Surat Pembaca

Keluhan Aftersales PT Indotara Persada

Pada tanggal 14 Juli 2022, saya melakukan pembelian gerinda merk Orion HG954V via Shopee dari toko PT Indotara Persada. Tanggal 16 barang datang. Saya sek kelengkapan oke sesuai deskripsi dan tes nyala oke, variabel speed oke. Kemudian saya teruskan dananya ke penjual.

Bukti pelunasan faktur dari shoope

Namun selang beberapa menit, saya lihat-lihat ada 2 baut menonjol di bagian kepala gerinda. Saya coba  kencengin, tapi tidak mau kencang (seperti slek/dol).

Gerindanya setelah unboxing

Tanggal 16 Juli 2022, saya coba chat PT Indotara Persada via Shopee. Tanggal 18 baru ada respons “Bisa ditunggu, nanti dihubungi team“. Saya tunggu sampai malam, tapi gak ada kabar.

Tanggal 19 saya chat lagi (balasan masih sama), baru pada tanggal 20 ada chat via WhatsApp atas nama Putri dari PTPT Indotara Persada. Saya jelaskan beli via Shopee dan detail foto masalah. Putri menganjurkan untuk mengirimkan unit gerinda ke Kawasan Industri Millenium (PT. Indotara Persada) Jl. Millenium 22 Blok R3 No. 1 Cikupa, Kab. Tangerang, Banten 15710.

Tanggal 21 saya kirimkan gerindanya komplit seperti saat datang, ada kartu garansi dan bekas resi pengiriman juga saya masukkan ke paket.

Tanggal 25 Juli 2022 ada pesan WhatsApp dari putri meminta KTP dan NPWP guna pendataan unit. Namun saya tolak karena di kartu garansi juga tidak ada untuk memasukkan nomor NPWP dan nomor NIK KTP (kayak buat daftar pinjol)?.

Alasan meminta NPWP dan KTP adalah untuk kebutuhan pendataan ke vendor kata saudara Putri. Jika tidak mengirim foto NPWP dan KTP tidak diproses. Saya keberatan dengan itu, karena poinnya ada di kartu garansinya tidak ada embel-embel NPWP dan KTP.

Tidak ada mengisi no KTP dan NPWP

Tanggal 3 Agustus 2022 saya mengirimkan pesan ke WhatsApp, perihal pemulangan unit gerinda saya. Intinya saya gak jadi komplain, mau saya servis di tukang servis dekat rumah. Namun saya dapat balasan: “Untuk unitnya sudah diurus ya pak, tertahan karena perihal KTP/NPWP-nya kemarin, jadi saya mesti menunggu acc dari pihak terkait“.

Tanggal 10 Agustus 2022 ada pesan WhatsApp “Selamat pagi pak, untuk unitnya sudah normal kembali, namun untuk biaya kirim kembali tidak ter-cover oleh kami ya pak”. Sampai detik ini, tanggal 1 September 2022, unit belum datang. Sangat disayangkan, pembelian bulan Juli, sampai saat ini belum bisa sama sekali dipakai. ?

Junian Rizky
Kab. Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • MUNGKIN pihak toko mencoba menghubungi distributor untuk klaim garansi. MUNGKIN pihak distributor tidak menemukan nama toko ini sebagai authorized dealer sehingga minta NPWP dan KTP sebagai SOP pelayanan servis untuk pihak yang tidak terafiliasi. MUNGKIN si Putri dari pihak toko adalah kebetulan TKA yang tidak punya NPWP dan KTP sehingga membebankan persyaratan tersebut kepada pihak konsumen. MUNGKIN pihak distributor melihat tidak ada itikad baik dari pihak toko, sehingga klaim dalam status tertahan (hold) dari Juli sampai September 2022.

    MUNGKIN.

    Ada baiknya anda sebagai pihak konsumen berhubungan langsung dengan distributor yang tercantum di kartu garansi, ketimbang lewat pihak ketiga dalam hal ini toko tempat barang dibeli. Semoga masalahnya cepat selesai.

    • Terima kasih komentarnya pak.

      Saya waktu mencari gerinda buat poles/motong kayu dll buat kegiatan dirumah.setelah Browsing di internet khususnya YouTube Nemu nih. Channel https://youtu.be/h2LN0G_nZ0k gerinda orion variabel speed harga pas tokonya jelas.

      Di shoope PT INDOTARA PERSADA official resmi merk orion pak. Salah satu minat beli juga karena ada garansinya. Saya udah minta dikembalikan pak perihal saya nolak kasih NPWP/KTP. Setelah saya WhatsApp minta dikembalikan.
      Tidak ada angin dan hujan. Dibalas barang sudah di urus. Dan WhatsApp terakhir gerinda sudah normal. Saya balas alamat saya masih sama sesuai di faktur.
      Sampai detik ini tidak ada balasan dan kejelasan. Sayang pak. Perusahaan besar begitu pelayanannya.
      Intinya andai gerinda saya Ditolak di servis ya di pulangkan.
      Kalo ini kan se akan nahan tidak ada kejelasan. Padahal biaya kirim saya yang nanggung nanti dari servis juga yang menanggung saya. yang rugi ya konsumen ?

  • Kalau minta nomor identitas ok lah untuk keperluan garansi. Tapi nomor NPWP apa hubungannya ya? Ngakak juga lihat tokonya.

    • Buat ke vendor katanya bro. Bingung saya juga urusannya apa saya sama vendor. Padahal beli resmi orion di toko online nya.
      Identitas nama alamat no hp juga ada di invoice dan resi pengiriman.

  • wkwkkwkkwkekk orion ?
    saya selalu pake black&dekker dan bosch .... ga ada masalah dipakai tahunan tuh , paling abis "carbon brush nya .
    orion itu emang murah tapi alakadar nya buat keperluan "sekali2 di rumah aja ... om

    • Emang beli buat iseng kegiatan dirumah bang ?

      Mesin sih ok kemarin cuman bunyi klotok2 aja. Ini perkara baut kendor. Jadi pas dinyalain kepala gerindanya goyang. Sama bautnya malah nonjol keluar. Takut pas di paksa pake malah mental kemuka kan mending di servis kan garansi.

    • Ada di tulisan saya alasannya minta KTP/NPWP.

      Kalo di kartu garansinya cukup
      -nama
      -alamat
      -no produk
      Sampe invoic number

      Gak ada ktp NPWP ??

  • saya juga sedang punya cerita cinta dengan pt indotara ... dan juga diminta ktp dan npwp ... mungkin suatu saat saya akan buat cerita cinta nya mohon support nya juga .. saya penasaran juga diminta npwp buat apa ya ? kalau ke saya ngomongnya minta ktp atau npwp ... saya kasih npwp saja... kalau kasih ktp wah ... perlindungan data dari pemerintah saja kaya begitu ... apalagi dari perusahaan . Buat apa ya kira kira minta npwp ?

  • Sampai saat ini tanggal 28 September 2022 . Belum ada kejelasan. Hampir mau 3 bulan. Dan pihak PT INDOTARA PERSADA menghubungi saya vi WhatsApp meminta juga memodifikasi rating shoope. Setelah nego dan minta tolong shoope rating bisa di hapus namun tidak bisa di modif bintang 5 ?. Sekarang rating shoope sudah di hapus. Namun kejelasan dan perkembangan informasi hak saya atas gerinda orion yang sudah saya bayar belum ada kejelasan. Padahal Ongkir kirim yang nanggung saya sesuai dengan arahan ibu putri PT INDOTARA PERSADA. Sangat disayangkan sekelas PT perusahaan namun pelayanan nya kurang dan jauh dari harapan. ?

  • 30 September 2022

    Gerindanya udah dikirim. Namun tetap minta NPWP. Akhirnya dari pada ribet dan nambah lama saya kasih aja ??

    Dari penulis saya anggap masalah selesai . Terimakasih media konsumen