DC Pinjol Modal Nasional Menghubungi Kontak Darurat

Terima kasih sebelumnya kepada tim Media Konsumen, yang telah memperkenankan saya untuk menulis surat, yang tujukan kepada manajemen perusahaan pendanaan Modal Nasional. Saya adalah debitur Modal Nasional, dengan periode peminjaman dari tanggal 17 Agustus 2022, jatuh tempo 30 Agustus 2022 dan ini adalah peminjaman ke-2 saya.

Kesalahan saya adalah tidak memperhatikan tanggal jatuh tempo. Karena ketika peminjaman pertama saya, sebelum jatuh tempo (kurang 2 hari atau 1 hari) sudah diinfokan via WA atau telepon ke nomor saya. Namun pada periode peminjaman ini, saya mengalami pengalaman yang tidak mengenakan dan sungguh di luar aturan OJK.

Permasalahan muncul pada tanggal 2 September 2022, ketika kontak darurat saya menginfokan ke saya bahwa dia dihubungi via WhatsApp oleh tim Modal Nasional sejak tanggal 31 Agustus 2021 (5 kali), yaitu pada tanggal 1 September (2 kali), dan tanggal 2 September (2 kali). Saat saya mendapat info demikian, baru saya cek aplikasi dan memang sudah jatuh tempo.

Saya kemudian menghubungi kontak darurat saya yang lain dan benar juga mendapat WA yang sama setiap hari lebih dari 1 kali. Saya kemudian cek histori WA saya, tidak ada WA dari tim Modal Nasional. Saya baru dapat WA dari tim Modal Nasional pada tanggal 2 September 2022 sekitar pukul 18:00.

 

Saat di-WA tersebut, saya langsung meminta klarifikasi perihal menghubungi kontak darurat secara berulang. Padahal debitur sendiri tidak dikonfirmasi, melainkan langsung menghubungi kontak darurat. Keluhan saya tersebut selalu saya sampaikan setiap ada tm Modal Nasional yang WA saya dengan nomor berbeda-beda. Namun tidak ada respons.

Baru kemudian tanggal 7 September 2022,  saya terhubung dengan petugas atas nama Angel dan sudah saya jelaskan kronologisnya. Namun petugas lebih fokus ke permasalahan tagihan saya. Saya merasa dalam hal ini sudah ada aturan OJK yang dilanggar perihal menghubungi kontak darurat. Saya berhak mendapat penjelasan dan klarifikasi kesalahan ada di mana.

Saat saya terhubung dengan petugas Angel, tiba-tiba panggilan terputus. Kemudian langsung saya call lagi dan terhubung dengan petugas atas nama John. Untuk ke sekian kalinya saya jelaskan permasalahan saya kepada John terkait menghubungi kontak darurat. Respons dan jawaban dari John membuat saya berpikir, bahwa ada pemahaman yang salah terkait menghubungi kontak darurat.

Dari literatur yang saya baca, bahwa kontak darurat dihubungi apabila nasabah tidak dapat dihubungi atau kabur dan hilang. Itu pun setelah dilakukan pengecekan sesuai alamat KTP. Namun John bersikeras bahwa tidak masalah menghubungi kontak darurat, selama tidak menagih kepada kontak darurat.

Saat saya menjelaskan sesuai literatur dan aturan OJK, petugas John tetap bersikeras pada pendiriannya, bahkan berkata akan terus menghubungi kontak darurat saya dengan nada sinis dan marah. Saya mulanya mengingatkan bahwa itu melanggar aturan malah John menantang saya untuk melaporkan tindakan beliau, bahkan minta dilaporkan saat itu juga.

Semua bukti screenshot percakapan dengan tim DC dari Modal Nasional dan capture dari kontak darurat saya sertakan dalam surat ini. Saya juga melakukan riset via forum, FB, bahkan Youtube bahwa tindakan DC dari tim Modal Nasional sudah di luar standar OJK.

Demikian surat dan keluhan saya, mohon adanya klarifikasi dari tim Modal Nasional terkait (menurut saya) dugaan pelanggaran aturan OJK oleh tim DC kepada para debitur.

Terima kasih atas perhatiannya.

Ryan Dollan
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

40 komentar untuk “DC Pinjol Modal Nasional Menghubungi Kontak Darurat

    • 19 September 2022 - (14:24 WIB)
      Permalink

      Betul sis, pake nanya lagi salahnya dimana, salahnya dia ya ngutang tapi ga bayar, harusnya ketika pinjam, perhatikan tanggal jatuh tempo, dan bayar sblm jatuh tempo, ini sih playing victim pengirimnya. Antara emang udh biasa ngutang ga bayar atau gak tau malu.

  • 12 September 2022 - (10:46 WIB)
    Permalink

    Sebenarnya solusinya mudah tinggal dibayar saja, terus bilang ke kontak daruratnya abaikankan jika ada wa tagihan.

    12
    10
        • 15 September 2022 - (10:26 WIB)
          Permalink

          Yang lebih heran itu perusahaan pinjol mereka buka di indonesia, nasabah nya orang indonesia tapi gamau taat sama aturan negara,
          Kocak emang para oknum dc gatau malu

          6
          1
    • 13 September 2022 - (17:24 WIB)
      Permalink

      Makanya jauhi sejauh jauhnya pinjol agar hidup anda tentram dan damai. Sekali anda dekati pinjol ya siap siap teror mendekat

  • 12 September 2022 - (14:00 WIB)
    Permalink

    Semua sama pak.,
    Mau anda nasabah prioritas atau tidak.,
    Penagihan teror sudah pasti., nagih diluar perjanjian sudah pasti…
    Sebar data sudah pasti..,
    Kalau lunas., wa spam promo pinjam sudah pasti.
    Kalau tidak ada nasabah., ulah langsung transfer sudah pasti….
    Bunga naik sudah pasti…

    13
  • 12 September 2022 - (15:33 WIB)
    Permalink

    Bayar dulu tagihannya lalu kerja sama sama pemilik kontak darurat yang di hubungi supaya mau buat laporan kepolisian dengan tuntutan teror dan perlakuan tidak menyenangkan bisa boss ada undang undangnya

    14
    1
    • 15 September 2022 - (10:28 WIB)
      Permalink

      Nah ini sepakat, tapi heran nya susah banget prosedurnya, giliran laporan sudah ada eh pihak perusahaan bilangnya bukan karyawan mereka, hahahah, yang aman jangan dulu di bayar, tunggu aja tim DC nya datang ke rumah biar lebih enak kalau mau bikin laporan

    • 19 September 2022 - (20:20 WIB)
      Permalink

      @aluna : kalau sudah dibayar apa bisa yg tidak sesuai prosedur kena sanksi ??
      Lapor ojk yg investigasi bukan ojk tapi pihak pinjol itu sendiri., saya pernah buat laporan di MK juga kok yg pinjol 360KRD, cari aja..
      Mereka akan mengaku yg menagih bukan dc dari pihak mereka., tapi setiap dc yg wa ditanya., mereka hanya teror., tidak ada itikad perkenalan atau tanda anggota dc pinjol bersangkuta..,
      Saat tagihan bagus., spam promo saat nasabah sepi ada yg daftar langsung transfer.,.
      Saat nasabah kena masalah…
      ” bodo amat intinya bayar sesuai waktunya ”

      Konsep rentenir berbeda dengan konsep bank apalagi konsep syariah..
      Dan rata” nasabah tidak mempermasalahkan bunga di pinjol, meski tinggi., tapi rata” mempermasalahkan kelakuan dc yg tidak manusiawi cara menagihnya..,
      Bukankah dc digaji dari uang nasabah juga ??
      Benarkah perlakuan dc tersebut kepada nasabah yg secara tidak langsung ikut andil dalam menggaji dia ( dc ) ??

  • 12 September 2022 - (18:22 WIB)
    Permalink

    Lah itu kan tinggal dibayar selesai urusan tinggal hubungi kontak darurat suruh abaikan kok ribet amat!!!!
    Heran yg kayak gini bisa masuk MK sih????

    5
    13
    • 13 September 2022 - (23:50 WIB)
      Permalink

      Rileks… longgarin aja… MK saya yakin sesuai prosedur jurnalis dibawah pengawasan lembaga negara. Yang gak sesuai prosedur lembaga negara itu……

      1
      1
  • 12 September 2022 - (21:00 WIB)
    Permalink

    Pinjem tgl 17 Agustus, jatuh tempo 30 Agustus… Bunga gede banget… Kok situ mau ya? Pakai kalkulator apapun, PINJOL SANGAT BERBAHAYA.

    Saran saya, segera lunas dan jauhi PINJOL. Banyak yg putus asa dan mencoba bunuh diri gara2 PINJOL

  • 13 September 2022 - (08:54 WIB)
    Permalink

    Dari awal ampe akhirnya ngeributin aturan OJK dan permasalahan WA.. tp ga ada tulisan sama sekali kalo penulis udah bayar tagihannya blm? Klo belum, BAYAR DULU. abis itu silahlan protes soal aturan.

    5
    1
    • 13 September 2022 - (23:47 WIB)
      Permalink

      Gini dude… logika sederhana, saat mereka punya kewajiban unt menghubungi nasabah saja diminta info dan penjelasan saja gak ada yang bisa confirm, hampir 1 minggu pelaporan saya. Lha gimana kalau mereka gak berkewajiban menghubungi saya, itu masalah dianggap angin lalu. Kemudian ada kemungkinan melakukan hal yg sama terus menerus ke nasabah lain.
      Ini logika sederhana saya saja ya

      1
      2
        • 15 September 2022 - (10:21 WIB)
          Permalink

          Iya iya gausah pake aturan ojk aja dah, bikin ae negara sendiri biar gampang bikin aturan sendiri,
          Negara pinjol aja namanya hahaha

      • 15 September 2022 - (10:23 WIB)
        Permalink

        Pake aja terus logika gausah ikuti aturan , biar nasabah juga pake logika juga ngapain bayar ke aplikasi yg ikutin aturan negara, hahaha

        1
        1
        • 15 September 2022 - (12:20 WIB)
          Permalink

          Kalo lagi ngutang selfie ampe nyengir kuda.. semoga limit tinggi, begitu ngutang pura pura lupa bayar karena ga ngecek tanggal, trus protes aturan OJK yang debatable.. tp ga pernah ngungkit kapan bayar utang.. ciri khas KERE HORE

        • 15 September 2022 - (12:38 WIB)
          Permalink

          Iya bener juga.. dibaca atas ampe bawah ga ada ngungkit soal bayar utang, menurut gw protes aturan OJK boleh aja lah. Tp di aturan OJK ga ada aturan abis ngutang ga bayar kan? Bahkan di aturan OJK dituliskan SLIK akan dibuat buruk dan ga bs minjam lagi.

    • 19 September 2022 - (20:28 WIB)
      Permalink

      @toni : ton… Brapa tahun jadi dc ??
      Anda mau jamin jika nasabah bayar., yg dc rusak bisa dihukum ??
      Atau pihak pinjol akan koar” itu bukan dc mereka ??
      Inget ton.. Jika masyarakat ada yg hacker., elu diselidiki dan data elu giliran disebar mau ???
      Kalau g ada nasabah di pinjol.. Brapa tahun pinjol kuat bayar ente ??
      Karena attitude dc seperti anda rusak semua citra pinjol. Dan membuat geram masyarakat…
      Saran saya hati” bagi yg kerja jadi dc di pinjol…
      Bnyak yg nyari soalnya..,

      • 19 September 2022 - (20:34 WIB)
        Permalink

        Ya elah anta ente.. lagian sejak kapan gw jd DC ?, kalo geram dan meresahkan ya ga usah minjam. Ntar juga bangkrut

  • 13 September 2022 - (16:51 WIB)
    Permalink

    Saya perhatiin media konsumen sudah jadi sarang dc pada ngumpul buat bersuara ya….hahaha

    6
    1
    • 13 September 2022 - (23:36 WIB)
      Permalink

      See… that’s what i mean
      Beruntungnya saya gak perlu repot repot menunjukkan seperti apa dan bagaimana mereka, mereka sudah melakukannya sendiri
      #shade #clapback

      1
      3
      • 15 September 2022 - (12:23 WIB)
        Permalink

        See… that’s what i mean
        Beruntungnya saya gak perlu repot repot menunjukkan seperti apa dan bagaimana mereka, mereka sudah melakukannya sendiri…
        Ciri ciri NGUTANGERS yang cuma nyengir pas MINJEM begitu ditagih pura pura alesan lupa ngecek tanggal haha.. padahal katanya UTANG DIBAWA MATI kan ya.. wkwkw untung klo org melas2 mau minjem duit akhir bulan di kantor suka gw cuekin.. karena kelakuan NGUTANGERS you know lah ya

  • 13 September 2022 - (18:56 WIB)
    Permalink

    Kalau data udah di pinjol, ibarat udah harus tahan malu terhadap semua kontak di hp, krn siap2 kawan atau kerabat tsb tau anda minjam duit, meskipun tagihan blm jatuh tempo

    • 13 September 2022 - (23:38 WIB)
      Permalink

      Saya harap ini cuma opini anda, dan bukan fakta lapangan. I stand for OJK’s lecture

  • 14 September 2022 - (16:48 WIB)
    Permalink

    Intinya sih sbnrnya simple tgl dbayar. Case closed . Jangan buka lagi pinjeman ribawi bginian. Perasaan pengalaman dah ribuan org kali ya dgn crita yg sama..?.. smoga dmudahkan utk kita smua melunasi kwajiban2 utang ?

    2
    1
  • 15 September 2022 - (12:40 WIB)
    Permalink

    Kalo penulis betul adalah korban bukan sekedar nyari alesan. Harusnya bayar hutangnya habis itu protes. Kita dukung. Klo dr tulisan penulis panjang lebar atas bawah kayak sekedar mengulur waktu.. pinjam trus lupa ngecek tgl jatuh tempo.. hadeh.. kelakuan kok persis banget kayak orang kantor yg suka ngutang haha

  • 16 September 2022 - (02:41 WIB)
    Permalink

    update per hari ini Kamis tgl 15 September 2022

    pihak Modal Nasional telah menghubungi saya per-kemarin hari Rabu tgl 14 September 2022 diwakili petugas atas nama Meghan untuk menerima pelaporan saya sedetail-detailnya sekaligus menyampaikan permohonan maaf atas nama Modal Nasional terkait peristiwa yang terjadi untuk didiskusikan dan dikonfirmasikan terlebih dahulu ke pihak terkait

    kemudian per hari ini Kamis tgl 15 September 2022 telah terjadi kesepakatan antara saya dengan pihak Modal Nasional, sehingga dengan ini saya nyatakan bahwa peristiwa yang terjadi sudah terselesaikan secara baik baik dan diterima oleh kedua belah pihak

    semoga peristiwa ini menjadi pembelajaran positif untuk kedepannya bagi saya pribadi maupun pihak Modal Nasional bahkan mungkin bagi pembaca sekalian

    terima kasih juga bagi team Media Konsumen yang telah menerima dan memuat pelaporan saya

    Salam

    • 17 September 2022 - (09:06 WIB)
      Permalink

      Semoga jadi pelajaran juga ya my dude, utang hukumnya mesti apa dude? Dibayar !!! Jangan nanti telat terus dc contact emergency contact lagi terus mewek disini. Boleh keren ngomongnya baca literature OJK dkk, tapi sayang gk baca kapan masa jatuh tempo dan terms and condition di perjanjian ? kerennya jadi minus kamu dude.

  • 19 September 2022 - (06:41 WIB)
    Permalink

    Klau yg ilegal jangan di bayar ……cma Harus kuat d terror ( cuekin aja) paling lama 3 bln … Dc ga bakalan datang.

  • 21 September 2022 - (15:00 WIB)
    Permalink

    Next time kontak darurat kasih nomer pembantu sm org warung rokok depan aja biar ga tengsin bro..

 Apa Komentar Anda mengenai Modal Nasional?

Ada 40 komentar sampai saat ini..

DC Pinjol Modal Nasional Menghubungi Kontak Darurat

oleh ryan dibaca dalam: 2 menit
40