PT Home Credit Indonesia Membuat SLIK OJK Saya Bermasalah

Saya nasabah PT HCI sejak tahun 2018. Sampai saat ini ada 4 kali transaksi, yaitu pembelian furniture (2 kali), talangan dana renovasi (1 kali) dan sekarang adalah PayLater yang limitnya Rp800 ribu. Saya tidak pernah telat membayar cicilan. Namun dalam SLIK OJK saya per tanggal 14 September 2022, PT HCI melaporkan status saya S-2 (dalam perhatian khusus).

Jika dilihat di detail transaksi, setiap analis pasti paham bahwa saya tidak pernah menunggak dan itu ada di lampiran SLIK OJK. Saya sudah berkonsultasi dengan pihak OJK, dan mereka meminta bahwa saya menghubungi PT HCI untuk memperbaiki laporan mereka.

Mohon agar PT HCI mengubah data saya sesuai dengan fakta yang ada. Karena pelaporan PT. HCI ini akan menimbulkan permasalahan untuk masa depan saya.

Terima kasih.

Harlianty Ursula P.S. Sitorus
Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Home Credit atas Surat Ibu Harlianty

Yth. Redaksi Surat Pembaca MediaKonsumen.com, Sehubungan dengan keluhan dari Ibu Harlianty di MediaKonsumen.com pada 20 September 2022 di kolom Surat...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Itu gelar DEBITUR boss..
    Kalo Kualitas Kredit debitur yang kolom" kecil..

    Itu kualitas si boss sudah 1 = LANCAR.

    • Baik, terima kasih penjelasannya.
      Karena penjelasan petugas OJK membuat saya bingung. Kualitas 1, Lancar & Lunas, tapi dia menjelaskan tentang S-2 di halaman depan dan meminta saya kembali ke HCI untuk memperbaiki laporannya.

    • Hallo Ibu / Bapak,
      Maaf, mungkin tidak membaca tulisan saya diatas mengenai " Saya sudah berkonsultasi dengan pihak OJK, dan mereka meminta bahwa saya menghubungi PT HCI untuk memperbaiki laporan mereka." Karna saya datang untuk ambil SLIK dan konsultasi langsung mengenai setiap detilnya. Dan seperti itu penjelasan dari petugas OJK.

      Jika memang kesalahan penjelasan petugas OJK, maka saya harus tegur mereka karena salah menjelaskan.

      • Gelar Debitur yg dimaksud adalah pendidikan terakhir anda.
        Bisa search di google 'Status Gelar Debitur' nanti ada salah satu link PDF yg menjelaskan mengenai semua kolom-kolom SLIK.

        Kalau memang benar petugas OJK nya salah menjelaskan kepada anda berarti petugas itu perlu ditraining ulang.
        Tapi saya tidak heran, mengurus laporan pajak di KPP saja bisa beda analisa dan keputusan antara 2 orang petugasnya. Petugas A bilang ini salah. Tapi petugas B bilang ini tidak apa, sudah benar. Akhirnya harus eskalasi ke atasannya baru diambil keputusan mana yg tepat, si A atau si B. Human error mungkin?

        • Saya setuju. Sebaiknya penjelasan petugas pelayanan pemerintahan jangan ditelan mentah-mentah. Harus crosscheck ulang. Kita juga yang dirugikan kalau sampai maladministrasi.

          Ada baiknya disampaikan ke kantornya supaya orangnya ditraining ulang dan tidak melakukan kesalahan yang sama. Bukan karena kita "sebel" sama orang tertentu, tapi itu demi perbaikan layanan mereka.