin,waktu,tenaga dan performa akun kami ketika cancel pasti akan berkurang performanya dan berakibat akun kami sulit menerima orderan lagi ....itu gimana boss....kalau masalah hujan kami juga sering kehujanan ketika sampai restonya tutup.......

    • Semoga Grab lebih bijak menanggapi ya ,
      Tidak langsung main Suspend driver .
      Masukkan buat para pelaku usaha , coba jangan selalu hanya menyalahkan driver , intropeksi juga di internal apakah sudah baik ke Driver ojol atau hanya memanfaatkan saja , baiknya hanya ke Customer , ingat driver juga customer anda , buat nyaman mereka dengan hanya segelas teh manis atau kopi ketika mereka menunggu itu akan buat mereka merasa dihargai dan akan rajin bolak balik ke resto anda , dan ketika ada kendala seperti ini resto bisa cancel ko , dan sebelumnya minta cs order ulang setelah di cancel , ga usah ribet , seandainya memang order sudah di buat dan gak ada yg ambil , ya cancel saja , setiap usaha resto ada yg namanya waste / riject , buat temen temen driver coba lebih bijak juga kesel sih kesel ujan ujan ngeblast tapi ya kalau gak mau diambil tinggal cancel aja ,
      Saya pelaku usaha pengelola cafe dan juga driver ojol grab , jadi sebenernya ini yg lebay pihak resto nya , tarik angka 1 sampai 50 order yg seperti ini yg bagus berapa Bro yg Jelek bermasalah berapa , yg jelek di ingat sampai dilaporkan yg bagus drivernya gak ada apresiasi , dan saya liat jga di bawah banyak yg komen menyalahkan Grab membandingkan dengan Gojek, intinya pihak resto jangan pelit pelit buat driver sambil order bisa kasih sesuatu ke mereka biàr ke depannya sama sama lancar

    • Seharusnya kaya aplikasi sebelah, rentan waktu 10-15 menit driver ngk gerak ke resto orderan auto ganti driver

    • Saran nih buat grab. Rubah Peraturan yg sekarang, biasanya kan Kalau Orderan Grabfood masuk bareng tuh Sama cari driver langsung. Sekarang Rubah.
      Jadi Orderan masuk dulu ke restauran, jika restauran klik Makanan udah jadi baru cari driver, Nahhh jika driver Masuk Orderan tersebut terus cancel, kenakan suapan 1Jam. Dan jika Driver Datang ke restauran tapi restauran belum Bikin Makanan tapi sudah klik Makanan sudah Jadi, driver sudah klik sudah sampai, lebih dari 5mnt nunggu blom jadi juga wajib Cancel Otomatis. Tapi ingat Harus di sosialisasikan terlebih dahulu. Biar Pihak restauran Dan driver Nggk Gagal paham. Di jamin Tuh Nggk bakalan ada orderan Yg di cancel. Dan nggk ada yg di rugikan juga...

  • Wah, payah si ojol Grab, menggantung order costumer, sangat gak bertanggung jawab!

    Seharusnya kalau si ojol gak mau ambil order karena hujan, di cancel aja biar gak rugikan costumer dan resto. Tampaknya si ojol gak mau cancel supaya performa nya gak jatuh, makanya dia gantung spy costumer atau resto yang cancel. Si ojol licik!

    Dengan membuat surat di MK ini, besar kemungkinan di ojol akan kena sanksi di suspend hingga di PM sama Grab.

    • Wkwkwkwk itu biasanya driver punya banyak aplikasi . Seenaknya ga mau jaga akunnya. Mungkin klo dia disuspend .dia ada aplikasi shope. Lalamove .indriver .maxim.gojek.
      Makanya dia santai masa bodoh. Harus dibersihkan driver kayak gtu

      • Yg jadi masalah restonya gk siap orderan, ditinggal sholat gak mau off in aplikasi ,kalo mas driver pasti ngerti kondisi hujan pasti ngeblast nyampe resto kalo penjualnya gak ada di tempat gimana? Kalo driver sholat juga matiin aplikasi. La mas sok tau emang kondisi lapangan seperti apa juga gak ngerti. Resto juga punya fitur off atau cancel orderan

    • Biasanya itu driver buangan .soalnya driver2 bekas gojek yang bermasalah . Disuspend .lari ke grab. Soalnya teman2 saya yang bermasalah ga sopan. suka main gantung .suka main ofik dia nariknya pake grab. soalnya akun gojeknya dah disuspand permanet. Kalau. Pengen tahu aja borok2nya driver nakal .saya dah 8 tahun diojol tahu driver2 bekas buangan.

      • Leres mas, iku akibat'e lek maruk. Harusnya 1 aplikasi 1 orang, malah 3 aplikasi 1 orang. Giliran kejadian kayak gini siapa yg dirugikan ? Pihak resto dan customer kan. Saya ngomong gini karena saya juga pernah di posisi customer yang nunggu makanan lebih dari 1 jam dan driver gak jawab, pernah di posisi pemilik resto yg nunggu driver gerak 40menit++ padahal sudah saya coba hubungi. Dan saya juga driver tapi gak lalai kayak gitu. Ya seumpama kalo emang gamau perfoma turun, terus terang aja ke resto. Dan matiin aplikasi, kan sekarang udah ada fitur matikan layanan,sebelum kita selesaikan orderan. be a smart driver, jangan bikin orang lain rugi karena kelalaian sendiri.

    • Saya driver grab, memang kalo driver cancel kita agak delay terima orderannya atau diganti dengan orderan bike atau express dulu 1,2 orderan baru terima food lagi, kalo takut kesuspend berhenti ojol aja,kita driver profesional aja kerjanya kalo terima ambil, kalo tolak langsung cancel aja kita ini mitra bukan karyawan kita punya hak untuk menerima atau menolak orderan. Kalo suspend paling dua hari suruh nonton video selesai,Kasian resto sama customer nunggu lama.

    • Driver kebanyak kan pakai aplikasi tambah han....pakai aplikasi tuyul2 dimana2..driver kadang gk pakai jaker driver nya...ibu dan bapk yg terhomat..basmi aplikasi tambah han pakai tuyul2 dimana2....

    • Kelakuan driver grab kaya gitu semua bos. Untuk pengiriman pun sama. Saya pernah pesan pengiriman barang yg instan. Dijemput barangnya hampir 1 jam. Pas ga lama saya pesan LG untuk kiriman lain. Saya pikir datangnya lama. Barang sedang di hitung. Pas saya panggil langsung datang. Saya bilang sama driver nya tunggu sebentar LG di hitung ga sampai 5 menit. Si driver marah2 ngomong sama saya bahwa saya pesan instan. Kalo sudah panggil barang harus sudah siap. Saya bilang barangsedang di hitung sebentar. Saya panggil grab jarang ada yg langsung datang. Dia tetap marah2 ngotot bahwa yg saya pesan itu instan dan ga boleh kaya gini. Saya bilang kalo ga bisa nunggu batalkan saja. Si driver melotot dan ga senang tanya saya maksudnya apa. Driver grab udah kaya preman. Apa LG yg pakai jaket grup ojol. Sikapnya arogan semua.

      • Jangan bawa2 semua driver Grab begitu Boss Eddy...saya driver Grab, tapi saya tetap jaga etika, jangan main sama ratakan...

        Mohon agak santun dalam memberi coment., Masih banyak driver Grab yg tetap menjaga etika, di dunia usaha pasti ada oknum yg nakal

        Mohon maaf ya Boss, cuma sedikit koreksi, semoga kedepannya Boss dapat driver yg profesional.

      • Pak Eddy yang bapak harus nya katakan oknumnya pak, bukan semuanya driver grab seperti itu.
        Berapa kali bapak mengalami kejadian seperti itu 1.000 kali atau 1juta kali.
        Kok bisa2nya bapak mengatakan semua driver grab seperti itu gak punya tanggungjawab.
        Tolong pak bahasanya lebih diperbaiki lagi pak, biar gak timbul fitnah nantinya .
        Karena perkataan bapak itu sudah menuduh semua driver grab tanpa pengecualian .

      • Kayanya belum ketemu driver apk lain yg lebih sadis , saya doakan semoga cepet ketemu ya jadi gak se enaknya komen ente hahahaja

      • Tapi setau saya kalau instan Emang barang udah ready baru cari Driver. Kalau nunggu Ngehitung kalau jumblahnya ribuan Bisa amsyong nungguin. Biasanya Seller Seperti ini Orangnya Kumaha deweeek, Suruh Cancel sama driver GK mikir driver Udah berusaha Nyamperin ke Tempat pengirim, mending Kalau Tempat pikupnya Deket Kalau jauh ....
        Kalau Yg jemput biasanya 1Jam itu Sameday. Kalau Instan jarang driver jemput 1 jam. Maka dari itu Jadikan lah pembelajaran, jadi seller jangan pelet. Salam satu lakban 🤭

    • Dilihat Dari kronologinya , pihak resto tidak mematikan aplikasi restonya ketika mau sholat, nah ketika orderan masuk pihak resto hanya konfirmasi ke pelanggan minta ijin,Dan tidak mau Tau kondisi SI driver udah nyampe resto apa belum, tanda kutip masa bodoh DG driver mau dah nyampe apa blm.bisa jadi SI driver sebenarnya udah nyampe Dan kondisi tidak ada penjual karena ditinggal sholat, atau mungkin d bilangin penjual sebelah kalo pihak resto LG sholat, mungkin SI driver juga jengkel knp gak dimatiin aplikasi kalo mau jeda sejenak Dr aktivitas? Lagian pihak resto juga Tau Salah tapi gak may Tau malah nulis did kolom pembaca,sebenarnya terlihat karakter pihak restonya .dia bisa cancel gak may cancel ,dia mau jeda Dr aktivitas gak mau off in aplikasi restonya . Lalu nyalahin driver trus ngeshare ke kolom pembaca 😀 jadi nilai sendiri karakter pihak restonya . Lu driver baru ya ,gitu gak bisa analisa

  • Hanya sharing : klo driver grab yg cancel biasanya rating performa driver turun kak.. kdg klo sdh turun lama dpt orderan lagi.. tp kurang tau klo prihal order digantung itu karena apa.. makin d gantung driver makin lama ndk bisa ambil orderan bgtu...

    • Iya kak..tapi drpada menggantung orderan ga jelas lebih baik dari awal cancel aja langsung, sy ga perlu hujan2an yang saat itu memang hujan sedang deras sekali..efek dari kehujanan kmrn badan sy demam semalaman.

      • Menurut pandangan saya.

        Jangan hnya menyalakan driver saja tetapi harus juga di salahkan pihak restonya. Krn pihak resto menyajikan makanan terlalu lama sehingga driver tersebut menandai restoran2 yang lama-lama menyajikan makanan agar membuat kerugian pada resto.
        Krn tidak sesuai.
        Knp tidak sesuai?
        1. Ongkos kirim makanan jarak 0-4km itu 8ribu jdi wajar tidak driver menunggu lama demi mendapatkan 8ribu pdahal resto dptnya lebih byk.
        2. Resto Terlalu banyak alasan.
        Krn ketika driver nyampek ke resto alasannya 'knp belum bunyi' , 'kyknya jaringannya lelet deh jdi tidak masuk' dll sehingga membuat driver merasa tidak di hargai.
        3. Resto mempunyai karyawan yang tdk siap kerja dan cara kerjanya lama.
        Knp tidak siap kerja krn setiap ke resto pasti karyawannya byk yg sibuk di luar kerjaannya sprti main hp dll pads jam kerja sehingga membuat driver mrh dan berujung pada cancel.
        4. Titik resto selalu salah atau tidak sesuai.
        Sprti contoh restonya di sabang dan titiknya di maroke sehingga driver sulit menemukan restonya dan berujung pada cancel.

        Coba aja resto menyajikan makanan cepat,sigap dan tanggap psti driver tidak akan mengcencel orderan.
        Krn hidup ini saling menghargai satu sama lain dan saling memberi pelayanan yg terbaik.
        Bukan seenak jidatnya resto membuat sistem dan kebijakan sendiri dgn cara membuat driver lama menunggu.

        • Alhamdulillaah rating resto sy 4.9 penyajian tidak sampe lebih dari setengah jam (kecuali dalam keadaan ramai)..titik sudah sesuai dan karena saat itu sepi dari pagi sudah waktunya adzan sy sebagai muslim harus sholat, d resto sy tidak ada toilet untuk wudlu jadi sy k masjid sekalian, memang sy akuin sy jg salah disini sy tidak tutup sementara restonya. fyi dkios ada yg jaga penjaga kios sebelah yg sy mintakan tolong jagain sementara jadi kalau ada driver datang dia bisa sigap masak terlebih dahulu makanannya karena hp d bawa sy biasanya yg jaga suka tanya menunya apa? Kepihak driver Sambil nunggu sy datang serahkan struknya.sampai sy pulang dr masjid tetangga sebelah sy bilang blm ada drivernya dr tadi.

          • Oknum driver grab, karena ga semua driver grab begitu...masih banyak yang baik dan profesional kerjanya

          • Sepengelaman saya sbg pengguna jasa grab, gojek, indriver, dan maxim. Memang kebanyakan etika dan sopan santun driver yg jadi point kepuasan pelanggan. Diantaranya, banyak driver yg sengaja menggantung orderan, entah itu makanan, paket, atau antar jemput, hingga cust jadi menunggu lama tanpa kepastian si ojek bakal datang apa tidak, apa pesanan sudah benar-benar diterima atau belum. Sering sekali sy mendapati perilaku yg tidak baik dr driver spt itu. Belum lagi yg mempermasalahkan titik maps, sebenernya iya maps digunakan utk patokan dan acuan selama perjalanan ya gak apa-apa, tapi apakah tidak belajar dari banyaknya kasus "disasarin" sama maps sampai masuk sawah lah, kuburan lah, dll. Berbagi pengalaman aja sih, jgn ada yg salah paham ya :)

        • Kau nggak bisa baca apa gimana cukk???
          Sudah dijelaskan pemilik toko ijin Dulu buat sholat
          Kalau seperti yg anda bilang alasan ini itu sudah jelas driver tidak profesional

          Intinya tuh begini. Si driver nggak mau cancel karena nanti susah dapet orderan lagi... Harus nunggu

          Dan alasan driver grab yg paling fatal
          Kenapa harus bilang ganti baju dulu nanti tak ambil...

          Sudah jelas salah masih aja dibela.
          Juga yg punya toko sudah ijin buat menjalankan ibadahnya dulu. Nggak tanpa kabar.

          • Saya selalu pakai grabcar kalau pergi kesal sering dicancel oleh driver setelah menunggu pernah hampir 1 jam menunggu, sebelumnya komunikasi biasa lalu sulit dihubungi. Kalau nggak mau jangan pick up dong waktu saya terbuang, Bahkan saya sampai telat apel di kantor

      • Saya juga pelaku usaha... Kalau ada pesanan Grab masuk tidak akan saya layani kecuali jika drivernya sdh sampai di warung saya. Mengapa demikian, ya krn memang driver grab bisa seenaknya cancel pesanan. Saya pernah dirugikan krn pesanan sdh dibuat tapi driver grab seenaknya cancel... Gak ada ganti rugi dr perusahaan Grab. Beda dgn Gofood... Kalau driver meng cancel padahal pesanan yg masuk sdh dibuat, maka Gojek akan mengganti +- 50% nya... Lumayan lah

      • lah u jd resto gk mau di rugikan, kemabali lgi ke driver, driver juga gk mau di rugikan, emang nya menuju resto u gk makan bensin dan wakti, di tambah lagi argo yg minim, semua pihak bisa cancel, baik driver, resto, dan custamer, cm custamer gk mau cancel kan takut rugi pulsa..
        u itu resto siap saji, dmn driver saat datang makanan sudah siap, walauphn driver cancel pasti orderan akan masuk ke driver lain.. kalau gk mau rugi gk usah usaha.. biar gk rugi usaha yg benar, on time.. order masuk sajikan, gk usah takut gk ada driver yg ngambil.. orang gila 1 driver untuk nunggu pesanan jadi 30mnt.. belum lagi perjalanan, 1 jam menghasilkan 8rb.. mending w jadi tukang parkir..

        • Salahnya cuma satu sudah tahu hujan kenapa langsung dibikinin bos, yang resto gak terima mungkin karena orderan gak diambil dan gak dapet duitkan ? Itukan intinya ? anda tahu kan saat posisi hujan banyak driver mematikan aplikasi dan posisi driver ketika hujan dapat orderan bisa jarak pengambilan 3-5km atau bisa lebih, kalau dihitung-hitung dengan ongkos 8rb apa gak rugi tuh, menurut saya resto dan driver itu satu paket, jika posisi anda jadi driver atau suami anda yang menjalankan saat posisi hujan besar anda juga pasti bakal mikir 2 kali untuk mengantar pesananannya, saran saya hapus postingan dan evaluasi saat bikin orderan, lebih enak ketika driver sudah dilokasi untuk bikin pesanan.

          • Lah, kalo si driver dtg pas lg shalat enak kan sdh jd. Pasti akan nunggu lama lg kalau nunggu si pemilik plg dari shalat.

      • Halo bosqu
        Kalau driver cancel juga akan pindah ke driver lain dan akan seperti itu terus kecuali you yang cancel dan off you punya aplikasi karena hujan deras menghindari order tidak ada hg pick up terus sekarang you ngeluh sakit hujan hujanan cari simpati dari pembaca seakan akan driver yg buat you sakit , haddehh ,

    • Betul Kak, kalau driver cancel orderan, otomatis performa turun, tarif argo juga turun. Dia sengaja gantung biar customer yang cancel.
      Saya seller di shopee dan tokped. Pas puasa kemarin orderan di shopee di bawa kabur driver Grab senilai 168 rban. Jadi di aplikasi driver dia selesaikan orderan, tapi barang nggak di kirim ke customer. Karena tanggung jawab moral sy kirim ulang ke pembeli pakai paxel. Report Shopee dan Grab juga proses lama 1 bulanan itu juga mesti bolak balik telpon dan email. Cuma di ganti harga barangnya aja, jadi tekor ongkos kirim. Driver langsung kena PM tuhhh....dan masih bbrp kali dapat driver kurang enak, akhirnya sementara sy non aktifkan Grab Xpressnya. Tapi Driver Gojek pernah juga dia di aplikasi reportnya pick up barang, setelah 2 jam dia report lagi barang di kembalikan ke toko, karena titik antar salah alasannya, padahal barang masih di toko, jadi barang di gantung 2 jam, kesel juga kalau kaya gitu, kalau nggak mau pick up mbok ya nggak usah bohong/fiktif karena barang harusnya siang udah sampai, tapi jadi request driver lagi dengan jeda yg lama. Intinya apapun aplikasinya kejujuran dan tanggung jawab balik lagi ke personal masing2, karena masih banyak driver yg jujur dan kerja keras kok...

  • Kalau saya baca dari awal kamu sudah bisa chat customer dengan minta ijin sholat dahulu.

    Kenapa gak chat customer juga untuk minta dia batalkan order lalu order kembali? Atau chat customer untuk hubungi pusat bantuan grab minta ganti driver? Setau saya bisa kok.

    Apalagi itu orderan digantung 1 jam, saya kalau pesan makanan ga ada respon 15 menit dari driver aja udah buru-buru hubungi aplikasi minta ganti driver, secara logika orang pesan makanan dalam keadaan lapar, kepengennya cepat sampai kan. Masa nunggu 1 jam dia betah aja? Masalah driver yang ini baru deh dilaporin setelah ganti baru. Toh, makanan setelah 1 jam pasti lah udah gak fresh, dingin gak anget. 😁

    • Sudah kak dan customer ga bisa cancel..bisa cek d aplikasi grabnya ya..kalau sudah dsetujui sebelumnya sm driver customer tidak bisa cancel

    • Komennya yang enak dong kak..ga mupngkin smpe sy kirim k MK kalau tidak ada pembicaraan sebelumnya dengan customer..semoga kakaknya tidak memgalami hal.yg sama dengan saya dan sehat selalu

      • Loh aneh, dikomentarin begitu aja restonya kok gak enak, kamu aja yang baperan. Namanya artikel udah masuk media konsumen udah harus siap terima komentar publik. Kamu juga masukin artikel kesini dengan tujuan berharap drivernya kena suspen dari aplikasi kan? Ngga mungkin kalau hanya untuk curcol saja.

      • Sepertinya SI penulis belum paham cara kerja online. Yang namanya anda cari uang via online, begitu orderan masuk harus segera dikerjakan. Begitu juga dengan driver. Kalau anda ingin shalat tepat waktu, ya mungkin sepuluh atau lima belas menit sebelum shalat, aplikasi agar dimatikan. Sepertinya kesalahan awal dari si penulis sendiri

    • Konsumen/Pelanggan tidak bisa untuk mengcancel orderan food. Yang bisa di cancel itu hanya orderan grabbike dan orderan grabexpress.

    • Custumer tidak bisa cancel kalau sudah diterima pesanannya oleh penjual.maaf karena sering pakai grabfood jadi tau

      • Bisa bro, kamu tinggal hubungi cs, driver tidak bisa dihubungi. Saya juga sering pakai grabfood.

    • Setahu sy memang nggak bisa cancel, gofood juga begitu, kalau resto yg sudah super partner nggak bisa cancel...

  • besok lagi order gojek aja kak. drivernya lebih baik attitudenya dan order bs batal otomatis dalam 15menitan jika driver tidak ambil

    • Tarifnya murah kakak kasian driver gojek ヽ((◎д◎))ゝkaget lihat tarif drivernya .. padahal lihat tarif 14rb di aplikasi tapi pas ditunjukan aplikasi punya driver cuma 6400 . Ngeri juga ya tarif yg didapat mitra driver

      • 6400 kan karna lu pake promo ****... ntar yang 7600 yang nambahin dari pihak aplikatornya... jadi drivernya tetap dapatnya 14 ribu...

        • Dapet 8 k minimal . Bukan 14 k karena potongan dan biaya jasa dari castmer . Dan setiap gojek open rekruitmen pasti yang daftar banyak tak kecuali drever saingan

      • Hahahahaha itu tarip daerah mana ? Aku ojol bali . Tarip minimal yang di dapet 8 k. Dan gofod sering ada lonjakan tarip . Belanja banyak ongkir naik . Orderan sa at hujan juga naik . Beda sama sebelah yang lempeng lempeng saja . . Banyak driver yang pengen jadi orderan gofod . Tapi gak semudah itu

    • Kalian itu terlalu lebay, apalagi restonya...saya perhatikan banyak driver yang kena diskriminasi dari pihak resto, seolah olah seperti ga ada harganya...lebih banyak yang didahulukan pelanggan yang makan ditempat. Saya bukannya membela driver kadang kesalahan dari pihak resto, costumer memberi penilaian yang buruk kedriver, sering driver nunggu diresto sampe lebih dari 30menit tetep yang dikasih penilain buruk driver....buka mata kalian untuk resto dan costumer... Kesalahan kalian driver yg rasakan...mungkin untuk kasus ini driver ada sesuatu halangan yg kita ga tau, tapi tetap dapat penilain yang buruk juga dari pihak grab akibat laporan dari pihak resto.. salam waras

      • Sy hanya kios biasa dan ga terima dine in dan posisi resto jg ttp buka cuma hp aja buat struk ada d sy

    • U tau gak kenapa 15 menit ganti driver krn drivernya juga brengsek. Ga mau jalanin dan gak mau cancel jadi by system langsung tercancel otomatis dan mencari driver baru , jadi gak usah sok tau mana yg lebih bagus attitude nya , u oernah liat gak driver gojek dan shoppe ngamuk di resto krn orderan mereka antri sedangkan menurut meteka order sudah masuk lama. Tapi pihak resto menggunakan system siapa yg datang duluan absen pake nomer saking ramenya , pernah liat gak driver aplikasi lain ngata ngatain cs gegara badannya gede naik ojek online ,
      Mas Bro Attitude bukan di liat dari Apa Aplikasinya tapi siapa pengguna Aplikasi tersebut , saya rasa u gak pernah makan bangku sekolahan , kasian sekali

  • Kalau saya sih ya saya batalin saja, trus minta customer order lagi. Makanan juga termasuk siap saji dan bisa dijual/dihangatkan kembali, bukan seperti mie ayam dll yang cepat basi. Saya juga jualan online makanan siap saji , kalau ada yg minta cancel ya turutin aja.
    Buat yang belum tahu kalau di Grab memang customer ga bisa batalin order. Pihak resto bisa batalin tapi dibatasi hanya 3X seminggu ( ini di Surabaya sih ). Dan kalau resto yang batalin ga bisa klaim kompensasi memang, kecuali driver yang batalin.

    • Pilihan cancel oleh resto hanya ada 2, yaitu menu habis (yang otomatis jika d cancel menu d tutup oleh aplikasi) dan resto tutup (jika ini d pilih tentunya resto akan d tutup oleh aplikasi grab)

      • Betul, pilihan menu habis akan ditutup menunya. Setelah itu bisa dibuka lagi oleh resto, tinggal geser. Pilihan resto tutup juga resto ditutup, bisa dibuka lagi juga oleh resto. Tinggal geser juga.

  • Itu karena hujan deras dan onkirnya gak manusiawi. Andai aja onkirnya manusiawi mungkin si driver akan terjang walaupun hujan deras

    • Makanya dibiasakan hidup teratur. Yg namanya cuaca tdk bs di prediksi. Seharusnya selalu siap jas hujan di motor.

        • Bagi seorang driver tarif itu berpengaruh. Hujan deras dengan tarif 6400 itu penuh dengan resiko, beda dengan GOJEK kalau hujan deras ada lonjakan ongkir.

          • Intinya selalu siap jas hujan walaupun bkn musim hujan. Ada kok yg harganya cm 5rb tp bs di pakai berkali kali.
            Kalau soal tarif, ya resiko pekerjaan.

          • Enak sih ngomong gitu, soalnya gak tau kondisi dilapangan seperti apa, apalagi kalau ketemu custumer yang agak rewel alamat besok gak bisa kerja. Perlu diketahui dapat bintang ⭐4 sekali aja sudah bikin anyep

        • Bagaimana jika pekerjaan dia memang hanya menjadi ojol? Kita tidak tahu keadaan seseorang. Ada yang susah mencari cari pekerjaan karena batasan usia. Bahkan kuli bangunan, jaga vila lagi sepi. Yah larinya pasti ngojek hehe...
          Tapi emanh drivernya bener bener gak profesional sih. Jika ingin menolak orderan sudah sepatutnya dia yang bertanggung jawab sendiri atas konsekuensinnya. Bukan malah ngerugiin orang lain hehe. Mudah mudahan kaka yang punya resto di ganti rezekinya yang lebih berlipat🤲

  • Kalo sdh lapor cs ya sih driver pasti kena sanksi lebih parah. Biarin aja tuh biar tau diri. Anyap2 deh tuh

  • Merepotkan memang oknum driver seperti ini. Mau enaknya tapi menyusahkan orang lain.
    Kalo alasannya tarif tidak manusiawi dll ya itu kan pekerjaan yang sudah dipilih sendiri.

    Giliran ke suspend ngamuk teriak² merasa orang lain memutus rezeki dia.

  • Mungkin HPnya driver lagi hang kena air hujan dan hpnya gak bisa hidup sehingga gak bisa cancel orderan.