BRI Oh BRI, Mohon Benahi Infrastrukturnya

Yth. Bank BRI dan bagian terkait,

Melalui surat ini, saya ingin menyampaikan saran dan kritik (mohon jangan dianggap sebagai komplain) terkait digital banking. Mohon sekiranya agar dipersiapkan lebih matang, supaya ke depannya lebih baik. Adapun beberapa poin yang harus saya garis bawahi:

  1. Pembukaan rekening via Tokopedia. Saya berhasil mendapatkan kode bayar, tapi sampai di cabang ternyata terjadi duplikasi CIF, jadi proses tidak dapat dilanjutkan. Saya disarankan membuka rekening via digital banking, soal kalau pembukaan via cabang stok kartu ATM kosong (nah loh). Ini di cabang Ikhlas Magelang.
  2. Via digital saving. Saya menemukan kesulitan di bagian e-KYC video recognition. Saya coba selama 1 minggu tanpa menyerah, karena urgensi, akhirnya berhasil melakukan setoran awal dan rekening pun berhasil dibuka. Namun kemudian disuruh ke cabang guna pengaktifan rekening, sebagaimana lampiran di email.
  3. Ketika saya datang ke cabang Tarumanegara Magelang, pada hari Senin 5 September 2022, saya bertanya pada petugas mengenai antrean CS untuk mengaktifkan BRImo dan rekening. Waktu saat itu menunjukkan pukul 12:10 WIB. Saya diinformasikan bahwa antrean CS sudah habis lantaran masih ada yang belum terlayani. Adakah maksimal layanan CS per hari? Jika iya, kenapa berbeda dengan bank pelat merah yang lain?
  4. Tanggal 6 September 2022 pukul 10.15, saya ke kantor BRI Ikhlas Magelang. Saya menginformasikan bahwa saya mau mengaktifkan rekening sekalian mau aktivasi BRImo. Oleh mbak CS-nya cuma dimintain KTP dan nomor hp, hanya dibantu (entah apa, ndak tahu). Yang jelas setelah itu saya disuruh ke satpam, kemudian dipandu satpam guna transaksi BRIimo. Kurang lebih 1 jaman dan itu tidak berhasil 😭. Dari info di grup mas satpam, katanya sedang gangguan dan bilang bahwa tadi juga memandu 3 orang sebelum jenengan gagal semua, karena ada kendala di pusat.
  5. Tanggal 6 September 2022 pukul 19:34, saya mencoba pun masih timbul error. Ketika chat ke CS BRI, yang respons cuma bot. Apakah memang sedemikian sibuknya BRI sehingga buka rekening saja berbelit-belit tidak beres seperti saudaranya yang sama-sama plat merah?

Mohon sekali lagi ini masukan buat BRI, sehingga masalah open account digitally dan masalah lainnya dipersiapkan dengan seksama dan bukan grasah grusuh.

Terima kasih.

Wahyu Nugroho
Magelang, Jawa Tengah


Update (10 September 2022): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas tanggapan dari pihak Shopee sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan PT Bank Rakyat Indonesia Atas Surat Bapak Wahyu Nugroho

Sebelumnya kami menyampaikan terima kasih atas kesediaan Bapak Wahyu Nugroho menjadi nasabah Bank BRI dan mohon maaf atas kejadian yang...
Baca Selengkapnya

Komentar

    • Entah apa yg terjadi dgn bank plat merah satu ini, stok kartu ATM hampir di semua uker bahkan KCP di seluruh Indonesia mungkin kosong dan ini sudah terjadi dari beberapa bulan yg lalu hingga sekarang. Padahal bank ini adalah salah satu bank terbaik di Indonesia dgn jumlah nasabah terbanyak, masa kartu ATM aja pd kosong di seluruh kantor BRI yg ada di Indonesia.

      • Hampir semua plat merah begitu. Mungkin terlalu santuy. Kurang profesional. Ga ada standar. Slogan doank banyak biar keliatan kompeten.
        Saya aja dpt sms suruh ganti kartu debit karna mau abis masa pakainya dan d tulis free. Disuruh ke Bank terdekat. Begitu kesana d oper suruh ke tmpt pembuatan rek. Sudah d tmpt pembukaan rek, kena bayar 15 rb. Wkwkwk.... begitu d konfirmasi dpt sms dari bri pusat yg sudirman, ga ngepek. Ttp bayar. Berarti BRI pusat sms suka sebar hoak donk....kacau kinerjanya dari pusat sampe cabang ga singkron. Contohlah si Biru swasta. Kuat profesional. Rasa bintang 5 tuh bank.

      • Saya tanya kekantor pusat dia bilang emang disarankan untuk beralih ke digital, walau tarik tunai pun pakai brimo

  • BRI memang gitu sih. Malesin. Saya punya rekeningnya cuma buat terima dan ambil uang di atm. Semua sistemnya kayak masih harus datang ke bank deh. Udah ke bank pun masih jaringan eror melulu (daftar ibanking dan brimo) jd yah cuma buat terima uang terus tarik semua pindahin ke si paling ramah yg bikin rekening dan mbankingnya nggak ribet 🤣🤣🤣.

  • yang paling sering itu kekurangan SDM/antrian cs sudah penuh kadang cs 1-2orang ngantri buanyak sebenernya tidak dibatasi berapa orang yg datang kecs namun kasian juga jika tidak terlayani kalo tetep dikasih no antrian Disini juga gitu kadang jam 11 sudah habis krena didalem masih banyak yg ngantri.

    kalo mau datang ke cabang yang paling guede pasti cs banyak dan responsif.

  • nomor 3 bukannya justru bagus?

    mereka berhitung dari sejak jam 12 tersebut, berapa orang yang antri dan diestimasikan 1 orang berapa lama

    misal ada 20 orang antri, dan bank tutup jam 3, mereka estimasi satu orang 20/30 menit ya sisanya disuruh pulang daripada dikecewakan kan? antri sampai jam 3 tapi ujungnya tidak dilayani

    ya itu memang batasan sih jadinya, bisa ditangani dengan menambah jumlah CS, tapi saya yakin mereka ada perhitungan sendiri untuk SDM

    • 1. Setiap jam 12.00 itu jam istirahat mereka dan mereka tidak melayani nasabah sama sekali dan kadang jam istirahat nya bisa sampai dengan jam 14.00.. Sangat berbeda dengan bank sebelah yg walaupun jam istirahat tetap ada CS yg gantian melayani nasabah..
      2. Walaupun antrian panjang, yg melayani nasabah tetap cuma 1 org CS.. walaupun di samping nya ada 1 CS lagi yg ntah sedang melakukan tugas apa.. (bagian teller juga sama)
      3. Dalam melayani 1 org nasabah sangat sangat sangat sangat lama sekali.. Minimal 30 menit.. Ntah sistem jaringan yg lemot atau SDM nya..

      • Sekarang tiap unit cuma ada 1 cs dan 1 teller, paling lama kalau cs melayani realisasi pinjaman, yg ada keperluan lain ke bank selain real, harus antri nunggu lama, krn sekali real sktr 20-30 menitan. Dah gitu satpamnya pada nggak ramah. Di tanyain apa msh lama yg realisasi, jwbnya klo nggak mau antri ambil lwt mesin atm aja mbak, pdl udah tau sini mau ambil di atas 5 jt. Siap2 makan ati klo nggak sabar.

      • 1. ya ke bank sebelah aja.... kalo mau nyamain2 pelayanan ya samain aja semua bank pelayanan sama suku bunga nya, g usah milih, milih nama doang🤣 beda bank ya beda sistem lah ngapain di sama-sama in, kalau tidak setuju dengan cara mereka melayani, ya pindah bank lain lah, itu bukan masalah anda disalahi atau tidak tapi sudah cara dan aturan disana
        2. lah itu ya semua bank bang... kalau tugasnya belum selesai ya masak lanjut ke nasabah lain
        3. bisa apa selain pindah bank?

  • Antri panjang n lama tp loket yg buka cuma 2 padahal ruang loket sampe ada 5. Begitu beres langsung tarik duit semuanya di atm. Pindah ke bank yg pelayanannya ramah n cepat....

  • BRI dimana2 terkenal dg pelayanan yg semraut dan gaduh apa lagi di unit2. Mondar2 mandir CS ,Nasabah berisik. Apakah karna bank rakyat ya...

    Beda sama saudaranya BNI, dan Mandiri lebih berkelas pelayanannya. Selain itu gedungya juga lebih mewah dan nyaman. Stafnya juga lebih cantik dan penampilannya lebih bagus dari BRI. Dan lagi pula segmen nasabah BNI dan Mandiri kebanyakan kalangan coorporate/pengusaha. Beda ya ama BRI. Segmen UMKM. Maaf ini cuma penilaian pribadi sy.

    • Tapi utk kami yg didaerah sangat terbantu adanya bank BRI, BANK lain gak ada yg keplosok penjuru desa,, plyanan disini pun ramah2, bantuan dari negara pun banyak yg melalui bank BRI, jdi kmi di plosok sangat terbantu,,,

    • Mungkin si pembuat aduan..tidak mengerti ..jd udah emosi dluan..
      Kenapa bank bri kartu atm nya banyak kosong.
      Itu ditandakan perlahan era digital yg di program pemerintah itu nyata..mula beranggsur...

      Terus kenapa pelayananya kurang maksimal.
      Ya iyalah yg datang ke bri itu rakyat coi..
      Mulai dr pakai baju dalam.
      Muli tukang kerupuk.
      Tukang ikan..
      Pemulung mau nabung semua diterima tanpa embel2...

      Twrus klo satpam bilang antrian cs udah habjs.
      Ya itu udah dihitung sisa nasabah berapa sampai jam pelayanan...
      Ga mgkinlah nasabah dikasih antrian terus..
      Emang pegwainya ga pulang2 apa...

      Klo saya amati di bri itu nasabahnya jg dibilang kelas bawah tentang digitalisasi.
      Bjangan sok bener juga lah..dkit2 komplen
      Padahal bank bri itu ga satu..
      Terus klo daftar digitalsaving biasa langsung dibikinin brimo oleh cs...pasti banget aplge atm kosing

      • Betul bos jamane di gitel ,ga usah datang ke kantor BRI ngapain cukup duduk manis di rumah,😁😁

      • Dibaca ga sih dr awal, klo dr awal ga ada masalah yg beruntun yah ga perlu dtg ke cabang, ini sdh ngikutin sesuai prosedur.

        Cape lho dtg berkali2 ke cabang tanpa hasil, ada tenaga waktu dan biaya terbuang, terus knpa kita yg hrs ngerti permasalahan si bank, klo ga bs kasi pelayanan maksimal yah perbaiki bukan si nasabah yg hrs ngertiin.

        Kenapa kartu atm byk yg kosong, klo dr awal dijelaskan langsung kenapanya lalu dibantu masalahnya langsung selesai, calon nasabah jg akan mengerti dan tdk akan ngasi masukan ke mk, lagipula kartu atm masi adalah hak dr nasabah.

        Bank lain itu bisa , BCA pun yg dtg pakai sandal jepit masi dilayanin, dan mereka punya SOP bahwa masalah hrs selesai di hr yg sama dan ts dr awal hanya mau buka rekening dan butuh waktu hampir 2 minggu, hanya buka rekening, yg lain hanya bs kurang dr 1 jam dan tdk perlu keluar rumah, niat awal sdh bagus tapi infrastruktur bri memang perlu dibenahi karna nasabah dr ceritanya sdh runut sesuai prosedur , sdh memberikan bri tuk hak jawab atas keluhan ts melalui jalur resmi bri

  • Tanpa BRI percaya saja Indonesia susah maju. Bersyukurlah itu aj pesan saya. Gk cocok pindah gk usah di budayakan koar2, carilah solusi untuk diri sendiri dulu baru menyarankan solusi untuk orang lain. Itu bank yg bagus2 pelayanannya coba suruh buka unit ribuan sperti BRI baru ngerasa pusingnya ngurus khalayak.

    • Saya bank tdk cuma bri , hsbc citibank mandiri bca pun ada nah disini yang saya garis bawahi sistemnya pak infastruktur it nya ..jadi bukan waton kritik tanpa solusi ...😁dan saya bukan orang kmrn sore yang baru masyk ke bank

      • Makanya sy bilang, gk sama kerumitan infrastruktur bank yg cuma puluhan cabang sama bank yg punya ribuan cabang. Cba suruh hsbc mu buka ribuan unit di pelosok2 bs ttap prima gk layanannya.

      • Namanya Juga BUMN, Yang Dari BUMN Emang Gak jelas dari dulu kek pemerintah wakanda sekarang lagi sibuk nyari hacker bukannya peningkatan database sistem biar kuat wkwk, Mending Masnya Bukak BCA yang enak mudah cepat, BCA Bank Swasta Yang Customer Service dan Satisfaction Terbaik Di Indonesia, Dijamin Puas Makek BCA

  • Waah Bank pesaing sudah mulai memprovokasi.. Haha
    Saya nasabah pinjaman BRI dari tahun 2009.sampai skarang saya sudah bisa deposito, nabungbahkan rumah dan kendaraan dan lain2 awal jalannya dikasih pinjaman sama bank rakyat ini.. Dan sampai saat ini tetep baik kok..