Fitur Kontrol Pulsa XL Tidak Berfungsi Lagi

Dulu tanggal 11 Agustus 2021, Media Konsumen pernah menerbitkan surat pembaca saya yang berjudul Kecewa dengan Fitur Kontrol Pulsa XL yang Tidak Berfungsi. Lagi-lagi di tanggal 2 September 2022 fitur kontrol pulsa XL tidak berfungsi lagi. Pada tanggal 2 September 2022 saya menanyakan perihal pemotongan pulsa yang di alami oleh nomor saya ke CS XL, saya waktu itu belum tahu pulsa saya terpotong oleh apa?

Pada tanggal 2 September 2022 saya juga mencoba mengecek riwayat transaksi di fitur riwayat transaksi aplikasi MyXL, tapi pemotongan pulsa tersebut gak terekam di fitur riwayat transaksi aplikasi MyXL.

Tidak menyerah saya menanyakan riwayat transaksi di tanggal 2 September lewat live chat di aplikasi MyXL dan ternyata ada pemotongan pulsa untuk pembelian paket, entah paket apa yang di beli. Saya juga tanya ke CS lewat live chat, pulsa saya terpotong oleh apa? Ternyata terpotong oleh layanan Google.

Harusnya itu tidak bisa karena fitur kontrol pulsa saya aktif untuk data, SMS berlangganan, SMS banking. Layanan Google itu masuk dalam katagori SMS berlangganan, biasanya juga tidak bisa memotong pulsa, saya sudah pernah coba berkali-kali, tidak bisa. Namun, di tanggal 2 September 2022 fitur kontrol pulsa XL tidak berfungsi.

Saya sebenarnya awalnya tidak ada niat untuk menulis di Media Konsumen, tapi karena tanggal 4 September XL menyatakan pemotongan pulsa sudah sesuai, saya gak terima.

Pada tanggal 03 September 2022 CS menelepon saya, saya jelaskan ke dia bahwa pulsa saya itu terpotong oleh layanan google meskipun fitur kontrol pulsa untuk SMS berlangganan aktif. CS malah bilang ke saya di sistem mereka fitur kontrol pulsa saya cuma aktif untuk data, saya bilang fitur kontrol pulsa saya aktif untuk data, SMS berlangganan, SMS banking. Saya bahkan sampai kirim bukti tangkapan layar fitur kontrol pulsa saya ke email CS XL tanggal 03 September 2022.

Coba pakai logika, fitur kontrol pulsa dapat melindungi pulsa dari SMS berlangganan, layanan berbayar google termasuk SMS berlangganan. kira-kira kalau pulsa terpotong oleh layanan google dalam keadaan fitur kontrol pulsa aktif untuk SMS berlangganan, pemotongan pulsa sudah sesuai atau tidak? Tentu saja tidak sesuai.

Saya kira pihak xl akan bertanggung jawab seperti kasus fitur kontrol pulsa tidak berfungsi untuk SMS banking, tapi ternyata saya salah. Mungkin ada yang komentar, kan saya coba Youtube premium gratis, salah sendiri kenapa tidak di berhentikan? Saya jawab, pembayaran pakai pulsa harusnya tertolak karena fitur kontrol pulsa saya untuk SMS berlangganan aktif. biasanya juga tertolak meskipun pulsa mencukupi. Nih contoh tangkapan layar pembayaran google tertolak.

Fajar Firdaus
Serang, Banten


Update (14 September 2022): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas tanggapan dari pihak XL Axiata sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan XL Axiata atas Keluhan Bapak Fajar Firdaus

Jakarta, 21 September 2022 Ref.CM/CU/E/006/0922/OS Kepada Yth. Redaksi Mediakonsumen.com Berikut tanggapan kami atas keluhan Bapak Fajar Firdaus melalui Mediakonsumen.com tanggal...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • sedikit ralat, tulisan "Saya sebenarnya awalnya tidak ada niat untuk nulis di mediakonsumen, tapi karena tanggal 4 September xl menyatakan pemotongan pulsa sudah sesuai, saya gak terima." diralat menjadi "Saya sebenarnya awalnya tidak ada niat untuk nulis di mediakonsumen, tapi karena tanggal 5 September xl menyatakan pemotongan pulsa sudah sesuai, saya gak terima." kalian bisa lihat di tangkapan layar tanggal xl kasih tahu pemotongan pulsa sudah sesuai tanggal 5 september. saya sudah kirim email ke admin mediakonsumen agar tulisan "Saya sebenarnya awalnya tidak ada niat untuk nulis di mediakonsumen, tapi karena tanggal 4 September xl menyatakan pemotongan pulsa sudah sesuai, saya gak terima." di ralat jadi Saya sebenarnya awalnya tidak ada niat untuk nulis di mediakonsumen, tapi karena tanggal 5 September xl menyatakan pemotongan pulsa sudah sesuai, saya gak terima." namun, sudahlah gak apa2. lagian pembaca jg bisa lihat di tangkapan layar bahwa xl menyatakan pemotongan pulsa sudah sesuai di tanggal 5 september.

  • cara itu tentu beresiko memotong pulsa pak. Kalo sy sih menghubungkannya dgn akun gopay dgn nomor yg tak pernah dipake, jd udah pasti gagal motong saldo

    • biasanya gagal memotong pulsa kak meskipun pulsa mencukupi karna fitur kontrol pulsa untuk sms berlangganan aktif. ini kagak tahu di tanggal 2 september kagak berfungsi. saya punya banyak email dari google pembayaran di tolak. namun, di tanggal 2 september malah berhasil.

      • Fajar: masang nomor XL nya untuk dibillingkan oleh google

        XL: memproses transaksi

        Fajar: GIMANA SIH KAN HARUSNYA DITOLAK ITU PERMINTAAN SAYA UNTUK MEMBILINGKAN LANGGANAN YOUTUBE PREMIUM SAYA KAN SUDAH SAYA ATUR KONTROL PULSA

        anggapannya itu anda seperti masang fitur anti pencuri di rumah anda, terus anda undang pencuri ke rumah, terus ketika anti pencuri nya gagal, anda salahin anti pencuri nya

        itu kan secara sadar anda sendiri yang mau langganan, kalau tidak mau dibillingkan ya jangan langganan lah, bukan bergantung pada fitur, itu kan sudah logika

        • perbandingan lu gak apple to apple. untuk apa ada fitur kontrol pulsa kalau gak berfungsi? jelas2 xl sering promosi fitur kontrol pulsa. harusnya berfungsi dong. ketika tidak berfungsi tentu yg salah pihak xl. sama seperti kasus sebelumnya dimana fitur kontrol pulsa gak berfungsi untuk sms banking. kasusnya sebelumnya lg gak berfungsi untuk data.

          coba kau pikir, misal yg untuk data, itu harusnya bisa melindungi pulsa dari internet, lu internetan sampai paket lu habis, terus pulsa lu terpotong oleh internet meksipun fitur kontrol pulsa untuk data aktif. menurut lu siapa yg salah? operator karna fiturnya gak berfungsi. apa lu bisa dikatakan mengundang maling? kagak. gw percaya pada fitur kontrol pulsa, gw percaya pada fitur kontrol pulsa. dan kalaupun gak berfungsi, gw percaya xl akan ganti rugi karna kesalahannya ada di pihak xl.

        • saya setuju dengan pendapat ini, sebaiknya segera hubungi google atau youtube indonesia untuk stop potong pulsa

      • mungkin jg per 1 sept XL mengubah ketentuannya, hanya sms premium & mbanking yg diblok, tp pembelian barang virtual / subscribe tidak diblok krn itu dianggap pelanggan sendiri yg mendaftarkan secara sadar & sudah merelakan pulsa didebitkan

        • harusnya di kasih tahu dong sebelum ubah kebijakan. sudah bagus kebijakan sebelumnya, malah ubah kebijakan.

          • ini baru dugaan doang, selengkapnya XL bakal hubungi bapak dan menjelaskan semuanya. siapa tau juga akan dikembalikan pulsanya.

        • netizen disini banyak yg gak paham fitur kontrol pulsa, jelas2 layanan berbayar google itu masuk dalam katagori sms konten, lihat aja di sini https://m.kaskus.co.id/show_post/5ecdd9ae337f937e1f7d9e07/20/- di forum2 internet jg banyak informasi yg menyatakan bahwa jika xl memblokir sms konten, itu akan mengakibatkan nomor gak bisa membeli layanan berbayar google. layanan berbayar google itu masuk dalam katagori sms konten, dulu sebelum ada fitur kontrol pulsa, ada blacklist global dan emang cs sering menjelaskan jika dilakukan pemblokiran, akan membuat nomor gak bisa membeli layanan berbayar google. maksudnya gak bisa beli pakai pulsa. netizen banyak yg gak paham sms konten, pembelian item game pakai pulsa jg masuk dalam katagori sms konten loh."

        • ternyata xl benar ubah kebijakan, tp xl janji akan memblokir kembali layanan berbayar google di nomor saya. nanti kalau xl udah memblokir kembali layanan berbayar google dan mengganti pulsa saya. saya akan buat klarifikasi sekaligus kasih edukasi kepada para netizen.

          • syukurlah sudah ada kejelasan. tp sy penasaran dgn motif XL mengubah kebijakan. apa mungkin tergoda dgn komisi layanan konten ya? kalo boleh saran, hubungkan ke akun gopay yg ga kepake aja jd aman sentosa

        • xl mau memutarbalikan kebenaran, mereka lewat telepon ngaku sudah melakukan blacklist layanan google terus mereka beralasan blacklist global di nomor saya itu baru terjadi di bulan september. faktanya blacklist global yg di lakukan xl sudah terjadi bertahun tahun yg lalu dan sebelum ada fitur kontrol pulsa nomor saya gak bisa membeli layanan berbayar google. bahkan di tahun 2020 xl menawarkan kembali blacklist global ke saya, ini buktinya https://drive.google.com/file/d/1Ig-_IvTmNlxaiXm1nUrpywVzaq1tZM5c/view?usp=drivesdk cs sendiri bilang akan membuat nomor gak bisa membeli layanan berbayar google. kalian mau beralasan apa lagi? begitukah cara kalian memutarbalikan kebenaran? seolah olah saya yg salah, padahal sistem kalian yg salah?

          kalian jg minta bukti ke saya membuktikan bahwa sebelumnya xl melakukan blacklist global di nomor saya. sistem kalian ngaco, sebelumnya kalian bilang nomor saya sudah di blacklist global, tp ubah kebijakan layanan google gak ikut terblokir, hari ini cs nelepon blacklist global baru di lakukan di bulan september? coba jawab dgn jujur, di tahun 2020, sistem kalian jika melakukan blacklist global, apakah akan membuat nomor tidak bisa membeli layanan berbayar google? saya kira xl akan ada itikad baik, tp ternyata buruk sekali itikad baiknya, mungkin karna disini ada netizen yg menyalahkan saya.

        • herwin, gw sih menduga xl kayaknya ragu kalau ikut memblokir layanan berbayar google meskipun sebelumnya dulu xl kalau memblokir sms konten layanan berbayar google jg ikut di blokir. kayaknya xl tergiur dgn potensi pendapatan dari pembelian di google play.

        • xl emang aneh tahu, padahal dulu itu kalau xl melakukan blacklist global pada nomor telepon, pulsa di nomor telepon jadi gak bisa terpotong oleh sms konten apapun, termasuk pembelian di googleplay.

      • Punten Gan, ada kemungkinan juga selama ini tertolak bukan karena fitur kontrol pulsa, tapi karena pulsa memang tidak mencukupi atau kartu dalam masa tenggang.

        Pulsa Agan ketika menerima email tertolak dari Google berapa Gan? Ketika menerima email tertolak krn jumlah terhutang Rp. 98.790,- pulsa Agan berapa?

        Kalau dilihat dari SS Agan, seharusnya agar tidak tertolak pulsa agan minimal Rp
        98.790 + pajak 11 % + biaya layanan 2% = Rp. 111.633,-. Kalau pulsa Agan dibawah itu atau pulsa di atas itu namun dalam masa tenggang maka kayaknya akan tertolak.

        Dari SS email tertolak dari Google juga ada info "Google akan mencoba memproses pembayaran ini lagi sehingga Anda bisa mendapatkan kembali akses ke langganan Anda". Jadi kemungkinan Google akan mencoba kembali. Pas kebetulan pulsa Agan di atas 111.633, langsung dipotong.

        • punten gan, dulu itu xl kalau memblokir sms konten dari nomor telepon, nomor telepon jadi gak bisa melakukan pembelian di google play. orang yg punya pengalaman nomor xlnya di blacklist global, wajar kalau berpikir fitur kontrol pulsa untuk sms berlangganan, berlaku jg untuk pembelian di google play.

  • kontrol pulsa fungsinya cuma buat jangan motong pulsa utama saat paket internet udah habis

    kalo masalah daftar aplikasi premium kan itu karena nomermu ditautkan ke playstore dan mungkin sebelumnya sudah berlangganan karena fitur youtube premium kan gratis ujicoba 1 bulan setelah 1 bulan baru ditagih pembayaran
    mungkin pas daftar ujicoba youtube premium kamu masukin nomer hp mu sebagai pembayaran utama dan lupa buat menghapus sampe akhirnya kepotong otomatis

    • biasanya gak bisa motong pulsa untuk layanan google kak meski pulsa mencukupi. itu udah dari dulu. dulu jg fitur kontrol pulsa pernah gak berfungsi untuk data. pernah jg fitur kontrol pulsa gak berfungsi untuk sms banking.

    • dasiri@ "kontrol pulsa fungsinya cuma buat jangan motong pulsa utama saat paket internet udah habis" salah, faktanya sekarang ini harusnya ada 3 yg bisa di lindungi oleh fitur kontrol pulsa, data, sms berlangganan, sms banking. itu jg kalau berfungsi dgn baik. lu sok tahu, lihat geh di fitur kontrol pulsa, fitur kontrol pulsa bisa di aktifkan untuk apa aja?

      • lah kocak yg bodoh siapa jelas jelas dia masalah nya diluar masalah sms banking,sms berlangganan
        ko masih ngeyel ni pembela nya
        dia aktifin youtube premium dia fitur ujicoba gratis 1 bulan sekarang dia lupa matiin fitur berlangganan ko nyalahin fitur kontrol pulsa xl

        kocak loe sang pembela

        • layanan google itu termasuk sms berlangganan. anda tahu dulu sebelum ada fitur kontrol pulsa, xl memblokir sms konten dari nomor saya. hal itu berpengaruh terhadap layanan berbayar di playstore, nomor saya jadi gak beli layanan berbayar di playstore pakai pulsa. saya cari di google ternyata ada jg yg mengalami mengalami sms konten di blokir dari nomor telepon oleh operator, nih salah satunya https://www.molzania.com/cara-blokir-sms-berlangganan-xl/

          anda tahu cs xl sendiri loh yg bilang layanan berbayar google itu termasuk sms konten. cs xl sendiri jg bilang jika xl memblokir sms konten, itu akan membuat nomor gak bisa membeli layananan google. itu jauh sebelum ada fitur kontrol pulsa. anda gak percaya saya sih.

          satu lg jawaban sudah sesuai dari cs itu seringkali salah karna faktanya saja waktu fitur kontrol pulsa gak berfungsi untuk data, tp pulsa terpotong oleh internet, cs malah kasih jawaban pemotongan pulsa udah sesuai walaupun ujung2nya dapat ganti rugi dan fitur kontrol pulsa untuk data di perbaiki.

        • dasiri dasiri@ xl itu dulu mengatagorikan layanan berbayar google sebagai sms konten. si penulis itu mengandalkan informasi lama dari cs. lagian dulu itu jika sms konten di blokir sama xl, layanan berbayar google jg ikut di blokir karna layanan berbayar google termasuk sms konten, siapa yg bego sekarang? si dasiri dasiri yg bego.

        • dasiri@ lu tahu atau tidak dulu xl menganggap layanan berbayar google sebagai sms konten, makannya dulu itu kalau di lakukan blaclist global, pulsa gak bisa terpotong oleh layanan berbayar google. kayaknya lu gak pernah punya pengalaman di tawari blacklist global deh oleh cs.

        • dasiri, lu yg kocak, tahu apa lu tentang xl? lu sebelumnya gak tahukan kalau xl memblokir sms konten, maka pembelian di google play jg ikut di blokir? wajarlah ada orang yg punya pengalaman nomornya di blacklist global oleh xl beranggapan bahwa sms berlangganan di fitur kontrol pulsa itu termasuk pembelian di google play. komentar lu justru kelihatan bodoh di mata orang2 yg pernah punya pengalaman nomor xlnya di blacklist global.

        • dasiri, lu yg kocak bego, xl itu dulu kalau melakukan blacklist global pada nomor telepon xl pengguna, pulsa di nomor xl pengguna gak bisa terpotong oleh sms konten apapun, termasuk pembelian di googleplay. lu tahu atau kagak artinya apa? xl itu dulu menganggap pembelian di google play sebagai sms konten bodoh.

    • woy dasiri, fitur kontrol pulsa sekarang harusnya bisa melindungi pulsa untuk data, sms berlangganan, sms banking. bukan cuma melindungi pulsa untuk data. lu tahu fitur kontrol pulsa atau kagak sih? jangan2 lu kagak tahu lalu, terbukti dari komentar bodoh lu yg bilang "kontrol pulsa fungsinya cuma buat jangan motong pulsa utama saat paket internet udah habis"

      • masalah dia di luar masalah itu ngebedain konten sms berlangganan dan google pay kaga ngerti ngerti biar dijelasin juga
        youtube premium ga akan bisa aktif kalo dia ga ngeklik pembayaran menggunakan nomer hp
        bisa diliat di billingnya dia di foto
        gue selama ini make fitur kontrol pulsa cuma biar pulsa utama ga kepotong saat paket habis
        kalo ada fitur sms banking dan sms berlangganan selama gue ga daftarin atau iseng coba coba ya udah pasti aman

        • langganan berbayar di google play itu masuk akal loh kalau di katagorikan sebagai sms berlangganan. lu tahu atau kagak untuk menambakan metode pembayaran xl/axis, nomor xl atau axis harus kirim sms ke nomor 6006? itu nomor sms konten loh?

          gw heran aja sama xl kenapa itu pembelian di google play di kecualikan dari fitur kontrol pulsa untuk sms berlangganan, padahal dulu xl kalau memblokir sms konten, pembelian di google play jg ikut di blokir?

          kalau mau hujat orang, tolong dong yg cerdas dikit, lu sama kaya kebanyakan netizen indo, gak tahu apa2, asal hujat. gw harap lu baca komen gw dasiri.

    • layanan google masuk dalam katagori sms konten, dulu sebelum ada fitur kontrol pulsa xl bisa melakukan blacklist global, itu maksudnya memblokir sms konten. nih saya kopas tulisan di kaskus "Setelah saya bilang akan saya tulis ke media konsumen, #M138 menanyakan apakah ingin dilakukan blacklist global agar ke depannya tidak terdaftar layanan kembali? Yang dimana akan mengakibatkan nomor hp saya tidak bisa menerima pop up dan tidak bisa melakukan pembelian layanan di aplikasi google. Saya jawab: Iya mau blacklist global. #M83 lalu konfirmasi bahwa blokir global sudah dilakukan"
      sumber: https://m.kaskus.co.id/show_post/5ecdd9ae337f937e1f7d9e07/20/-

      sebenarnya cs xl emang udah dari dulu kasih tahu bahwa kalau xl memblokir sms konten itu akan membuat nomor gak bisa membeli layanan berbayar playstore. itu udah dari dulu cs xl kasih tahu. layanan berbayar google emang dari dulu masuk dalam katagori sms konten, cs sendiri yg yg bilang. di forum2 di internet jg ada informasi yg sama dari pengguna lain. saya banyak baca theard di forum.

    • dasiri, komentar lu salah. yg benar itu kontrol pulsa bisa di aktifkan untuk data, sms berlangganan, sms banking. ngomong2 dulu xl menganggap pembelian di google play sebagai sms konten. dulukan ada blacklist global. gw kagak tahu sejak kapan xl mengubah kebijakan di mana pembelian di google play gak di anggap sebagai sms konten lg.

    • punten gan, dulu itu xl kalau memblokir sms konten dari nomor telepon, nomor telepon jadi gak bisa melakukan pembelian di google play. orang yg punya pengalaman nomor xlnya di blacklist global, wajar kalau berpikir fitur kontrol pulsa untuk sms berlangganan, berlaku jg untuk pembelian di google play.

  • Bro setau saya KONTROL PULSA perlindungan untuk data, sms berlangganan, sms banking. Apakah google play termasuk sms berlangganan menurut saya tidak karena itu untuk pembelian subscribe langsung dari Google, kalo tidak mau berlangganan otomatis googleplay/nomor tsb sebagai metode pembayaran google di nonaktifkan metode pembayaran langsungnya.

    karena pada saat pulsa mencukupi langganan yg sebelumnya akan habis memotong langsung pulsa yang tersedia.

    Kecuali memang pulsa terpotong karena kuota habis baru tuh komplain.

    Nikmati aja youtube premium lumayan, kedepannya matikan autorenew, saya juga gitu kalo langganan canva,youtube,musixmatch,spotify, selalu non aktifkan langganan otomatis biar ga shock kenapa pulsa kesedot padahal fitur kontrol pulsa sudah diaktifkan.

    Lebih baik hubungi dukungan google, xl juga sudah memberikan informasi tsb kalo mau menyanggah ke google langsung aja. Sekiannnnnn cmmiw.

    • dia lupa mungkin dia ikut ujicoba.promo youtube premium gratis 1 bulan
      nah saat mau ikut kan disuruh masukin buat pembayaran berlangganan mau pake metode apa,mungkin dia masukin nomer xl nya akhirnya dia pake youtube premium gratis 1 bulan.
      nah setelah 1 bulan dia lupa atau malah ga tau cara menonaktifkan pembayaran berlangganan youtube premium
      ya udah deh pulsa kepotong biaya berlangganan di bulan selanjutnya
      terus sekarang nulis di MK menyalahkan fitur kontrol pulsa XL 🤣🤣🤣

      • hehe saya hampir berfikir gini ikut uji coba terus lupa eh kesedot hehe. yang disalahkan xl karena kontrol pulsa. mbok ya kontrol pulsa yg saya tau untuk data, sms banking, sms berlangganan konten. kalo udah masuk ranah google play yo beda😁😁

          • beda dong sms berlangganan itu yg ketik reg spasi mistis misalnya itu yg termasuk sms berlangganan
            kalo layanan google play itu kan ditautkan metode pembayaran google play

            kalo mau berhenti layanan dari play store bukan pake kontrol pulsa xl tapi caranya buka google play store klik autentifikasi pembelian lalu pilih wajibkan autentifikasi pembelian nanti semua pembelian awal akan diverifikasi dulu

            atau kalo sudah terlanjur berlangganan ya dibatalkan aja caranya buka google playstore lalu klik pembayaran dan langganan klik yg langganan lalu hapus

          • Wkwkw sms berlangganan yg dimasukkan ke kontrol pulsa xl itu seperti langganan zodiak, berita dll yang disediakan oleh xl di dial up, pernah kan dapet sms promo menangkan hadiah sekian atau mau tau kabar artis favoritmu? Silakan ketik *122*211# untuk berlangganan, setau saya sih itu yang dimaksud sms berlangganan, kalo youtube premium emang termasuk sms? Lawak kali ini orang, kasihan cs xl harus ngadepin orang kaya gini

        • dulu xl menganggap pembelian di google play sebagai sms konten, lu tahu apa junaedi. dulu itu ada yg namanya blacklist global.

      • dasiri, komentar lu menyindiri si penulis seolah oleh bodoh, padahal komentar lu yg sebelumnya kelihatan banget bodoh, lu sebelumnya komentar "kontrol pulsa fungsinya cuma buat jangan motong pulsa utama saat paket internet udah habis" padahal kenyataan itu kalau berfunsgi dgn baik dan di aktifkan untuk data, sms banking, sms berlangganan, kontrol pulsa dapat melindungi pulsa dari data, sms banking, sms berlangganan.

        dari komentar lu yg sebelumnya, gw bisa lihat lu kagak paham fitur kontrol pulsa, terbukti dgn lu komentar "kontrol pulsa fungsinya cuma buat jangan motong pulsa utama saat paket internet udah habis" lu yg bodoh, ngatain orang lain bodoh. wkwkwkkwkw

    • biasanya gak bisa motong pulsa untuk layanan google kak meski pulsa mencukupi. itu udah dari dulu. dulu jg fitur kontrol pulsa pernah gak berfungsi untuk data. pernah jg fitur kontrol pulsa gak berfungsi untuk sms banking.

    • termasuk kak karna dulu gak bisa beli layanan google pakai pulsa. lagian, sebelum ada kontrol pulsa semua sms konten itu di blokir dari nomor saya oleh operator. hal itu menyebabkan pulsa di nomor saya gak bisa di potong sms konten apapun, tp masih bisa coba sms konten gratis. ini jelas yg salah xl karna fitur kontrol pulsa gak berfungsi. dulu jg pernah gak berfungsi yg untuk data, fitur kontrol pulsa untuk data aktif, tp pulsa terpotong oleh internet. untung dapat ganti rugi dan fitur kontrol pulsa di perbaiki. yg untuk sms banking jg pernah gak berfungsi, fitur kontrol pulsa untuk sms banking aktif, tp pulsa terpotong untuk sms banking. untung dapat ganti rugi dan fitur kontrol pulsa di perbaiki.

      sekarang yg terbaru fitur kontrol pulsa tidak berfungsi untuk sms berlangganan. lihat aja nanti saya akan dapat ganti rugi atau kagak? fitur kontrol pulsa akan di perbaiki atau tidak?

    • layanan google masuk dalam katagori sms konten, dulu sebelum ada fitur kontrol pulsa xl bisa melakukan blacklist global, itu maksudnya memblokir sms konten. nih saya kopas tulisan di kaskus “Setelah saya bilang akan saya tulis ke media konsumen, #M138 menanyakan apakah ingin dilakukan blacklist global agar ke depannya tidak terdaftar layanan kembali? Yang dimana akan mengakibatkan nomor hp saya tidak bisa menerima pop up dan tidak bisa melakukan pembelian layanan di aplikasi google. Saya jawab: Iya mau blacklist global. #M83 lalu konfirmasi bahwa blokir global sudah dilakukan”
      sumber: https://m.kaskus.co.id/show_post/5ecdd9ae337f937e1f7d9e07/20/-

      sebenarnya cs xl emang udah dari dulu kasih tahu bahwa kalau xl memblokir sms konten itu akan membuat nomor gak bisa membeli layanan berbayar playstore. itu udah dari dulu cs xl kasih tahu. layanan berbayar google emang dari dulu masuk dalam katagori sms konten, cs sendiri yg yg bilang. di forum2 di internet jg ada informasi yg sama dari pengguna lain. saya banyak baca theard di forum.

    • Nah ini penjelasan bener.. yg nulis keluhan ini di MK dijelasin kaga ngerti2 🤣 kesalahan dia malah ngaduh di MK

      • yg gak ngerti itu netizen kak. jelas2 layanan berbayar google itu masuk dalam katagori sms konten, lihat aja di sini https://m.kaskus.co.id/show_post/5ecdd9ae337f937e1f7d9e07/20/- di forum2 internet jg banyak informasi yg menyatakan bahwa jika xl memblokir sms konten, itu akan mengakibatkan nomor gak bisa membeli layanan berbayar google. layanan berbayar google itu masuk dalam katagori sms konten, dulu sebelum ada fitur kontrol pulsa, ada blacklist global dan emang cs sering menjelaskan jika dilakukan pemblokiran, akan membuat nomor gak bisa membeli layanan berbayar google. maksudnya gak bisa beli pakai pulsa. netizen banyak yg gak paham sms konten, pembelian item game pakai pulsa jg masuk dalam katagori sms konten loh.

    • punten gan, dulu itu xl kalau memblokir sms konten dari nomor telepon, nomor telepon jadi gak bisa melakukan pembelian di google play. orang yg punya pengalaman nomor xlnya di blacklist global, wajar kalau berpikir fitur kontrol pulsa untuk sms berlangganan, berlaku jg untuk pembelian di google play.

    • woy junaedi, dulu itu xl kalau melakukan blacklist global pada nomor telepon xl pengguna, pulsa di nomor xl pengguna jadi gak bisa terpotong oleh sms konten apapun, termasuk pembelian di google play. dari komentar lu, kelihatan banget lu gak pernah punya pengalaman nomor xl lu di blacklist global oleh xl atau jangan2 lu gak pernah pakai xl lg?

  • Kalau memang yang terpotong itu layanan google misal YouTube premium bisa kok dibatalkan dan minta refund. Saya pernah lupa batalkan langganan di google tapi waktu itu bayar pake gopay. Akhirnya saya minta refund ke google dan disetujui. Jadi dalam hal ini kalau layanan yang bersifat eksternal seperti layanan google anda juga harus hubungi pihak ketiga juga.

      • Itu berarti dulu pihak XL yang membantu proses refund ke pihak ketiga. Kontrol pulsa itu hanya untuk layanan dalam internal XL. Kalau google yang mendebet pulsa tetap harus lapor ke google juga. Dalam hal ini Google yang menarik biaya karena ada layanan berlangganan YouTube. Gak susah sebenarnya. Tinggal masuk ke akun YouTube nya terus minta pembatalan berlangganan. Biasanya kalau masih belum seminggu udah di approved. Tapi tak berlaku lagi kalau udah lewat dari 7 hari. Ini berdasarkan pengalaman saya dalam layanan google.

        • salah kak, fitur kontrol pulsa xl sekarang itu harusnya dapat melindungi pulsa dari data, sms banking, sms berlangganan. layanan google itu termasuk sms berlangganan kak. dulu waktu pulsa saya terpotong oleh data dalam keadaan fitut kontrol pulsa untuk data xl bilang sudah sesuai, tp kenyataannya gak. untung saya dapat ganti rugi dan xl memperbaiki fitur kontrol pulsa, itu masuk jg ke mediakonsumen, bisa baca di https://mediakonsumen.com/2021/08/11/surat-pembaca/kecewa-dengan-fitur-kontrol-pulsa-xl-yang-tidak-berfungsi

          yang untuk sms banking pernah gak berfungsi, tp itu gak masuk ke mediakonsumen. xl memperbaiki fitur kontrol pulsa untuk sms banking dan pulsa yg terpotong oleh sms banking di ganti. saya coba sms banking, gak bisa motong pulsa ternyata karna fitur kontrol pulsa untuk sms banking sudah berfungsi dan kontrol pulsa aktif untuk sms banking. pahami fitur dgn baik kak. ini jelas xl yg salah.

          • ini ya yg gue sadur dari wikipedia makna sms berlangganan
            terserah loe mau percaya atau ga!!!

            SMS berlangganan/premium adalah sebuah layanan ponsel yang memungkinkan kita untuk mendapatkan informasi terbaru tentang berita, olahraga, dunia hiburan, mendapatkan ramalan zodiak terbaru, mengikuti undian berhadiah, mendapatkan nada sambung pribadi, bahkan juga digunakan untuk memilih peserta favorit kita dalam sebuah acara realitas di televisi dan lainnya. SMS berlangganan/premium merupakan sebuah perkembangan teknologi komunikasi. Dengan hanya menggunakan 4 digit angka ke nomor tujuan yang dapat diingat, kita sudah dapat mengakses layanan tersebut.
            Untuk menggunakan layanan ini, kita harus memiliki short number yang biasanya terdiri dari 4 digit atau dikenal juga dengan sebutan Abbreviated Dialling Number (ADN).
            Secara umum, tipe layanan berbasis SMS ini dikelompokan menjadi dua yaitu:
            SMS Pull adalah layanan SMS berbasis request, jadi hanya ketika diminta maka informasi via SMS tersebut akan dikirim ke pengguna ponsel. Layanan yang biasa menggunakan model ini seperti ini adalah kuis, polling, atau information on demand.
            SMS Push, adalah layanan berbasis langganan dengan cara pendaftaran terlebih dahulu. Biasanya layanan ini di dahulukan dengan kata ‘REG’. Selanjutnya selanjutnya secara rutin penyelenggara konten akan mengirimkan SMS secara rutin ke pelanggan tersebut. Dan baru akan berhenti ketika pelanggan mengirim permohonan yang biasanya diawali dengan kata ‘UNREG’.

            lalu ini makna kata berlangganan aplikasi google pay yg disadur dari pusat bantuan google!!

            (Beberapa aplikasi kesehatan dan kebugaran, streaming video atau musik, aplikasi kencan, dan lainnya, menyediakan opsi untuk mendapatkan layanan dan fitur premium dengan harga tertentu. Anda dapat berlangganan aplikasi ini dengan Google Play.)
            Jika Anda berlangganan:
            Anda akan otomatis ditagih pada setiap periode perpanjangan berdasarkan persyaratan langganan Anda, misalnya: mingguan atau tahunan.
            Jika Anda menerima penawaran uji coba $0/bulan, Anda akan mendapatkan email saat uji coba Anda akan berakhir.
            Pada akhir periode uji coba $0/bulan Anda, Anda akan otomatis ditagih sebesar jumlah yang ditentukan dalam persyaratan langganan Anda.
            Agar tidak ditagih, batalkan langganan sebelum periode uji coba berakhir.

            harusnya si paham bedanya makna sms berlangganan/premium dan makna langganan fitur google pay dalam hal ini youtube premium setelah baca penjelasan ini

        • salah kak, fitur kontrol pulsa xl sekarang itu harusnya dapat melindungi pulsa dari data, sms banking, sms berlangganan. layanan google itu termasuk sms berlangganan kak. dulu waktu pulsa saya terpotong oleh data dalam keadaan fitut kontrol pulsa aktif untuk data xl bilang sudah sesuai, tp kenyataannya gak. untung saya dapat ganti rugi dan xl memperbaiki fitur kontrol pulsa, itu masuk jg ke mediakonsumen, bisa baca di https://mediakonsumen.com/2021/08/11/surat-pembaca/kecewa-dengan-fitur-kontrol-pulsa-xl-yang-tidak-berfungsi

          yang untuk sms banking pernah gak berfungsi, tp itu gak masuk ke mediakonsumen. xl memperbaiki fitur kontrol pulsa untuk sms banking dan pulsa yg terpotong oleh sms banking di ganti. saya coba sms banking, gak bisa motong pulsa ternyata karna fitur kontrol pulsa untuk sms banking sudah berfungsi dan kontrol pulsa aktif untuk sms banking. pahami fitur dgn baik kak. ini jelas xl yg salah.

          • Layanan google tidak termasuk SMS biaya berlangganan. Itu layanan pihak ketiga. Silakan dibaca google refund policy. Itu sifatnya debet layaknya kartu kredit atau dompet digital dengan pulsa sebagai sumber dana. Saran saya kalau memang mau refund kirim request refund ke google dan nanti akan dapat email balasan dalam 7 hari kerja. Beres

        • eh dimas, jadi maksud lu sms banking bukan layanan xl? di komentar yg lain lu bilang "SMS banking itu beda kakak. SMS banking itu masih dalam konteks layanan XL." lu itu emang kelihatan banget bodohnya

        • dimas, maksud lu xl membantu proses refund pulsa yg terpotong oleh sms banking ke pihak ketiga? di komentar yg lain lu bilang “SMS banking itu beda kakak. SMS banking itu masih dalam konteks layanan XL.” wkwkwk, lucu jg komen lu. terus jg untuk pulsa yg terpotong untuk data, emang lu pikir xl membantu proses refund ke pihak ketiga? emangnya internet layanan pihak ketiga? lu itu kayanya komen asbun, coba jawab pertanyaan gw, sms banking termasuk layanan xl atau layanan pihak ketiga?

        • dimas, jadi maksud lu sms banking dan internet adalah layanan pihak ketiga? orang kasih tahu dulu fitur kontrol pulsa gak berfungsi untuk sms banking, lalu xl melakukan ganti rugi, orang kasih tahu dulunya lg kontrol pulsa gak berfungsi untuk data, lalu xl melakukan ganti rugi, lu malah komentar "Itu berarti dulu pihak XL yang membantu proses refund ke pihak ketiga" oh, iya di komentar yg lain lu komentar "“SMS banking itu beda kakak. SMS banking itu masih dalam konteks layanan XL" mana nih yg benar, sms banking itu layanan xl atau pihak ketiga? gw harap lu baca komen gw.

        • hai dimas, jadi maksud lu sms banking itu bukan layanan xl? kok di komentar yg lain lu komentar sms banking layanan xl? dasar bego lu, dimas anak haram, dimas bego, dimas sok tahu, dimas g0bl0k

        • si dimas beg0, dimas sok tahu, dimas bodoh, di komentar yg lain dia bilang sms banking masih dalam konteks layanan xl, eh di komentar dia yg lain kasih tahu sms banking layanan pihak ketiga, terbukti si dimas komen, "Itu berarti dulu pihak XL yang membantu proses refund ke pihak ketiga." padahal dulu itu yg di refund oleh xl pemakaian pulsa oleh internet dalam keadaan fitur kontrol pulsa aktif untuk data, poin yg terpotong untuk beli paket youtube unlimited 3 hari, pemakaian pulsa oleh sms banking. jadi maksud lu internet xl itu bukan layanan xl, yah? komentar kok bodoh banget, yah. terus sms banking bukan layanan xl, yah? kok di komentar yg lain lu bilang sms banking layanan xl. dasar beg0, udah sok tahu, sok pintar, sok ngajarin, dimas t0l0l

        • dimas, jadi maksud lu sms banking dan internet xl itu layanan pihak ketiga? sebelumnya kan fitur kontrol pulsa gak berfungsi untuk sms banking dan xl melakukan refund, sebelumnya lg fitur kontrol pulsa gak berfungsi untuk data dan xl melakukan refund jg. oh iya di komentar yg lain lu bilang sms banking masih dalam konteks layanan xl, mana nih yg benar, sms banking layanan xl atau pihak ketiga? komentar kok gak pakai otak atau jangan2 lu gak baca dgn teliti lg, lu sama bodohnya dgn cs xl.

        • dimas, jadi maksud lu sms banking sama data itu layanan pihak ketiga? dulu kan xl refund pulsa yg terpotong oleh sms banking , dulunya lagi xl refund pulsa yg terpotong oleh internet. di komen yg lain lu bilang sms banking masih dalam konteks layanan xl. komen kok gak konsisten. kayanya lu itu gak baca tulisan orang dgn teliti, lu beg0, nyalahin orang, kelihatan tambah beg0. tolong balas komen gw, itu jg kalau lu baca.

    • sudah jelas xl yg salah, masih saja bela xl itu si dimas. hahahah, ini xl jelas salah karna pulsa terpotong oleh layanan berbayar google yg sebelumnya di blokir oleh xl. lagian, udah dari dulu xl menganggap layanan berbayar google sebagai sms konten. yah saya tahu, xl udah anggap layanan berbayar google sebagai sms konten walaupun sebelummya layanan berbayar google di anggap sebagai sms konten

    • dimas, dulu xl kalau melakukan blacklist global pada nomor xl pengguna, nomor xl pengguna jadi gak bisa melakukan pembelian di google play. orang yg punya pengalaman nomor xlnya di blacklist global, wajar berpikir bahwa fitur kontrol pulsa untuk sms berlangganan berlaku jg untuk pembelian di google play. ngomong2 apa lu pernah pakai xl? kalau pernah pakai xl, apa nomor xl lu pernah di blacklist global sama xl? dari komentar lu gw menduga lu gak punya pengalaman nomor xl lu di blacklist global sama xl atau jangan2 lu gak pernah pakai xl lg.

    • komen bodoh, lu gak punya pengalaman nomor xl lu di blacklist global atau jangan2 lu gak pernah pakai xl lg? xl itu dulu kalau memblokir sms konten dari nomor telepon, membuat nomor telepon tidak bisa melakukan pembelian di google play. xl bisa memblokir pembelian di google play. sok aja lu lihat di forum internet yg mengeluhkan sms konten xl. lu kurang literasi menyalahkan orang seenaknya.

      entah kenapa gw lihat komen lu (dimas) benci banget, udah bodoh, sok tahu lg. makannya perbanyak literasi, komen lu di lihat banyak orang dan dapat menyakiti pengguna xl yg punya pengalaman nomor xlnya di blacklist global.

  • Lagi dan lagi MK ini jadi ajang perang komentar. Masih bagus Kompas. Langsung ditanggapi oleh pihak terkait.

    • nanti jg di tanggapi sama xl. banyak netizen yg gak paham fitur kontrol pulsa, padahal di surat pembaca ini https://mediakonsumen.com/2021/08/11/surat-pembaca/kecewa-dengan-fitur-kontrol-pulsa-xl-yang-tidak-berfungsi yg kasih komentar cuma gw sama xl. satu lg, layanan google itu masuk dalam katagori sms konten/sms berlangganan. tahu darimana? dari cs xl sendiri, xl dulu pernah bilang ke saya lewat telepon. kalau gak salah, yg nelepon saya itu 817. cs xl kalau nelepon nomor xl mereka pakai nomor 817/818.

    • layanan google masuk dalam katagori sms konten, dulu sebelum ada fitur kontrol pulsa xl bisa melakukan blacklist global, itu maksudnya memblokir sms konten. nih saya kopas tulisan di kaskus Setelah saya bilang akan saya tulis ke media konsumen, #M138 menanyakan apakah ingin dilakukan blacklist global agar ke depannya tidak terdaftar layanan kembali? Yang dimana akan mengakibatkan nomor hp saya tidak bisa menerima pop up dan tidak bisa melakukan pembelian layanan di aplikasi google. Saya jawab: Iya mau blacklist global. #M83 lalu konfirmasi bahwa blokir global sudah dilakukan
      sumber: https://m.kaskus.co.id/show_post/5ecdd9ae337f937e1f7d9e07/20/-

  • Buka akun google via website, cek payment history. Nanti disana ada riwayat transaksi. Terus request a refund transaksi yang akan disanggah. Kalau masih dalam minggu2 awal biasanya masih bisa minta refund. Nanti kasih aja alasan accidentally paid atau pembayaran yang tidak disengaja.

    • saya bukan cuma ingin dapat ganti rugi, tp saya jg ingin fitur kontrol pulsa berfungsi sebagaimana mestinya. dulu jg pernah gak berfungsi untuk data, tp saya dapat ganti rugi dan fitur kontrol pulsa untuk data di perbaiki. pernah jg gak berfungsi untuk smw banking, tp saya dapat ganti dan fitur kontrol pulsa di perbaiki. sekarang gak berfungsi untuk sms berlangganan. jadi yg salah pihak xl, google gak salah. xl yg salah karna fitur gak berfungsi.

      • Kontrol SMS itu gak berlaku buat layanan pihak ketiga seperti Google. Itu sama kayak anda belanja pake kartu kredit atau kartu debit di toko. Kalau mau refund anda harus ke tokonya bukan ke bank atau penerbit kartu. Anda harusnya baca lagi sistem kontrol pulsa XL. Dari penjelasan anda sepertinya anda gagal paham

        • salah berlaku jg. faktanya dulu pulsa saya gak bisa terpotong oleh layanan google meskipun pulsa mencukupi. udah saya coba berkali kali gak bisa. kalau saya coba yg gratis, di bagian perpanjangan pembayaran akan di tolak.

        • Tadi sy coba2 fitur pembayaran pake pulsa di google play dengan fitur kontrol pulsa "sms berlangganan" ditick. Dan kenyataannya memang masih bisa beli game di google play pake pulsa. Notifikasi pembelian berhasilnya dikirim ke email sy, bukan sms.

          Saya juga coba beli paket langganan internet XL, dan ternyata memang masih bisa. Notifikasi pembelian paket langganan internetnya via sms.

          Jadi ada kemungkinan pembelian paket berlangganan internet XL dan pembelian berlangganan aplikasi Google Play tidak termasuk ke dalam service "sms berlangganan" yg bisa dikontrol oleh fitur "kontrol pulsa". Mungkin bisa dicoba juga menghapus menu pembayaran pakai pulsa XL di metode pembayaran. Klik setelan pembayaran lain.

          Dan kalau dicek artikel "molzania" sebelumnya. Sepertinya yg dipermasalahkan molzania adalah sms banking dari 33552 yg tampak seperti "sms berlangganan". Sms notifikasi yg dikirimkan ke nomor kita kalau ada uang keluar masuk rekening Mandiri biasanya tercatat di sistem sebagai 33552 kalau Mandiri, 194612 kalau BNI dan itu bayar 650 perak. Kalau ini kasusnya mungkin bisa dicoba dengan memilih sms banking sebagai solusi di menu kontrol pulsa XL, dsn bukan "sms berlangganan".

          Selain itu ada informasi ini persyaratan layanan Google. Oleh karenanya dengan memasukkan metode pembayaran pake pulsa XL, seharusnya berarti otomatis sudah mengizinkan Google untuk memotong pulsa XL.
          ---------------------------------------
          Saat Anda memulai Transaksi Google, Google dapat memberikan Anda Metode Pembayaran yang tersedia saat transaksi. Setelah Anda memilih Metode Pembayaran yang ingin Anda gunakan, Google dapat memberikan tagihan atas Metode Pembayaran tersebut, atau membagikan Metode Pembayaran dan detail yang berhubungan dengan salah satu afiliasinya, yang kemudian akan memproses transaksi atas nama Penjual. Anda mengizinkan penagihan atau debit ke Metode Pembayaran Anda sebagaimana diperlukan untuk menyelesaikan pemrosesan Transaksi Google. Anda juga mengizinkan pengkreditan ke Metode Pembayaran Anda sehubungan dengan pembalikan, pengembalian dana, atau penyesuaian yang terkait dengan Transaksi Google.
          _------------+++++++++++++++++-----------

          • hai cuk, udah gw bilangin berkali-kali xl bisa memblokir sms konten dan layanan google termasuk sms konten walaupun pemberitahuan pembelian gak di kirim lewat sms. dulu sebelum ada fitur kontrol pulsa xl bisa memblokir sms konten, itu menyebabkan nomor telepon tidak bisa membeli layanan google. itu pembayaran akan tertolak kalau di pilih metode pembayaran pakai pulsa, masalahnya ini fitur tidak berfungsi dgn baik. biasanya tertolak, di tanggal 2 september gak tertolak.

          • coba kalau misalkanya dulu saat fitur kontrol pulsa tidak berfungsi untuk data, lu punya kuota youtube, tp gak punya kuota utama, pulsa lu ada 10 ribu, fitur kontrol pulsa untuk data aktif, tp gak berfungsi, lalu lu coba internetan, pulsa lu terpotong atau kagak? terpotong karna fitur kontrol pulsa gak berfungsi. sampai sini paham atau tidak? faktanya aja sebelum ada fitur kontrol pulsa, xl bisa memblokir sms konten dari nomor telepon, anda tahu hal itu jg menyebabkan nomor telepon jadi gak bisa membeli layanan berbayar google. rbt berbayar pun gak bisa di beli, dulu masih ada rbt.

            saya dulu udah coba berkali kali gak bisa, pembayaran akan di tolak. kalau metode pembayaran yg saya pilih kagak pakai pulsa di nomor telepon, itu yg membeli bukan nomor telepon. masalahnya anda percaya atau tidak bahwa layanan berbayar google termasuk sms konten/sms berlangganan. anda aja gak percaya penjelasan saya. yah udah terserah, tp itu tak mengubah kenyataan.

          • Wiratta Rhinaldiko, lu gak baca tulisan molzania secara menyeluruh. jelas2 di situ ada informasi layanan berbayar google jg ikut di blokir. sebelum komen baca yg benar, jangan malu maluin.

          • wirrata, baca yg benar bego, nih gw copas sedikit tulisan mozlania "Mbak CS pun menuruti permintaan Molzania. Konsekuensinya, nomor XL Molzania nggak bisa lagi dipake buat bayar Google Playstore" paham atau kagak? pembelian layanan berbayar google pakai pulsa di nomor telepon jg ikut diblokir bego.

          • Wiratta Rhinaldiko, baca yg benar bego, layanan berbayar google jg ikut di blokir. nih gw copas tulisan molzania “Mbak CS pun menuruti permintaan Molzania. Konsekuensinya, nomor XL Molzania nggak bisa lagi dipake buat bayar Google Playstore” semoga otak lu cukup pintar untuk memahami tulisan yg gw copas.

        • dimas@ dari penjelasan anda, kayaknya anda gak pernah punya pengalaman di tawari blacklist global oleh cs xl. lu tahu atau tidak dulu kalau xl melakukan blacklist global di nomor xl, itu nomor xl jadi gak bisa melakukan pembelian berbayar di google play. pulsa di nomor xl jadi gak bisa terpotong layanan berbayar google. lu kan gak percaya sama orang yg lebih berpengalaman. berkali kali di kasih tahu bahwa pulsa di nomor xl gak bisa terpotong oleh layanan berbayar google, tp lunya batu gak percaya. ibaratkan penganut bumi datar di kasih tahu berkali kali bahwa bumi itu bulat, tp penganut bumi datar batu kagak percaya bumi itu bulat.

        • dimas, lu komen "Kontrol SMS itu gak berlaku buat layanan pihak ketiga seperti Google. Itu sama kayak anda belanja pake kartu kredit atau kartu debit di toko. Kalau mau refund anda harus ke tokonya bukan ke bank atau penerbit kartu. Anda harusnya baca lagi sistem kontrol pulsa XL. Dari penjelasan anda sepertinya anda gagal paham"

          sekarang siapa yg gagal paham? faktanya pembelian pakai pulsa di google play sudah diblokir lg sama xl, faktanya xl dulu itu mengatagorikan pembelian di google play sebagai sms konten, lu yg gak pernah di tawari blacklist global sama cs xl, mau ngajarin gw tentang sms konten? lu tahu atau normalnya kalau kita mencoba membeli item di google play, itu nomor kita ngirim sms ke nomor tertentu, kalau di xl, kirim sms ke 6006.

          lu gak pernah di tawari blacklist global oleh cs xl, bisa2nya lu ngatain gw gagal paham, lu yg gagal paham bodoh. pasti sekarang lu malu karna terbukti salah.

          faktanya jauh sebelum ada fitur kontrol pulsa, pulsa di nomor xl saya gak bisa terpotong oleh layanan berbayar google. faktanya xl sudah melakukan pemblokiran kembali pembelian pakai pulsa di google play. saya jg sudah melakukan pengetasan, nih yg terjadi https://drive.google.com/file/d/1Op3ghk76qRtzYk9CVASDsguFjJVK-h5o/view?usp=drivesdk

          gw bersukur xl tanggung jawab, tanggung jawabnya xl moga bisa menambah ilmu untuk lu. makannya jadi orang itu jangan sok tahu, lu mau bantah fakta yg gw kasih dgn opini lu. gw harap lu baca komen gw yg ini, gw jg harap lu jg baca tanggapan xl untuk surat pembaca ini. gw jg harap lu baca surat klarifikasi gw untuk surat pembaca.

          pesan terakhir gw: manusia itu mahluk yg sangat bodoh, gw sudah banyak nemu manusia kaya lu yg membantah fakta dgn opini, di kasih tahu fakta, tp malah membantah fakta dgn opini.

          • dimas, lu komen “Kontrol SMS itu gak berlaku buat layanan pihak ketiga seperti Google. Itu sama kayak anda belanja pake kartu kredit atau kartu debit di toko. Kalau mau refund anda harus ke tokonya bukan ke bank atau penerbit kartu. Anda harusnya baca lagi sistem kontrol pulsa XL. Dari penjelasan anda sepertinya anda gagal paham”

            sekarang siapa yg gagal paham? faktanya pembelian pakai pulsa di google play sudah diblokir lg sama xl, faktanya xl dulu itu mengatagorikan pembelian di google play sebagai sms konten, lu yg gak pernah di tawari blacklist global sama cs xl, mau ngajarin gw tentang sms konten? lu tahu atau tidak normalnya kalau kita mencoba membeli item di google play, itu nomor kita ngirim sms ke nomor tertentu, kalau di xl, kirim sms ke 6006.

            lu gak pernah di tawari blacklist global oleh cs xl, bisa2nya lu ngatain gw gagal paham, lu yg gagal paham bodoh. pasti sekarang lu malu karna terbukti salah.

            faktanya jauh sebelum ada fitur kontrol pulsa, pulsa di nomor xl saya gak bisa terpotong oleh layanan berbayar google. faktanya xl sudah melakukan pemblokiran kembali pembelian pakai pulsa di google play. saya jg sudah melakukan pengetasan, nih yg terjadi https://drive.google.com/file/d/1Op3ghk76qRtzYk9CVASDsguFjJVK-h5o/view?usp=drivesdk

            gw bersukur xl tanggung jawab, tanggung jawabnya xl moga bisa menambah ilmu untuk lu. makannya jadi orang itu jangan sok tahu, lu mau bantah fakta yg gw kasih dgn opini lu. gw harap lu baca komen gw yg ini, gw jg harap lu jg baca tanggapan xl untuk surat pembaca ini. gw jg harap lu baca surat klarifikasi gw untuk surat pembaca.

            pesan terakhir gw: manusia itu mahluk yg sangat bodoh, gw sudah banyak nemu manusia kaya lu yg membantah fakta dgn opini, di kasih tahu fakta, tp malah membantah fakta dgn opini.

        • dimas, apa lu pernah punya pengalaman nomor xl lu di blacklist global? atau jangan2 lu gak pernah pakai xl lg. dulu itu xl menganggap pembelian di google play sebagai konten. gw kagak tahu lu baca komen gw atau kagak, lukan bisa matiin notif. sekalipun lu gak matiin notif, lu bisa aja gak baca notifikasi yg di kirim lewat email.

          dulu itu di xl ada yg namanya blacklist global, anda tahu kalau nomor xl di blacklist global, nomor xl jg di blokir dari pembelian di google play. wajarlah kalau ada orang yg berpikir fitur kontrol pulsa untuk sms berlangganan berlaku jg untuk sms konten.

        • punten gan, dulu itu xl kalau memblokir sms konten dari nomor telepon, nomor telepon jadi gak bisa melakukan pembelian di google play. orang yg punya pengalaman nomor xlnya di blacklist global, wajar kalau berpikir fitur kontrol pulsa untuk sms berlangganan, berlaku jg untuk pembelian di google play.

        • dimas, dulu xl kalau melakukan blacklist global pada nomor telepon, pulsa di nomor telepon jadi gak bisa terpotong oleh sms konten apapun, termasuk pembelian di google play. orang yg punya pengalaman nomor xlnya di blacklist global oleh xl, wajar berpikir bahwa fitur kontrol pulsa untuk sms berlangganan, berlaku jg untuk pembelian di google play.

          kalau orang kasih tahu, resapi baik2, lu kan modal gak percaya sama orang, lu merasa lebih tahu, padahal orang lebih tahu dari lu. lagian pembelian di google play itu masuk akal loh kalau di katagorikan sebagai sms konten. anda tahu kalau pembayaran xl/axis di tambahkan di google play, nomor xl/axis kirim sms ke 6006.

        • dimas, lu pernah atau kagak di tawari blacklist global oleh cs xl? gw rasa lu gak pernah punya pengalaman di tawari oleh blacklist global oleh cs xl. terbukti dari komentar anda yg anda gak tahu bahwa xl bisa memblokir pembelian di google play. dulu itu kalau xl memblokir sms konten, pembelian di google play ikut di blokir jg sama mereka. gw harap lu baca komen gw.

        • dimas, lu pernah atau kagak di tawari blacklist global oleh cs xl? gw rasa lu gak pernah punya pengalaman di tawari blacklist global oleh cs xl. terbukti dari komentar anda yg anda gak tahu bahwa xl bisa memblokir pembelian di google play. dulu itu kalau xl memblokir sms konten, pembelian di google play ikut di blokir jg sama mereka. gw harap lu baca komen gw.

        • dimas, lu yg gagal paham, gak tahu apa2 asal komen, kayaknya lu jg gak baca dgn teliti argumen si penulis, terbukti dari komen bodoh lu yg mau membangun argumen xl gak punya otoriasi mencegah pulsa terpotong oleh pembelian di google dgn argumen terbukti sebelumnya pernah komplain fitur kontrol pulsa gak berfungsi untuk data dan komplain fitur kontrol pulsa gak berfungsi untuk sms banking, t0l0l sekali argumen lu dimas

  • Bapak salah ngartiin, yang dimaksud SMS berlangganan itu kaya Nada Dering, Konten Horoskop yang emang dari XL nya langsung.

    Sedangkan yang namanya Google Play itu Konten Berlangganan diluar kehendak XL pas bapak memilih untuk berlangganan kan ada tulisan "Akan diperpanjang secara Otomatis".

    YouTube punyanya Google, HP bapak Android buatan Google. Jadi lebih powerful mana dari XL?

    Klo dikasih pemahaman toh ya diresapin jgn ngejawab Mulu.

    • maaf kak dari dulu jg pulsa saya gak bisa terpotong layanan google. itu masuk sms konten, cs sendiri kok yg ngomong ke saya. coba berpikir pakai logika, kenapa dari dulu google gak bisa motong pulsa saya meski pulsa mencukupi. lagian, dulu cs pernah bilang ke saya layanan google itu masuk dalam katagori sms konten.

    • anda kagak paham fitur kontrol pulsa. ini jelas xl yg salah. dulu jg waktu pusla terpotong oleh internet dalam keadaan fitur kontrol pulsa untuk data aktif, cs bilang sudah sesuai, padahal kagak. untung aja saya dapat ganti rugi dan fitur kontrol pulsa di perbaiki. saya itu paham fitur kontrol pulsa kak, asal kakak tahu, sebelum ada fitur kontrol pulsa, xl memblokir sms konten dari nomor saya. hal itu menyebabkan pulsa di nomor saya tidak bisa di potong oleh sms konten apapun, termasuk layanan google, sudah saya coba.

      lagian, dulu cs bilang ke saya layanan google itu sms konten. coba pahami fitur dgn benar. coba jg berpikir kenapa sebelumnya2 pulsa saya gak bisa terpotong oleh layanan google meski pulsa mencukupi? jelas2 karna fitur yg tidak berfungsi. anda tidak paham, malah ingin kasih penjelasan ke orang yg paham.

    • layanan google masuk dalam katagori sms konten, dulu sebelum ada fitur kontrol pulsa xl bisa melakukan blacklist global, itu maksudnya memblokir sms konten. nih saya kopas tulisan di kaskus “Setelah saya bilang akan saya tulis ke media konsumen, #M138 menanyakan apakah ingin dilakukan blacklist global agar ke depannya tidak terdaftar layanan kembali? Yang dimana akan mengakibatkan nomor hp saya tidak bisa menerima pop up dan tidak bisa melakukan pembelian layanan di aplikasi google. Saya jawab: Iya mau blacklist global. #M83 lalu konfirmasi bahwa blokir global sudah dilakukan”
      sumber: https://m.kaskus.co.id/show_post/5ecdd9ae337f937e1f7d9e07/20/-

      sebenarnya cs xl emang udah dari dulu kasih tahu bahwa kalau xl memblokir sms konten itu akan membuat nomor gak bisa membeli layanan berbayar playstore. itu udah dari dulu cs xl kasih tahu. layanan berbayar google emang dari dulu masuk dalam katagori sms konten, cs sendiri yg yg bilang. di forum2 di internet jg ada informasi yg sama dari pengguna lain. saya banyak baca theard di forum.

    • baby@ ada orang penganut bumi datar kasih pemahaman bumi itu datar, itu kan pemahamannya salah. lagian, dulu itu xl kalau memblokir sms konten, layanan berbayar google jg ikut di blokir. kayaknya lu gak punya pengalaman di tawari blacklist global deh oleh cs.

    • baby@ bukan di lihat dari powerpul, xl dulu kalau memblokir sms konten, ikut memblokir pembelian di google play jg.

    • baby, apa lu pernah punya pengalaman nomor xl lu di blacklist global? atau jangan2 lu gak pernah pakai xl lg. dulu itu xl menganggap pembelian di google play sebagai konten. gw kagak tahu lu baca komen gw atau kagak, lukan bisa matiin notif. sekalipun lu gak matiin notif, lu bisa aja gak baca notifikasi yg di kirim lewat email.

      dulu itu di xl ada yg namanya blacklist global, anda tahu kalau nomor xl di blacklist global, nomor xl jg di blokir dari pembelian di google play. wajarlah kalau ada orang yg berpikir fitur kontrol pulsa untuk sms berlangganan berlaku jg untuk sms konten

  • When your trial ends, it will automatically be rolled over into the applicable membership - YouTube Premium or Music Premium membership. We will charge the current membership price to the payment method on file on a recurring monthly basis, unless you cancel BEFORE the end of the trial.

    Yang dibayar itu bukan buat SMS nya tapi buat YouTube premium. Dibayar pake pulsa karna udh bapak atur metode pembayaran nya menggunakan pulsa.

    Pulsanya bukan di XL tapi digoogle gabakal bisa refund juga karna udah sesuai ketentuan youtube kalau mau cancel harusnya sebelum trial abis.

    Sekarang bapak udah make YouTube premiumnya, terus minta direfund XL ga ada kewajiban buat refund.

    • Bisa dicancel kalau masih dalam jangka 3-7 hari. Saya pernah kepotong saldo gopay karena langganan premium yt. Tapi request refund dan saldo dikembalikan.

      • @ dimas, gw bukan cuma ingin dapat refund, tp jg gw ingin fitur kontrol pulsa berfungsi. makannya gw protes ke xl. sebelumnya2 gak bisa pulsa terpotong oleh layanan google meskipun pulsa mencukupi. pembayaran tertolak. tolong pahami fitur kontrol pulsa dgn baik.

    • gw tahu. sms konten itu yg di bayar buat kontennya, bukan smsnya. layanan google itu yg di bayar buat layanan googlenya. layanan rbt yg di bayar buat rbtnya, bukan buat smsnya. ini masalahnya kan fitur kontrol pulsa gak berfungsi. anda gak paham fitur kontrol. coba resapi tulisan gw dgn benar, gw bersumpah demi Allah Cs pernah bilang kalau sms konten di blokir, layanan google jg ikut di blokir. itu sebelum ada fitur kontrol pulsa, ingat yg memblokir operator.

      dari dulu jg gw pernah coba beli layanan google yg berbayar pakai pulsa, gak bisa tertolak meskipun pulsa mencukupi. kalau pilih yg gratis, di perpanjangan akan tertolak meksipun pulsa mencukupi. wong dulu cs sendiri pernah kasih tahu kalau xl memblokir sms konten dari nomor telepon, pengguna xl gak bisa beli layanan google. itu sebelum ada fitur kontrol pulsa. gw gak bohong

      • Biaya langganan google itu bukan termasuk SMS premium atau konten dari XL. Itu bukan pihak XL yang menjual. XL bisa bantu request refund tapi yang memberikan kuasa itu adalah Google. Pulsa XL yang terpotong dalam kasus ini sama seperti saldo dompet digital yang terpotong ketika anda berlangganan atau beli item di Google play store. Mohon bedakan antara konten dan biaya/item langganan google. Ketika anda berlangganan YouTube premium otomatis itu tagihannya masuk ke google play store bukan ke XL. Ada invoice yang terbit dari Google bukan XL. Cek aja email yang terhubung ke akun YouTube anda.

        • dimas@ itu termasuk sms premium, cs sendiri yg waktu itu bilang ke gw lewat 817. dan gw coba emang gak bisa meskipun pulsa mencukupi, itu jauh sebelum ada fitur kontrol pulsa. dulu xl bisa memblokir sms konten. coba berpikir pakai logika, kenapa sebelumnya pulsa gak bisa terpotong oleh layanan google meski pulsa mencukupi?

        • xl dulu menganggap pembelian item google play sebagai sms konten. makannya dulu kalau nomor xl di blacklist global, pulsa gak bisa di potong untuk membeli item google play. kayaknya lu gak pernah di tawari blacklist global. kan lu sok tahu, lu menyakti orang2 yg pernah di tawari blacklist global sama cs.

        • dimas@ xl dulu emang bisa blokir pembelian di google play dari nomor xl pengguna, itu sudah lama mereka bisa melakukannya. dulu itu kalau ingin sms konten di blokir dari nomor telepon oleh xl, pembelian di google play juga di ikut di blokir dari nomor telepon oleh xl. itu fakta, namanya blacklist global. pelanggan bisa coba sendiri melakukan pembelian di google play untuk mengetas apakah sudah berhasil di lakukan blacklist global di nomor xl atau tidak? gw kalau lihat komen lu, kayaknya lu emang gak pernah di tawari blacklist global oleh cs xl.

          sms konten sebelum ada fitur kontrol pulsa bisa di blokir oleh xl, untuk mengetahui apakah pemblokiran sms konten sudah berhasil atau tidak, bisa coba beli sms konten berbayar dalam keadaan pulsa mencukupi. kalau gagal beli meski pulsa mencukupi, itu artinya sudah berhasil di lakukan pemblokiran sms konten dari nomor telepon oleh xl.

        • dimas@ xl dulu emang bisa blokir pembelian di google play dari nomor xl pengguna, itu sudah lama mereka bisa melakukannya. dulu itu kalau ingin sms konten di blokir dari nomor telepon oleh xl, pembelian di google play juga ikut di blokir dari nomor telepon oleh xl. itu fakta, namanya blacklist global. pelanggan bisa coba sendiri melakukan pembelian di google play untuk mengetas apakah sudah berhasil di lakukan blacklist global di nomor xl atau tidak? gw kalau lihat komen lu, kayaknya lu emang gak pernah di tawari blacklist global oleh cs xl.

          sms konten sebelum ada fitur kontrol pulsa bisa di blokir oleh xl, untuk mengetahui apakah pemblokiran sms konten sudah berhasil atau tidak, bisa coba beli sms konten berbayar dalam keadaan pulsa mencukupi. kalau gagal beli meski pulsa mencukupi, itu artinya sudah berhasil di lakukan pemblokiran sms konten dari nomor telepon oleh

      • gw minta ke cs supaya fitur kontrol pulsa di perbaiki. sama seperti kasus gak berfungsi untuk sms banking, gw gak minta ke pihak, gw minta ke pihak xl dan xl memperbaiki fitur kontrol pulsa. gw tes gak bisa lg terpotong oleh sms banking.

        • SMS banking itu beda kakak. SMS banking itu masih dalam konteks layanan XL. Kalau layanan Google itu tidak bisa dikontrol oleh XL. Kemungkinan anda gagal paham dan miskomunikasi dengan penjelasan CS XL. Operator manapun tidak bisa by pass layanan Google kalau sudah terhubung ke payment gateway Google Pay. Hanya pelanggan sendiri yang bisa memutuskan. Anda bisa putuskan sendiri tautan layanan Google Pay. Saya rasa anda gak begitu paham dengan sistem Google Pay. Coba kalau anda paham ceritakan kronologi setting Google Pay?

          • anda yg tidak paham, pulsa gw dari dulu gak bisa terpotong oleh layanan google meskipun mencukupi. itu gagal, udah gw coba berkali kali. sama seperti gw coba beli rbt berbayar dulu, gagal meskipun pulsa mencukupi. pendapat itu gak mengubah kenyataan. lu percaya silahkan, gak percaya jg gak apa2. lihat aja nanti xl bisa atau gak membuat pulsa gak terpotong lg oleh layanan google. lu di kasih tahunya gak percayaan sih. gw itu udah lama pakai xl, jauh sebelum ada fitur kontrol pulsa. seandainya xl nanti bisa membuat pulsa gak bisa terpotong lg untuk layanan google, lu akan malu sendiri.

          • Ditanya apa jawab apa. Step by step Google Pay aja anda gak paham. Sudah kelihatan dari sini. Mungkin cara putuskan ke akun google pun anda gak begitu paham ya? Padahal sudah banyak yang bantu menjelaskan dan kasih solusi buat refund. Tapi anda masih mbatu. Teruskan saja lah. Dari sekian banyak komentar yang kontra semua ke anda. Gak ada yang pro.

          • gw malas debat dgn orang bodoh yg gak paham fitur, lu mau tahu cara setting pembayaran di google? nih gw kasih tahu masuk ke playstore, klik akun di sebelah kanan atas, piih pembayaran & langganan, lu di situ bisa menambahkan metode pembayaran, di situ ada dana, shopeepay, dll.

            lu mau tahu cara berhenti langganan google, masuk playstore klik akun di sebelah kanan atas, klik pembayaran & langganan, klik langganan, klik langganan yg tersedia, klik batalkan. coba lu jawab pertanyaan kenapa sebelumnya pulsa xl gak bisa terpotong oleh layanan google meskipun mencukupi? gw butuhnya bukan cuma refund, tp fitur aplikasi di perbaiki. asal lu tahu, dulu waktu fitur kontrol pulsa untuk data gak berfungsi dan pulsa terpotong untuk data, xl bilang pemotongan pulsa sudah sesuai. lihat aja nanti, xl bisa atau tidak membuat pulsa tidak terpotong lg oleh layanan google. kalau nanti bisa, lu akan malu sendiri.

            ngomong cara hapus metode pembayaran di googel masuk ke situs ini https://pay.google.com/gp/w/u/0/home/paymentmethods?sctid=6820463026611001 lalu pilih hapus di metode pembayaran yg tersedia. lu yg kagak paham, malang mau kasih paham orang yg paham

          • "Lama amat cari jawaban di google" hahahaha, faktanya gw cari jawaban dgn ngetes di aplikasi playstore, bukan cari di google. lu yg gak paham fitur kontrol pulsa, mau kasih paham gw. asal lu tahu, sebelumnya itu gak bisa pulsa gw terpotong oleh layanan google, gw berani sumpah demi Allah. gak bisa udah gw coba berkali kali. ini sama seperti gw coba beli rbt, gak bisa terpotong. gw jg butuh waktu untuk ngetik.

          • xl bisa blokir layanan berbayar google, selamat atas sifat sok tahu anda. oh iya ngomong2 apa itu by pass?

          • si dimas pasti sekarang malu, ternyata xl bisa blokir pembelian pakai pulsa di google play.

          • @dimas, apa itu by pass? lu kayanya asal aja nulis istilah yg gak lu tahu, by pass itu dalam dunia teknologi artinya melewati atau jalan pintas, melewati apa? tergantung apa yg di bypas, kalau misalkannya sistem keamanan it yg di bypas, berarti sistem keamanan IT yg di lewati. kalau sistem keamanan it di bypas, berarti itu sistem keamaman ITnya di bobol.

            mungkin maksud lu itu bukan membypas, tp memblokir. dengar, yah xl bisa memblokir pembelian pakai pulsa di google play. gw ingin tanya ke lu, pernah atau tidak lu di tawari blacklist global oleh cs xl?

          • maaf kak dulu xl emang menganggap pembelian di google play sebagai sms konten. makannya mereka kalau melakukan blacklist global membuat nomor xl gak bisa membeli sesuatu di google play.

            mungkin lu bertanya, kenapa masih bisa coba youtube premium gratis? karna youtube premium gratis gak beli. namun, di perpanjangan akan gagal di perpanjang tidak peduli pulsa mencukupi atau kagak kalau masih di blacklist global.

            lu gak punya pengalaman nomor xl lu di blacklist global, kok bisa, yah lu sok tahu tentang sms konten di xl? merasa lebih tahu daripada orang yg lebih tahu dari lu?

            ngatain orang membatu, dirilu sendiri jg membatu, gak punya pengalaman nomor xl lu di blacklist global, sok tahu tentang sms konten di xl. makan tuh rasa malu.

            btw: gw pengguna xl, pernah punya pengalaman nomor xl gw di blacklist global, pernah di tawari blacklist global jg oleh cs xl. mereka emang menganggap pembelian di google play sebagai sms konten, bukan salah penjelasan, emang faktanya gitu. gw jg sampai melakukan percobaan membeli youtube premium seharga 59 ribu menggunakan metode pembayaran xl/axis, pulsa xl gw di atas 100 ribu, gagal beli loh. kok bisa, yah?

          • jadi sebenarnya sms banking itu layanan xl atau pihak ketiga? kok komen lu gak konsisten dimas? apa jangan2 lu orang suruhan xl lagi? di komen yg lain lu bilang dulu xl yg bantu proses refund ke pihak ketiga, padahal dulu yg di refund oleh xl itu pulsa yg terpotong oleh sms banking. wkwkwkwk. dari sini udah kelihatan kualitas otak anda. hahahah

      • lu yg gagal paham dimas, asal lu tahu, dulu jauh sebelum ada fitur kontrol pulsa, xl menganggap layanan berbayar google sebagai sms konten. makannya dulu kalau xl melakukan blokir sms konten, layanan berbayar google jg ikut di blokir. seiring dgn berjalannya waktu entah kenapa nih operator gak menganggap layanan berbayar google sebagai sms konten. btw, gw pengguna xl. lu yg salah paham, lu kan gak punya pengalaman di tawarin blokir sms konten oleh cs. hahahaha

      • si dimas sekarang malu karna faktanya xl bisa blokir layanan berbayar google. xl bisa buat pulsa gak bisa terpotong oleh layanan google. lu yg gagal paham, xl itu dulu menganggap layanan berbayar google sebagai sms konten. makannya dulu itu kalau xl melakukan pemblokiran sms konten, layanan berbayar google jg ikut di blokir. selamat atas ketidaktahuan anda yg ingin ngajarin orang yg lebih tahu. lucu banget, ada orang yg gak tahu, ingin ngajarin orang yg lebih tahu.

      • benar dan salah itu gak di lihat dari ada komentar yg pro atau kagak? lu paham logika atau kagak sih? jangan2 kalau misalkannya ada orang yg nulis di medsos bumi bulat, lalu dapat komentar kontra semua dari netizen, tuh orang yg nulis di medsos bumi bulat salah? kagak lah.

        coba lu bayangkan, lu pengguna xl, jauh sebelum ada fitur kontrol pulsa, xl memblokir sms konten dari nomor xl lu, cs jg kasih keterangan bahwa layanan berbayar google termasuk sms konten, nomor jadi gak bisa membeli layanan berbayar google, lu coba ternyata gak bisa. lu coba beli layanan google yg gratis bisa, tp di perpanjangan tertolak. lu coba berkali kali beli layanan google yg gratis, di perpanjangan berkali kali jg tertolak. seiring dgn berjalannya waktu tiba2 pulsa lu terpotong oleh layanan berbayar google, kira2 siapa yg salah? lu protes ke mediakonsumen, lu kasih tahu bahwa pulsa lu udah dari dulu gak bisa terpotong oleh layanan berbayar google karna sms konten sudah di blokir dari nomor lu oleh xl dan layanan berbayar google jg ikut di blokir jg karna layanan berbayar google termasuk sms konten, cs xl sendiri yg kasih tahu, tp banyak yg gak percaya sama lu, gimana perasaan lu?

      • "Cuma ini penulis gagal paham. Harusnya bukan ke XL tapi ke google buat request refund." menurut gw sudah benar protes ke xl, kenapa?
        1. dulu xl menganggap layanan berbayar google sebagai sms konten
        2. sms konten sudah di blokir dari nomor xl oleh xl

        tambahan: menurut gw lu yg gagal paham dimas, lu kan gak punya pengalaman di tawari blokir sms konten oleh cs xl, bisa2nya lu orang yg tak punya pengalaman, mau ngajarin orang yg punya pengalaman.

      • lu yg gagal paham dimas, lu kan gak tahu xl bisa blokir layanan berbayar google, lu kan gak tahu pembelian item di google play itu masuk sms konten jg. faktanya pembelian item di google play masuk dalam katagori sms konten jg. makanya kalau nomor xl di blacklist global, nomor xl jadi gak bisa membeli item di google play. mungkin ada yg bertanya, kenapa yg gratis masih bisa? karna yg gratis gak motong pulsa. itu fakta.

      • dimas@ “Cuma ini penulis gagal paham. Harusnya bukan ke XL tapi ke google buat request refund.”

        hahaha, sekarang siapa yg terbukti gagal paham? gw sudah benar protes ke xl, kenapa benar

        1. xl sebelum ada fitur kontrol pulsa sudah melakukan blacklist global di nomor xl gw
        2. faktanya kalau xl melakukan blacklist global pada nomor xl, maka itu akan ikut memblokir pembelian pakai pulsa di google play
        3. faktanya gw sudah coba berkali kali mencoba membeli sesuatu di google play pakai pulsa, tp berkali kali jg gagal.
        4. faktanya pembelian pakai pulsa di google play sudah di blokir lg sama xl, gw waktu itu mencoba membeli youtube premium pakai pulsa di nomor xl gw, ternyata gagal meskipun pulsa gw ada di atas 180 ribu, gw coba beli yg 59 ribu. https://drive.google.com/file/d/1Op3ghk76qRtzYk9CVASDsguFjJVK-h5o/view?usp=drivesdk
        5. faktanya xl melakukan ganti rugi setelah gw kasih bukti bahwa nomor xl gw sudah di blacklist global jauh sebelum ada fitur kontrol pulsa

        dimas, coba belajar it dikit, lu tahu kenapa google bisa motong pulsa di nomor xl? karna di ijinkan oleh sistem xl. kalau gak di ijinkan, gak akan bisa. pertanyaan, bisakah xl buat sistem yg membuat google gak bisa motong pulsa di nomor xl? bisa saja, mereka faktanya udah buat kok. mereka bisa melakukan blacklist global.

      • si dimas yg gagal paham, lu gak pernah di tawari blacklist global oleh cs xl. lagin xl itu aneh tahu, bisa bisanya xl tidak memasukan pembelian di google play di fitur kontrol pulsa untuk sms berlangganan, padahal pembelian di google play itu termasuk sms konten. mau bukti? untuk menambahkan metode pembayaran xl/axis, nomor xl/axis harus ngirim sms ke 6006. lagian, masuk akal tahu kalau pembelian item virtual pakai pulsa masuk dalam katagori sms konten.

      • dimas, udah benar protes ke xl. lagian dulu xl kalau memblokir sms konten, memblokir pembelian di google play jg. dulu ada yg namanya blacklist global. lu gak tahu apa2, nyalahin orang beg0.

    • @baby xl punya kewajiban refund karna xl sebelumnya sudah memblokir pembelian di google play dari nomor telepon.