Surat Pembaca

Suspend Akun Driver ShopeeFood yang Tidak Berdasar

Saya driver ShopeeFood dengan nomor ID: 436607673. Pada tanggal 11 September 2022, saya mendapat order SPX instant dengan jarak pengantaran -/+ 12 Km. Order tersebut adalah riil, tetapi pihak Shopee menuduh saya telah melakukan manipulasi order tersebut, yang mengakibatkan akun saya di-suspend dan komisi tersebut diambil.

Saya telah melakukan banding, tapi hasilnya ditolak tanpa penjelasan rinci. Saya heran, bagaimana sistem ShopeeFood bekerja? Sehingga berakibat fitnah tanpa bisa ada penjelasan yang lebih rinci dan memberi saya kesempatan untuk membela diri.

Pihak Shopee tentu punya data lengkap siapa pemberi order tersebut (bisa dikroscek) dan bagaimana saya menjalankan order tersebut. Saya tunggu tanggapan dan klarifikasi pihak Shopee.

Gunarko Adji
Yogyakarta, DIY


Update (21 September 2022): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas tanggapan dari pihak Shopee sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • SS pertama (detail order) tidak mencantumkan tanggal, hanya nomor pesanan (1187..0586). SS kedua (chat dengan tim) tidak menyebutkan nomor pesanan, hanya tanggal (11 September 2022). Jadi kami (pembaca dan komentator yang budiman) tidak bisa memastikan apakah order tersebut terkait dengan tuduhan order fiktif.

    Pihak SoPeePud tentu punya data-data yang tidak dicantumkan di aplikasi driver. Tuduhan manipulasi mungkin terkait dengan data yang janggal misalnya GPS anda error/glitch atau tidak akurat, anda berhenti di titik yang sama terlalu lama (manipulasi jarak tempuh berdasarkan waktu), terdeteksi menggunakan aplikasi modifikasi atau ponsel dengan akses root, dsb.

    Karena banding anda ditolak, cobalah datang langsung ke kantor dengan disertai bukti-bukti kongkrit yang bisa mematahkan tuduhan manipulasi. Diskusikan dengan rekan sesama driver untuk langkah tepatnya. Semoga masalah anda bisa teratasi secepatnya.

  • Sama saja seperti akun sopifood ane. 3x suspen 7 hri dengan jeda 2 hari setiap abis aktif lagi. Sus pertama Hp baru beli 1bln dibilang pake tuyul. Padahal ada 3 aplikator di hp ane yg kemungkinan ane ga brani pake begituan banding ditolak. Sus yg ke 2 ane lupa masalahnya tapi banding di terima. Sus ke 3 lebih parah mau ambil paket karena kondisi hujan dan trnyata titik merchant tidak sesuai. Saya tanya warga sekitar dalam kondisi hujan tidak ada yg tau olshopnya banding ditolak..

  • Emang kagak jelas itu admin atau yg pegang shopeefood , akun ga aktif kok ke PM pada keterangan ga ada akun ke PM kalo lama ga aktif , gue gawe keluar Jabodetabek gimana mau sekalian cari order orang diluar zona area , edan di kejelasan kalo ke PM g ada keterangan akun ke pm kalo lama ga aktif , pasal2nya ga ada di table apk , kecewa bener

  • Saran saja, kalo mau banding harus menunjukkan bukti yg kuat dan detail yg lengkap, kalo perlu setiap ambil pesanan di toko atau olshop difoto tokonya bersama barang pesanannya dan jg ketika barang sudah diserahkan ke pembeli difoto barang & si penerimanya.

  • Pengen tahu sistem shopee bagaimana ? Ya kalau gak sesuai dengan Mereka ya OUT ? algoritmanya dibuat gitu ? gak nurut ya maut , nurut ya digencet ? . . . Pegawai sampingan shopee tuh seperti di film one piece " Budak Kaum Langit "

    Ya sebenernya bukan cuma shopee sih aplikasi gojek dan grab juga sama .

  • Apa udah mau tutup kali bang shoppe, sudah mulai tanda tanda. Kalo rugi kasih promo ya sudah stop dulu promonya.

  • Akun shopeefood driver saya tadi siang terkena suspend dengan tuduhan "super ngawur" yaitu penggunaan fake gps/tuyul. Ini adalah kali ke 2 akun driver shopeefood saya terkena sanksi dengan alasan yang sama (yg pertama bln april). Saya selalu menggunakan aplikasi resmi yang saya install dari playstore tanpa aplikasi tambahan lain. Bagaimana bisa shopee yang sudah cukup besar namanya, untuk divisi shopeefood driver menggunakan sistem yang sederhana seperti ini (baca : maaf... amatiran). Jika memang sistem/IT nya memang kemampuannya masih terbatas (tidak bisa mendeteksi driver pengguna aplikasi tambahan gps fake, tuyul dan lain2) ya janganlah bertindak ngawur (memberi sanksi kepada akun yang tidak bersalah) hanya untuk supaya kelihatan sistemya sophisticated. Ini sangat merugikan driver sebagai mitra. Sudahlah gk usah bahas muluk2 kecanggihan sistem yang belum bisa dikuasai, secara akal pikiran level paling dasar saja sebagai manusia. Sebelum memberi sanksi dengan alasan penggunaan tuyul, coba cek histori orderan atau pendapatan per hari di akun driver saya. Rata2 orderan saya cuman 5-6 orderan per hari, dan masih dituduh menggunakan tuyul??? Parahh.
    Bahkan "canggihnya" sistem yang ada di shopeefood ini sdh menjadi bahan candaan driver aplikator lain. Driver aplikasi resmi kena sanksi, driver pengguna tuyul bebas panen orderan. Memalukan.
    Memberi sanksi seenaknya tanpa dasar, tanpa bukti, utk pelanggaran fake gps poin 75, suspend 3 hari, dan apakah ada jaminan setelah 3 hari setelah akun aktif, tidak mendapatkan sanksi ngawur seperti itu lagi???? sehingga total poin pelanggaran 150, putus mitra tanpa melakukan kesalahan.
    Menghubungi cs tidak ada solusi krn bukan dia yg memutuskan dan selalu dijawab memang sistemnya seperti itu, sedangkan banding pun ditolak padahal tidak dapat membuktikan kesalahan driver.
    Posisi driver lemah, tdk tahu harus menghubungi siapa lagi, diperlakukan semena2 oleh diktator arogan untuk menutupi kelemahan sistem yang amburadul.