Surat Pembaca

Suspend Driver Gojek dengan Tuduhan “Bersikap/Berbicara dengan Tidak Sopan kepada Pelanggan”

Saya adalah mitra driver Gojek. Akun saya telah di-suspend oleh Gojek selama 7 hari, dengan tuduhan “Bersikap/Berbicara dengan Tidak Sopan kepada Pelanggan”. Saya merasa tidak melakukan kesalahan yang dituduhkan tersebut.

30 hari terakhir ini, hubungan saya dengan pelanggan baik-baik saja. 30 puluh hari terakhir juga saya tidak pernah diberikan bintang 1, keluhan pelanggan di rincian kinerja juga nol.

Saya sudah melakukan banding lewat aplikasi, tetapi ditolak. Kemudian saya kirim pesan lewat email, agar pihak Gojek memberikan bukti kesalahan saya dan di orderan apa. Namun yang dibalas cuma Anda terkena suspend dan link daftar pelanggaran. Waktu link tersebut diklik, keluar tulisan “Oops! Page is unavailable” (halaman bermasalah), tidak ada rincian atau diberikan bukti kesalahan saya.

Kalau memang saya terbukti salah, saya siap menerima sanksi, tetapi tolong berikan bukti kesalahan saya. Jangan perlakukan mitra driver seperti itu. Saya juga bersedia untuk menampakkan hasil chat saya dengan pelanggan ke pihak kantor Gojek jika diminta.

Saya juga masih ada saldo sekitar Rp1,5 juta yang tersimpan di akun driver, tetapi tidak dapat ditarik, dengan alasan driver tidak aktif. Kenapa dibuat sistem aturan seperti itu? Kalau mitra driver perlu uang tersebut untuk beli beras, bagaimana cara ambilnya?

Padahal uang itu hak milik driver yang diisi ke akun driver Gojek sebagai saldo akun. Seharusnya kalau akun di-suspend, driver bisa tarik uangnya ke GoPay atau rekening bank milik driver. Jangan ditahan uang driver. Saya harap pesan ini sampai ke pihak perusahaan Gojek.

Mirza Urpan
Aceh Besar, NAD

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Daftar lagi ke grab
    Lagian gojek di tempat saya kurang laku
    Sekali install cari pengemudi nya susah bener
    ????

  • krn pelanggaran sudah 4x dalam waktu 90 hari. kemungkinan :
    1. terlalu banyak biacara dan berdebat
    2. sering ngebut

    saya pengalaman pernah naik gojek dan drivernya terlalu banyak bicara yg menjurus perdebatan, kadang suka nanya pendapat saya tpi malah di debat sama drivernya. ?

        • yang nanya gitu banyak, penulis TIDAK BERANI menjawab dengan tegas apa pelanggaran nya

          karena nyatanya dia MEMANG SALAH, kalau dia tidak salah dia tidak akan protes pelanggaran terakhir saja, tapi SEMUA ke 4 4 nya

      • Mang banyak bang . Saya juga ojol ijo tapi saya klo bawa penumpang ga mau banyak omong. Bini kalau mau berangkat kerja suka order saya suruh soalnya saya kalau subuh narik kalau dapet jauh ga bisa jemput macet.
        Kenapa setiap order rata2 dapet driver kurang ajar . Setiap pesan . Tapi sama bini gue ga ladenin. Minta nomor hp lah .nawarin mau dianter lagi ga.
        Bini gue mang mukanya kayak anak smp cantik anak dah 5.dikira masih abg .

        Walaupun kelihatan abg .driver juga mikir lu tuh tukang ojek tugasnya anterin dibayar. Muka jelek .tua bangka merasa ganteng apa. Mikir umur .jangan godain.
        Namanya kurang ajar.

        Gue driver bawa penumpang ga kurang ajar. Bini gue order grab gojek sama aja kurang ajar drivernya.

        Bini teman gue aja digodain sama tukang ojek aja katanya najis ga tahu malu cuma tukang ojek berani godain. Diangkap merendahkan wanita. Kadang ga mikir gtu dah tua bau tanah masih mikirin pikiran kotor.bukannya banyak tobat kurangin dosa. Gue mah tahu cwok godain cewek pikirannya pasti kotor. Gue juga cwok tahu perasaan gtu

      • Suspen wajar..tapi saldo jangan di rampok juga .kalau emang salah ya terima..tapi uang deposit di balikin...

        • kan ga dirampok itu cuy, cuma ditahan

          bedain kata dirampok/dicuri dengan di tahan sementara selama 7 hari.

          ????

  • Turut berduka ya, dl sy pernah narik grab th 2016 kalo ga salah. Pokoknya waktu itu insentif 1.2jt dan gampang banget deh dapet order.. sampe sy ambil cuti 2 minggu dari kantor karena ngejar insentif wkwkw.. asli enak banget pada saat itu.. jujur pernah ada pikiran buat alih profesi berhenti kerja, tp untungnya engga.. karena cuma sesaat alias bakar duit, lihat nasib ojol dan taksol skrg sedih sekali.. denger temen bekas nongkrong yg msh jd taksol.. insentif maksimal puluhan ribu kadang ga dapet.. order sepi.. potongan 20%.. harga tarif ga naik, bbm naik.. gw salut sama yg msh berprofesi driver online.. salam mantan 1 aspal bro

  • Memang penyakit dari dulu perusahaan yg satu ini seneng banget bekuin akun yg punya saldo. Kenapa saya bilang begitu? karena yang bukan mitra gojek pun sering diperlakukan seperti itu, dan mereka tidak pernah sama sekalipun memberikan rincian bukti. Menahan uang seseorang seperti itu bisa termasuk besit, hukum perdata, dan jika tidak ada itikad baik bisa termasuk perampasan dan masuk ke pidana.

  • اَلْحَمْدُلِلَّهِ pada hari ini tanggal 10 september akun driver gojek saya sudah bisa aktif kembali, akun saya tidak jadi disuspend 7 hari dan uangnya sudah bisa ditarik, terimakasih dukungannya

    • Alhamdulillah, Allah masih kasih rizqi. Tetap semangat berkarya dan jangan melanggar aturan, terutama aturan lalu-lintas.

  • Peraturan ojek online jaman now
    1.costamer adalah raja
    2.dimata gojek/grab castamer gak pernah salah
    3.driver ojol sedikit pun tidak boleh salah
    4.jika cstamer berbuat salah balik lg ke no2

    Jaman old castamer yg nyari ojol..
    Jaman now ojol yg nyari order castamer

    Salam ojol 2016

  • Makanya bang maaf nih ,,jgn dibiasain nyimpen duit di aplikasi gojeknya bang ,klo udh cukup langsung withdraw ke rek abang aja jdi lebih aman klo ada hal" yg tdk diinginkan kaya skrng antisipasi aja sih bang.. klo udh kya gini repot ..

  • Kalo dr bukti chat mungkin mas nya ga ada masalah. Tp bs jadi mulai dr awal menjemput - dan selama di perjalanan - trus sampai di tujuan ada kata2 yg menyinggung customer nya. Karna sy pernah ngalamin itu.

  • Nikmati aja bg walau propesi kita lagi d ujung tanduk.buat nafkahin keluarga.mau d apain akun ttp aja kaya gitu.budek ttp aja budek.mau gacor harus ambil orderan 3 kilo atau lebih walau pengantaran y 2 kilo....nasip emang nasip...
    Beda ya EMBe sama kuda..