Surat Pembaca

Jebakan Aplikasi Pinjol “Ringan Pinjam”

Pada hari Sabtu tanggal 10 September 2022 pukul 10.00 WIB, saya dengan tidak sengaja telah men-download aplikasi pinjol Ringan Pinjam. Di mana aplikasi tersebut selalu muncul ketika saya sedang membuka aplikasi Youtube. Dengan tidak sengaja aplikasi Ringan Pinjam tersebut ter-download dan tersimpan di hp Samsung A10 saya.

Karena rasa penasaran, saya membuka aplikasi Ringan Pinjam tersebut, hanya ingin tahu saja. Setelah saya membuka aplikasi tersebut, ada beberapa langkah yang harus diisi. Saya diminta memasukkan nama lengkap, nama ibu kandung, NIK, nomor telepon, foto diri. Langkah tersebut telah saya ikuti.

Setelah saya mengikuti langkah yang ada di aplikasi tersebut, saya melihat ada pengajuan pinjaman uang. Akan tetapi saya tidak mengajukannya dan kemudian meninggalkan aplikasi tersebut, tanpa melakukan pengajuan apa pun atau tidak memilih pilihan apa pun yang ada di dalam aplikasi Ringan Pinjam tersebut.

Setelah kurang lebih 30 menit kemudian, ada pemberitahuan dari aplikasi tersebut, bahwa pinjaman berhasil dan dana telah masuk ke rekening BRI saya. Dengan rasa kaget, saya langsung mengecek BRImo saya dan ternyata benar ada dana masuk sebesar Rp1.152.000 dengan kode referensi 220979KC5MBS notes. Uang tersebut masuk pada tanggal 10/9/2022 | 10:39:53 WIB.

Setelah saya mendapati hal tersebut, saya kembali membuka aplikasi Ringan Pinjam untuk melakukan pengecekan. Setelah saya membuka aplikasi Ringan Pinjam tersebut, saya melihat sudah ada pemberitahuan pembayaran sebesar Rp1.800.000 jatuh tempo pada tgl.16/9/2022 dari SOBAT SAKU/DOMPET SUPER.

Karena saya tidak pernah melakukan pengajuan peminjaman, saya membuka riwayat pengajuan di aplikasi Ringan Pinjam. Di dalam riwayat pengajuan, di situ ada pengajuan 2 kali, yaitu dengan nominal Rp3 juta dan Rp2 juta.

Aplikasi ringan pinjam yang merugikan

Karena saya tidak pernah melakukan pengajuan peminjaman apa pun di aplikasi tersebut, saya mengikuti langkah untuk menghubungi CS di aplikasi tersebut ke nomor +66 80 934 6288 untuk klarifikasi dan mau mengembalikan dana yang masuk ke rekening saya. Akan tetapi nomor tersebut tidak bisa tersambung, baik melalui telepon maupun WhatsApp.

Saya tidak pernah melakukan pinjaman di aplikasi tersebut, tapi diminta harus membayar pinjaman dengan nominal Rp1.800.000. Karena ada unsur tindakan penipuan secara online, akhirnya saya mengambil langkah untuk melaporkan kejadian tersebut ke pihak berwajib untuk melindungi data-data saya baik kontak, foto dan file yang ada di hp saya, dari hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.

Wiwit Anis Miawati
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

    • Sudah beberapa hari ini ancaman dan teror terus berdatangan...akan tetapi saya sudah melaporkan ke POLTABES waktu awal kejadian saya dapatkan tranferan dari aplikasi tersebut

      • @Anis
        Laporan ke Poltabes sudah bagus ! ?. Berarti sudah banyak aduan. Tinggal nanti ada penyidikan. Sabar aja.

        Pinjol tersebut tidak ada dalam daftar: PENYELENGGARA FINTECH LENDING BERIZIN PER 22 APRIL 2022 (OJK)

        Sekarang yang perlu dilakukan adalah:

        - Kondisikan dengan semua kontak yang ada. Beritahukan bahwa nanti kalau ada DC yang ngaku-ngaku dari pinjaman online, itu penipuan dan data-data anda dicuri untuk kepentingan penipuan dan sudah dilapor ke POLTABES.

        - Kalau 'kekeuh' ingin mengembalikan, itu kan pasti bukan rekening asli perusahaan. Tapi nomor VA yang mana nomor VA tersebut ada batas waktunya. Titip dana saja ke Pengadilan Negeri terdekat. Nanti pihak Pengadilan melalui kuasa panitera akan menerimanya dan diberikan resi/surat tanda terima. Nanti kalau si DC nagih, anda tinggal kasih kontak pengadilan. (100% ga bakal berani) karena sama aja dengan dia 'menyerahkan diri' untuk masuk bui.
        Nanti dana yang anda serahkan tersebut diserahkan ke kas negara oleh pengadilan.

        - Nomor +66 itu adalah nomor negara Thailand, tidak menutup kemungkinan nomor tersebut adalah nomor gadungan. Di shopee banyak yg jual nomor2 tersebut sebagai nomor WA 'gratisan'. Diindikasikan si pelaku itu membelinya dari sana.

        - Uninstall aplikasi pinjol ilegal tersebut, clear semua cache yang ada.
        - Kalaupun mau ganti nomer HP juga gpp, asalkan nomor WA nomor lama tersebut harus di-delete-Account.

        - Jangan dibayar dalam bentuk apapun juga, mati ga bakal ditagih di akhirat. Karena pada dasarnya juga sudah merupakan upaya penipuan!.

        Jika anda bayar, berarti anda ikut serta menghancurkan negara. Kenapa? karena pinjol ilegal tersebut tidak ada sepeserpun turut serta kontribusinya untuk negara.

        Semoga membantu, dan ini hanya sekedar saran.

        * lain kali kalau iseng, pakai HP andoid jadul yang nomernya bisa dibeli di counter terdekat, jikalau ada hal semacam ini, enggak terlalu repot.

        • Siap...terima kasih atas sarannya..
          Dengan kejadian yang menimpa saya ini semoga bisa dapat tindak lanjut dari pihak berwajib.

        • Kalo yg dr saya baca kok kayak ada kejanggalan sih, masa' iya coba2 tapi sampe ngisi data pribadi, kemungkinan besar ini dia emang asli pinjam uang cuma karena baru tau mungkin bunga nya terlalu besar akhirnya bikin pengaduan di MK

          • Tidak sengaja men-download, bukannya langsung dihapus/un-install, tapi malah dengan sengaja mengisi data lengkap (dengan dalih penasaran) ?

        • Saya apresiasi anda benar" hebat pak., setiap suara konsumen , anda selalu memberi petunjuk.,.
          Krna gambar sinchan anda selalu hadir...

          Saya sebagai masyarakat awam , sangat berterima kasih dengan anda yg selalu hadir memberi solusi tanpa imbalan apapun.,.
          Bermanfaat bagi sesama manusia...
          ???

          • Sy juga salut sm abang....abang juga selalu hadir disetiap permasalahan pinjol.....memang semua korban pinjol harus bersatu, jgn sampe ada korban yg diteror menyebabkan bunuh diri. Yg komen menyalahkan, gak pernah tau, gimana rasanya jadi korban ya. Dan prosesnya pinjol seperti apa

        • Sya juga kena jebakan mba.. Sya memang mncri dana.. Sya blm menyetujui pinjman dana d ringan pinjm udh dtransfer danax.. Sya smpe 3 kli d transfer.. Sya dpt dana dr dompet cerdas dan raja fulus..Sya udh d teror dr kmrn.. Sya udh lapor k polisi cyber, SWI ama OJK..
          No HP penagih sya blokir smuax.. Smpe2 HP sya jg sya setting blokir no ga ada dlm kontak.. Yg sya takut data sya d sebar k keluarga sya yg lain atu tmn2 sya.. Sya hrs bagaimn.. Sya g sangup byr bunga yg cukup tinggi

          • Segera buat laporan kepolisian
            Screnshot semua teror dr dc buat barang bukti...buat kronologis.
            Sampaikan ke kontak2 untuk tdk menanggapi jk ada penagihan online tersebut...

          • Ya kalo pinjol ilegal konsekuensinya paling sebar data...ya malu2 dikit bikin alesan apalah ke contact2..gpp..diemin sebulan juga ntar ga di tagih2 lg..

          • Saya jg mengalami yg anda alami, saya binggung saya jg tidak punya uang buat balikin. Tlong bantu kami.

        • Hanya untuk tambahan informasi saja...
          Kasus seperti juga ada di aplikasi:

          MARS.
          Pinjaman keluar -+ 960rban.
          Pelunasan -+ 1.6juta
          Jangka waktu 7hari.
          5hari dah ada penagihan.

          Ada Modal.
          Pinjaman keluar -+ 1,7jutaan.
          Pelunasa -+ 2,4jutaan.
          Jangka waktu 14 hari.

          Pinjaman Teman.
          Pinjaman keluar -+ 980rban.
          Pelunasan -+ 1,6juta.
          Jangka waktu 8 hari.
          5 hari sudah ada penagihan.

          Semoga bisa lebih berhati hati lagi.

        • Bang saya korban terbaru dr pinjaman online, saya terima dana tidak sesuai dg dana yg ditagih,sudah wa jg dg kata2 kasar dan data saya juga sudah disebarluaskan,saya sudah bilang kepada semua tmn2 kantor atau nomor yg ada dikontak saya bahwa ini penipuan,lantas saya harus buat laporan ke pihak berwajib dan melaporkannya ke ojk kah ?

        • Saya juga sekarang lagi di teror sama pinjol pinjam juga..padahal saya sdh trf tapi masih di tagih juga saya sdh kirim bukti trfnya eh malah di bilangin pinjaman yang lain..di tlp juga saya ga angkt..di ancam pula mau sebarin data saya...

        • Mau nanya om, kalo delet akun wa apa kontak yg lain ga diteror juga? Kalo udh uninstall app nya clear cache jg apa kontak kita tetep bisa dicopy? Yg dihubungi DC itu kontak darurat atau semua kontak di hp om?

          • Assalamualaikum, sya jg terkena jebakan nya, sya memang lgi butuh pinjaman saat itu, sya meminjam dri 2 aplikasi yang ada di aplikasi "ringan pinjam" setelah itu sya tidak bisa bayar full 1800, sya hanya bisa bayar untuk perpanjangan sya bayar perpanjangan nya saja, setelah itu tiba tiba sya ada pemberitahuan ada dana sudah dicairkan direkenin anda, sekrng pinjaman sya ada smpe 10 pinjaman yang, baru kmren sya lunaskan 4pinjaman karna sya takut mereka mengancam dengan omongan yang kasar dan ingin sebar data sya yang ada dikontak, sya hampir mau bunuh diri karna cape diteror abis abisan, sya mau minta saran pda kalian smw sya harus gmn, karna sya sudah tidak tau lgi gmn cara nya untuk membayar nyaa

      • Emng ngejebak ..tau2 masuk tnpa confirmasi..dan tenor 10nhari 7 hari sdh ngancsm ..itu dr no luar menggunakan PC..ga usah bayar ganti aja ..klo masih ribet ajak ketemu di ktr polisi

      • Assalamuallaikum.sy jg ini merasa trjebak dgn apl ringan pinjam.jika d bayrkn full apakah adat kita olh pihak dc akn d hapus.

          • Sama yg dialami saya kena Apl Ringan Pinjam awal ajukan pinjam 3 jt pilhan tenor 90/180 hari awalnya status dalam peninjauan terus info gagal karena no rekening salah pdhal rek sdah benar disuruh cek lgi saya isi lagi sampai 3 x semua gagal dgn alasan sama rekeng salah. Sya unistal apl ringan pijam, 2 hri kmudian ada notif uang masuk 2 x ke rekning sya cek tidak jelas nama penigirimnya. Sya coba telusuri ingat2
            Lg penasaran sy coba instal Ringan Pinjaman lg stlh login aplikasi sdh diperbharui yg terbaru sya perbarui tetapi suruh instal Nice Pinjaman, penasan di instal dan login pake no hp yg sama setelh itu langsung minta verfksi KTP anehnya data No KTP saya sdah ada no awal depan 4 dgit dan 4 dgit no akhir sama pdhal sy tidak mengisi data pribadi sblumnya, disuruhl engkapi no ktp tengahnya aja baru masuk stlah dicek benar ada data pinjaman saya didalamnya dari 2 aplikasi Sumber Modal dan Fulus Rezeki tenor 7 hari dgn biaya gila2 an. Sy hubungi CS Ringan Pinjam dan Nice Pinjaman tetapi tdk ada jawaban. Setelah 5 hari ada yg nagih via WA dri Sumber Modal sya jelasin
            Kronologisnya sy bilang mau mengemblikan uang yg diterima saja. dengan alot penuh teror ancaman hinaan selama 2 hri akhirnya dri tim sunber modal setuju. Tetapi lebih gilanya lg untuk pembyaran pake link dri dia bukan pake ke 2 Apl sblmnya tetpi namnya Apl Uang Terjamin hebatnya data sya ada 3 aplikasi tsb dengan data pribadi yg sama yg dalamnya ada 2 apl mitranya. Akhirnya diarahin sama tim sumber modal dgn VA dri Uang Terjamin sya transfer statusnya Lunas, 3 jam kmdian ada notif lg uang masuk begitu di cek dari Apl Simpan Uang persis sama dalam 3 Apl. Sampai skarang sya blm ada kspktan dgan Tim Fulus Rezeki dan Simpan Uang krna kukuh minta d byar sma bunganya sy nenolak keras. Jdi biang keroknya Apl. Ringan Pinjam data saya disalahgunakan ke Apl. Nice Pinjaman dan Apl. Uang Terjamin yg dalamnya seolah2 saya pinjam ke Sunber Modal, Fulus Rezeki dan Simpan Uang. Atas kjdian itu smua teror, ancaman, hinaan dll saya screenshot untuk jdikan bhan lapor ke polii, kminfo dan lembga konsumen. Skdr mengingat semua hati2 atas ke 3 Apl tsb.

      • ada yang lagi pura2 polos wkwkwk padahal dia udah tau/udah cari cara di ytb dan ikut gagal bayar di fb. wkwkwk

        lucu kalo liat aduan di media konsumen jelas pinjol ilegal di klik ,ngisi data,foto,dll?

        • Saya juga sama kasusnya. Hanya saja saya memang ada keperluan dan mau lihat simulasi bunga nya dulu. Tapi memang applikasinya menjebak, saya tidak merasa mengajukan, tetapi yang transfer apk nya banyak banget. Nagihnya juga kasar dan belum jatuh tempo juga. Jadi ngk akan saya balikkin. Kurang ajar pinjol dana pinjaman.

      • Sama mbak saya juga kena,persis bnget kyk mbak,tp anehnya mereka gak hubungin saya buat penagihan,malah hubungin dan ancem adik saya

      • saya juga mengalami hal yang sama dua hari yang lalu. sejujurnya saya kaget dan ada pihak yang mengaku tim mereka dan mengaku akan membantu pengembalian dana akhirnya semua uang saya transfer ke mereka. tapi saya semakin aneh karena tagihan tidak menghilang dan malah bertambah. selain itu mereka memfollow akun sosial media saya dari facebook hingga instagram. saya juga sudah membuat laporan ke OJK, Kominfo dan juga polisi. tapi aplikasi masih tetap ada.

      • Selamat Siang Kak, kejadian ini saya alami juga tadi pagi. Kalau saya karena tidak teliti terkait apk "Ringan" dan "Ringan Pinjam". Yang saya download adalah apk ringan pinjam. Setelah pengisian data, kemudian ada limit. Pada saat saya cek limit tiba tiba ada notifikasi bahwa dana sudah di trf, padahal saya tidak meng konfirmasi pinjaman. Karena benar benar mau cek limit, bunga dan tenornya terlebih dahulu. Tanpa ada penjelasan terkait bunga dan tenor tiba tiba ada dana masuk ke rekening. Saya merasa keberatan karena tidak ada penjelasan, bagaimana yaa untuk solusinya?

      • Aku juga sabtu kemarin gini kejadiannya. beberapa hari di teror sampai disebarkan data diri dengan kata-kata yang gak masuk akal. Sudah lapor ke OJK dan Kominfo tapi mereka suruh abaikan. maunya di viralin dulu baru di atasi sama polri. untuk orang awam kurang mengerti mereka mungkin mengira itu aplikasi legal tapi saat baru download di tipu. saya sudah mengembalikan uang ke mereka. tapi setiap hari selalu ditagih lagi dan lagi menggunakan nomor yang berbeda. seolah belum dikembalikan. trik kotor. kasih rating jelek di aplikasi tapi mereka akan buat rating bagus di atasnya agar yang jelek tertutup

      • Betul ojk ga ada action hanya buka tutup pinjol..bunga ga sesuai sop masa tenor 60 hari per 14 hari sdh ditagih ..bagaimana kerja nyata ojk afpi dan kominfo???

    • Memang pinjol
      Dompet Super itu di dalamnya banyak jebakan...saya jg pernah kena tapi tidak kami bayar..
      Itu ilegal...pinjaman 1800000 masuk rek cuma 1100000 suruh bayar 1800000 gila ...

        • @ira...
          Kalau di status ada notif seperti itu..,
          Bikin hp dengan mode pesawat dulu langsung..,
          Lalu masuk setting - app management - app permision...
          Disable semua yg semula enable di app pinjol... Lalu di pilihan bawah ada lagi app sub...
          Buka app sub.. Yg enable juga diganti disable semua pada app pinjol...

          Kalau yg app sub berisi tentang..,
          Read information access
          R/w information acces
          Read storage
          Read contact
          Read call log
          Read app usage data
          Modify system setting

          Dari semua hal tersebutlah pihak pinjol mengetahui data di hp anda.,

    • Saya jg kak.. Kmren saya ada DC WA saya dr ringan pinjam untuk bayar hutang nya D tunggu sampai jam 3 trs dia blng kalo sampai belom ada pembayaran dia ingin melaporkan ke Rt rw soal pinjaman saya,, saya harus gmana ya kak,, sebelumnya saya ada 3 apk dr ringan pinjam yg cair.. Mohon masukan nya pak.. Terimakasih

    • Pagi Pak saya hr ini jatuh tempo apakah tidak usah di bayarkan Pak karna data sy kemarin sudah di sebarluaskan,mohon sarannya Pak ???

    • Tolong minta pencerahan nya saya juga sama ngalamin hal kaya gini udah di wa segala mau nyebarin data ke kontak yang ada di hp kita,,apa dia bakalan nyamperin kerumah/tmpt kerja?
      Tolong bantu jawab

  • Saya kutip penjelasan anda:
    "Karena rasa penasaran, saya membuka aplikasi Ringan Pinjam tersebut, hanya ingin tahu saja."

    Kemudian satu lagi:
    "Saya diminta memasukkan nama lengkap, nama ibu kandung, NIK, nomor telepon, foto diri. Langkah tersebut telah saya ikuti. Setelah saya mengikuti langkah yang ada di aplikasi tersebut, saya melihat ada pengajuan pinjaman uang."

    Saya cuma bisa prihatin. Cukup anda saja yang berbuat konyol berbuah masalah. Jangan lakukan ini kepada anak anda, karena seperti kata caplang: "buat anak kok coba-coba..."

    • Bukan hanya penasaran mungkin karena memang membutuhkan juga, kalo yg komen disini tau aplikasi pinjaman online yg legal itu saat mengajukan akan keluar tenor dan jumlah pinjaman yg akan diajukan, ya mana kita tau kalo pas mengajukan itu dananya langsung cair tanpa tau tenor berapa dan jumlah dananya berapa wkwkwkkw orang kena musibah itu diberikan solusi seandai ga bisa ngasih solusi jangan asal cablak, nanti kealamanin sama diri sendiri rasanya mantap ?

  • Tidak sengaja download,tapi isi data NIK,nomor telpon,foto diri?dan di ikuti langkah2nya
    ANDA HEBAT???

    • Assalamualaikum teman2 sy bnr2 kesulitan di ringan pinjam ini sy emang butuh dana 1jt tp yg di tf 1.040.000 dan harus balik 1,6jt jujur saya pertama cm bisa bayar 640k tp besok jatuh tempo tgl 27 tp data saya sudah di sebarluaskan ke semua kontak saya ??

      Mohon sarannya temen2 sy bnr2 bingung untuk besok jatuh tempo tp dana belum ada tp data sy HR ini bnr2 di sebar karna dr 2hr kemarin sudah di tagih

      Mohon sarannya temen2 sy mohon ??????

  • Mungkin penulis sengaja minjam di aplikasi tersebut, namun karena yg cair hanya sejumlah 1,1 jt dari 1,8 jt makannya dia seolah terzolimi dan ngaku di sini bahwa tidak sengaja mendowload app tersebut, kalau gak sengaja dan iseng iseng masa bisa ampe ngisi data begitu lengkap dan yg pasti sudah ngsi nomor rekening juga

      • Ini klo dibayar nanti akan ada dana masuk lbh besar lagi selalu diteken buat bayar , dan pasti nga berhenti disitu

        • iya bener banget, saya pernah memang benar saya sekali meminjam dan sadar tenor hanya 7 hari, sebelum jatuh tempo saya bayar, nah gak tau nya setelah beberapa hari saya bayar kok ada dana masuk kaya otomatis pinjaman saya berlanjut gitu. saya coba hubungi apk nya ga ada respon. trus akhirnya saya diteror terus pdhal gak ada niat mau lanjut tpi kaya udah disetuju aja gitu. dana langsung masuk aja, dan ga hanya 1 kali setelah beberapa hari kejadian lagi waktu dc nagih saya jelskan mereka ga mau tau gitu aja. trus ga saya bayar dong kan dan bunganya berjalan, kan saya memang ga mau minjam lagi toh uang yg mereka tf masih utuh kalau mau dibalikan saya siap. mohon solusinya yg pernah sampai berbunga terus gimana kelanjutannya, saya juga bingung mau dibalikin kesiapa gitu

  • Aplikasi penipuan ringan pinjam dana ditransfer oleh pihak kedua uang now tanpa konsumen diberikan detail informasi mengenai jatuh tempo berapa lama dan bunganya, tiba2 dana masuk 1.040.000 dan harus mengembalikan 1,6 juta dalam waktu 1 minggu..!!! Saya hubungi cs tidak ditanggapi, saya sudah melaporkan kepihak kepolisian dan kominfo untuk segera ditindaklanjuti aplikasi yang merugikan banyak masyarakat. Jadi saran saya untuk korban lain jangan takut untuk melawan kedok penipuan mereka dengan membuat laporan kepihak yang berwajib agar mereka jera. Waspadalah waspadalah..

  • Ringan Pinjam.harus benar2 ditindak tegas oleh aparat ,ojk afpi dan kominfo ..no luar kok cs nyab..sejauh ini tindak tegas dr ojk utk pinjol 2 belum keliatan ...coba kasih sanksi ke owner dan para donatur sponsor ...

    • Langkah nya ya :
      1. Lapor Polres Wilayah Anda , pastikan menerima surat Pengaduan/pelaporan .
      2.cukup hadapi teror DC , Suruh tagih Sendiri Kerumah . ( Pinjol Ilegal tidak ada DC lapangan).
      Langkah ke 3 : kalau kuat mental yaa gak usah bayar sesuai arahan Pemerintah . Tapi kalau gak kuat mental karena hinaan , teror yang diberikan DC ke anda dan kontak anda silahkan anda kasih opsi pembayaran sesuai nominal yang diterima ke DC nya sambil kirim foto laporan kepolisian .
      4. Tinggal nunggu mereka Berfikir .

  • yang komentar lebih condong ke pinjol ilegal kemungkinan besar beliau sebagian dari Dc yg bernaung di bawah aplikasi ilegal...

    Dan saya sudah laporkan pinjol tersebut 2x
    1 kronologis penipuan online
    2.teror,pengancaman,intimidasai dan pencurian data data dan imei.

    Ini balasan sy untuk DC yang menghubungi saya..

    Mhon maaf bpk dan ibu yang saya hormati..

    Dari awal kejadian saya sudah menyampaikan dgn Baik ke Cs dan juga deep colektor yang bernaung di aplikasi ini degan baik2...

    Sy bukan tidak mau membayar tagihan..tapi saya akan mengembalikan uang sesuai nominal yang aplikasi anda transfer ke rekening sý....kenapa saya tidak membayar.....krna sy tidak melakukan pengjuaan pinjaman di aplikasi Sobat laku...

    Dari awal kejadian saya ingin pengembalian tetapi tidak ada respon dengan baik bahkan di tolak....

    Semua kejadian sy sudah menbuat pengduan ke pihak kepolisian..
    Baik awal kronologis awal hingga ancaman dan intimidasi serta teror dan pencurian data pribadi sy..

    Mohon maaf jika saya nanti harus mengembalikn dana...sy juga minta dari pihak anda untuk sama2 menyelesaikan dengan pihak berwajib..

    Kenapa saya minta menyelesaikan dengan pihak berwajib...kerena jika saya mengembalikan tanpa ada bukti pernyataan baik dari saya atau dr pihak perusahaan anda untuk pengembalian data sy dgn baik..sy pihak yang di rugikan..

    Saya kira bapak dan ibu paham jika bapak dan ibu paham dengan hukum.

    Itu saja penyampaian dari saya.
    Terima kasih.

      • Dr pihak mereka tidak akan mau pengembaliaan kalau tidak tanpa yg bunga dari mereka..prinsip saya kalau mereka tidak mau di kembalikan biarkan uang tesebut sebagai barang bukti...dan jika Dc mereka meminta pengembalian...ajak mereka untuk di selesaikan dengan pihak yg berwajib agar ada surat pernyataan bahwa kita sudah mengembalika dan data2 kita kembalikan untuk tdk salah di pergunakan di belakng hati...segera lakukan lapot le pihak berwajib

        • @Anis brarti kak uangnya kak anis berikan ke pihak kepolisian kak? Saya sangat takut kak dapat teror terus terusan

  • Dalam waktu dekat ini..saya atas dukungan dari pihak2 terkait..akan membuat surat terbuka untuk #kominfo #ojk #Swi
    Untuk aplikasi pinjol ilegal..

    Supaya tdk ada korban2 lain dan merugikan.

    Yang sudah menjadi korban ilegal bahkan sudah tersebar datanya..jangan takut...segera membuat laporan atas dasar INTIMIDASI,TEROR,PENGANCAMAN,PENCURIAN DATA & PENCEMARAN NAMA BAIK..Semua ada UU nya...jgn takut atau malah gali lubang tutup lubang.
    Screnshot bukti pengancaman serta tanyakan ke teman2 atas terjadi penyebaran data..mintalah bukti penyebaran tersebut.

    Kalau di minta membayar atau mengembalikan kembalikan sesuai yang di nominal yang transfer
    Dan harus melibatkan pihak berwajib agar kita bias mengambil data kita.
    Karena tidak
    Enutup kemungkinan jika tdk melibatkan pihak berjajib kita sudah bayarkan tapi data kita masih di sebatkan.

    Itu saran dari saya.

    • Tutup semua pinkol dan semua perusahan dengan dalih fintec harus di verifikasi dengan benar dan tegas

      • Senasib ka, kunci utamanya tenang kala kena teror DC, saya mengalami hal serupa, di aplikasi Ringan Pinjam ini, hanya karena tergiur pinjamanan dengan limit besar dan memang kondisi sedang membutuhkan dana darurat, sehingga engga teliti pas download di Playstore hanya melihat rating aplikasi padahal kebanyakan ratingnya itu yg merating adalah akun fake semua ?‍? baru daftar di aplikasi ternyata udah maen transfer ini aplikasi engga ada info apa² tiba² notif dana telah dicairkan, saya kena tf 3x yg 2 berhasil saya balikin karena DC yg nagih di akhir jatuh tempo (hari ke7 mereka tf) mereka turunin tagihan dari 1.8 jadi 1.3 dengan chat WA baik². yg 1 lagi mereka ga mau dibalikin sesuai nominal ga saya ikutin maunya biarin aja sampe mereka datang k rumah.

        Btw share pengalaman aja, DC itu neror dan mengancam di hari ke 4setelah dan di tf (2-3 hari sebelum jatuh tempo) mereka sengaja gertak kita supaya mau balikin duit sesuai maunya mereka (pemerasan), memang mengganggu dan kalo org panikan ya pasti panik karena memang mereka pegang data kita, di hari menuju jatuh tempo barulah WA DC yg berganti nomor bisa membalas chat dengan sedikit tidak EDAN ? kenapa aq bilang edan ya kali waktu mereka nagih ini bahasanya kasar sekali, ngatain hewan dsb ?‍?

        Ayo teman-teman para korban pinjol ilegal dengan segala upaya laporkan terus aplikasi ini ataupun PT yg mentransfer dana ke rekening kita itu ada atau tidak tindakan dr pihak OJK ataupun pihak berwajib setidaknya kita sudah melapor dan tidak membiarkan aplikasi ini terus berkembang.

      • kirain aku doang yg kejebak apk ini... aku juga sama kasus nya kayak gitu,,ga ajuin pnjaman tbtb ada dana msuk,,pas di cek ada dana msuk 2jt,pas di cek tagihan nya kok 3,6jt,, dan dr 2 apk yg beda (tunai plus dan pundi impian),,cm di ksih wktu byar 7hr + bunga dan biaya admin ny gede bgt,, smpe skrng si aku di terror melaui wa gt,tp ga aku gubris,,cm tkut dteng ke rumah doang krna di rmh cma ada anak sama nyokap,,
        tp apa pinjol ilegal itu brni dtng ke rumah ??
        mohon pencerahan nya ??

    • Mba maaf sebelumnya kalau saya sudah di sebarluaskan datanya dan baru besok jatuh tempo tp sya dananya belum ada gmn ya Mba ??

      Sy sudah tf 640 dr tagihan 1,6 dana pinjaman yg masuk hanya 1.40.000 ??

  • Ga usah bayar pak, kirain udah abis pinjol ilegal. Saya tahun 2020 dapat lumayan minta duit pinjol ilegal, kotor sekitar 55-60 juta. Ga ada tuh DC ke rumah, data saya di SLIK OJK masih mulus. Ini pakai kontak palsu sih, kebanyakan juga no DC yang jadi kontak. Dapat dari grup FB ,,?

      • Terus untuk uangnya gimana kak ngembaliin ya? Kalo misal tidak berani lapor ke polisi gimana kak? Adakah yang sudah beneran di sebar data datanya?