Surat Pembaca

Transfer Uang via ShopeePay, Gratis Tapi Saldo Nyangkut

“Transfer gratis… Transfer gratis…Transfer pake Shopepay…”

Iklan tersebut kerap berkumandang di sela-sela tontonan asyik kita di televisi. Saking seringnya, anak saya yang kini berusia 3 tahunan mulai fasih menyanyikan penggalan lagu yang dinyanyikan salah satu artis dangdut itu.

Bukan hanya anaknya, bapaknya juga mulai terpengaruh dengan iklan itu. Saya menggunakan shopepay untuk transfer uang ke bank. Alih-alih mengejar kata gratis, saya pun jadi sering menggunakan fasilitas transfer tersebut. Tapi ada beberapa catatan yang harus digarisbawahi.

Salah satunya adalah transfer hanya bisa dilakukan di jam operasional bank. Kemudian estimasi ke bank konvensional adalah 1 jam. Kurang lebih seperti itulah ketentuan dari shopee yang saya baca di aplikasi.

Jadi saya melakukan transfer harus di jam kerja, kemudian maksimal estimasi transfer adalah 1 jam setelah transaksi diproses. Ketentuan tinggal ketentuan, pada prakteknya ternyata masih saja ada kendala.

Pada tanggal 17 September 2022 saya melakukan transfer ke bank BCA dengan no rekening 64**20*7*4 sebanyak dua kali. Transfer pertama nominalnya 450.000 dan yang kedua 500.000. Jarak transfer keduanya kurang lebih 1 menit.

Setelah dicek di rekening penerima, ternyata yang masuk hanya transaksi kedua. Karena was-was, lalu saya menghubungi customer service dan agent menjawab estimasi transfer adalah 1 jam. Cs kemudian mengatakan jika dalam 1 jam masih belum masuk, maka saya boleh menghubungi cs lagi.

Lebih dari 1 jam ternyata transaksi belum masuk, kemudian saya kembali menghubungi cs. Tanpa menjelaskan duduk perkara, saya kirim screenshot status transaksi serta id pelaporan dari cs pertama.

Cs kedua mengatakan laporan sedang ditindaklanjuti. Saya meminta penjelasan kenapa saldo belum masuk ke rekening bank, namun cs (Tono) menjawab tidak memiliki akses untuk mengetahui permasalahan, dia hanya menyampaikan keluhan ke pihak terkait untuk ditindaklanjuti. Dia juga mengatakan bahwa saya harus menunggu 3×24 jam dan melakukan pengecekan secara berkala.

Bagi saya, uang 450.000 bukanlah sedikit. Apalagi uang itu sangat dibutuhkan untuk kelangsungan usaha saya. Cs memang menyebutkan bisa saja saldo masuk rekening lebih cepat dari estimasi. Kemudian saya juga bisa mengatakan bahwa mungkin saja kan saldo masuk melebihi estimasi 3×24 jam? Cs pun tidak menjawab dan menutup percakapan secara sepihak.

Karena panik dan merasa membutuhkan uang tersebut,saya kemudian browsing via google. Ternyata permasalahan seperti ini tidak hanya menimpa saya.

Persoalan saldo nyangkut juga terjadi pada pengguna shopee lain. Bahkan di beberapa forum disebutkan ada yang nominalnya jutaan rupiah dan baru kembali setelah menunggu sebulan. (Silahkan Googling dengan kata kunci ‘transfer shopepay dalam proses’).

Ada yang pernah mengalami juga?

Tolong kepada pihak Shopee dijelaskan permasalahan apa yang membuat transfer tidak berjalan normal. CS mengatakan bahwa sistem Shopee tidak mengalami gangguan.

Bank juga tentunya tidak mengalami masalah. Pasalnya, saya melakukan transfer ke nomor rekening yang sama, jarak waktu yang hitungan menit, hanya nominalnya saja yang berbeda.

Kalau sudah begini, jadi ragu untuk melakukan transfer via shopepay yang gratis itu.

Ady Nugraha
Kabupaten Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Update, transaksi dibatalkan otomatis by sistem. Transaksi pertama dinyatakan gagal dan saldo balik ke shopepay kurang lebih 24 jam setelah transaksi.