Pesanan HP dari EraSpace Hilang dalam Pengiriman Grab

Pada hari Minggu, 11 September 2022, saya melakukan transaksi pembelian smartphone Oppo Reno 8 4G dengan Order ID: 2300079571 melalui aplikasi EraSpace, sekitar pukul 13.34, dengan menggunakan metode pengiriman Grab Sameday.

Sampai dengan pukul 16.00, saya cek di menu lacak pesanan, statusnya masih dalam proses. Akhirnya saya telepon ke call center dan diinformasikan pengiriman dengan menggunakan Grab Sameday batas waktu pemesanan adalah pukul 13.00.

Paginya atau hari Senin, 12 September 2022 pukul 10-an barang saya sudah dalam pengiriman. Namun saat saya lihat di menu lacak pesanan, tidak diketahui nomor resi dan sampai mana proses pengirimannya. Sampai dengan sekitar pukul 16.00, barang saya belum juga diterima.

Akhirnya saya kembali telepon ke call center untuk menanyakan hal ini, dan mengungkapkan kekecewaan saya dengan pelayanan EraSpace! Tepat menjelang pukul 18.00 saya ditelepon oleh keluarga saya, bahwa ada driver Grab yang menginfokan bahwa barang saya hilang!! Bagaimana bisa EraSpace dan driver Grab lalai seperti ini?!

Saya tidak saja dirugikan dalam hal pengiriman, tapi juga kini saya gak tahu di mana barang yang saya pesan di EraSpace. Saya ingin meminta pertanggung jawaban EraSpace dan Grab terkait mitranya yang lalai!

Saya minta hak pembelian saya dapat segera saya terima, tanpa masalah ini. Sebagai informasi tambahan:

  1. Saya sudah komplain melalui telepon, email dan IG EraSpace, tapi pelayanannya lama dan tidak solutif.
  2. Driver menginfokan bahwa dia sudah membuat laporan terkait barang saya yang hilang, apakah itu benar?

Tolong segera ditindaklanjuti hal ini!

Husin Munandar
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Pembeli Telah Menerima Pesanannya dari Eraspace.com

Sehubungan dengan dimuatnya Surat Pembaca dari Bapak Husin Munandar pada tanggal 15 September 2022, berjudul “Pesanan HP dari EraSpace Hilang...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Driver nya datang ke rumah Bapak, dan bilang barang nya hilang ? Kok aneh yah. Kan yang nerima barang dari Era Space nya driver nya. Hilang nya dimana ?? Maaf bukan suudzon tapi dilihat dari history di media konsumen, ada "oknum" driver yang memang nakal juga sengaja mencuri hp tersebut, bahkan kalau tidak salah ada yang barusan viral di twitter.

    • Itu bang ojol ya niat baik.bertanggungbjawab..kalo emang niat jahat buat apa di ke rumah ye."A"..dan juga bang ojol ya jg ke kantor melaporkan diri.pertangung jawaban y...kalo sampe d saspen.bagai mana mau ganti ya..bang"A"..coba kita berpikir kalo kebalikan ya bagai mana kalo kaga nangis..lo kaga bisa cari duit...orang kaya..masa pelit..maaf kan bila ada yg salah berkata

  • Jatuh ? Dijambret ? Kalau niat nyolong ya ngapain info ke keluarga kalau hilang.
    Mungkin suruh drivernya lapor ke polisi kalau kejadian diatas.

    • Kalau saya beli hp dengan nominal yg lumayan mahal.. Pengiriman bukan melalui sameday.. Tapi yg grab express atau instant.. You know lah sameday itu drivernya sekali bawa bsa lebih dari 5 barang. Jd taulah bagaimna alur pengantarannya. Kadang nganter ke gedung atau perumahan. Trs ga mngkin dong paket yg lainnya dibwa masuk semua saat mengantar pesanan yg lainnya. Coba kalau express atau instant. 1 driver 1 order. Saat hilang atau rusak saat pengiriman. Sudah dipastikan kelalaian driver..dan pelacakan sangat mudah.. Belanja online harus cerdas saat menentukan pengiriman.

      • Ya betul saya aja biasa dapet orderan sameday yg ambil dan anterny 7 barang yang gede2nya minta ampun. Mana lokasi2nya sering masuk gang kecil. Nah pas ad yg harus di anter/ambil ke rusun atau harus masuk apartemen barang2 lain sering ditinggal dimotor (karena kebesaran) nah kepikiran wah kalo orang niat ambil gampang bgt ya. kecuali yang kecil2 dan sdh diinfokan penjual ini barang mahal pasti deh dimasukin ke dalem tas punggung dan dibawa2. Tapi kan gk semua driver bawa tas punggung jadi ribet juga ya gk tau mau nyalahin siapa.

  • kalau saya jadi driver grab sameday dan berniat jahat, saya tidak akan mencuri barang tersebut... secara langsung

    tapi saya telpon teman saya, saya nanti berhenti di alamat "A" saat saya berhenti di situ dan meninggalkan motor, cari kotak kecil yang paling atas(mendeskripsikan kotak mana yang harus diambil), terus tinggal tunggu saat mainnya aja, waktu sudah diambil tinggal pura2 g tau, dan sampainya di alamat harus anterin hp ini, pura2 hilang gt aja

    itu kalo saya lho ya, kalau saya aja.. bukan menuduh apa2

  • Jangan terlalu gegabah menuduh driver kurir, karena dia punya inisiatif mendatangi alamat pembeli dan menginfokan barang hilang. Mungkin saja karena musibah atau kelalaian (dan bisa terjadi kepada siapapun). Dari kronologinya disebutkan driver sudah buat laporan, meski tidak dijelaskan apakah pelaporan cuma ke aplikator atau juga ke polisi.

    Untuk TS, jangan panik dulu. Sebelum barang diterima dan di aplikasi belum anda konfirmasi "diterima", maka barang itu belum menjadi hak dan milik anda. Jangan lakukan konfirmasi apapun yang membuat posisi anda seolah-olah sudah menerima barang atau barang sudah sampai di alamat, apapun bujukan atau iming-iming nya. Anda cukup minta pembatalan transaksi dan pengembalian dana, mantapkan hati dan niat untuk move on dengan membeli barang sejenis di tempat lain.

    Masalah barang hilang bukan dan belum menjadi urusan anda, masih di ranah antara seller dan kurir. Biarkan mereka yang urus dan selesaikan, anda tidak perlu ikut-ikutan trend "mempersulit sesuatu yang mudah." Semoga Oppo Reno8 nya segera dalam genggaman dan lancar jaya tanpa kendala apapun lagi.

  • Ojol Grab datang memberikan barang hilang? Yang benar aja. Patut diduga keras, ojol Grab lah yang "menghilangkan" barangnya, apalagi barangnya adalah HP.

    Jika memang barang hilang karena jatuh, ojol Grab harus mengganti barangnya karena itu tanggung jawab dia. Kalau barang itu di begal di jalan, ojol Grab harus membuat laporan ke polisi. Penjual dan Grab harus bertanggung jawab. Dari sisi ojol, Grab punya data ojol, panggil ke kantor dan interogasi. Dari sisi penjual juga harus bertanggung jawab, misalnya melaporkan ke pihak berwajib atas kasus barang hilang yang dibawa ojol Grab.

    Grab harus memberikan sanksi keras kepada si ojol dengan memutuskan mitra, ojol telah membuat kesalahan yang sangat fatal.

  • Ak driver ojol ijo dah 7 tahun anter paket instan ga pernah masalah. Pernah anter 10 laptop saya anter . Kalau masalah hp hilang toh driver yang harus ganti murah kok 5 juta.
    Setahu saya kalau driver narik rajin ga pilih2 dapet sebulan 10 juta lebih. Saya alamin. Daripada akun di suspend permanet. Kerja enak tuh diojol panghasilan 2 xlipat umr. Saya keluar kerja di indomaret dah 5 tahun gaji kecil. Waktu susah buat keluarga .ada aja urusan toko .diojol waktunya banyak banget buat keluarga.

    Buat masukan ak tuh buat driver grab. Belikan aja yang baru ditoko hp. Kasih ke pelanggan. Susah amat beres kan.
    Masa mesti diajarin sih . Sudah dewasa ga bisa berpikir sih.repot amat.kasihan yang punya hp nya susah cari uang segitu.

    • Maaf pak/ibu..ane cuma mau kasih saran kalo emang dah di kasih.minta tolong kasih tau penerimaya.kasihan abang ojol y.pasti di saspen.lg kan si ojol ya.sempet mampir ke rumah.dan memberikan keterangan yg.jelas.dan lg pula jg dah laporan ke kantor Grab y...klo emang jahat.kaga mungkin .lapor diri.itu abang ojol.y..buat bang ojol..semangat..buat"A"juga semangat

  • entah toko atau yg beli yg tolol !
    barang 5 juta pake grabsameday rp 20 ribu ???????
    dimana2 klo produk mahal , pakai grabexpress lah, 1 produk, 1 driver, 1 pengiriman !!
    masa kalah ama konsumen beli tahu gejrot pake gofood ? langsung auto anter tujuan !
    mikirrrrrrrr, repot khan loe !

    *gw driver juga , gedek baca nya

    • Masalahnya apa beli hp pake sameday? Ga ada larangan juga dari aplikator ojol.
      Kenapa jadi nyalahin konsumen? Harusnya anda sebagai driver protes ke Gojek / Grab / Shopee supaya barang hp gabisa dibawa pake sameday, harus instan, gitu. Itu juga kalau pendapat anda didengar.
      Kalau saya, yang penting tidak melebihi kapasitas, tidak melebihi volume dan dimensi, tidak melebihi berat, gak ada salahnya beli hp pake sameday.

    • Mending 20ribu bang..cuma ikut nitip skalian jalan yg klo di cancel ilang cuma 1000 apa 2000 perak.
      Jadi yg GK ngarti Jan sok tau dah perjuangan grabsameday.

  • buyer terlalu panik dan emosi, selama belum diterima maka aman masih tanggung jawab penjual dan driver. butuh waktu untuk investigasi...

  • Sudah sudah, lanjut berantam nya
    Itu TS barusan bilang hp suda diterima, tapi engga jelasin gimana bisa hp hilang terus bisa diterima