Mesin Setor Tunai Error, Setor Rp5.250.000 tapi Dikembalikan Hanya Rp450.000

Pada hari Sabtu 3 September 2022 16: 56 (sesuai setruk), saya melakukan setor tunai uang sejumlah Rp5.250.000, melalui mesin ATM BRI Asia Afrika Kota Bandung, dengan nomor mesin: TID 160619. Akan tetapi, ketika uang tersebut dimasukkan ke mesin setor tunai tersebut, mesin error dan macet. Sehingga uang saya tertahan di mesin tersebut dan belum masuk ke rekening saya.

Lalu setelah itu keluar setruk di mesin ATM. Namun saat  saya cek isi saldo rekening saya, tidak ada bertambah satu rupiah pun. Kemudian saya minta bantuan security dan security mengarahkan saya untuk membuat aduan ke call center.

Setelah saya terhubung dengan CS call center, waktu itu pihak call center BRI tersebut tidak menanggapi dan menyimak masalah yang saya adukan dengan baik. CS call center tersebut bernada seperti meledek dan menganggap enteng masalah, dengan nada bicara seperti sedang makan dan mengunyah sesuatu. Dia mengatakan bahwa sebaiknya saya datang ke kantor BRI terdekat.

Dikarenakan hari Sabtu dan Minggu kantor BRI tidak ada yang buka layanannya, maka hari Senin tanggal 5 September 2022 pagi, saya ke kantor BRI Asia Afrika Bandung. Saya diterima oleh CS untuk membuat laporan aduan. Setelah diterima oleh CS counter (masih sama dengan pelayanan seperti CS call center sebelumnya, yang tidak menyimak dan mendengarkan aduan nasabah dengan baik), saya mengatakan bahwa uang saya sejumlah Rp5.250.000 tertahan di mesin ATM.

Kemudian CS counter mengatakan “Baik, saya buat laporan aduan. Minta KTP, buku rekening dan sebagainya”. Setelah itu CS memberikan nomor aduan dengan tiket aduan nomor: 41814965.

Keesokan harinya saya cek di rekening saya uang saldo hanya bertambah Rp450.000. Kembali esok harinya, Rabu 07 September 2022 pagi, saya datang ke BRI Asia Afrika untuk menanyakan masalah tersebut. Oleh security, saya diarahkan untuk menghubungi CS call center. Setelah terhubung dengan CS call center, saya tanyakan bagaimana kejelasan masalah saya ini.

Kemudian CS mengatakan bahwa uang kemarin sudah dikembalikan sejumlah Rp450.000, berdasarkan aduan saya sebelumnya. Saya jelaskan kepada CS call center tersebut, saya tidak pernah buat aduan laporan uang sejumlah Rp450.000, tetapi yang saya adukan uang saya sejumlah Rp5.250.000 yang tertahan di mesin ATM BRI yang error tersebut, bukan Rp450.000.

Saya minta buka CCTV pada mesin ATM dengan ID tersebut di atas, kalau pihak BRI masih mengingkari dan tidak menyelesaikan masalah ini. Saya akan membuat laporan kepada pihak yang berwenang, karena saya sudah dirugikan baik waktu dan uang.

Melalui surat pembaca ini, saya mohon bantuan kepada pihak yang berkompeten dan berwenang untuk menindaklanjuti permasalahan yang saya alami di BRI Asia Afrika Kota Bandung, yang tidak profesional baik SDM (pelayanan CS) maupun perangkatnya (mesin ATM yang merugikan nasabah). Karena pihak BRI cukup mengatakan dengan senyum “Maaf”, tanpa menanggung kerugian nasabah atas kesalahan yang dilakukan oleh pihak BRI.

Erlan Martin Kurniawan
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan PT Bank Rakyat Indonesia Atas Surat Bapak Erlan Martin

Sebelumnya kami menyampaikan terima kasih atas kesediaan Bapak Erlan Martin Kurniawan menjadi nasabah Bank BRI dan mohon maaf atas kejadian...
Baca Selengkapnya

47 komentar untuk “Mesin Setor Tunai Error, Setor Rp5.250.000 tapi Dikembalikan Hanya Rp450.000

  • 8 September 2022 - (12:42 WIB)
    Permalink

    Akhlak BUMN adalah singkatan dari Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif. ?

      • 8 September 2022 - (20:35 WIB)
        Permalink

        BRI laba paling besar karena cabangnya menjangkau ada hampir di seluruh kecamatan…. Dibanding bank Mandiri dan BCA, Bank BRI bunga pinjamannya paling tinggi… Makanya labanya tinggi, bukan karena bank ini bagus .. tapi karena kebijakan Bunga tinggi.

      • 8 September 2022 - (21:26 WIB)
        Permalink

        Semua NPL nya ditomboki oleh pemerintah. Jadi kalau ada debitur2 alamat macet/bermasalah, biasanya dilemparkan semua ke BRI. Itu sudah rahasia umum bagi orang dalam dunia perbankan.

        2
        1
        • 8 September 2022 - (21:37 WIB)
          Permalink

          Enak aja ditanggung pemerintah, sebagian jg ditanggung karyawan sendiri (gaji pribadi) karna NPL tinggi.. Unit terancam tdk bisa open loan. Terpaksa karyawan marketing disuruh “nomboki” oleh KaUnit.. Hmm

          • 10 September 2022 - (19:52 WIB)
            Permalink

            emang ada SK resminya yg mengatir hal tsb?,,..atau ketentuan dri BI selaku Bank Pembina?

  • 8 September 2022 - (15:04 WIB)
    Permalink

    Mungkin ini Bank dengan jumlah rekening terbanyak dan jumlah cabang terbanyak, ATM terbanyak EDC terbanyak. Bukan berarti pelayanan maksimal.
    BRI sudah terbiasa akhir dan awal bulan selalu lambat, ya karena terbanyak dan terbesar itu. Termasuk error juga ya. Di tunggu ka update pengembalian Dananya kita pengen tau berapa lama solvingnya

    14
  • 8 September 2022 - (15:18 WIB)
    Permalink

    pernah punya pengalaman yg sama ??
    uang akan balik setelah 3 minggu itu juga harus sering follow up ke cs nya dari situ kapok make mesin setor tunai bri

    • 8 September 2022 - (17:41 WIB)
      Permalink

      Mungkin TS terlalu lebay..soalnya estimasi biasanya 8 hari kerja…dan biasanya sudah masuk sebelum estimasi coba dicek lagi ia

      2
      25
      • 8 September 2022 - (18:14 WIB)
        Permalink

        Kalo emang nunggu 8 hari kerja, seharusnya duit yg 450.000 itu masuknya sesudah 8hari kerja jg donk.

        Emang pengembalian dana seperti ini dicicil apa ? ya pengembalian pasti langsung full.

        19
        1
        • 8 September 2022 - (23:43 WIB)
          Permalink

          Udah kapok sih pakai BRI…ya walaupun sekarang pindah ke Mandiri…lelet banget buat pengecekan setiap masalah.

        • 9 September 2022 - (09:32 WIB)
          Permalink

          Seharusnya sih tidak pernah ada pengembalian dana yang 450ribu

          Walau misalnya saat laporan pertama salah menyebutkan nominal (yang sepertinya tidak mungkin karena dari “lima juta dua ratus lima puluh ribu rupiah” ke “empat ratus lima puluh ribu rupiah” itu khan jauh banget), tapi saat investigasi khan pasti ada selisih yang seharusnya diklarifikasi terlebih dahulu ke nasabah

          Betewe, saat pembuatan laporan awal apa agen call center tidak mengulangi membaca isi laporan penulis?

        • 8 September 2022 - (18:44 WIB)
          Permalink

          Masa sih pak coba cek lg di brimonya pasti udah masuk ..pengalaman saya jg begitu ga lama kok penyelsaiannya

          2
          9
      • 8 September 2022 - (20:27 WIB)
        Permalink

        mana ada estimasi 8 hari kerja dimana dimana estimasi standar yg dibilang CS itu 14 hari kerja kalo masuk lebih cepat itu bagus tapi masalahnya 14 hari kerja itu jatohnya 3 minggu kalo duitnya diperlukan urgent ya bahaya

        • 10 September 2022 - (22:03 WIB)
          Permalink

          Setau saya estimas maksimal 14 hari kerja, itu aturan baku dari OJK bukan BRI atau bank lain makanya standar semua bank pasti menyebutkan estimasi, bisa lebih cepat karena ad prosedur ,, gk bsa sembarangan

      • 10 September 2022 - (02:18 WIB)
        Permalink

        Contoh orang yang gak bisa mikir ya kaya si Arjuna ini.
        Kalo nunggu estimasi kenapa harus ada refund saldo sebesar 450.000, harusnya nanti aja setelah estimasi baru duitnya bisa balik semua. Otaknya agak gunain dikit ya bung.

        • 10 September 2022 - (18:34 WIB)
          Permalink

          Kan bener kan udah dikembalikan semua padahal sebelum estimasi lho…berarti bnar kan TS ini lebay

          1
          1
  • 8 September 2022 - (15:25 WIB)
    Permalink

    Untuk itu saya mohon perhatian nya bapak erick thohir selaku menteri BUMN bapak dirut BRI yang terhormat tolong pak kembalikan uang saya, saya rakyat miskin pak saya pelaku UMKM mikro yang mana uang sejumlah tersebut sangat besar bagi saya dan itu juga hasil usaha yg harus saya bayar setor pada rentenir karena saya dapat pinjaman modal usaha dari rentenir tidak dari BRI yg katanya membantu UMKM mikro kenyataan nya omong kosong, dg segudang persyaratan yg susah dan rumit untuk diakses oleh UMKM mikro seperti saya, bapak bapak perlu tahu pak kalau pinjam ke rentenir itu bunga nya mencekik dg kejadian ini apa bapak bapak /pihak BRI mau bertanggung jawab atas kerugian yg saya alami akibat ketidak profesional an SDM /mesin pendukung nya,saya rasa tentu tidak akan BRI seperti para cs nya hanya bisa mengatakan MAAF sambil tersenyum ,sekali lagi saya mohon kembalikan uang saya, dan ini pelajaran buat nasabah BRI lainnya untuk berhati hati melakukan setor tunai apalagi dalam jumlah cukup besar karena kerugian yg di akibatkan mesin error menjadi tanggung jawab anda bukan tanggung jawab BRI selalu pemilik mesin ATM, saya tunggu sekali itikad baik dari pihak BRI untuk menyelesaikan masalah ini karena saya tiap hari datang ke BRI Asia Afrika selalu di hadapkan dg cs saya minta di hadapkan dg supervisor, manager apalagi kepala kantor mereka seolah pejabat tinggi yg tidak bisa di ganggu menghadapi nasabah ecek ecek seperti saya, untuk itu juga saya mohon tolong hargai hormati siapapun itu nasabah nya yg datang, terimakasih

    13
    9
    • 8 September 2022 - (16:32 WIB)
      Permalink

      Bank ini setau saya memang sering problem…

      Tapi Yah wajar saja lah bapak tidak diperkenankan setiap hari datang mau ketemu sampai level manager segala. Meskipun level direktur temui bapak, bank tetap perlu waktu yg ngga sebentar. CS banyak senyum ke bapak saya pikir jg bagus donk, berarti CSnya sabar dan sopan

      kalau diliat runut masalah bapak, belum sampai 14 hari kerja lho.,baru sekitar 3hari. Biasanya bank rata rata perlu 14 hari kerja untuk kasus seperti ini, bahkan bisa lebih.

      Jadi bukan karena anda merasa orang “kecil” jadi dizholimi pihak bank, bahkan yg masalah uang milyaran pun tetap membutuhkan waktu lama kok pak

      Moga cepat selesai urusannya

      8
      6
      • 8 September 2022 - (18:36 WIB)
        Permalink

        Sepertinya yg balas komen negatif dari para oknum SDM bank yg bersangkutan

        5
        13
      • 8 September 2022 - (22:18 WIB)
        Permalink

        Gak perlu alasan 14 hari kerja emang dasar pelayanannya yg lemot bandingkan dengan BCA dengan masalah yg sama cuma butuh 2 hari selesai

        8
        1
        • 10 September 2022 - (22:10 WIB)
          Permalink

          Liat di tanggapan bank BRI sudah dikembalikan semua uangnya sebelum bikin surat pembaca ini,, hanya TS gk sabaran saja… Permasalahan semua bank sama mesin itu karena buatan manusia bukan tuhan,, coba saya di beritahu Bank mana yg “TIDAK PERNAH” sama sekali bermasalah terkait sistem atau mesin? Ada gk? Harusnya TS lebih bijak sih…bahkan dengan adanya pemberitaan seperti ini bisa² orang² yg tidak tau masalah yg sudh bantu TS saja bisa² kena sanksi atau bahkan di pecat… Apa tidak punya hati TS memutus rejeki orang? Pdhl kasusnya sudh clear… Kalau saya kasih masukan buat TS kedepannya hati² dalam bertindak bisa jadi apa yg anda lakukan kembali ke diri anda atau keluarga,, apalagi smpai benar di pecat itu CS nya dengan pemberitaan yg berlebihan seperti ini

          • 14 September 2022 - (18:19 WIB)
            Permalink

            Saran saya. Alangkah baiknya jangan ada lagi yang menggunakan Bank Rakyat Indonesia.

    • 8 September 2022 - (22:52 WIB)
      Permalink

      Dulu saya pernah mengalami masalah ketika setor tunai di ATM BCA, di Layar ATM tertulis keterangan ATM Error lalu keluar struk yg intinya saya disuruh menghubungi CS Call Center. Langsung saya telepon CS dan waktu itu disuruh menunggu 3 hari kerja namun tidak menutup kemungkinan akan selesai lebih cepat. dan benar saja, esoknya saldo udah bertambah sesuai jumlah yang disetorkan.
      dalam kasus ini sepertinya TS terlalu lebay, dia bilang: “..BRI seperti para cs nya hanya bisa mengatakan MAAF sambil tersenyum..” Menurut saya, dengan senyum dan meminta maaf, CS BRI sudah melayani anda sesuai SOP. Masa CS BRI harus meminta maaf sambil bersujud di kaki anda… ???

      6
      1
  • 8 September 2022 - (16:44 WIB)
    Permalink

    Penah mengalami setor di atm dan tidak masuk di dua bank berbeda, Bni dan Bca.
    Bca 2 hari langsung masuk semua saldo nya, buat laporan nya pun tidak ribet. Bni seminggu lebih masuk salfo nya laporan nya juga tidak ribet. dalam hal pelayanan Bca yg sangat bagus.

    12
    • 8 September 2022 - (16:57 WIB)
      Permalink

      Saya pernah pengalaman kurang enak dengan mesin setor tunai BCA. Walaupun tidak serumit yg dialami TS. Saya masukkan uang, lalu tiba2 mesin macet agak lama (proses loading tapi seperti komputernya error). Satpam cuma bilang coba ditunggu dulu. Setelah sekitar 10-15 menit saya tunggu, karena kartu saya pun masih di dalamnya, akhirnya oleh mesin ‘dimuntahkan’ kembali. Untungnya nominal tetap sama. Sejak itu saya sudah tidak pernah lagi mau setor pakai mesin. Mending antri ke teller daripada sport jantung.

      • 8 September 2022 - (22:25 WIB)
        Permalink

        BCA klopun ada masalah cepat penyelesaiannya pengalaman saya setor tunai tiba2 mesin error 5juta ketelan lsg telpon halo BCA masalah selesai dalam 2 hari gak perlu Wira Wiri ke cs

  • 8 September 2022 - (20:35 WIB)
    Permalink

    Pengalaman saya mengajukan KUR di BRI justru paling enak dan mudah, tinggal ikuti langkah2nya, memang harus sabar kalau ada dokumen yang kurang lengkap atau perlu koreksi dibetulkam dan di lengkapi dulu.
    Saya sudah beberapa kali pengajuan KUR BRI lancar jaya tanpa kendala. Apalagi kalau punya history pembayaran kredit yang lancar dan tidak telat.
    Kalau bapak merasa dipersulit, coba ingat2 lagi apakah bapak pernah ada masalah pembayaran kredit sebelumnya, atau mungkin bapak enggan mengurus syarat2 dokumennya?

    3
    3
  • 8 September 2022 - (22:22 WIB)
    Permalink

    coba masuk ke kontak center bri by wa di no 08121214017 akun dgn centang hijau.. ketik live chat untuk monitoring tiket pengaduan.. atau melalui brimo di pusat bantuan.. semoga bermanfaat

  • 9 September 2022 - (04:14 WIB)
    Permalink

    Saya punya masalah yg sama. Bedanya di bank bni. Sekarang hampir 2 minggu nunggu penyelesaian dr cs via email. Semoga segera selesai.

  • 9 September 2022 - (07:35 WIB)
    Permalink

    Yang penting udh dapat tiket pengaduan.. smua masalah ATM itu butuh waktu setidaknya 14 hari kerja, kalo lebih cepat ya rejeki (mungkin lagi pas cyclenya ATM di setor). Krena ATM akan dihitung duit cash nya didalam, jika ada selisih pasti ketahuan oleh pihak bank.

    Misal duit situ cmn dibalikin 450k brarti nnti pas mesin ATM dibuka pasti ada selisih 4.8jt dri hitungan rekaman komluter di mesin.

    Cuman agak bingung bahasa TS, seakan akan duitnya yg hilang 5.250k tapi jelas jelas sdh dibalikin 450k.

  • 9 September 2022 - (08:27 WIB)
    Permalink

    Pernah kekaian kek gini, dulu waktu mesinnya masih jadul n belum rata pergantian atm mode baru, lngdung masukin 2jt pecahan 100rbu (max 20lmbar), yg kekirim ke rekening cuma 200ribu transaksi jam ±23:45 (mungkin lg pembukuan).

    Telpon cs katanya 14 hari diproses, taunya 14 hari kerja, kerjanya cuma 5 hari, jadi aslinya nunggu 3 minggu.

    Dan menurut pengalaman saya semua bank sama aja. Pernah di 4 bank besar open tiket semuanya ga beda jauh. Terakhir daftar mandiri via online ga dikirim2 kartunya. Kaya akun bodong. ?

  • 9 September 2022 - (13:03 WIB)
    Permalink

    Hari ini jum’at alhamdullilah berkat dimuat nya surat keluhan di media konsumen saya mendapat telepon dari cs BRI bahwa saya di persilakan mengecek saldo saya karena menurut keterangan cs yang menelepon uang saya sudah dikembali kan, meskipun belum saya cek saldo bri saya seperti yg di katakan cs melalui tlp,karena saya lg dalam perjalanan, saya ucapkan terimakasih pada Redaksi media konsumen beserta tim dan jajarannya yg telah membantu masyarakat menyuarakan keluhan /aduan saya haturkan terimakasih, untuk pihak bri jadikan pelajaran masalah ini kedepan perbaiki dan benahi baik SDM /dan perangkat ATM nya jangan sampai kejadian yg saya alami terjadi pada nasabah lainnya karena yg pasti di rugikan pihak nasabah terbukti dengan pihak bri tidak akan menanggung/bertanggung jawab atas kerugian yg di timbulkan, dan tanpa ada kata mohon maaf apalagi menanggung biaya kerugian, sekali lagi terimakasih kepada pihak Redaksi media konsumen, terimakasih

    • 10 September 2022 - (22:15 WIB)
      Permalink

      Loh² koq jadi bawa “berkat dimuatnya keluhan” padahal di tanggapan BRI jelas loh di hari yg sama TS pengaduan ulang ke Banknya langsung di kembalikan uang tersebut,, kalau liat waktu bisa berujung hoax nih pemberitaan dan bisa kena UU ITE karena judulnya tidak synkron sma penyelesaian pihak bank dengan estimasi penyelesaian 14 hri kerja ,, bisa dianggap fitnah kalau pengembalian hanya 450rb padhal ad waktu pengembalian sesuai aduan, dan sudh dikembalikan semua dananya,, ini sih kalau menurut saya pihak bank @bankbri_id harus bawa ke ranah hukum jangan dibiarkan ada orang2 seperti ini menjelekan nama sebuah perusahaan,, bisa berulang nanti melakukan fitnah lagi kepada perusahaan² lain…

      • 11 September 2022 - (06:43 WIB)
        Permalink

        Wah kalau dari waktunya cepet juga..TS ini ngeyel padahal udah saya suruh cek…jawabnya malah sewot..TS ini emg kayaknya ga suka sm BRI walaupun udah sesuai prosedur dianggap salah

  • 9 September 2022 - (15:14 WIB)
    Permalink

    Emang parah Bank rakyat yang satu ini, dari dulu sampai sekarang tidak ada perubahan, entah itu dari pelayanan CS nya yang buruk, ataupun ATM dan lain-lain yang sering kali mengalami error serta gangguan. Untung gua udah gak jadi nasabah di Bank tersebut lagi… Bank paling jelek sih menurut gua di Indonesia..

 Apa Komentar Anda mengenai Bank BRI?

Ada 47 komentar sampai saat ini..

Mesin Setor Tunai Error, Setor Rp5.250.000 tapi Dikembalikan Hanya Rp4…

oleh Erlan dibaca dalam: 2 menit
47