Surat Pembaca

Suspend Driver Gojek dengan Tuduhan “Bersikap/Berbicara dengan Tidak Sopan kepada Pelanggan”

Saya adalah mitra driver Gojek. Akun saya telah di-suspend oleh Gojek selama 7 hari, dengan tuduhan “Bersikap/Berbicara dengan Tidak Sopan kepada Pelanggan”. Saya merasa tidak melakukan kesalahan yang dituduhkan tersebut.

30 hari terakhir ini, hubungan saya dengan pelanggan baik-baik saja. 30 puluh hari terakhir juga saya tidak pernah diberikan bintang 1, keluhan pelanggan di rincian kinerja juga nol.

Saya sudah melakukan banding lewat aplikasi, tetapi ditolak. Kemudian saya kirim pesan lewat email, agar pihak Gojek memberikan bukti kesalahan saya dan di orderan apa. Namun yang dibalas cuma Anda terkena suspend dan link daftar pelanggaran. Waktu link tersebut diklik, keluar tulisan “Oops! Page is unavailable” (halaman bermasalah), tidak ada rincian atau diberikan bukti kesalahan saya.

Kalau memang saya terbukti salah, saya siap menerima sanksi, tetapi tolong berikan bukti kesalahan saya. Jangan perlakukan mitra driver seperti itu. Saya juga bersedia untuk menampakkan hasil chat saya dengan pelanggan ke pihak kantor Gojek jika diminta.

Saya juga masih ada saldo sekitar Rp1,5 juta yang tersimpan di akun driver, tetapi tidak dapat ditarik, dengan alasan driver tidak aktif. Kenapa dibuat sistem aturan seperti itu? Kalau mitra driver perlu uang tersebut untuk beli beras, bagaimana cara ambilnya?

Padahal uang itu hak milik driver yang diisi ke akun driver Gojek sebagai saldo akun. Seharusnya kalau akun di-suspend, driver bisa tarik uangnya ke GoPay atau rekening bank milik driver. Jangan ditahan uang driver. Saya harap pesan ini sampai ke pihak perusahaan Gojek.

Mirza Urpan
Aceh Besar, NAD

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Sekarang mah di gojek ada cluster masing2.
    Anak pantat kumpulnya sama2 anak pantat.

    Anak paket kumpulnya sama2 anak paket.

    Anak2 gofod kumpulnya sama anak2 gofod.

    Kalau ketemu saling sindir.

    Ga cocok kalau nongkrong smaa anak pantat sama anak gosend instan.

    Bawaannya males aja. Saling .membangga banggakan apa yang dimainkan.

  • ? salam satu aspal ☺️ saya sering bilang ke driver baru klo ada kerja yg pasti meski penghasilan blom UMR ambil saja karena di ojol/taxol semua serba di awang-awang ?karena kita hanya mitra dan lemah. ? Semoga cpat selesai urusannya ?

    • Alhamdulilah saya skg udah kerja dan udah hampir 2tahun ga narik lg.pengen iseng2 aktipin tp keinget susahnya narik panas macet dll jd males aktipin..

  • Gojek Indonesia makin semena2 sm driver...pdhl driver itu tulang punggung nya gojek...kl ngga ada driver,gojek bs apa?

    • Kalau ga ada laporan ga nungkin gojek suspend.
      Soalnya banyak oderan driver mana ingat .
      Saran saya mending ga usah main pantat .kita ngomong biasa mana tahu dihati penumpang mungkin dipikiran dia ga sopan.

      Gue sering main pantat banyak custumer bikin emosi tapi gue sabar.
      Misalnya minta buru2 giliran dah didepan rumah belum apa2 masih lama.gue sabar.

      Minta kebut padahal macet gimana mau ngebut

      Dijalan ada aja berhenti ke indonaret jajan dulu. Bukan jarang tapi sering banget ketemu penumpang kayak gtu.
      Tapi gue sabar resiko tinggi bisa disuspend klo emosi.

      Jalan satu satunya jangan main pantat lagi. Banyak oderan kok. Gue main selain pantat main argo jauh tiap hari insya allah dapet terus bersih 300rb.

      Buat saran kalau masih teteh kekeh main pantat kesabaran harus tinggi.

      Terus kalau dapet cewek cantik dah diam aja ga usah gombalin atau godain. Ingat anak bini
      Ingat diri juga jangan sok ke gantengan . Sok PD . Siapa tahu penumpang itu punya suami.walaupun kelihatan masih anak2.

      Walaupun lu masih bujangan lihat juga diri sendiri berkaca. Kalau mau cari cwewk diluar pekerjaan aja . Mang niat kita godain biasa aja.
      Ada aja wanita yang ga mau digodain sama tukang ojek merasa rendahan.

      Soalnya bini gue kalau order goride dapet rata2 pasti kurang ajar. Godain merasa ganteng. Miskin .tua .belagu godain bini orang.
      Gue aja dapet goride ga pernah godain cewek cantik. Kadang emosi aja sama driver goride. Hampir setiap order. Sekarang bini gue suruh dirumah aja. Gue dapet tiap hari 300rb cukup.

      Iangat ia buat anak2 goride buat masukan dan saran gue aja . Biar hidup lu tenang . Ga pusing mikirin suspend

    • Gue sepakat sama gojek. Gue sering dapet cancel sepihak padahalg nunggu malam malam. Ga usah bahas tulang punggung deh. Disini semua simbiosis mutualisme. Saling membutuhkan. Paham

      • Ente banyak bertanya sama tetangga ente yg ojol,, rating ente ancur kek antabur jadi driver takut sama ente, perbaiki dulu rating ente

        • Driver ojol ada yg pantas di suspend ada yg ga... Berarti Anda layak di suspend dari perkataan Anda. Makin banyak yg di suspend artinya kualitas gojek makin bagus terhadap pelayanan konsumen, bravo gojek

    • bisa cari yg lain bro.
      kebiasaan orang indo pemalas mikirnya klo ga ada kami mau jadi apa kantor??

      lo itu cuma angka di mata manajemen, ilang ya ganti baru. biasain ya

  • btw itu pelanggaran ke 4.. udh sering kena pelanggaran brti.. susah sih dibuktikan klo pelanggaran bicara gk sopan..

    apakah cukup 1 laporan aja terus driver bisa di suspend? atau perlu bbrp laporan dan akhirnya driver kena suspend 7 hari?

    • Pernah punya pengalaman serupa. Pengalaman pertama. Kirim paket nasi kotak plastik, dichat pelanggan minta ditunggu makannya selesai lalu bawa balik box plastiknya dan ongkos baliknya akan dibayar tunai (karena orderan sudah selesai) tapi chat gak saya balas karena gak ada kewajiban saya tuk bawa balik paket bekas makan. bbrp saat kemudian dapat pesan peringatan spt itu. Saya email ke gojek dengan menjelaskan kronologinya dan melampirkan bukti chat. Alhamdulillah besoknya ilang peringatannya.

  • Itu di suspend karena penulis melakukan pelanggaran berulang, dan sudah mendapat peringatan. Penulis sudah diingatkan jika dalam 90 hari masih mengulangi pelanggaran yang sama, maka akan diberikan sanksi /suspend selama 7 hari.

    Tampaknya penulis gak peduli dengan peringatan pertama dan kedua, dan masih melakukan pelanggaran, akhirnya kena suspend. Gojek gak akan men-suspend akun mitra driver jika tidak mengulangi pelanggaran sama dalam waktu tertentu, kecuali pelanggan berat, langsung kena PM.

    Pelanggan melapor bukan hanya karena Anda bersikap/berkata tidak sopan, mungkin Anda "menggoda " pelanggan Anda, atau mengajak ngobrol yang gak perlu, padahal pelanggan belum tentu suka. Jadi, bersikap lah sewajarnya, jangan overacting sama pelanggan.

    • Seharus nya kan ditanyakan dulu ke driver, apa betul saya ada melakukan yang saudara katakan tadi, Pernah saya ke kantor grab, mau daftar jadi driver ternyata sudah ditutup, saya lihat disana ada pegawai yg lagi konfirmasi ke driver lewat telpon, pegawai itu menanyakan pesanan semalam ada diantar atau tidak. Kan begitu lebih baik

      • Maaf saya cuma kasih tahu aja kenapa pihak gojek ga mau kasih bukti . Kalau dikasih bukti nanti takutnya ada keributan. Ga mau nama gojek rusak gara2 custumer komplain gojek datengin yang ada custumer takut lagi pake gojek.

        Maaf ia seperti temen aku cerita temennya disuspend tahu siapa yang lapor dia datengin ramai2 bawa base campnya yang ada jadi tindakan kekerasan. Makanya gojek ga mau terjadi apa2.

        Pernah driver gendut dijalan cerita sama saya katanya kesal sama custumer ak bilang sabar bang jangan emosi nanti disuspend . Anak bini makan apa.
        Dijawabnya malah ga sopan. Bilangnya awas aja klo dia lapor gue bunuh . Saya bilang astagfirulah . Saya diamin aja lah capek nasehatin. Yang ada merusak nama baik gojek nanti klo terbawa emosi.

        Emang sih di ojol mah bebas sekolah maupun ga sekolah bisa masuk ojol.
        Disekolah mah saya diajarin sopan santun.
        Walaupun lulusan sma halhamdulilah bisa sekolah paham sopan santun.saling menghargai. Kesabaran.

  • Ada driver ojol yg baik tapi gak sedikit yang arogan. Saya sebisa mungkin gak ngasih bintang di bawah 5 walaupun kadang tingkah drivernya bikin jengkel/emosi. Padahal saya tipe penumpang yang gak segan kasih uang tips kalau pelayanan yang diberikan sangat baik. Terus terang saya gak terlalu suka order layanan ojol kecuali memang benar benar butuh layanan ojol (bike or car) karena saya pernah mendapat perlakuan tidak menyenangkan yang mana itu bukan kesalahan dari saya melainkan dari drivernya sendiri. Terutama mitra dari aplikasi ojol asing warna kuning.. mitranya banyak sekali yang tidak sopan.. mereka sering meminta customer untuk meng-cancel orderan apabila dirasa ongkosnya tidak sesuai dengan apa yang mereka mau. saya pernah dimaki-maki oleh driver car karena dia menolak menjemput dan meminta cancel dan saya menyuruh dia untuk cancel sendiri dari ponselnya. Alhasil saya saling maki di telepon dan berujung saya melaporkan yang bersangkutan kepihak m*x*m padahal seumur-umur saya tidak pernah melakukan pelaporan dll. Sampai - sampai saya Meng-uninstall aplikasi itu dari ponsel saya. Pernah juga pada saat dikantor saya order makanan via aplikasi ojol warna ijo.. drivernya ngasih makanan dengan muka masam, cemberut dan tidak mau turun dari motornya padahal ordernya juga gak ada pake promo apa2.. hadeh.. berasa gak butuh duit gitu.. ntar giliran gak daper orderan koar2.

    • @Urroji, tidak dapat dipungkiri, beberapa oknum ojol / driver bersikap arogan, tapi lebih banyak yang sopan dan beretika. Kembali ke pribadi ojol / driver masing-masing.

      Mengenai aplikasi transportasi online warna kuning , menurut cerita teman, gak seketat yang warna hijau-hijau. Untuk warna kuning, kalau si driver mau cancel order, gak jatuh performa kok, tinggal cancel aja, gak perlu minta minta ke pelanggan untuk meng-cancel.

      Tak dapat dipungkiri, untuk warna kuning tarifnya murah sehingga bagi driver suka pilih-pilih order. Murahnya tarif ojol warna kuning karena potongan aplikasi yang lebih kecil, yaitu sekitar 10%, dan tarif yang dipakai adalah tarif batas bawah.

      Meskipun tarif ojol warna kuning lebih murah tapi driver belum banyak, hanya di kota saja, sedangkan dipinggir/diluar kota masih jarang/ sedikit.

      Kembali ke masalah cancel order oleh driver, jika baik driver yang meng-cancel order gak bikin performa turun kok, justru yang bikin performa turun jika pelanggan yang cancel dengan alasan yang menjatuhkan driver. Kalau driver yang cancel, driver bisa pilih alasan cancel, misalnya titik jemputnya terlalu jauh atau tidak sesuai servis. Jadi, ngapain driver harus marah marah ke pelanggan, kalau gak terima order tinggal cancel sendiri.

      • Banyak juga yg menghujat aplikasinya..
        Padahal tanpa aplikasi gojek kalian tdk bisa menjadi driver, paling juga driver lorong.. bersyukur gojek masih ngasih rejeki, driver dapat rejeki, pemesan juga menghemat waktu... Semua dapat untung.... Ada yg bilang "gojek bikin aturan seenak dengkulnya"... Padahal sudah mengais rejeki dari gojek.. gojek itu bukan milik nenek moyangmu .... Trus maunya gimana ?? OJOL tanpa aturan ??? Kadang jaket kalian sebulan ngga dicuci, bau .. tapi ada juga penumpang tdk komplian... Jadi bersyukurlah...

        • Yang ngasih rejeki Allaah, bukan aplikasi, kami adalah mitra gojek, mitra adalah kerja sama, kami tidak diberi gaji oleh gojek, kami mengeluarkan modal sendiri untuk jadi mitra, yaitu beli motor, bensin , dan helm untuk penumpang. Tidak ada bantuan 1 rupiah dari gojek untuk kami ketika ingin bergabung jadi mitra, atribut gojek yang saudara lihat itu pun dijalan dijual oleh gojek ke driver.

          • Trus kalo tdk ada gojek kalian mau bermitra dgn siapa ?? Silahkan cari mitra baru, atau cari kerjaan lain.... Ngga perlu komplain, kan rejeki dari Allah ..berarti anda tdk perlu mitra.. kalo masalah uang 1.5jt, nanti setelah 7 hari tetap bisa ditarik...

          • rejeki mu mana skrg disuspen? ga usah bingung gini kalau yang ngasih rejeki bukan gojek, lucu ? kalau driver merasa ditekan oleh tarif gojek kecil selalu bilang nya nutupin rejeki orang/nyusahin rejeki, kalau dibilang gini bilangnya rejeki dari Allah

            lucu lucu

        • Jangan berpikir kami tidak bisa hidup tanpa gojek, dulu saya dari rahim ibu saya sudah diberi rejeki oleh Allaah

          • Bagus dong kalo bisa hidup tanpa gojek.... Berarti seharusnya ngga perlu komplain.. kalo masalah uang sementara tdk bisa ditarik, itu kan memang aturannya... Memangnya ada aplikasi tanpa aturan ??? Masa gojek harus merubah system aturan hanya demi 1 org ????

        • Saya berusaha untuk merubah aturan gojek yang kalau pelanggan buat laporan pihak gojek tanpa konfirmasi ke driver langsung memberikan sanksi dab juga aturan uang milik driver ditahan waktu akun terkena sanksi, 7 hari itu bukan masa yang singkat. Sangat beda jauh dengan grab dan maxim yang aplikasi nya buatan luar negri tetapi mereka waktu pelanggan buat laporan mereka konfirmasi dulu ke driver atau diberi sanksi terus driver nya dipanggil ke kantor. Gojek aplikasi ngaku buatan anak bangsa tapi aturan nya macam aturan penjajah

          • laporannya bukan 1x tp udah 4x
            berarti emang dari diri sendiri aja yg ga beres. introspeksi aja ga usah sok jadi batu ???

          • Trus maunya gimana ?? Gojek hanya boleh memenangkan driver ?
            Ya ngga begitu juga bambang... Trus penumpang ngga boleh komplain ??
            Platform itu harus adil... Adil itu tdk bisa dilihat dari pikiran 1 org saja..
            Platform online memang begitu, mereka pasti wajib berusaha utk adil antara diver dan penumpang..
            Sama juga dgn olshop, platform harus adil antara penjual dan pembeli...

            Mereka juga berusaha meng investigasi setiap kasus supaya adil.. karna banyak juga driver yg curang bukan ?? Dan banyak juga penjual yg curang di olshop....

            Jadi bijaksanalah menggunakan platform

        • Ente terlalu sombong bang rasakan ketika ente jatoh susah jadi driver,, makan ludah sendiri ente,,,,, banyak belajar dan bertanya bukan hasil pemikiran ente sendiri,, kalo bgitu ente sombong melebihi tuhan

          • Cuma di indonesia driver ojol merasa bahwa itu adalah pekerjaan tetap, bahkan ada yg berusaha untuk demo utk dijadikan pegawai tetap... Platform ojol itu dibuat untuk org2 yg ingin mencari income tambahan.. di negara manapun begitu... Jadi kalo anda merasa jatuh bangun itu berarti anda merasa ojol sebagai pekerjaan tetap...

    • Setuju dgn aplikasi ojek yg kuning (m*x*m) itu, pernah saya order dr supermarket, dan kebetulan jaraknya ga jauh dari tempat tujuan. Orderan taxi nya diterima tapi cuma buat koar koar ga jelas, malah saya dimaki-maki sama driver, dibilang gini "jarak deket aja pake taxi online, nanti ngotorin mobil saya gimana" . Astagfirullah disitu saya kaget banget, kok ada ya orang yg kayak gitu, kenal engga, tau muka juga engga, nerima orderan cuma buat menghina. Sakit hati sumpah, inget banget pengalaman itu.

  • Terkadang driver ga, merasa bahwa sikapnya termasuk ga, sopan mungkin karena adat budaya yg berbeda... Tp sepatutnya intropeksi diri mungkin juga ada salah... Itu lebih baik selama masa suspend 1 minggu

  • Gak semua driver baik. Begitu pun gak semua customer baik.
    Sebagai customer, saya juga pernah ketemu driver yang menghina.
    Toh, masih banyak driver yang anggap cs pake promo di orderannya rendahan, makanya kadang susah dapat driver, padahal promo yang dipake cs juga bukan dia yang tanggung. Nah itu cuma jadi salah satu contoh.
    Apalagi sekarang tarifnya mau naik, saya sih pake ojol kalau darurat aja, selebihnya jalan dan beli makan sendiri. Lebih hemat.

  • Gojek skrg juga meresahkan.. karna sangat buaaanyaak... Sudah punya geng geng... Kalo ada yg macam2 kita di keroyok di jalan.. apalagi kalo sudah pake rompi geng... Mainnya keroyokan..

    • Maksudnya apa bang ko geng,, itu kerja sama tim bang bukan geng,, kerja sama saling membantu nte pernah ga ditolong sama driver udah paham, belajar dewasa bang