Suspend Driver Gojek dengan Tuduhan “Bersikap/Berbicara dengan Tidak Sopan kepada Pelanggan”

Saya adalah mitra driver Gojek. Akun saya telah di-suspend oleh Gojek selama 7 hari, dengan tuduhan “Bersikap/Berbicara dengan Tidak Sopan kepada Pelanggan”. Saya merasa tidak melakukan kesalahan yang dituduhkan tersebut.

30 hari terakhir ini, hubungan saya dengan pelanggan baik-baik saja. 30 puluh hari terakhir juga saya tidak pernah diberikan bintang 1, keluhan pelanggan di rincian kinerja juga nol.

Saya sudah melakukan banding lewat aplikasi, tetapi ditolak. Kemudian saya kirim pesan lewat email, agar pihak Gojek memberikan bukti kesalahan saya dan di orderan apa. Namun yang dibalas cuma Anda terkena suspend dan link daftar pelanggaran. Waktu link tersebut diklik, keluar tulisan “Oops! Page is unavailable” (halaman bermasalah), tidak ada rincian atau diberikan bukti kesalahan saya.

Kalau memang saya terbukti salah, saya siap menerima sanksi, tetapi tolong berikan bukti kesalahan saya. Jangan perlakukan mitra driver seperti itu. Saya juga bersedia untuk menampakkan hasil chat saya dengan pelanggan ke pihak kantor Gojek jika diminta.

Saya juga masih ada saldo sekitar Rp1,5 juta yang tersimpan di akun driver, tetapi tidak dapat ditarik, dengan alasan driver tidak aktif. Kenapa dibuat sistem aturan seperti itu? Kalau mitra driver perlu uang tersebut untuk beli beras, bagaimana cara ambilnya?

Padahal uang itu hak milik driver yang diisi ke akun driver Gojek sebagai saldo akun. Seharusnya kalau akun di-suspend, driver bisa tarik uangnya ke GoPay atau rekening bank milik driver. Jangan ditahan uang driver. Saya harap pesan ini sampai ke pihak perusahaan Gojek.

Mirza Urpan
Aceh Besar, NAD

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

    • Bukan waktunya Brow ini masalah makan anak istri keluarga 7hari itu lama 3mnt aja susped driver sudah resah apalagi 7hari 🙏 bijaklah dalam berkometar

      • Jadi keinget saya pernah kena bintang 1 komentarnya ngebut.. padahal itu tau saya orangnya bocah SMP cewek yang naik duduk nyamping dan dijalan saya ga ngebut orang macet di jalan kecil kampung gitu.. begitu ada polisi tidur pas belokan dia jatoh sendiri mungkin karena rok nya licin eh kena bintang 1 tapi untungnya ga siapa Spain gojek karena emang indikasi membuktikan saya ga ngebut saat itu.. pelajaran buat kita semua nih jangan kasih penumpang duduk nyamping.. kadang yg tolol mereka sendiri kita yang salah

        • Untung lo gak di aceh bang, kalo di aceh semua penumpang cwek wajib nyamping dan gak boleh pake celana panjang

        • Dari bahasa kamu aja sebut penumpang mu *TOLOL* saja menunjukan attitide mu yang tidak baik. Semoga bisa berubah sehingga rejeki semakin lancar :)

        • Liat bahasa mu saja . Ya ga heran kamu kena bintang 1. Td nya mau iba. Eh liat bahasa mu. Malah jd kesel bacanya. Istri sy selalu duduk menyamping tp ga pernah tuh jatuh. Brarti emg situ nya yg menjalankan motor nya *******.

    • Padahal iklan gopay muncul dimana-mana "saldo anda akan diganti". Nyatanya cuma 1,5 jt aja ngga mau ngasih..wkwkwk

        • Gojek jangan bersikap dzolim seperti itulah pada mitranya!
          Ada uang yang menjadi hak si mitra, berikanlah sepenuhnya jangan menghalanginya memakai alasan sistem yang tidak mengijinkannya...lha yang bikin sistem itu kan Gojek sendiri, ya sudah seharusnya Gojek mengubah sistem yang dzolim seperti itu !!

          • Masih mending kalian di suspent karena sudah menjalankan orderan,sedangkan saya cs yg batalkan saya di suspent oleh pihak aplikator dengan alesan tidak menyenagkan,bagaimana bisa sebuah aplikator driver yg belum menjalankan tapi di sucpent dengan tuduhan tidak menyenagkan,saya dari driver maxim

          • Ini adalah pelanggaran ke 4 di tingkatan 1..jngankn sistem bang..
            W aj yg baca klo dh 4x dpt peringatan gk percya sm kemurnian tulisan ente..
            Kenpa gojek lebh percya sistem dr pd manusia..
            Karena sistem bisa salah tp gk bs bohong.
            Manusia..?udah salah,bohong..ditmbh lg pngn bener...

    • Sedikit saran pak, kalo ada yang janggal selama trip ketika selesaiin orderan pas kasih rating ke customer selalu lapor duluan lewat kolom komen. Misal "cs minta kebur, saya di buru2, cs membuat saya menunggu, titik antar beda jauh, cs badmood karena jalanan macet, saya dan cs kena cipratan mobil karena jalan becek". Saya kira pihak gojek akan crosscheck lewat komentar2 itu juga kalo ada laporan sebelum vonis suspend keluar. Tetap semangat pak semoga akun anda segera bisa aktif kembali, tetap beri pelayan terbaik untuk customer. Semoga terhindar dari kesalahpahaman yang merugikan

      • Engga ada pengaruhnya pak, saya pernah kena suspend akun gojek saya, padahal saya sudah komentar duluan ke pihak gojek soal customer yang minta buru-buru dan mau ngebut. tetep aja kena suspen alasan "mengemudi berbahaya karena ngebut"

        • Benar2 driver panutan jangankan disuruh customer ngebut, disuruh customer lompat ke jurangpun mau. Super sekali, saya salut.

    • Ajak geng buat demo kantor gojek .kalau di diamin pasti yang lain bisa mereka injak injak ...deliver harus bersatu

  • Sistem gojek gitu sih salah dikit langsung Suspen mo diroot ,meski tidak menggunakan sedikitpun aplikasi tuyul atau mod untuk mencurangi sistem gojek tp tetap Suspen bro.

    • karyawan pada perusahaan merupakan aset, sudah sepatutnya perusahaan menjaga aset tsb dg baik disamping tetap memberikan produk yg terbaik bagi konsumennya.
      aplikator adalah jasa dan mitra adalah aset, jd seharusnya aplikator dapat memberikan keputusan yg bijaksana tanpa menghilangkan hak dari mitra apabila mitra tsb sudah melaksanakan kewajibannya. konsumen memang dianggap raja, namun sikap konsumen tidak bisa sepenuhnya diandalkan bisa menjadi "raja" yg bersifat layaknya seorang raja.
      demikian mohon maaf jikalau ada kesalahan kata/penulisan.

      • kewajibannya adalah melakukan tugasnya sesuai dengan aturan dan dengan perilaku baik, orang ini sudah melakukan pelanggaran 4 kali, 3 kali selain yang dikeluhkan di surat ini

        orang ini sudah berkesempatan 3x untuk memperbaiki, dan meneliti aturan kembali, akan tetap melakukan pelanggaran, semua ada batas

        lagipula HAK tersebut dibatasi adalah hal normal karena KEWAJIBAN TIDAK DILAKUKAN, HAK tersebut tidak dihilangkan namun DIBATASI, HAK tersebut bisa diambil setelah masa berlalu.

  • Kedepannya, jangan bicara yang tidak perlu apalagi bersikap tidak sopan dengan pelanggan, karena tidak semua pelanggan itu baik. Jika pelanggan lagi pusing dengan masalah mereka sendiri, mereka main lapor saja.

    Tahan diri untuk berbicara dengan pelanggan, kecuali pelanggan yang mengajak bicara baru dijawab dan selalu bersikap sopan dalam ngebid. Anda terkena suspend karena ada laporan dari pelanggan. Mungkin bukan karena anda bersikap/berbicara tidak sopa, tapi mungkin karena pelanggan tidak suka diajak bicara. Untuk sementara, istirahat aja dulu, cuma 7 hari saja gak lama.

    Seakan sudah jadi kebijakan dari aplikator taksi online, yang salah selalu mitra driver,
    sedangkan pelanggan selalu benar. Padahal tidak semua pelanggan itu baik, terkadang beberapa oknum pelanggan menganggap driver rendah. Terkadang driver sudah naik / turunkan barang bawaan pelanggan, masih saja dikasih bintang 1-2. Jangan berharap ada tips dari pelanggan. Dikasih syukur gak dikasih terima aja.

    • Betul om, saya jg pernah dpt dr bandara obrolan basa basi sih, dr mana mau kemana. Malah penumpang yg banyak tanya. Saya jawab sesopan mungkin. Tp malah di kasih bintang 2 plus komennya "tidak sopan"...untung g ke suspend. Sejak itu saya lbh baik diem aja sih kecuali ditanya, dan jawab seperlunya.

    • Cust adalah raja driver adalah babu gojek ,jd jgn berharap banyak dgn sebutan kata mitra yg ada kita dijajah sm aplikator buatan anak bangsa

  • Katanya harus mendepankan karya anak bangsa lah ini, ini udah kaya sambo 2.
    Percuma ada pancasila ke 5 . Keadilan bagi seluruh rakyat idonesia. Tapi tdk adil

  • Sama seperti pengalaman saya ini,saya disuspen 7 hari gara2 laporan customer menyelesaikan order tanpa melakukan pengantaran...terus saya banding karena merasa tidak melakukan kesalahan karena dari pihak customer/gojek tidak memberi kabar kalau barang atau makanan tidak sampai hasilnya sama tetap Suspen tanpa ada win dari kustomer dan driver

  • Kerja rodi di alam modern yg ojek online gx sesuai pemasukanya.. Driver hnya buat kayain aplikator.. Argo 22 rb driver bersih 10rb..belum perawatan kendaraan belum isi paket data.. Aplikator n negara d subsidi driver..

    • klo mau enak kerja sndiri, bikin usaha.

      dimanapun jd karyawan ya gitu. dasar kaum ngeluh ga bisa inovasi

  • Mang ga pernah komunikasi ia sama driver2 dijalan saling curhat masalah oderan. Itu padahal dah sering diceritain sama temen2 dijalan . Jangan suka simpan uang di deposit terlalu banyak. Gue tiap hari widraw mending simpan di atm. Masalahnya dah banyak yang simpan uang dideposit sampai jutaan .ada aja masalah ga bisa ditarik. Gue dulu suka simpan 2 juta baru tarik.semenjak banyak yang curhat simpan banyak ga bisa ditarik ada aja alasan macem2. Makanya gue takut w tiap hari widraw . Terus resiko kalau main pantat rawan komplain. Gue dah ga mau main pantat lagi banyak ribetnya. Mending main gosend .gofod .gomart.awet dimotor.
    Jujur ia gue aja suka pesen oderan goride kadang emosi sama driver anak pantat . (Pemain goride). Bawel drivernya emosi gue. Gue dapet oderan goride mending diam aja. Ga semua orang mau diajak ngobrol.
    Terus kadang bini gue order goride suka kurang ajar anak2 pemain goride suka godain.
    Tapi ga mau mikir muka jelek .tua . Sok PD.
    Ga semua driver kayak gtu sikap emang. Tapi rata2 driver nya kurang aja. Sedikit yg sopan.
    Gue aja klo dapet oderan goride cewek cantik gue diam aja karena gue mikir kelebihan gue apa gue miskin .jelek .tua. kecuali gue miliarder baru gue berani godain pake uang.
    Kadang driver2 goride rata2 ga sopan kalau cewek yang order masalahnya bini gue order sering dapet driver kurang ajar. Tapi gue kasihan ga mau lapor. Karena gue ojol juga .

    • Saya sependapat dengan masih ada yg sopan walau sedikit, namun tidak sependapat dengan mendiamkan yg tidak sopan karena teman.
      Menurut saya jika bekerja di perusahaan mana saja, harus memberikan yg terbaik untuk perusahaan tempat bekerja. Jika perusahaan makin besar pendapatan tambah dan jika bangkrut jadi pengangguran.
      Pilihannya cuma mengingatkan teman atau membiarkan perusahaan mengambil langkah tegas. Membiarkan bukan pilihan namun ketidakperdulian.