Surat Pembaca

Jebakan Aplikasi Pinjol Ilegal “Pinjaman Teman”

Terima kasih sebelumnya kepada Media Konsumen. Berikut saya jelaskan kronologi sewaktu saya meng-upload dan mengisi data di aplikasi pinjol Pinjaman Teman. Setelah saya meng-install aplikasi pinjol tersebut, saya disuruh mengisi data dan sudah ada tertera limitnya Rp800.000. Namun tidak dirinci berapa bunga serta jangka waktu tenor pinjamannya, juga berapa jumlah yang akan saya terima.

Kemudian tiba-tiba saja sudah ada notifikasi SMS dari Pinjaman Teman, bahwa uang masuk ke rekening bank saya (tanpa persetujuan dari saya) dengan nominal Rp489.500. Padahal saya mau meminjam Rp800.000. Pinjaman tersebut harus dibayar dalam tempo 7 hari dan dikirim dari PT. Odeo Teknologi Indonesia.

Lalu saya konfirmasikan ke PT. Odeo Teknologi Indonesia, ternyata perusahaan tersebut tidak mengenal dan tidak ada kerja sama dengan yang namanya pinjol Pinjaman Teman. Setelah jalan 4 hari, sebelum jatuh tempo saya sudah melunasi pembayaran pinjaman saya Rp788.000 karena ada voucher Rp12.000. Saya membayar atas arahan dari CS Pinjaman teman melalui email yang tertera di platform Pinjaman Teman. Sebelumnya saya coba membayar melalui aplikasi, tapi tidak bisa karena nomor VA-nya selalu berubah-ubah. Biasanya nomor VA itu berlaku 12 jam atau 24 jam.

Setelah saya kirim email ke aplikasi Pinjaman Teman, lalu saya disuruh menghubungi nomor WhatsApp yang tertera di email dan terjadilah percakapan melalui WA antara saya dengan CS Pinjaman Teman. Saya disuruh kirim pembayaran melalui nomor VA yang baru dikirim atas perintah CS. Pinjaman Teman.

Modus penipuan

Setelah sukses melakukan pembayaran, ternyata di platform Pinjaman Teman belum berubah. Saya WA ke nomor HP CS Pinjaman Teman, katanya masih tahap proses. Saya tunggu juga sampat 2 jam, tetap tidak berubah. Saya chat kembali, rupanya nomor WA-nya gak aktif lagi. Di situ saya mulai curiga bahwa pinjol Pinjaman Teman ini ilegal dan rupanya tidak terdaftar di OJK.

Ketika mau masuk masa jatuh tempo pembayaran, saya dapat WA untuk segera melunasi pinjamannya. Saya kaget, saya bilang saya sudah membayar melalui CS Pinjaman Teman, tapi kata mereka saya sama sekali belum melakukan pembayaran. Saya terus diteror dan diancam. Hampir setiap jam dan setiap hari, saya ditelepon terus.

Lalu saya kirimkan screenshot bukti pembayaran itu, tapi mereka tidak mengaku dan tidak menerimanya, karena itu bukan dari CS Pinjaman Teman. Lucunya saya dapat nomor WA dari CS Pinjaman Teman dan dibalas oleh email CS Pinjaman Teman dan yang menyuruh juga CS-nya Pinjaman Teman, tapi mereka tidak mengakuinya. Aneh, padahal infonya kirim melalui email yang tertera di platform Pinjaman Teman dan disuruh hubungi CS-nya.

Dengan pengakuan mereka, lalu saya membuat laporan ke kepolisian atas kasus penipuan dari aplikasi pinjol Pinjaman Teman. Walaupun saya sudah membuat laporan ke kepolisian, mereka tetap meneror dan mengancam saya.

Kepada para pembaca, harap waspada dengan penipuan pinjol Pinjaman Teman ini. Karena di aplikasi ini ada tersedia aplikasi lainnya dan sudah banyak masyarakat terjebak. Sebelum men-download lebih baik baca dulu ulasan di platform-nya karena pinjol ini illegal dan tidak terdaftar di OJK.

Zulhendry
Bengkalis, Riau

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Saya pun kena kasus sama dengan pinjol yang sama. Di bawa santai aja. Di wa abaikan, Di telp ga di angkat, Di ancam ini itu anggap angin lalu.

  • No. HP dari pinjol Pinjaman teman ini kalo saya hitung no HP nya yang sudah saya block mencapai 327 no HP....?????selalu beda setiap di telpon atau di WA ..

    • @Abnes
      Kalau pinjol legal itu cuma satu aplikasinya tidak beranak-pinak.
      Tapi umumnya kalau Pinjol Ilegal itu aplikasinya beranak-pinak.

  • "Kepada para pembaca, harap waspada dengan penipuan pinjol Pinjaman Teman ini. Karena di aplikasi ini ada tersedia aplikasi lainnya dan sudah banyak masyarakat terjebak. Sebelum men-download lebih baik baca dulu ulasan di platform-nya karena pinjol ini illegal dan tidak terdaftar di OJK."

    Sebelumnya terima kasih pada TS atas informasinya
    Selanjutnya hanya ingin bertanya, selama ini TS kemana aja? Lagu lama kaset kusut ini mah.. udah banyak yg kena dengan style kyk gini.. harusnya udah jauh2 dari pinjol kayak begini.. tinggal ketik search di google "list pinjol legal 2022", muncul deh.. atau top 10 pinjol legal di indonesia.. juga muncul listnya.. sebenernya gampang banget caranya supaya ga kena tipu style begini..semoga membanth

  • Saya juga kena jebakan bg, saya daftar di ringan pinjam, setelah verikasi berhasil, main transfer aja, tidak ada tandatangan, tidak ada otp, langsung transfer 3 kali, apa yang mesti saya lakukan

  • Terimakasih kasih kepada Saudara tonny.. Terus terang saya sebelumnya meminjam dipinjol baru kali ini.. Di artikel sudah saya tuliskan saya menginstal dan membuka platform nya disana di suruh isi data dan nominal pinjaman... Biasa nya kan kalo minjam ada masa tenor nya dan berapa yg di pinjam dan berapa yg dikirim serta apakah ada persetujuan dari kita.. Yg ini tidak baru mengKLIK besaran pinjaman 800.000 tau nya ada notifikasi SMS masuk dari pinjaman sekitar 485.000 dan jauh dari nominal yg di pinjam dan potongan nya hampir separuh pinjaman.. Itu aja info nya.. Harap maklum.. ??

  • Hapuskan pinjol2 ilegal maupun yg legal di Indonesia, merusak perekonomian rakyat Indonesia, ini adalah serangan dan membahayakan bgi negara kita.

  • Masyarakat butuh perlindungan dari negara! Sblm masyarakat mengadu dan menjadi korban pinjol, udah ckuplah korban2 pinjol, dan hentikan jringan ini sesegera mungkin

  • buat yg uda kena pinjol illegal.
    jgn panik. jgn baca wa2 dan sms mereka.
    klo memungkinkan, buang nomor lama
    yg mst diingat mereka ga pny dc lapangan

    galbaykan aja uda. ga usa pusing