IndiHome Tidak Fair, Tidak Menikmati Layanan tapi Tetap Harus Bayar Full

Saya berlangganan IndiHome, domisili di daerah Tangerang. Awal kendalanya terjadi pada saat saya melakukan permintaan perpindahan alamat melalui call center 147, pada tanggal 31 Agustus 2022. Petugas yang melakukan pengecekan di alamat yang saya tuju dan ternyata masih ter-cover oleh layanan mereka. Dari situ mereka mengirimkan link persetujuan, tapi tidak bisa saya akses.

Tanggal 1 September 2022, saya pindah alamat, yang artinya sejak tanggal tersebut saya tidak bisa mengakses apa pun. Karena kesibukan perpindahan rumah, saya belum sempat mengurus kembali ke IndiHome. Akhirnya saya mencoba mengulang menghubungi melalui layanan WhatsApp pada tanggal 6 September 2022. Yang artinya selama berhari-hari tersebut tidak ada satu pun petugas yang mencoba menghubungi saya.

Dari tanggal 6 itu saya sudah memberikan persetujuan melalui link yang mereka berikan. Dijanjikan akan segera dikunjungi teknisi. Saya tunggu berhari-hari, berulang kali juga saya tanyakan update-nya tapi tidak ada jawaban yang memuaskan. Layanan WhatsApp slow respond, apalagi 147, sama “cerdasnya” tidak ada solusi apa pun.

Tiba-tiba hari minggu 14 September 2022, ada teknisi kunjungan ke tetangga rumah saya untuk melakukan pemasangan. Ketika saya tanyakan ke mereka alasannya teknisinya banyak mereka tidak menerima laporan untuk pemasangan di rumah saya. Karena saya memberitahu mereka kendalanya akhirnya mereka membantu menghubungi atasan mereka.

Jawaban yang saya terima setelah ini sangat mengecewakan. Mereka tidak bisa melakukan pemasangan karena terkendala, tidak mendapat ijin penambahan, entah tiang atau apalah itu di daerah rumah saya ini. Lantas saya infokan situasinya kembali ke layanan WhatsApp IndiHome jawabannya kayak robot

Kak Riry,

Cody sangat memahami sekali situasi ini membuat tidak nyaman saat ini permintaannya masih dalam proses dan sudah dibantu prioritaskan kembali untuk percepatannya. Cody cek juga masih dalam koordinasi rekan kami dengan estimasi pada tanggal 13 September 2022 sekitar pukul 17.00 waktu setempat. Cody tegaskan kembali itu hanya estimasi ya Kak dan diupayakan dapat sesuai estimasi atau dapat lebih cepat dari estimasi. Mohon kesediaannya menunggu kembali progress dan update selanjutnya. Kami upayakan dapat segera terealisasikan secepatnya.

Itu jawaban terakhir mereka, sampai surat di Media Konsumen ini tayang, tidak ada satu pun solusi yang saya terima. Saya terus-terusan dipaksa membayar, padahal layanan mereka sama sekali tidak dapat saya nikmati!!!!

Tolong lebih fair saja ya IndiHome, karena akhirnya saya terpaksa berpindah ISP. Kalian menggantung situasi ini selama 2 minggu lebih! Kalau saya tidak bertemu dengan teknisi kalian pada saat itu apakah kalian akan jujur? Kalian gak dapat ijin di sini, kenapa gak dari awal saja diinfo? Sungguh sangat menyusahkan kita sebagai konsumen!

Saya tetap pada keputusan saya tidak akan membayar apa pun karena tidak menikmati layanan apa pun! Terima kasih.

Ria Pramesti
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Indihome adalah layanan pasca bayar (berlangganan), jadi selama belum resmi putus kontrak, maka tagihan akan terus berjalan walaupun tidak menggunakan layanannya.

  • Lagian pindah indihome tidak semudah pasang listrik tinggal cantol. Kecuali pindahnya cuma 100-200 meter dr tempat lama. Mending putuskan dulu, kemudian urus lagi di tempat baru kalau bisa. Kl tidak bisa ya ganti yg laij, yg ready.

  • Yang lain ngeluh karena belum bisa pasang Indihome, yang ini ngeluh karena tarifnya tidak fair. Daripada ngeluh terus, buang aja alatnya, pakai milik operator seluler aja, isi kuota sesuai keperluan, beres!

    Kalau Anda menggunakan Indihome, harus siap dengan resikonya, tarif mahal dan ada paket yang tidak (mungkin) digunakan tapi tetap harus bayar. Tentu saja, Indihome akan menyertakan paket -paket yang belum tentu digunakan sama pelanggan tapi harus bayar, disitulah keuntungan mereka. Gak usah kaget, mereka cari untung sebesar-besarnya, mau dipakai atau tidak, yang penting tiap bulan wajib bayar, atau terima somasi.