Surat Pembaca

Penipuan Berbentuk Pinjol

Nama saya Lai Yunie Yanto. Karena satu dan lain hal, saya ada kebutuhan mendadak untuk memakai uang 3 hari lagi dari tanggal sekarang, yaitu tanggal 6 September 2022. Namun apa daya, saya malah mengalami kejadian yang sangat menyeramkan sekali, hanya karena iklan yang sering banget nongol pas buka video di Youtube.

Nama aplikasinya: NICE PINJAMAN. Videonya sering banget nongol dengan aktor pria berkacamata. Tadinya saya pikir aplikasi ini bisa membantu untuk memecahkan masalah saya. Akhirnya saya install aplikasi ini, lalu mengikuti semua prosedurnya sampai selesai.

Pada saat akhir proses, kita diberikan beberapa link untuk peminjaman, yang hanya terlihat limit pinjaman. Lalu saya masukkan jumlah uang yang saya butuhkan, agar saya bisa melihat bunga dan tenor yang bisa saya dapat. Lalu saya klik proses. Namun tiba-tiba sudah ada notifikasi  bahwa pinjaman sudah berhasil, tanpa saya tahu bunga dan pinjaman yang saya dapat berapa.

Sudah ada 3 aplikasi yang tiba-tiba sudah transfer uang ke rekening saya. Prosesnya memang mudah, tetapi penipuannya jelas dan vulgar banget. Saya juga lihat review-nya di Google Play Store pun banyak yang berkomentar seperti saya. Ini aplikasi penipuan.

Pinjaman saya ada 3, masing-masing jumlahnya berkisar 1,5 – 1,6 juta rupiah, tapi jumlah yang saya terima 1 jutaan rupiah. Potongannya Rp500 ribuan. Harus dikembalikan dalam tempo 7 hari dengan nominal 1,5 – 1,6 juta rupiah. Asli ini aplikasi yang menyeramkan sekali, lebih parah dari vampire pengisap darah. Kok bisa sampai lolos dan bisa beroperasi dengan bebas?

Terlampir nomor kontak CS-nya, yang bukan nomor Indonesia dan tidak merespons. Tolong ditindak lanjuti OJK. Saya merasa tertipu dan tidak mau proses ini berkelanjutan. Saya mau kembalikan uangnya saja dan berkeberatan untuk bayar bunga yang mencekik.

Lai Yunie Yanto
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Itu illegal, tidak usah dikembalikan. Seperti kata pak menkopolhukam, mahfud md, kl illegal tidak usah dikembalikan. Cuma harus tahan diteror dc saja.

    • Semoga para hacker indonesia mulai beraksi membobol pinjol" illegal ini dan masyarakat mulai juga membobol pinjol" illegal.. Agar jera dan tutup.,

      Itu saja doa saya..

      • sepertinya mustahil klo hacker tidak ada maksud tertentu alias tidak menguntungkan buat dia sndri

    • Aplikasinya udah ilang di google playstore... Ilegal berarti... Udah jangan bayar,,, tp siap2 aja diteror. ?

  • Itu mah bener bener rejeki nomplok ga usah dibalikin, klo takut diteror DC ganti nomor aja beres dah.

  • Tidak usah dikembalikan !!!
    Hapus semua aplikasi di hp anda sekarang !!

    Kalau ada yg nagih DC ilegal itu anggap saja penipuan. Bilang sama yg lain.

    • Yah apes. Aplikasinya udah dihapus di google playstore. Tadinya mo ikut nginstall mumpung ada dummy hp & dummy contact ?

      • Jgan bayar krna itu penipuan. anda berinsiatif untuk VC via WA, setelah screenshoot wajahnya minta KTP nya.. kapan saja kita bisa buat laporan..

  • Ga usah dibalikin , paling diteror doang telp sms dan WA , abaikan aja ... Klo mau lebih tenang ganti no hp ...
    Klo mau dibalikin juga balikin aja sesuai nominal yg ditransfer ga usah pake bunga

  • Kalo bisa di kembalikan , pulangin aja , tapi jangan kasih lebihan sepeserpun , potong aja buat biaya pengembalian , karena Anda belum merasa mengajukan baru mempelajari , tapi kalo ga bisa di kembalikan ya .. JANGAN DIBAYAR , kalo ada DC yang teror atau intimidasi , laporin aja ke Polisi , kalo ada yg datang kerumah , undang warga aja biar di gebugin massal..

  • Pertama:
    Itu kode prefix negara nya Myanmar.

    Kedua:
    PT Nice Pinjaman Indonesia TIDAK TERDAFTAR di DitJen AHU Kemenhukam.

    Berarti itu badan usaha gadungan mengatasnamakan Badan Hukum PT. Wahhh itu pelaku pelanggaran berat. Sangsi pidana ini kalau diproses

    Fix ini illegal poooollll... anggap rejeki deh. ???

  • Klo nanti mulai teror2 lewat wa, langsung bikin laporan ke polisi, trus kirim itu salinan surat laporan ke wa DC yg neror.
    Gak usah bayar, anda bayar blm tentu masuk ke rek perusahaan, jgn2 masuk ke kantong karyawan pribadi, krn biasanya mreka kasih rekening virtual account bkn rek. resmi perusahaan