Kategori: Surat Pembaca

DC Pinjol Modal Nasional Menghubungi Kontak Darurat

Terima kasih sebelumnya kepada tim Media Konsumen, yang telah memperkenankan saya untuk menulis surat, yang tujukan kepada manajemen perusahaan pendanaan Modal Nasional. Saya adalah debitur Modal Nasional, dengan periode peminjaman dari tanggal 17 Agustus 2022, jatuh tempo 30 Agustus 2022 dan ini adalah peminjaman ke-2 saya.

Kesalahan saya adalah tidak memperhatikan tanggal jatuh tempo. Karena ketika peminjaman pertama saya, sebelum jatuh tempo (kurang 2 hari atau 1 hari) sudah diinfokan via WA atau telepon ke nomor saya. Namun pada periode peminjaman ini, saya mengalami pengalaman yang tidak mengenakan dan sungguh di luar aturan OJK.

Permasalahan muncul pada tanggal 2 September 2022, ketika kontak darurat saya menginfokan ke saya bahwa dia dihubungi via WhatsApp oleh tim Modal Nasional sejak tanggal 31 Agustus 2021 (5 kali), yaitu pada tanggal 1 September (2 kali), dan tanggal 2 September (2 kali). Saat saya mendapat info demikian, baru saya cek aplikasi dan memang sudah jatuh tempo.

Saya kemudian menghubungi kontak darurat saya yang lain dan benar juga mendapat WA yang sama setiap hari lebih dari 1 kali. Saya kemudian cek histori WA saya, tidak ada WA dari tim Modal Nasional. Saya baru dapat WA dari tim Modal Nasional pada tanggal 2 September 2022 sekitar pukul 18:00.

 

Saat di-WA tersebut, saya langsung meminta klarifikasi perihal menghubungi kontak darurat secara berulang. Padahal debitur sendiri tidak dikonfirmasi, melainkan langsung menghubungi kontak darurat. Keluhan saya tersebut selalu saya sampaikan setiap ada tm Modal Nasional yang WA saya dengan nomor berbeda-beda. Namun tidak ada respons.

Baru kemudian tanggal 7 September 2022,  saya terhubung dengan petugas atas nama Angel dan sudah saya jelaskan kronologisnya. Namun petugas lebih fokus ke permasalahan tagihan saya. Saya merasa dalam hal ini sudah ada aturan OJK yang dilanggar perihal menghubungi kontak darurat. Saya berhak mendapat penjelasan dan klarifikasi kesalahan ada di mana.

Saat saya terhubung dengan petugas Angel, tiba-tiba panggilan terputus. Kemudian langsung saya call lagi dan terhubung dengan petugas atas nama John. Untuk ke sekian kalinya saya jelaskan permasalahan saya kepada John terkait menghubungi kontak darurat. Respons dan jawaban dari John membuat saya berpikir, bahwa ada pemahaman yang salah terkait menghubungi kontak darurat.

Dari literatur yang saya baca, bahwa kontak darurat dihubungi apabila nasabah tidak dapat dihubungi atau kabur dan hilang. Itu pun setelah dilakukan pengecekan sesuai alamat KTP. Namun John bersikeras bahwa tidak masalah menghubungi kontak darurat, selama tidak menagih kepada kontak darurat.

Saat saya menjelaskan sesuai literatur dan aturan OJK, petugas John tetap bersikeras pada pendiriannya, bahkan berkata akan terus menghubungi kontak darurat saya dengan nada sinis dan marah. Saya mulanya mengingatkan bahwa itu melanggar aturan malah John menantang saya untuk melaporkan tindakan beliau, bahkan minta dilaporkan saat itu juga.

Semua bukti screenshot percakapan dengan tim DC dari Modal Nasional dan capture dari kontak darurat saya sertakan dalam surat ini. Saya juga melakukan riset via forum, FB, bahkan Youtube bahwa tindakan DC dari tim Modal Nasional sudah di luar standar OJK.

Demikian surat dan keluhan saya, mohon adanya klarifikasi dari tim Modal Nasional terkait (menurut saya) dugaan pelanggaran aturan OJK oleh tim DC kepada para debitur.

Terima kasih atas perhatiannya.

Ryan Dollan
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Komentar

    • Betul sis, pake nanya lagi salahnya dimana, salahnya dia ya ngutang tapi ga bayar, harusnya ketika pinjam, perhatikan tanggal jatuh tempo, dan bayar sblm jatuh tempo, ini sih playing victim pengirimnya. Antara emang udh biasa ngutang ga bayar atau gak tau malu.

  • Sebenarnya solusinya mudah tinggal dibayar saja, terus bilang ke kontak daruratnya abaikankan jika ada wa tagihan.

    • Makanya jauhi sejauh jauhnya pinjol agar hidup anda tentram dan damai. Sekali anda dekati pinjol ya siap siap teror mendekat

  • Semua sama pak.,
    Mau anda nasabah prioritas atau tidak.,
    Penagihan teror sudah pasti., nagih diluar perjanjian sudah pasti...
    Sebar data sudah pasti..,
    Kalau lunas., wa spam promo pinjam sudah pasti.
    Kalau tidak ada nasabah., ulah langsung transfer sudah pasti....
    Bunga naik sudah pasti...

  • Bayar dulu tagihannya lalu kerja sama sama pemilik kontak darurat yang di hubungi supaya mau buat laporan kepolisian dengan tuntutan teror dan perlakuan tidak menyenangkan bisa boss ada undang undangnya

    • Nah ini sepakat, tapi heran nya susah banget prosedurnya, giliran laporan sudah ada eh pihak perusahaan bilangnya bukan karyawan mereka, hahahah, yang aman jangan dulu di bayar, tunggu aja tim DC nya datang ke rumah biar lebih enak kalau mau bikin laporan

    • @aluna : kalau sudah dibayar apa bisa yg tidak sesuai prosedur kena sanksi ??
      Lapor ojk yg investigasi bukan ojk tapi pihak pinjol itu sendiri., saya pernah buat laporan di MK juga kok yg pinjol 360KRD, cari aja..
      Mereka akan mengaku yg menagih bukan dc dari pihak mereka., tapi setiap dc yg wa ditanya., mereka hanya teror., tidak ada itikad perkenalan atau tanda anggota dc pinjol bersangkuta..,
      Saat tagihan bagus., spam promo saat nasabah sepi ada yg daftar langsung transfer.,.
      Saat nasabah kena masalah...
      " bodo amat intinya bayar sesuai waktunya "

      Konsep rentenir berbeda dengan konsep bank apalagi konsep syariah..
      Dan rata" nasabah tidak mempermasalahkan bunga di pinjol, meski tinggi., tapi rata" mempermasalahkan kelakuan dc yg tidak manusiawi cara menagihnya..,
      Bukankah dc digaji dari uang nasabah juga ??
      Benarkah perlakuan dc tersebut kepada nasabah yg secara tidak langsung ikut andil dalam menggaji dia ( dc ) ??

  • Lah itu kan tinggal dibayar selesai urusan tinggal hubungi kontak darurat suruh abaikan kok ribet amat!!!!
    Heran yg kayak gini bisa masuk MK sih????

    • Rileks... longgarin aja... MK saya yakin sesuai prosedur jurnalis dibawah pengawasan lembaga negara. Yang gak sesuai prosedur lembaga negara itu......

  • Pinjem tgl 17 Agustus, jatuh tempo 30 Agustus... Bunga gede banget... Kok situ mau ya? Pakai kalkulator apapun, PINJOL SANGAT BERBAHAYA.

    Saran saya, segera lunas dan jauhi PINJOL. Banyak yg putus asa dan mencoba bunuh diri gara2 PINJOL

  • Dari awal ampe akhirnya ngeributin aturan OJK dan permasalahan WA.. tp ga ada tulisan sama sekali kalo penulis udah bayar tagihannya blm? Klo belum, BAYAR DULU. abis itu silahlan protes soal aturan.

    • Gini dude... logika sederhana, saat mereka punya kewajiban unt menghubungi nasabah saja diminta info dan penjelasan saja gak ada yang bisa confirm, hampir 1 minggu pelaporan saya. Lha gimana kalau mereka gak berkewajiban menghubungi saya, itu masalah dianggap angin lalu. Kemudian ada kemungkinan melakukan hal yg sama terus menerus ke nasabah lain.
      Ini logika sederhana saya saja ya

        • Iya iya gausah pake aturan ojk aja dah, bikin ae negara sendiri biar gampang bikin aturan sendiri,
          Negara pinjol aja namanya hahaha

      • Pake aja terus logika gausah ikuti aturan , biar nasabah juga pake logika juga ngapain bayar ke aplikasi yg ikutin aturan negara, hahaha

        • Kalo lagi ngutang selfie ampe nyengir kuda.. semoga limit tinggi, begitu ngutang pura pura lupa bayar karena ga ngecek tanggal, trus protes aturan OJK yang debatable.. tp ga pernah ngungkit kapan bayar utang.. ciri khas KERE HORE

        • Iya bener juga.. dibaca atas ampe bawah ga ada ngungkit soal bayar utang, menurut gw protes aturan OJK boleh aja lah. Tp di aturan OJK ga ada aturan abis ngutang ga bayar kan? Bahkan di aturan OJK dituliskan SLIK akan dibuat buruk dan ga bs minjam lagi.

    • @toni : ton... Brapa tahun jadi dc ??
      Anda mau jamin jika nasabah bayar., yg dc rusak bisa dihukum ??
      Atau pihak pinjol akan koar" itu bukan dc mereka ??
      Inget ton.. Jika masyarakat ada yg hacker., elu diselidiki dan data elu giliran disebar mau ???
      Kalau g ada nasabah di pinjol.. Brapa tahun pinjol kuat bayar ente ??
      Karena attitude dc seperti anda rusak semua citra pinjol. Dan membuat geram masyarakat...
      Saran saya hati" bagi yg kerja jadi dc di pinjol...
      Bnyak yg nyari soalnya..,

      • Ya elah anta ente.. lagian sejak kapan gw jd DC ?, kalo geram dan meresahkan ya ga usah minjam. Ntar juga bangkrut

    • See... that's what i mean
      Beruntungnya saya gak perlu repot repot menunjukkan seperti apa dan bagaimana mereka, mereka sudah melakukannya sendiri
      #shade #clapback

      • See… that’s what i mean
        Beruntungnya saya gak perlu repot repot menunjukkan seperti apa dan bagaimana mereka, mereka sudah melakukannya sendiri...
        Ciri ciri NGUTANGERS yang cuma nyengir pas MINJEM begitu ditagih pura pura alesan lupa ngecek tanggal haha.. padahal katanya UTANG DIBAWA MATI kan ya.. wkwkw untung klo org melas2 mau minjem duit akhir bulan di kantor suka gw cuekin.. karena kelakuan NGUTANGERS you know lah ya