Surat Pembaca

Selisih Argo Driver Grab Masuk Ke Mana?

Di sini saya hanya ingin meminta penjelasan kepada Grab Indonesia, kenapa argo yang tertera berubah dan selisih argo ke mana masuknya? Saya jelaskan melalui ilustrasi pada gambar berikut:

Saya dapat orderan gabungan 2 resto, dari dua lokasi/tempat yang berbeda dan 2 alamat pengantaran dari dua lokasi yang berbeda dengan argo ± Rp17.000. Lanjut, sudah saya pick up kedua resto dari dua lokasi tempat yang berbeda tersebut, dengan jarak masing-masing konsumen pertama sekitar 4,23 Km dan konsumen kedua sekitar 4,97 Km.

Tertera argo pengantaran pertama ± Rp12.000, saya antarkan. Lalu saya lanjut antarkan orderan yang kedua dengan argo pengantaran ± Rp17.000. Namun setelah saya selesaikan kedua orderan gabungan tersebut, kenapa saya hanya terima pembayaran dari PT Grab yang terhormat hanya Rp17.000? Lalu sisa argo pembayaran orderan yang masuk ke mana yah?

Terus cara menghitung argonya bagaimana? Sedangkan 2 tempat lokasi resto yang berbeda? Tolong jelaskan.

Arisma Budi Wahyono
Depok, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Di aplikasi penumpang itu ada namanya GRAB UNLIMITED YAITU diskon ongkir food 10rb ( Rp1) , Kan seharusnya Mau diskon ongkir dll itu kan urusan aplikator dengan Konsumen, jikalau driver kan gak mau tahu, orderan ya sesuai dengan kesepakatan,,

    Makanya mungkin Aplikator "bermainnya" dengan cara perhitungan ORDERAN KEDUA DIHITUNG DARI PENERIMA PERTAMA BUKAN DARI RESTORAN KEDUA

  • Ya argonya emang segitu 12 rb jadi 17 rb om kalo udah digabungin lebih rendah hasilnya. Sisanya masuk ke aplikator. Mending jgn mau di gabung2in om

  • Utk orderan double banyak yg dirugikan. Mau itu orderan resto sama atau beda resto. Yg diuntungkan cuma APLIKATOR TDK ADA YG LAIN. Jadi ya harus dihilangkan.

  • Jangankan dobel orderan 1 aja yg d atas 8800 aja potongan komisi jd hmpir 25%. Misal ongkir 13k kotor yg d trima driver jdi 9700. Emang grab ente kadang kadang ente..

    • Semoga aja pihak aplikator ojol yg curang akan terkena hukum alam...karena mereka mengambil hak driver

  • Jika pihak PT grab di tanyak seperti itu. Jawab nya, ongkos sudah di sesuaikan dengan jarak. Yg di pertanyakan kemana sisa biaya dari konsumen? Sedangkan konsumen memesan biaya nya full. Tetapi di driver hanya nambah 3rb atau sesuai jarak.

  • Saya pernah komentar di surat pembaca dari ojol juga sebelumnya. Dimana sy menulis th 2015 sy hampir berhenti ngantor karena 2mingguan cuti dapet duit hampir 20jt dr insentif grab/gojek.. untungnya tidak karena semua hanya sesaat.. dari awal gojek/grab bakar uang supaya ada ketergantungan dari masyarakat dan driver.. terbukti skrg sistem aslinya ya seperti ini.. saatnya mrk serakus2nya untuk balik modal, konsumennya driver yg msh bertahan dan konsumen yg sudah ketergantungan.. dan jangan termakan dengan slogan "karya anak bangsa" ga ngaruh! Mau karya anak arab,anak china anak korea anak amerika ambil yg paling menguntungkan.. jgn terikat dengan fanatisme.. karena ujung ujungnya duit juga kok..
    Note: kerja driver itu berat loh. Salah satunya : yg dihitung dari aplikator hanya pengantaran baik itu makanan/penumpang, dari titik kita berada ke titik pickup ga dihitung. Hanya setelah penumpang naik ke tujuan yg dihitung. Dan tanya driver lah. Sebagai mantan driver era awal.. titik jemputnua ujubuneng jauh jauh brooo.. tp ketutup insentif 800rb-1.2jt dulu.. lah kalo skrg?

  • Grab lg sibuk sibuk memangkas tarif dr mitra tuk menutupin atas kerugian perusahaan triliunan rupiah d tahun tahun sebelumnya.
    Sy prediksi d tahun 2022,grab bakalan"gulung tikar" Krn tarif tdk sesuai dgn pndptn mitra serta minat kostumer turun drastis dtmbah bakal adanya perusahaan besar yg brsaing dgn grab/gojek yaitu Airasia yg akan hadir d Indonesia.