Surat Pembaca

BRI Oh BRI, Mohon Benahi Infrastrukturnya

Yth. Bank BRI dan bagian terkait,

Melalui surat ini, saya ingin menyampaikan saran dan kritik (mohon jangan dianggap sebagai komplain) terkait digital banking. Mohon sekiranya agar dipersiapkan lebih matang, supaya ke depannya lebih baik. Adapun beberapa poin yang harus saya garis bawahi:

  1. Pembukaan rekening via Tokopedia. Saya berhasil mendapatkan kode bayar, tapi sampai di cabang ternyata terjadi duplikasi CIF, jadi proses tidak dapat dilanjutkan. Saya disarankan membuka rekening via digital banking, soal kalau pembukaan via cabang stok kartu ATM kosong (nah loh). Ini di cabang Ikhlas Magelang.
  2. Via digital saving. Saya menemukan kesulitan di bagian e-KYC video recognition. Saya coba selama 1 minggu tanpa menyerah, karena urgensi, akhirnya berhasil melakukan setoran awal dan rekening pun berhasil dibuka. Namun kemudian disuruh ke cabang guna pengaktifan rekening, sebagaimana lampiran di email.
  3. Ketika saya datang ke cabang Tarumanegara Magelang, pada hari Senin 5 September 2022, saya bertanya pada petugas mengenai antrean CS untuk mengaktifkan BRImo dan rekening. Waktu saat itu menunjukkan pukul 12:10 WIB. Saya diinformasikan bahwa antrean CS sudah habis lantaran masih ada yang belum terlayani. Adakah maksimal layanan CS per hari? Jika iya, kenapa berbeda dengan bank pelat merah yang lain?
  4. Tanggal 6 September 2022 pukul 10.15, saya ke kantor BRI Ikhlas Magelang. Saya menginformasikan bahwa saya mau mengaktifkan rekening sekalian mau aktivasi BRImo. Oleh mbak CS-nya cuma dimintain KTP dan nomor hp, hanya dibantu (entah apa, ndak tahu). Yang jelas setelah itu saya disuruh ke satpam, kemudian dipandu satpam guna transaksi BRIimo. Kurang lebih 1 jaman dan itu tidak berhasil ?. Dari info di grup mas satpam, katanya sedang gangguan dan bilang bahwa tadi juga memandu 3 orang sebelum jenengan gagal semua, karena ada kendala di pusat.
  5. Tanggal 6 September 2022 pukul 19:34, saya mencoba pun masih timbul error. Ketika chat ke CS BRI, yang respons cuma bot. Apakah memang sedemikian sibuknya BRI sehingga buka rekening saja berbelit-belit tidak beres seperti saudaranya yang sama-sama plat merah?

Mohon sekali lagi ini masukan buat BRI, sehingga masalah open account digitally dan masalah lainnya dipersiapkan dengan seksama dan bukan grasah grusuh.

Terima kasih.

Wahyu Nugroho
Magelang, Jawa Tengah


Update (10 September 2022): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas tanggapan dari pihak Shopee sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan PT Bank Rakyat Indonesia Atas Surat Bapak Wahyu Nugroho

Sebelumnya kami menyampaikan terima kasih atas kesediaan Bapak Wahyu Nugroho menjadi nasabah Bank BRI dan mohon maaf atas kejadian yang...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Percayalah saya penghasilan 26jt per bulan karna awal di modalin BRI. Yang awalnya toko sembako biasa sekarang jadi toko grosir

    • Iya kenapa ya kartu ATM BRI di semua daerah kosong, kemarin kartu ATM BRI lama ibu saya ketelan ATM nya, mau ganti kartu ATM kata tellernya kosong di suruh pakai brimo saja, ibu saya gak mau, gak ngerti pakai aplikasi internet karena beliau sudah tua, takut salah-salah pencet atau takut kena scaming. Akhirnya sekarang cuma pakai buku tabungan.

  • BRI ini bagus sebenarnya dan potensinya sangat besar krn menjangkau hingga ke pelosok negeri tetapi memang kekurangannya ada di sistem IT dan digital produknya. Jika saja ini bisa dibenahi maka saya berani jamin kelak akan bisa menyamai atau bahkan melampui 2 saudaranya.
    Mengenai suasananya yg seperti pasar sepertinya itu memang ciri khasnya dan tidak perlu dirubah. Justru jika dirubah malah konsumennya pada lari karena segan.

    • kami di sini di pedalaman sulawesi enjoy aja ama bri antrean cuma senin sama jumat yg padat selasa rabu kamis hampir lengang kl di jawa padat merapat ,ganti kartu atm geratis bikin brimo cepat

  • Bri masih yang terbaik dengan banjir nya nasabah pemula maupun yang sudah akut !?!?.. cuma SDM harus di tingkat kan grade harus naik.. untuk 1 kcp sudah kewalahan melayani nasabah.. di hajar dari dunia digital yang secara sistim it gak siap dan belum mampu walau katanya punya satelit sendiri..!!

  • Alhamdulillah buka tabungan BRI via aplikasi lancar prosesnya sampai ambil kartu atm + buku tabungan (mungkin karena saat itu belum banyak yang ngerti buka rek BRI bisa via aplikasi).
    Mungkin BRI mesti cetak lebih banyak kartu atm + buku tabungan dan di distribusikan ke seluruh cabang2xnya yang ada di mana2x (Sampai di desa - desa).
    Terima kasih BRI

  • Wkwkw baru tau ya bri bengini?
    Belom lagi ambil duit d ATM, gangguan teruss
    Gajelas emang,
    Sya putus kan pindah ke bca dan BNI aman2 aja sampe krng ga ada eror, kendala, dll
    Bri bank ruwet indonesia

  • Memang begitu faktanya BRI saya pun pernah mengalaminya, sangat berbeda jauh dengan bank plat merah lainnya katakanlah seperti Mandiri yang sangat sigap terhadap pelayanan nasabah apalagi Customer Servicenya dua jempol

  • Ngapain buka rekening tabungan online tapi harus offline buat verifikasi atau ambil kartu? Mendhingan pake bank digital yang kartu debitnya dikirim. Contoh: Jenius BTPN, Bank Jago, dll. Sebenarnya BRI semakin bagus kok secara teknologi dan infrastrukturnya. Tapi ya faktanya banyak juga ganguan dan keluhan. Saya sih nggak berani naruh duit di rekening, paling cuma buat numpang lewat terima gaji, habis itu disimpen ke bank lain yang lebih aman.

  • Hahaa BRI gue prnh mau setor tunai uangnya blm rapih aja berani ngomel teller coba bandingkan sm bank bca jauh banget pelayanannya bca number uno
    Kapok berurusan sm BRI