Surat Pembaca

Driver Grab Tidak Bertanggung Jawab dengan Menggantung Orderan Masuk

]Tgl 03 September 2022, saya terima order di resto saya GF 174 dengan rincian pesanan 4 paket bebek goreng (diskon 40%). Sebelum orderan masuk cuaca normal. Pas adzan Magrib saya pergi sholat dulu ke masjid. Lagi wudlu hp saya bunyi ada orderan masuk dan qodarullaah saat itu langsung turun hujan deras.

Karena sudah wudlu saya izin sama customer untuk sholat magrib terlebih dahulu dan customer setuju. Selesai sholat hujan masih deras saya memaksakan diri kembali ke resto. Dalam keadaan basah kuyup saya segera mungkin menyajikan makanan untuk customer.

Alhamdulillah tidak berapa lama selesai semua siap di-pick up makanannya. saya chat lagi customernya dan mengabari kalau makanan sudah ready tapi driver Grab belum juga datang. Tiba-tiba customer balas kalau drivernya minta cancel. Karena kaget saya langsung telepon driver dan drivernya bilang mau ganti baju dulu karena baju basah nanti langsung mau ambil makanannya.

OK saya tunggu lagi, daaann setelah 1 jam lebih menunggu tidak pernah datang drivernya (ditelepon juga hp-nya mati). Saya keluhkan ke cs Grab tapi mereka tidak bisa bantu saya sama sekali dengan no pelaporan 332897423 mereka menyuruh saya untuk menunggu driver pick up makanannya. Tapi setelah setengah jam lagi saya nunggu di aplikasi map grab merchant driver-nya masih gak gerak-gerak juga. Saya telepon pun gak diangkat.

Yang saya keluhkan di sini, pertama kalau memang mau cancel karena hujan sejak awal kenapa driver gak lakukan dari pertama kali orderan masuk (karena saat itu hujan pasti saya juga ngerti dan gak sampe harus menerjang hujan deras untuk menyajikan makanan di resto).

Kedua kenapa driver-nya mesti berbohong dengan alasan ganti baju dulu langsung mau pick up makanannya. Di sini bukan saya saja yang drugikan tapi customer juga dirugikan.

Ketiga, kenapa gak langsung drivernya aja yang cancel orderannya kenapa driver harus nunggu pihak resto yang cancel? Karena resto juga gak mau main cancel aja kalau memang semua sudah siap kenapa kita harus cancel? Apalagi dengan aturan grab yang baru kalau untuk klain orderan yang cancel hanya dikompensasi 40% dari harga yang tercntum setelah dikurangi komisi grab dan biaya promosi.

Pelajaran utamanya untuk pihak Grab tolong lebih selektif dan drivernya di-training lagi untuk meminimalisir driver yang seenaknya aja menggantung orderan.

Sri Yuliani
Bandung

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Setau saya kalau orderan food kalau sudah ke terima. Ga bisa d cancel. Dari driver maupun customer. Yang bisa cancel hnya dari layanan grab help

  • Buat para driver disini, jangan kira driver aja yang punya performa. Resto juga punya. Kalau tingkat pembatalan naik peforma juga jadi jelek. Malah rugi dua kali, pertama peforma dan kedua makanan yang sudah dibuat tidak akan bisa dijual lagi itu sudah pasti rugi total. Apalagi kalau dibatalkan oleh resto maka tidak berhak mendapatkan kompensasi apapun dari grab..

    Jadi sama-sama cari makan ya wajib saling memahami juga. Apa salahnya kabari atau komunikasi dulu. Jujur sebagai pelanggan driver grab memang paling sering membatalkan orderan ketimbang driver gojek.

    • Grab pembatalan order tidak ada konsekuensi apapun bagi resto. Hanya dibatasi 3X seminggu. Tidak mempengaruhi performa. Shopeefood juga tidak mempengaruhi performa jika tolak order. Hanya Gofood yang ada sanksi jika 3 hari berturut² menolak 25% dari order yang masuk.
      Jadi saya sebagai pemilik resto mau luruskan. Tidak ada mempengaruhi performa membatalkan order di GrabMerchant.

    • Mohon maaf nih. Saya juga sebelumnya pernah juga punya merchant di grab. Cuma saat ini udah gak aktif lagi. Kalau dibatalkan setelah makanan dibuat tentu gak ada kompensasi. Dan itu situasinya driver gantung orderan otomatis nanti resto bisa kena penalti apalagi kalau dilaporkan oleh customer dan driver sekaligus. Jadi intinya dalam bisnis mitra ini harus saling memahami dan cari win win solution. Nanti kalau diteruskan ke pihak grab contohnya sampai masuk ke MK gini dijamin itu driver bakal kena suspend permanen. Harusnya kalau gak bisa jemput makanan langsung batalkan saja biar sistem cari driver baru. Ngapain sengaja digantung seperti itu berarti kan sudah mencari masalah.

  • Saya juga driver grab dan gojek.
    Saya pernah juga mendapatkan resto yang gak bertanggungjawab dan sering seperti itu.
    Aplikasi buka namun fakta di lapangan resto tutup.
    Setelah saya menelpon pihak resto ada yang katakan lupa mematikan aplikasi , ada juga resto yang dengan santainya mengatakan kan tinggal cancel saja kan pak, gak usah repot-repot kan?
    Ini buat pihak custumer juga kadangkala banyak yang terlalu manja.
    Sudah tahu lokasinya kost dilantai 3 kadangkala minta driver antar sampai depan kamarnya bahkan kadangkala konsumen sama sekali gak ada tanggapan sampai makanan sudah selesai saya antar kan,apakah itu menghargai driver ?
    Belum lagi kami harus bayar biaya parkir di resto.
    Saya mengatakan seperti ini karena disini driver sangat dipojokkan .
    Saya juga sering pesan makanan dll namun gak seperti itu .
    Jadi maksud saya dalam hal ini saling menghargai satu sama lainnya
    Kalau hanya boroknya saja mau diungkap banyak yang bisa saya uraikan disini bukti juga masih ada
    Kalau pun ada driver seperti itu berarti oknumnya yang gak benar.
    Begitu pula resto dan konsumen dalam hal ini.semua nya oknumnya yang gak benar bukan semua nya di sana ratakan.
    Koreksi kalau kita ada salah , jangan selalu merasa paling benar dengan mengatakan semua driver grab atau gojek atau yang lainnya salah.
    Yang salah adalah pribadi (oknumnya)

  • Saya driver grab dan pemilik merchant..pas on grab apabila dpt order food..udh tk trima tiba2 hujan deras dn sy tdk mau ambil tnpa lama2 sy cansel..di pilihan pembatalan ada alasan hujan deras..jd tdk merugikan merchant dn costomer..dgn cansel sistem akan mencari driver laen yg mau ambil..masalh anyep itu trgntung rejeki bnyak yg performa di bawah 70% tp ttp gacor..gk usah mikir performa..yg penting pulang bawa uang dan jaga kesehatan..intinya klo tdk siap trima order ya di off kan..di notif grab driver himbauan itu sering muncul..dan mslh order di gntung..bagi pengalaman saja..restoku sering kna kasus itu..klo gk salah grab 3x..shopee 2x..gojek sering..para driver itu di hub gk bisa..pdhl mknan dh jd..mngkin ketiduran ap gmn..alhsl sktr 1-1,5 jam di batalkn dri sistem..biasanya permintaan cstmer dgn cara telp aplikator mnta d btalin krn dh terlalu lm..dn tdk ada penggantian dr pihak aplikator..y dh mknan di mkn sendri klo gk kshkan yg mau..sbnernya phk resto bisa melaporkan..tp kshn nti klo kna suspen smpe pm..siapa tau ojol pekerjaan utamanya

  • Halo para netizen yang Budiman kalian semua emang pada ga malu ya negara lain sudah pada mikirin 6G bahkan ada yang berencana mau bikin koloni di planet mars kita masih ributin hal remeh temeh kaya beginian pantesan aja para pejabat di sana pada santai karena tau betul banyak rakyatnya yg berkapasitas seperti ini aja lebih suka ributin hal yg remeh temeh seperti ini ketimbang kritis kepada para elit di negeri ini.
    Saran saya buat yang punya resto jualanya melalui online khususnya yg terjadi di Kasus ini kalian sudah bisa pake smartphone saya yakin kalian ga bodoh bodoh amat lah masa masalah kaya gini aja mesti koar koar si apa ga bisa di omongin baik2 ga harus koar koar di dunia Maya yg memicu keributan sesama bangsa padahal di aplikasi resto khususnya grabfood itu kan sudah tertera jelas nomor pelanggan dan nomor driver tinggal hubungi aja kalopun si driver gantungin orderan atau ga mau cancel kan bisa hubungi costumer bicarain dengan kendala yg ada ajakin costumer buat kerja sama contoh resto batalin setelah di batalin pihak costumer buat order ulang menu yang sama dan diskon yang sama saya yakin promonya ga bakal ilang kok setelah di batalin kalo ga bila perlu pihak resto yg antarin sendiri kalo tidak tau alamatnya suruh costumer buat share lokasi kalo ga mau ribet juga tinggal order aja grab express kan bisa masih banyak cara menuju Roma guys jangan dikit2 koar koar yg ga penting dengan masalah remeh temeh kalo masih ga paham juga mending smartphonenya jual aja tuh ganti hp poli ponik biar ga di ketawain sama smartphone'nya kalo tau pemiliknya lebih bodoh dari pada hpnya wkwkwk??
    #salamIndonesiacerdas

    • Maaf kakak, mungkin anda belum pernah berjualan online makanan.
      Saya sudah 3 kali mengalami hal diatas dan sudah melakukan yang anda omongkan namun semua rugi.
      1. Bila kita mengantar atau pakai grab express apabila. Makanan yg tidak diantar oleh grab atau pengemudi tidak akan dibayar dicancel oleh system' restoran rugi.
      2. Bila lewat 1 jam makanan tidak dimakan bisa rusak atau basi. Restoran rugi.
      Kalau rugi buat apa kami pemilik restoran berjualan?
      3. Tak semua pembeli mau menerima makanan yg sudah lama atau tidak panas lagi . Kena rating jelek bagaimana?
      4. Kalau pembeli mengambil makanan sendiri karena lama apakah nanti dana bisa masuk sedangkan sistem masih menilai kalau pengemudi masih mengambil lalu kalau dicancel restoran akan rugi.

    • Negara tidak bisa maju ya karena ini. Hal gini dianggap remeh temeh padahal jelas merugikan. Di negara maju sekalipun yang mau 6G, tetap ada kok kritik dan saran. Elu pindah kewarganegaraan aja deh. Tapi belum tentu juga elu diterima disana. Ngakak

  • Next buat yg punya merchant kalau hujan deras atau susah dapet driver krn pelanggan kejauhan bisa pake sedekah ke driver , begitu dapet telp drivernya ngomong baik baik minta tolong ambil ordernya dan sekalian buat mas nya juga sudah di siapin buat ganti tenaga yg cape , I Allah mereka akan jemput itu orderan , sedekah gak akan bikin miskin , malah ditambah rezekinya , terus tinggal kabari Cust kalau agak lama krn hujan driver sudah otw , jadi jangan kaku kaku lah , giliran order lancar driver bagus gak ada tuh terimakasih ke driver , giliran dapet driver brengsek langsung ketuk palu semua driver aplikasi yg bersangkutan brengsek , mau Grab , Gojek ,Shoppe atau yg lain , tipikal driver semua komplit , banyak yg baik sopan , ada yg brengsek , ada yg bangsat , ada yang attitude bagus ada yg tidak , jadi bukan apa aplikasinya tapi siapa penggunanya , biasa bisqu dalam usaha ada kerikil , yg penting lebih bijak dalam mengambil keputusan fan. Berpikir positif dan panjang ke depan sehingga tidak merugikan orang lain, sekarang dengan begini apa Bosqu puas masalah selesai kan tidak , mengalah dengan mengcancel sendiri order g akan jadi masalah , karena bosqu juga rating sudah bagus , pikirkan drivernya pasti kena suspend bahkan PM semua orang berhak dapat kesempatan ke 2 kalau bosqu berbaik hati mungkin bisa menambah pahala dan doakan driver agar banyak order dan lebih giat kerjanya aji mumpung bosqu habis sholat dan customer juga tidak mendapatkan apa yg dia order,sayang sekali emosi mbutakan akal .

    • sedekah ga akan bikin miskin

      yang bisa bikin miskin itu, sudah dikasih orderan tapi ogah2 an karena jauh, ujan dll

      kalau dilakoni kan pasti ada rezeki nya nanti nya

  • Inti nya jgn buat customer kecewa, klo sudah kecewa dia tidak menciptakan orderan lagi buat anda.

  • Saya pernah jadi ojol dan kesulitan mencari resto yang tidak sesuai titik dan mau cancel itu ga bisa.. saya tanya ke costumer juga ga bisa cancel.. jadi yang bisa cancel itu adalah pihak resto.
    Kira nya resto bijak dalam melakoni orderan dan lokasi titik gps

  • Resto parah ini mah hal beginian aja sampe dimasukin ke media konsumen, kalo driver grab bandung tau nama resto habis sudah di reboisasi, apakah anda tau dan mengerti jika anda melapor seperti itu driver kena putus mitra ?
    Lalu bagaimana rasanya jika resto anda sendiri di laporkan oleh para driver?
    Jika driver sudah kena putus mitra gak akan bisa banding apakah anda tau ?

    • bagaimana jika kita tidak mau diputus mitra, kita lakukan apa yang seharusnya dan yang benar, bukan malah marah ketika ketika salah, dilaporkan dan diputus mitra?
      kan aneh ya, kita tahu kita salah, tapi ketika ada yang lapor kita marah, ga masuk logika saya rasa

      kalau memang ada yang salah ya dilaporkan, kalau bener ya udah, jalan aja.. saya yakin penulis juga tidak masalah kok restonya dilaporkan kalau dia memang salah

      • Loh penulis aja gak berani mencantumkan nama resto nya, lagi pula gak masuk logika, dan disini driver gak salah driver itu mitra loh bukan karyawan, jadi berhak memilih. Pahami mitra dan karyawan, lagi pula siapa yg mau ambil hujan deras banget kehujanan cuma di bayar 6400

        • lah milih gmn, jelas2 drivernya blg mau ke sana tapi ganti baju dulu, mereka bebas memilih tapi BERBOHONG itu pilihan orang *******

  • Menurut sy..
    Resto minim pengetahuan.
    1.Matikan apk jika belum siap terma order.
    2.jika ad maslah sprti hujan confirmasi bukan ke cstmer,tp ke driver seblm mknn disiapkn,
    Tlpon driver.
    Pk/bu kondisi hujan orderan mw di pick up atau tidak,klo tdk di pickup mknn tidk sy buatkan dlu,
    Klo anda msh ragu jngn buatkan mknn sblum driver dtng..
    Klo anda tidk mw cancel order dengan alasan tdk mw resto anda dinilai buruk..biarkan ordern dicancel driver mw nunggu 3 jam 4 jam biarkan sj..
    Karena ap..driver tdk akan dpt orderan sblum orderan yg masuk dslsaikn atau dicancel,
    jika driver yg cancel,sistem akan mencarikan driver lain..
    Kslahn driver adalh tidak cancel order mengharap resto cancel demi performa..pdhl jika resto tdk cancel driver sndiri yg rugi karena tdk akan dpt order slanjutnya,
    Dengan anda menuliskan order id dan tiket laporan..apalagi di media konsumen
    Kmungkinan paling kecil adalh driver suspend 2 mnggu smpai p.m..
    Jd karena kurangnya pengalaman anda dlm menangani mslah..
    Driver hilang pkerjaan..
    Terimksh semoga rizki anda lancar

Penulis
Bgbt