Surat Pembaca

Kecewa dengan “Prank” Pengajuan Kartu Kredit BNI

Saya Elisabahati Laia, salah seorang nasabah BNI dan sudah memiliki beberapa kartu kredit bank lain. Jujur saya benar-benar kecewa dengan Pihak Kartu Kredit BNI atas ketidakjelasan dalam program kartu kredit. Saya sudah coba untuk sharing ke group @kartukreditmania di Facebook mengenai kasus ini, ternyata bukan hanya saya saja yang menjadi korban PHP sama tim kartu kredit Bank BNI.

Benar, saya pernah ditolak dua kali pengajuan kartu kredit lewat marketing, dengan alasan High Risk (HR). Saya tidak permasalahkan terkait itu, karena jelas ada alasannya. Terakhir pada bulan Juli atau bulan Agustus, saya coba buka rekening bank BNI di kota Medan. Tujuan sebenarnya bukan karena biar di-approve oleh pihak terkait, tapi memang mau buka rekening berjangka selama setahun.

Jujur memang iseng-iseng awalnya, ketika buka aplikasi mobile m-banking BNI kebetulan di situ selain ada fitur Deposito, juga ada fitur kartu kredit. Saya coba-coba pengajuan di aplikasi barangkali di-approve oleh pihak terkait (saya mengajukan di bulan lahir saya). Setelah itu saya menghubungi call center BNI untuk menanyakan status pengajuan. Jujur ada rasa kesal sebenarnya dari situ, saya menghubungi call center sebanyak 10 kali, dengan jawaban call center yang berbeda-beda:

  1. Call center pertama infonya bahwa pengajuan saya di-approve.
  2. Call center kedua infonya bahwa pengajuan saya di-reject.
  3. Call center ketiga infonya bahwa pengajuan saya di-approve.
  4. Call center keempat infonya bahwa pengajuan saya di-reject.
  5. Call center kelima infonya bahwa pengajuan saya di-approve.
  6. Call center keenam infonya bahwa pengajuan saya di-reject.
  7. Call center ketujuh infonya bahwa pengajuan saya di-approve.
  8. Call center kedelapan infonya bahwa pengajuan saya di-reject.
  9. Call center kesembilan infonya bahwa pengajuan saya di-approve.
  10. Call center kesepuluh infonya bahwa pengajuan saya di-approve.

Karena call center 9 dan 10 infonya approve, saya kira sudah benar approve 100%. Namun karena masih kurang yakin, besoknya saya hubungi call center-nya 4 kali dan info dari keempat petugas call center tersebut sama, dengan hasil “APPROVE”. Boleh dicek histori saya ada berapa kali saya menghubungi call center BNI, bisa dipastikan benar atau saya mengarang.

Seiring berjalannya waktu, saya tidak henti menghubungi call center BNI untuk menanyakan Proses pencetakan kartu dan pengiriman. Alhasil pada tanggal 16 Agustus 2022, saya dapat notifikasi dari pihak BNI terkait e-billing tagihan kartu kredit saya. Di situ tertera jelas:

  • Jenis kartu kredit “Visa Gold”
  • Tanggal cetak kartu “14 Agustus 2022”
  • Limit Rp8.000.000
  • 4 digit depan nomor kartu kredit
  • 4 digit nomor kartu kredit bagian belakang

Di situ ada keterangannya dari BNI CARD CENTER “Mengucapkan Selamat ulang tahun” kepada saya. Saya kira ini kado dari BNI dikasih kasih kartu kredit. Sekalian saya juga konfirmasi ke marketing kartu kredit BNI untuk menanyakan terkait e-billing tagihan apakah sudah approve 100%.

Saya juga menghubungi CS BNI untuk menanyakan kartu kredit saya sudah sampai di mana. CS bilang bahwa kartu saya sudah dikirimkan melalui vendor NCS. Setelah menghubungi vendor NCS cabang Medan, ternyata benar kartu kredit BNI saya dikirimkan lewat vendor NCS. Namun ketika kartunya sudah sampai di Medan, ternyata dikembalikan lagi ke Jakarta.

Pada tanggal 05 September 2022, saya dapat telepon dari pihak BNI untuk melakukan investigasi. Saya gak mengerti kenapa sampai diinvestigasi. Saya coba hubungi call center BNI-nya lagi sebanyak tiga kali:

  1. Call center pertama infonya bahwa kartunya di-reject oleh analis.
  2. Call center kedua infonya bahwa approval kartu dibatalkan oleh analis.
  3. Call center ketiga infonya bahwa kartu di-hold di kurir dan diminta dikembalikan ke sistem.

Saya kira pengajuan saya digagalkan. Kenapa saya kecewa? Karena begini, kalau memang pihak kartu kredit BNI saya disetujui, proses sampai titik akhir sama seperti bank-bank lain. Kalau memang ditolak, ya tolak saja dari awal, jangan buat harapan palsu. Namanya usaha kalau sudah ada hasil pastinya bakal kecewa kalau itu cuma prank.

Sekedar kasih saran buat pihak Credit Card BNI, Apabila ada nasabah mengajukan kartu kredit dan setelah analis sudah konfirmasi data, kalau ada data yang mencurigakan langsung saja ditolak, jangan disetujui terus nantinya tiba-tiba diinvestigasi segala. Saya berharap ke depannya sistem seperti ini harus ditindaklanjuti agar tidak mengecewakan nasabah yang lain.

Terima kasih.

Elisabahati Laia
Medan, Sumatera Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Penjelasan BNI Tentang Kecewa dengan “Prank” Pengaduan Kartu Kredit BNI

Menanggapi keluhan Bapak Elisabahati Laia di www.mediakonsumen.com pada tanggal 10 September 2022 dengan judul “Kecewa dengan Prank Pengaduan Kartu Kredit...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Seharusnya anda bersyukur gak jadi mendapatkan kartu kredit BNI. Karena memiliki kartu kredit itu membuat kita cenderung konsumtif kepada barang yang sebetulnya belum dibutuhkan. Maksimalkan saja pemakaian kartu kredit yang sudah Anda miliki.

    • Bukannya sdh bnyk kartu kredit yg lain?..knp ngotot hrs bikin lg..tar gesek gesek gak bs byr...bnr seh alasannya high risk..mgkn stlh dicek lbh dlm..prnh nunggak byr dll di cc yg lain atao tagihan lain..krn klo bgs pst dikirim cc nya..

      • Terimakasih sarannya Pak.
        Tujun utama saya emg bukan memperbanyak Kartu kredit. Tapi cari limit yg lebih gede agar cc yang limitnya rendah saya Tutup.

        Terus satu lagi Pak, klok masalah Highrisk gk adalah Alasan tidak approvenya ticak masalah karna alasannya sudah jelas. di bank lain, Klok High risk nya tinggi yang menjadi alasan utama direjeck, bank tsb rejecknya dr awal tanpa harus ada notif di sms bahwa sudah approve tiba2 batal approve dan itu ebling tagihan sudah dikirimkan tiba2 batal approve. Disini Tujuan saya Pak, sistemnya BNI agar di lakukan pembaharuan sistem. Kita semua BNI jangan ada notif approve tiba2 Batal approve. kita semua pengen sistem BNI jika rejeck dgn alasan tertentu ya direjeck notif yg masuk ke sms atau email Pak..

        mohon maaf Pak, Terimakasih

      • Alasan bni jelas om..dia pake data karyawan abal2, pinjem alamat kantor temennya, itu ada di grup efbe. Lalu bni mengadakan survey ke kantor, nah ketahuan tuh, pake data abal2. Jd harusnya clear ya, calon nasabah mau play victim

        • Kan sayanya udah ketemu sama team survey bro kekantor? Bro. pake akun real mu mana? Boleh minta FB mu?

  • Untut ts, nama nya sabar laia ya klo ga salah di efbe.
    Katanya pake data karywan abal2 ya?..pinjem alamat kantor temen, klo begitu, bni ya ga salah, kamu memang pake data abal2.
    Wajar kena cancel.

  • Napa emang om, klo memang dr bni cancel approval, ya trima aja, wong data kamu emang ga masuk. Ga usah cari2 pembenaran .

    • Saya padahal cuma sistem agar diubah. situ aja yg sok merasa punya kartu kredit sok tau dan berani cuma pake akun fake doang.

      • Jgn sombong om, baru punya cc beberapa aja dah merasa wow gitu..itupun limit kamu ga sebarapa, diluar sana banyak yg jauh lbh gede limitnya biasa aja tuh. Hehehe

        • saya bukan sombong mas. kan mas nya yang bilang kok ngambek gk diksh sama pihak BNI CC nya. kan sy uda jelasin panjang x lebar otak masnya gk nangkep kesitu. Perlu Capslock ya? “SAYA HANYA PERLU SISTEMNYA DIUBAH”
          Jangan bandingkan saya dgn org lain mas, bandingkan aja saya dengan anda. setidaknya saya sudah punya kartu kredit yang seperti masnya limitnya gk seberapa. Setidaknya Mas nya susah punya kartu kredit karna utang mas nya bertebaran dimana-mana. Mas, Saya doain deh mas nya biar kedepannya mas padasaat pengajuan masnya diapprove ya. Semoga mas nya lagi susah2 cari pembelaan atau mencari cara gampang biar dapat kartu kredit semoga tercapai yaa mas.

          • Iya mas. bukan ngebet mas . karna saya pikir diawal approve beneren dan dr pengalaman sy jg sering gagal kirim kartu kredit saya karna NCS nya seperti itu dan sy kira bukan hanya saya aja korban kartu gagal kirim ke NCS makanya mastiin itu kartu dikirim kepihak mana.

            Mas mau lanjut lagi mas? Oke mas, skrg mas nya mau nya gimana? Mas, Atas nama Ragil saya rasa Cowok. Klok cowok Gentlemen dong mas pake akun real jgn pake akun fake. Oia mas, Aku dukung mas nya ya minta pembelaan sama BNI. Halo pihak @BNI ini Mas ragil senantiasa meminta pembelaan dgn BNI agar Pihak BNI memberikan Kartu kredit ke Mas nya ini. mas nya uda kepengen kartu kredit tp uda pengajuan selalu gk lolos.

          • ngebet amat ma bni, ampe di bela2in pake data abal2, sehari telpon bisa 10x, tiap hari posting bni kapan di kirim, sampe segitunya. Hehe

          • Yang saya lihat disini yang jadi penentu di kurirnya. Sempat saya pengajuan CC BRI juga di kurirnya. Gak dikirim tapi seolah olah dikirim terus tidak menemukan alamat rumah, jadi dibatalkan. Dah saya gak ambil pusing, masih banyak layanan bank yang pakai jasa kurir yang tau jalan.

    • Saya ingatkan anda sekali yaa mas. Saya bukan mencari pembenaran. Saya cuma agar sistem BNI dirubah. kan korban nya bukan saya doang. Kan banyak tuh korban di Group, Yg Kartunya sudah ditangan tiba2 batal approve. sudah dpt sms approve tiba2 gagal approve.

      saya cuma sistem BNI dirubah bukan minta anda bekomentar berani pake akun fake doang

      • Ga usah baper, ngambek, cari pembenaran om, apalagi playvictim, wong data kamu2 abal2, ya jelas bank bni ga mau ngasih.
        Hehehe

        • serius saya gk baper. ngapain baper saya mah? gpp mas, BNI gk kasih CC. Dari pada anda masuk group terus pake akun fake cuma berkomentar doang tp gk punya cc sama sekali. Lunasin utang dlu bro, biar slik OJK nya bersih. Kasihan kan punya akun fake terus masuk group pengen punya kartu kredit terus kasihan gk tau strategi nya gimana. Gk punya cc sama sekali ya mas,?? kasihan mas nya. Minta pembelaan sama BNI biar pihak BNI kasih CC buat mas? Semangat mas berkomentar pake akun fake, biar dapat Kartu kredit dr BNI

        • Setidaknya Puji Tuhan sudah memiliki Kartu kredit dr Bank BUMN dan MANDIRI dengan limit yang menurut saya cukup diri saya sendiri. Mas, kalok saya kebelet kartu kredit ngapain saya tutup kartu kredit UOB sama Permata Mas? hehehe. anda klok suatu saat punya kartu kredit pasti mas nya punya strategi baik kedepannya agar gimana punya cc yg limitnya gede dan cc yg limitnya kecil di tutup. Soalnya itu Planning saya mas. Mau gimaanpun 10 kartu kredit saya sudah terlalu banyak buat saya. saya juga cerita keteman2 seperjuangan kartu kredit saya di Group yg sudah berkontak dgn sy dr sejak pertama pengajuan bagi saya cukup kartu kredit yang bagus seperti BRI, MANDIRI, PANIN dan BTN, Cim niaga yang gampang naik limit dan Banyak promo. Saya mah uda senang ada punya CC panin annual feenya gratis seumur hidup. Permata saya limit 4jta mas. saya mau tutup cuma pihak Permata nya gk mau ditutup malaj ditawarin nunggu 2bln lg mau dinaikin limit lo mas. Jadi mau mas nya blg BNI gk bakal kasih ke saya juga gk masalah mas. karna sy baik ksh saran ke BNI segera sistemnya dibagusin agar tidak ada korban lagi. Mas yang pengen cc BNI ya? Saya doain ya mas semoga pihak BNI senantiasa memberikan cc kepada mas nya karna kasihan jg kan , belum punya kartu kredit biar tau masnya nyusun strategi kedepannya gmn klok uda punya cc.

          Terimakasih ya mas, atas saran dan masukannya mas. saya doain mas nya segera dapat kartu kredit BANK LAIN. Saran sy, klok mau punya cc buka rekening dipermata dlu mas. isi saldo 1juta terus ajuin puji Tuhan besoknya klok approve dapat limit 2juta mas. lumayan kan punya kartu kredit.

      • gk semua dipakai. tujuan sebenarnya ajuin cc kukira dpt yg lebih gede supaya cc yg limit kecil ditutup tp asik2 kadng limitnya ada yg sama

      • Iya bro. ada cc dr bank lain yg limitnya kecil mau ditutup klok dpt cc yg limitnya gede

  • pertama itu cek data HR atau nggak,
    kedua itu analisis,
    ketiga survey,
    Keempat approval/reject
    Data cc dikitim ke email dsb
    Kelima survey jika ada temuan yang mencurigakan
    Keenam holding
    Ketujuh baru deh putusan akhir. (Ini bahkan bisa reject walau udah ditangan kartunya)

    Jadi bukan BNI nya yg salah tapi profil penulis yang mencurigakan. Apalagi setelah baca komentar penulisnya punya 10 cc di bank lain, dan pas pengajuan memakai data orang lain (terlepas ketemu pihak bank dan menjelaskan kl itu orang yang dikenal) pihak bank bakalan mikirin panjang lebar.

    Lebih baik punya 1cc tapi limit besar daripada banyak cc tapi limit kecil. Sesimpel itu. Dari 10 cc kenapa ga ada yang diupgrade limit?

    • Gada niat upgrade dan karna BRI sendiri naik limit otomatis dan btw, mau ajuin kebank lain karna tujuan mau tutup cc dr bank lain yg limitnya kecil kok. tp thank you mas saran nya yaa

  • Waduh sy jg barusan iseng ngajuin cc bni via bni mobile banking dan sudah ada sms klo kartu sy disetujui. Tp pas sy telp call center katany statusny disetujui tp nunggu ditelp analis untuk verifikasi. Wkkwkw lah gmn ini katany ud disetujui tp nunggu verifikasi lg 14 hr kerja , kocak bner