Barang Hilang Setelah Paket Dibongkar Pihak J&T Cargo

Saya mengirim barang-barang untuk pindahan via J&T Cargo Pontianak pada bulan April 2022, sebanyak 6 kardus, tujuan ke Lampung Selatan a.n. Kardiyanto (ayah saya). Di dalam kardus ada baju, barang-barang pecah belah, mandau, barang elektronik, hp, dll. Saat itu saya tanya perlu asuransi atau packing tambahan atau tidak, mereka jawab gak perlu.

Barang saya sampai 2 minggu kemudian, tapi hanya 3 kardus kecil, sedangkan yang 3 kardus lagi belum sampai. Saat saya WA pihak yang di Pontianak, mereka bilang “Barang masih nyangkut di gateway Jakarta“.

Selang seminggu kemudian, barang sampai di alamat tujuan, tapi dengan kondisi kardus sudah berubah dan dengan packing-an yang rapi. Saat itu posisi saya masih di luar kota dan barang belum dibongkar. Lalu saya foto dan tanya ke pihak J&T Cargo Pontianak, kenapa kardus saya berubah? Padahal awalnya kardus saya bukan itu (foto terlampir). Lalu pihak J&T Cargo Pontianak menjawab akan dicek dan ditanya ke pihak pusat.

Mereka menjawab “Kardus mbak saat itu rusak dan mereka repacking kardus saya” (bukan bongkar ya, repacking). Saat itu mereka baru bilang, sebelumnya gak ada konfirmasi apa-apa, hanya bilang nyangkut di gateway Jakarta. Dan mereka kirim foto salah satu kardus yang rusak (bukan semua), gak ada video unboxing saat repacking.

Begitu saya sampai di rumah dan bongkar barang, ternyata bukan di-repack, tapi dibongkar dan diganti kardus baru. Saat dicek barang saya ada 2 barang pesanan konsumen, berupa mandau dan celurit sarung kulit sapi original seharga modal Rp1,5 juta yang hilang, tidak tahu barang lainnya apa. Lalu saya WA pihak J&T Cargo Pontianak lagi, dan komplain ke pihak mereka kenapa dibongkar tanpa izin? Mereka lagi-lagi tanya ke pusat dan katanya mau diinvestigasi pelacakan, dll.

Sampai saat ini cuma janji dan selalu jawaban yang sama yang saya terima. Sementara masalah kehilangan barang, mereka belum ganti dan belum ketemu titik terang. Malah WA saya sudah 2 hari gak dibalas oleh pihak J&T Cargo Pontianak.

Saya tanya CS email pihak pusat, selalu dikasih jawaban yang menggantung, tidak menyelesaikan kerugian saya. Tim terkait pun gak ada yang menghubungi saya, selalu saya yang duluan menghubungi mereka. Tolong dibantu untuk komplain ke pihak mereka. Setelah saya cek di medsos, ternyata ada banyak pihak yang sama dengan yang saya alami.

Nomor resi awal: 200025107812. Nomor resi selanjutnya setelah barang dibongkar: 200025107812002 dan 200025107812004.

Terima kasih.

Wita Puspitasari
Lampung Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan J&T Cargo atas Surat Ibu Wita Puspitasari

Jakarta, 30 September 2022 Kepada Yth. Ibu Wita Puspitasari Lampung Selatan Perihal: Surat Tanggapan Keluhan Ibu Wita Puspitasari Dengan hormat,...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Di dalam kardus ada baju, barang-barang pecah belah, mandau, barang elektronik, hp, dll. Saat itu saya tanya perlu asuransi atau packing tambahan atau tidak, mereka jawab gak perlu.
    =======
    siapa yang bilang ga perlu? ada buktinya?

    • Orang outletnya yang di Jl. Dr. Wahidin ada ini foto mereka berdua saat saya kirim barang tersebut. Sayangnya bukti rekaman percakapannya g ada yaa, karna saya gtw klo barang saya akan hilang.
      Walaupun saya pasang asuransi mereka harus konfirmasi dulu sebelum repack atau bongkar barang customer, dan harus ada bukti jelas CCTV dll nya...
      Alhamdulillah barang2 elektronik itu nyampe lebih dulu dan aman...

      • Ya itu anda tidak bisa membuktikan. Bukti chat atau rekaman percakapan. Pontianak to Lampung... kirm barang elektronik non asuransi bisa dibilang anda nekat dan sedikit maaf entahlah.....

        • Klo percakapan lainnya ada smw buktinya pak, setelah saya tau barang saya hanya 3 yg sampai dan 3 barang nyangkut. Mereka bilang nyangkut d gateway g bilang barang saya d repack atau sedang mereka bongkar.

          Mungkin sedikit nekat pak, tapi untungnya yg lain sampai duluan hanya 2 barang itu aja yg hilang.

    • Anda ini ngaco, org diberi tau tdk perlu asuransi hrs di rekam gitu? Kalau TS tau barangnya akan hilang, ga mgkn jg kali dia akan pakai jnt.

      • Yaa begitulah ... Pokoknya bikin kapok, untung aja semua bukti2 tersimpan rapih jd mereka gbs ngeles dan cari alesan yg g masuk akal.

      • Untuknya selanjutnya harus hati hati sepertinya tidak aman mengirim barang barang berharga menggunakan jasa pengiriman yang satu ini

    • Di jne via cargo cuma di tanya isi paket, klo ada barang berharga di sarankan asu dan p. Kayu tp kembali ke pengiriman

  • Sayang sekali tidak TS asuransikan. Jangan menelan mentah-mentah jawaban petugas bu, apalagi ada barang yang punya nilai material dan mudah dijual kembali (mandau, elektronik, hape).

    Gemes deh, jadi pengen ikutan kirim barang dari Pontianak ke Lampung dan di dus ditulisi "Barang Mahal Jangan Dibanting". Isinya Tawon Ndas. :)

    • Yaa ampun pak situ aja gemes apalagi saya, d PHPin terus sm yg d pontianak udh hampir 5 bulan g selesai2. Malah barusann saya konfirmasi k CS Pusat Pontianak, eh Doi malah ngarang cerita bilangnya d sita tapi gbs lasih bukti penyitaan dan foto barangnya. Harus ada SOP nya kan, sebelum sita barang orang d hubungin dulu customernya dan klo pun d sita itu semua mandaunya bukan salah satu mandaunya. Masa iyaa sita barang milih yang bagus 😭😭😭😭
      Dan masih bisa dong barang d balikin bukannya d anggap lenyap, ini barang saya bilangnya d repack g ada konfirmasi apa2 trs nyatanya barang saya d bongkar dan d ganti kardus baru dan barang pesenan customer hilang...😭😭😭

      • Klo via jne cargo gk pernah ada bongkar2 paket yg sudah rapi, cuma di tanya isi paket, klo ada barang2 berharga di saran kan ASU+PK dan paket terpisah

  • J&T lagi J&T lagi, hahaha. emang parah nih ekspedisi, barang saya aja yg cuman skincare aja ga nyampe nyampe sampe sekarang dari bulan juli kemarin. Sama di telfon cs dan agen update terakhir di resi, tetap ga ada jawaban pasti, CS nya macam ga guna sekali! semoga masalah nya bisa beres dengan cepat yah bu

    • Aamiin... Makasih pak, berharap fast respon dr pihak mereka buat masalah ini.

  • Sedikit pengalaman ya..dulu hp saya tinggal di gr*b car . Kemudian saya telp hp saya tapi gak diangkat2.. kemudian saya datang ke kantor mereka.. saya minta hubungi driver.. driver gak ngaku..saya lacak hp nya sama dengan posisi driver, untuk info hp saya gak bisa dimatikan karna pake keamanan, kalo dipencet power pun gak kan mati..trus pihak kantor nya lepas tangan... Kemudian saya keluar dr kantor saya ngedumel didepan pintu, kebetulan ada driver2 dan orang2 berkumpul disana..mereka nanya kenapa, terus saya bar2 menceritakan kronologis nya...karna terdengar ribut2 diluar, petugas nya manggil saya kedalam...trus dikasih no driver dan mereka berjanji akan mengembalikan..jadi hp saya diantar langsung sama driver nya, plus Drive mohon2 minta maaf...dr sini saya belajar bersikap bar2 seperti emak2 kalo lagi marah itu penting..apalagi menarik perhatian.... Kalo cuma lapor cs gak akan ditanggapi gercep.. harus datang ke kantor nya buat keributan wkwkkwkwkw

    • Gtw , emg bisa klo kirim lewat J&T Cargo, yang bongkar dg modus repack pihak mereka, dan yg ngambil pihak lain?? Setidaknya mereka gbs kasih saya bukti cctv saat mereka repack semua barang saya!!! Setau saya klo barang d kapal g mungkin yaa d bongkar dr box nya... 🤔

  • Itu biasanya j&t cargo via apa ya, kalo pesawat, emang ga bisa senjata tajam masuk. Pernah bawa diambil sama org bandara katanya ga boleh

  • memang J&T cargo ini luar biasa dalam pelayanan buruknya ternyata. ga satu atau dua kasus hilang nih👏👏 saya juga sama barang saya hilang kak, udah rugi waktu rugi uang buat komplain ehhhh ganti rugi malah boncos juga padahal mereka hilangkan sepihak. banyak maling kyknya yaa, ga masuk akal soalnya barang saya aja gede banget sekarung aja bisa ilang haaduuuu bikin kapok😩😩 semoga cepat ditanggapi J&T cargo dan cepat selsai masalahnya kakk. keterlaluan aja kalo sampe slow respon terus

    • Berharap banget cepet balik barang nya atau setidaknya ganti kerugian saya, udh hampir 5bulan loh ini 😭😭