Surat Pembaca

Selisih Argo Driver Grab Masuk Ke Mana?

Di sini saya hanya ingin meminta penjelasan kepada Grab Indonesia, kenapa argo yang tertera berubah dan selisih argo ke mana masuknya? Saya jelaskan melalui ilustrasi pada gambar berikut:

Saya dapat orderan gabungan 2 resto, dari dua lokasi/tempat yang berbeda dan 2 alamat pengantaran dari dua lokasi yang berbeda dengan argo ± Rp17.000. Lanjut, sudah saya pick up kedua resto dari dua lokasi tempat yang berbeda tersebut, dengan jarak masing-masing konsumen pertama sekitar 4,23 Km dan konsumen kedua sekitar 4,97 Km.

Tertera argo pengantaran pertama ± Rp12.000, saya antarkan. Lalu saya lanjut antarkan orderan yang kedua dengan argo pengantaran ± Rp17.000. Namun setelah saya selesaikan kedua orderan gabungan tersebut, kenapa saya hanya terima pembayaran dari PT Grab yang terhormat hanya Rp17.000? Lalu sisa argo pembayaran orderan yang masuk ke mana yah?

Terus cara menghitung argonya bagaimana? Sedangkan 2 tempat lokasi resto yang berbeda? Tolong jelaskan.

Arisma Budi Wahyono
Depok, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Klo saya sie sudah ga aneh sama grab saya jdi mitra sudah dari 2015 mknya klo di grab tu jgn rakus/larut dgn programnya klo kita rakus & larut akan programnya yg ada nntiya kita di bodohi sama dia tpi klo kita ga pduli/rakus dgn programnya nnti juga di mrsa di cuekin & argo doubel nya akan kmbali normal lagi kaya wktu tu

  • Ini adalah penjajahan masa kolonial zaman modern yang di-HALAL-kan oleh para manajamen untuk mendapatkan UNTUNG sebanyak banyaknya dengan mengorbankan keringat driver yang bertaruh nyawa di jalanan.
    Saya kalau dapat orderan gabungan juga cancel yang satunya, tak peduli dengan performa. Kan kasihan juga sama yang order kelamaan tunggu, belum lagi jarak antar resto yang jauh. Aplikator juga sesuka hati jidat mereka untuk terus menerus terima driver tanpa memperhitungkan jumlah orderan dan banyak driver.

    • menurut saya itu karena grab sudah mau bangkrut, makanya mereka memotong tarif orderan ganda, dan menambah pemasukan dg cara jual atribut ke driver, dan membuka pendaftaran mitra baru tanpa ada batasan supaya jaket dan helm mereka laku.

      • AMIN...kalau grab bangkrut, sekalian aja ya di pailitkan. Tak ubahnya manajemen mereka seperti LINTAH yang menghisap keringat driver yang bersusah payah dibawah terik matahari dan guyuran derasnya hujan.

  • Grab dh rungi trus makanya mereka cari cuan. Bakar duit lg susah banyak e commerce yang kesusahaan dana . Moga 2 grab gojek dsb kukut sklian drpd banyak ribut ginian . Cman kalo pada kukut pada rela ga drivernya.

  • Klo yg sekarang sistemnya malah langsung double order.
    Dan yg dihitung jarak dari resto B menuju kostumer A - kostumer B
    Misal dengan jarak yg sama (seperti di TS).

    Dan potongan yg diterima sebesar 20% tidak 15%

    Saya berani ngomong seperti ini karena saya sebagai driver

  • Keuntungan aplikataor bray!
    mrk punya Ahli IT.
    Bisa di atur!

    Selain dobel order,
    ada biaya pemesanan
    potongan sih sesuai aturan pemerintah 20%, tp pemerintah tidak pernah membatasi dgn aturan yg presisi. bisa aja mrk nambah2 in yg lain.

    ada aja konsumen yg ngeluh naik, padahal enggak! lah ada tambahan beaya pemesanan!
    driver mah tetap dapet segitu!
    apalagi sekarang, bensin naik!
    berat oi, meski ada kenaikan tetap aja minus, nambahin bel8 bensin...

  • Kemungkinan jawaban pihak aplikator adalah duit tersebut dipakai untuk pengeluaran promosi, discount, dll untuk menarik konsumen menggunakan aplikasinya.

  • Emng kejem itu grab. Sy driver jg pernah 2 orderan 16rb. Klo 1 orderan 10200. Masa 2 orderan cm 16rb. Parah sistem kerjanya.

  • Kalo saran saya sih. Coba daftar di AirAsia ojol.. nampaknya mereka lagi bakar2 duit buat ngambil driver nya grab sama gojek

  • Maaf oot, saya mau cerita soal sameday karena ada aja orang yg nakal maenin bobot barang di aplikasi tulisan cuma 7kg sampe tkp 20kg dan jaraknya minta ampun dari daan mogot ke lebak bulus untung saya cancel dan argo cuma berkurang 2rb saat selesai sameday, pertanyaan nya jd kalo maksain bawa itu barang cuma dibayar 2rb apa gmn?

  • saya driver dan saya sudah analisa masalah ini.. order gabungan ada karena adanya promo ongkir. jadi grab yang bikin promo tapi pendapatan kita yg di potong dengan cara alus, dalihnya "menambah pendapatan driver". saya sudah tanya sendiri ke customer,

    contoh kasus sebelum perubahan tarif:
    saya dapat ordergabungaan, tarif awal sebelum gabungan 12rb (saya tanya cuatomer, katanya harga di customer 15rb) lalu setelah dapat order gabungan jadi 17rb. berarti nambah 5rb.. langsung saya tanya pada konsumen dia bilang dia bayarnya 6rb karena pakai promo ongkir.. berarti 6rb itu masih dipotong lagi oleh grab.. dapet 2 potongan deh..

    ini mah sama aja bos bikin promo, karyawan yg gajinya dipotong.. kan aneh