Surat Pembaca

Pihak Mediasi Shopee Tidak Adil

Dear Shopee,

Nama saya Thomas. Tanggal 31 Agustus 2022, saya order 2 jaket wanita di Shopee, dengan nomor pesanan: 220831J6RVSJV4. Tanggal 2 September 2022, paket saya terima. Sebelum paket saya buka, saya mengambil HP saya untuk melakukan video unboxing sebagai bukti, mana tahu paket saya kurang/sobek.

Saat saya video unboxing, ternyata benar, dari 2 jaket saya pesan, penjual cuma kirim 1 jaket dan 1 jaket yang dikirim penjual sobek di dekat kantong jaket. Sore harinya saya langsung mengajukan pengembalian barang dan dana. Bukti video unboxing dan foto sudah saya kirim.

Tanggal 3, penjual menolak pengembalian barang saya. Sore harinya pihak Shopee meminta saya kirim video unboxing dan foto. Semua yang diminta pihak Shopee sudah saya kirim. Namun anehnya dari tanggal 3 s.d. 5, pihak Shopee terus menerus minta video unboxing kepada saya. Lucunya lagi, pihak Shopee menolak pengembalian barang dan tidak ada meminta bukti video dan foto saat penjual packing paket saya.

Pertanyaan saya kepada pihak Shopee:

  1. Kenapa pihak Shopee bolak balik minta video unboxing kepada saya?
  2. Pada tanggal 4, pihak Shopee minta bukti ke penjual, tapi penjual tidak kirim bukti. Namun justru pada tanggal 5 kenapa pihak Shopee tiba-tiba minta bukti ke saya?
  3. Dari awal kasus ini tanggal 2-5, kenapa pihak Shopee tidak meminta bukti video dan foto ke penjual pada saat penjual packing paket saya?
  4. Saya minta barang dikembalikan dan uang saya juga dikembalikan

Semoga melalui Media Konsumen kasus saya diselesaikan.

Thomas Hamonangan Manurung
Medan, Sumatra Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Mungkin bagian verifikator shopee sedang mabuk miras, makanya minta lagi video.

    Saya harap jika masalah sudah terselesaikan, jangan pernah mau buat surat klarifikasi. Biar pihak shopee/penjualnya saja yang bikin tanggapan.

    Akhir-akhir ini saya perhatikan yang dirugikan oleh marketplace ini malas untuk posting klarifikasi/tanggapan. Jadi si konsumen (yang terkesan dipaksa) untuk posting klarifikasi.

    Biar pihak marketplace/seller yang posting tanggapan.
    ok semoga terselesaikan dengan baik dan dana kembali utuh.

    • Aku dapat email dari pihak Shopee katanya saya belum kirim bukti foto resi.sedangkan di mediasi pihak Shopee blg video unboxing saya kurang jelas..
      Saya awal saya mengajukan pengembalian barang.. Saya dh kirim bukti foto & video unboxing
      Ini namanya pihak Shopee membalikkan fakta seolah olah saya yg salah

      • Admin shopee emang alay ?. Gonta ganti personal makanya trus nanya abis gt ntar laporan lama ditutup bikin baru LG gitu terus supaya laporannya kesannya cepet di tangani karena dititip buka lg yg baru. Gitu emanf admin shopee mesti direndem pake air keras

    • kasus nya sama dengan sy....dana sy melayang barang yg saya terima tdk sesuai dgn apa yg di pesan...dan kasus di menangkan oleh penjual

  • SoPuih menuntut video unboxing harus berukuran MAKSIMAL 30 MB dengan durasi MINIMAL 60 detik. Kalau video hasil rekaman ponsel langsung di upload, video akan terpotong atau tidak bisa dibuka.

    Sebaiknya anda install dan gunakan aplikasi ponsel yang berfungsi memperkecil ukuran/resolusi video untuk konsumsi pihak tim verifikasi SoPuih. Video unboxing asli bisa anda upload ke (misalnya) YouTube dan cantumkan link video di komplain anda untuk tim verifikasi. Foto-foto bisa disertakan untuk hal-hal yang harus terlihat jelas seperti resi, label, dan kondisi kemasan.

    Sangat penting membuat video unboxing yang jernih, pencahayaan cukup, dan stabil, dengan resolusi minimal 480p (disarankan 720p). Penting disini artinya video unboxing merupakan bukti yang jauh lebih kuat daripada foto, dan tentu saja karena hanya bisa diambil satu kali seumur hidup (kecuali anda mau curang dengan mengemas ulang).

  • Atau upload di youtube dan kasih link nya ke CS via email kalau sekiranya gak bisa dikompres filenya.

    * jangan ada yg dipotong demi durasi, bisa kok video dr hp 1080 sampe durasi 45 menit kl ga salah di yutub.

  • Foto dengan jelas resi pengiriman nya dan bagian barang yg robek pasti menang kalau 2 ini jelas foto nya walau pun ada vidio unboxing kalau foto resi gak ikut ya udah pasti kalah

  • apa cuma sy ya yg beli paket ga pernah video unboxing. sy anggap barang kurang / cacat dalam transaksi belanja online merupakan resiko. Paling2 sy hanya bs ngasih bintang 1 sbg bentuk kekecewaan sy. males rasanya komplain sana sini. makan waktu

    • barang kurang/cacat dalam transaksi online merupakan resiko, tapi kalau HILANG/ditukar batu bata itu yang repot

      • @ivan
        Sy dl pernah dikirim batu bata kecil dr china via lazada. Niat beli Nitecore charger baterai dpt batu bata. Beratnya sih samar2 sama . Pas dibuka zonk ketawa + kesel aja. Komplen ke CS nya baru diganti ke saldo ?

    • Jgn . Kalo penjual nya bener Dan jujur pasti akan dirugikan. Kalo main binatang 1 Tampa komunikasi.

      • ya memang ga langsung bintang 1. sy pasti chat tokonya dulu. kalo berkelit ga mau tanggungjwb ya udah kasih bintang 1 aja. simple

  • Susah Kalau dana minta balik jika barang yang dikirim penjual sesuai dengan yang dijual dan keterangan pada deskripsi produk. Jika barang rusak cacat maka seharusnya tukar barang yang sama atau pengganti sesuai kesepakatan, bukan pengembalian dana. Pengembalian dana baru bisa dilalukan jika barang pengganti tidak ada/tidak diberikan.

    Sama halnya seperti saat membeli pakaian jika salah ukuran maka seharusnya tukar ukuran bukan minta pengembalian dana karena sebelumnya, transaksi sudah disetujui dari kedua belah pihak. Saya kira begitu

  • Kirain cuma driver shoopefood aja yg banyak kekecewaan ternyata costumer jg banyak ya
    Klo titik resto salah
    Klo titik antar costumer
    Kurang cepat antar dan beli
    Resto tutup
    Tidak dapat orderan dari shoopefood nya (yg ngasih kan sistem) bukan driver pilih2 orderan
    Semuanya yg disalahkan driver bisa kena suspend dan putus mitra

  • Disitu ada klarifikasi dari penjual jika plastik silver khusus utk isi 2 sweater dan plastik hitam khusus utk isi 1 sweater. Tapi kamu terima plastik silver bukan hitam. Berarti memang benar pesanannya kurang 1.

  • Ada penjelasan dari penjual kalau plastik silver khusus isi 2 sweater dan plastik hitam khusus isi 1 sweater dan kamu pesan 2 sweater dgn plastik silver tapi yg datang cuma 1 sweater, berartti bener dong memang isinya kurang.

  • Mulai tgl 6 Nov 2022 ada penjual di shopee yg melakukan penipuan, yg dibeli STB yang datang Bros. Alamat penjual tidak jelas, begitu juga alamat pengembalian barang tambah tdk jelas, knp pengembalian dana lambat?