Surat Pembaca

Tagihan Dibayarkan Lebih Awal, tapi Akun Kredivo Tidak Dapat Digunakan

Sebelumnya terima kasih kepada Media Konsumen yang telah mengizinkan saya memuat surat pembaca melalui situs ini. Saya adalah pengguna aktif Kredivo. Pada tanggal 14 September 2022, saya ingin melakukan pembelian barang via Tokopedia, tapi limit tidak mencukupi. Akhirnya saya berinisiatif untuk melakukan pelunasan dipercepat beberapa tagihan.

Kemudian saya membayarkan tagihan Kredivo sejumlah kurang lebih Rp6,3 juta dan limit kredit saya pun telah kembali. Lalu saya mencoba bertransaksi via Tokopedia kembali, dengan metode pembayaran Kredivo.

Namun ketika sampai di halaman pembayaran, transaksi saya ditolak dengan alasan keamanan. Padahal yang melakukan transaksi tersebut adalah saya sendiri, dan saya sudah melunasi beberapa tagihan lebih awal.

Mohon Kredivo memberikan penjelasan perihal akun saya yang tidak dapat dipergunakan transaksi belanja. Terima kasih.

Tri Astuti
Tangerang, Banten


Update (26 September 2022): Surat pembaca di atas kembali mendapat tanggapan dari pihak Kredivo sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Kredivo atas Surat Ibu Tri Astuti

Pertama-tama kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan dan kesetiaan pengguna Kredivo sampai saat ini. Terima kasih atas informasi yang Ibu...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Mba yang saya tau dari beberapa komplenan pengguna kredivo. kl bayar tagihan lebih awal akan diblokir permanen.

    • pelunasan lebih cepat tidak akan membuat akun diblokir, kecuali akun tsb sblmnya sdh bermasalah, spt menunggak, terlambat bayar, dkk

      • Kalau pinjaman perbankan memang seperti itu tp yang ini lain. Banyak kasus kredivo di MK mereka bayar tagihan diawal langsung diblokir dan tidak bisa dipulihkan kembali. Katanya ada di S&K Kredivo.

        • Betul loh kak, itu gak dikredivo aja, diakulaku, indodana juga gitu, setelah lunas semua malah dibanned

        • Sama,saya juga bayar ga pernah telat terus punya dua cicilan barang semuanya tinggal dua bulan lagi lalu saya lunasin bayar semua dua bulan habis itu terblokir sampai sekarang.

          • Saya sudah hubungi via Email,tapi katanya kalau sudah terblokir tidak bisa di hapus kecuali masih aktif.saya saja bingung kenapa kaya gini,bukannya pihak kredivo untung kalau nasabahnya melunasi lebih awal.

      • Dulu 2018 sy user kredivo dgn limit sudah menyentuh angka 20jt. Kemudian dikarenakan saya ingin membeli flagship second dari bukalapak. Dan krn ingin agar limit mencukupi, maka saya bayar lunas tagihan saya yang bersisa 2 bulan lagi *dahulu kredivo bisa di bukalapak* . Tiba tiba saja akun kredivo saya di suspend. Dan transaksi gagal

        Dan beberapa kali saya baca dari mediakonsumen pun hal yang sperti saya alami

        Dengan begitu, ada kesimpulan yang bisa saya dapatkan

        Kredivo akan menganggap transaksi mencurigakan jika akunnya membayar lunas tagihan lebih cepat dari yang seharusnya
        *meskipun tidak semua user, tapi ada sekitar 80% yang membayar lunas lebih cepat dari seharusnya. Dianggap transaksi mencurigakan

        • Betul sekali sobat2 kerdivo aneh tapi nyata bayar lebih awal malah akun tidak bisa di gunakan lagi,malah kita sendiri di curigai parah

          • Doi mau ngejar diskon jadi lunasin awal mau ngajuin biar dapet diskon tp di s&k kredivo engga bisa begitu

  • kalo slik bagus, slik kamu biasanya dilaporkan sebagai pinjaman permatabank, karena kredivo hanya diawasi ojk , waktu itu source pinjaman saya permata, saya sering transaksi bayar pake terus diblokir permanen

    pas cek slik, ternyata pinjaman kredivo penyaluran kredit dari permata, langsung apply cc permata ga pake lama gak dikabarin disetujui kartu kredit permata dengan limit sama kaya kredivo, jadi bunganya bisa lebih rendah pake kartu kredit permata sekarang ?

    silakan dicoba kalau masih perlu kredit

    • 12jt itu ga tinggi bagi kalangan orang usaha
      Modalnya bisa diputar, dapat keuntungan 1% nya bisa dipake buat bayar cicilan. Modal ga berkurang. Untung jalan terus.

      Jangan samakan dengan penghasilanmu yang dibawah UMR. Yang pegang duit sbulan sekali

      • Kalo ga sulit knpa ga di simpan trus beli kalo sdh terkumpul. Beli sesuai kemampuan sj, ga usah gaya2an. Tar kalo usaha sepi dan ga bs bayar cicilan, ngadu lg dsni.

  • Yang salah itu bukan Karna bayar tagihan terlalu cepat, tapi yang salah itu baru selesai membayar tagihan trus llimit nya langsng digunakan.. Seharusnya ditunggu dulu minimal 3 jam atau maksimal 1 hari setelah bayar tagihan atau cicilan, baru gunakan limit.

  • Semua pinjol diminta oleh Regulator utk lebih selektip kasih pinjaman menyangkut mitigaai resiko debitur
    Jadi bayar lebih cepat sepertinya tdk jaminan lg bakal topup berhasil di acc

  • Akun kredivonya, dianggap mencari keuntungan dari promo promo yang diberikan. Jadi ditangguhkan sementara. Ikuti aja prosedurnya.

  • Kalau sdh sering baca MEDIA KONSUMEN,harusnya sdh tahu...ini mngkin kasus sdh yg kesekian kalinya

  • Kalo menurut saya seh itu adalah sebuah tindakan preventif dari transaksi digital yang dilakukan oleh pihak kredivo, memang harga barang yang mau dibeli itu berapa?

  • Haahaaaa punya duit 6 JT bukannya beli hp secara cash kalau kurang tinggal ngumpulin lagi. Dengan Sabar, Malahan pingin ngutang, lagi, nafsu dunia dituruti. Yg terjadi Sekarang harusnya bersyukur karena udah terbebas dari hutang, udah tenang, udah Sabarin aja pasti kebeli kok secara cash, kalau niat untuk jauhi utang bisa kebeli, buktinya mbaknya punya uang 6 JT untuk melunasi.
    Jauhi utang utang apalagi urusan Riba,
    Semangat semangat semangat