Surat Pembaca

Tarik Tunai BRI di ATM Link, Saldo Terpotong Uang Tidak Keluar

Pada tanggal 05-09-2022, pukul 07:28 saya melakukan tarik tunai di mesin ATM Link Cirrus Alfamart Talagasari, Balaraja karena di dekat tempat saya tinggal agak jauh ke ATM BRI (saya nasabah BRI).

Saya melakukan tarik tunai sebesar 2.500.000. Setelah saya tunggu mesin ATM tidak mengeluarkan uang dan juga struk tidak ada. Saya terus saya melakukan cek saldo dan saldo sudah terpotong. Saya penasaran setelah beberapa menit menunggu uang keluar.

Saya mencoba kembali tarik tunai lagi sebesar 200.000, tapi di layar ATM keluar tulisan “mesin ATM tidak dapat mengeluarkan uang”. Saya panik dan langsung menghubungi cs BRI untuk membuat laporan dan disuruh menunggu 14 hari kerja.

Setelah saya menunggu, BRI mengirim sms yang isinya “Yth. Nasabah BRI kami informasikan pengaduan Bpk/ibu no 41813264, berdasarkan penelitian kami, transaksi tsb normal atau sukses. terima kasih”.

Saya kaget kenapa bisa sukses sedangkan saya sama sekali tidak menerima uang tersebut. Lalu saya menghubungi cs BRI lagi dan menyampaikan kepada cs bahwa saya menerima sms begitu dari BRI. Mereka mengatakan saya harus mendatangi kantor cabang terdekat untuk melihat rekaman cctv.

Akhirnya saya mendatangi kantor cabang Balaraja. Setelah antre 4 jam lamanya akhirnya saya bisa menemui CS-nya. Dan saya sampaikan laporan saya dan mengatakan ingin melihat rekaman cctv itu. Mereka menjawab “Susah bu kalau mau lihat rekaman CCTV karena mesin ATM-nya bukan mesin ATM BRI. Dan kalau bisa juga harus dengan kepolisian”.

Saya terkejut kenapa pihak BRI tidak bisa menyelesaikan masalah CCTV ini untuk bukti. Akhirnya cs BRI Kantor cabang Balaraja membuatkan laporan tertulis lagi dan saya diminta menunggu 14 hari kerja lagi.

Sampai kapan lagi harus menunggu? Untuk BANK BRI jangan mempersulit nasabah. kalian selalu menghimbau kami agar tetap hati-hati dan waspada terhadap penipuan  dan kami pun menuruti meningkatkan kewaspadaan itu, tapi kalau seperti ini waspada itu hanya sia-sia belaka.

Terima kasih.

Ruskini
Kuningan, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan PT Bank Rakyat Indonesia Atas Surat Ibu Ruskini

Sebelumnya kami menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada Bank BRI dan mohon maaf atas ketidaknyamanan yang Ibu...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Saya semalam sore juga mengalami hal yang sama, pengambilan dana di ATM BRI sebesar 1.200.000, struk dari mesin keluar tetapi uang ny tidak kluar dan saldonya berkurang. sudah menghubungi CS bank BRI dan sudah membuat laporannya, semoga secepatnya diproses oleh pihak bank BRI

  • Saya kemarin siang tanggal 16 november 2022 melakukan penarikan di CIMB Niaga menggunakan kartu BRI sebesar 3 juta tapi uang gak keluar, saldo terpotong..
    saya sudah melalukan pegaduan dan sudah mendapatkan no pengaduan nya.. Sampai hari ini saya cek belum kembali uangnya.. Smoga bisa secepatkan uangnya kembali

  • Saya juga mengalami hal yang sama min pagi ini, Penarikan melalui ATM mandiri link. Status di ATM transaksi tidak dapat diproses , tapi saldo tabungan saya terpotong.
    Saya sudah membuat laporan pengaduan melalui aplikasi Brimo. Mohon di follow up min

    • Terima Kasih Bank BRI, Uang saya sudah di kembalikan ke saldo penarikan yg lalu gagal..Sukses Slalu untuk Bank BRI..Terima kasih media konsumen?

    • Hari ini tanggal 1 desember 2022 saya juga mengalami gagal tarik tunai di bank bri dengan nominal 2.500.000. Padahal uangnya untuk kebutuhan bulan ini ?. Sudah lapor CS. Semoga cepat diproses

  • saya juga ngalamin gagal tarik tunai saldo kepotong dari tgl 5 des sampe sekarang belum ada kejelasan, udah wa dm email tp katanya masih dalam proses maks 14 hari kerja. tp saya pernah ngalamin bank mandiri kejadian nya persis kayak gitu proses cepet uang saya kembali.

  • Saya gagal tarik tunai tgl 5 januari, uang tidak keluar, saldo berkurang. Padahal uang titipan orang. Sudah lapor ke call center dan sedang diproses, mudah mudahan kembali secepatnya.

  • Ternyata banyak yang ngalami.. pagi tadi perssis kejadian menimpa saya.. mau ambil rek BRI tapi melalui ATM mandiri Link... sebesar 500rb... di layar atm muncul keterangan transaksi tidak dapat diproses namun...uang tidak keluar... dan saldo terdebet... datang ke kancab terdekat...disuruh lapor via BRIMO.... gini amat Bank plat merah ya...

  • Saya juga mengalami hal yang sama, tarik tunai 300 rb, atm proses lama, dan di mesin ada tulisan atm tidak bisa memproses silahkan cek saldo, dan hasilnya saldo saya berkurang. Sudah lapor ke bank terdekat, dan disuruh untuk melaporkan lewat brimo. Semoga bisa kembali.

    Sejauh ini dari beberapa bank yg saya gunakan, yang sering mengalami trouble hanya BRI, loading untuk mesin atmnya sering lama

  • Saya juga sama mengalamai hal ini ... tarik tunai pada hari Rabu, 15 Maret 2023 di ATM bersama milik bank mandiri sebesar 1.000.000 pada pukul 16.30 tapi tiba tiba ditengah tengah proses lampu padam/ATM mati dan uang tidak keluar, saya konfirmasi ke pegawai mandiri uang tidak akan keluar tapi apa yang terjadi SALDO SAYA TERPOTONG sebesar 1.000.000 dan saya disarankan membuat laporan ke bank BRI, saya sudah hubungi call center, cs bri, email instagram ditanggal itu juga katanya katanya sedang diproses terus. tapi sampai hari ini belum ada pengembalian jawabanya .tolong kembalikan hak saya uang saya. Saya sangat butuh uang tersebut.

    • saya pagi tadi melakukan tarik tunai di ATM bersama. . .tapi uang nya tidak keluar dan struknya pun tidak ada. . .kemudian saya buka mbangking saya ternyata saldo sudah terpotong dan saya langsung laporan ke call center BNI dengan nomor laporan ini 2-00014083863. . .mohon dibantu untuk segera dikemblikan . ..uang untuk biaya hidup sehari" ??

  • Pak Sammy Saya juga sama mengalami kejadian serupa, di ATM BRI depan RS Santoyusuf Bdg (TID: 630140) hari Sabtu, Tgl. 8 Juli 2023. Melakukan tarik tunai sebesar Rp 500.000,- pada kisaran pukul 10.00 - 11.00 di monitor transaksi berhasil dan uang bisa diambil tapi tidak ada uang yang keluar, saya panggil satpam rs dan coba tarik tunai lagi sebesar Rp 100.000,- depan satpam agar tau bahwa ATM di lokasi tsb error, tapi ternyata uang keluar, sehingga saya mencoba melakukan transaksi kembali sebesar Rp 100.000,- dan kembali keluar, tapi transaksi pertama sebesar Rp 500.000,- tidak keluar walau SALDO saya di Debet . Karena kesibukan saya mengurus anak sakit, saya baru melapor ke BRI Cabang Perguruan Tinggi di Jatinangor di mana di Bank BRI tersebut saya menjadi nasabahnya. Tgl. 17/07/2023. Tapi di sana saya disarankan menghubungi call center, bri. Sehingga saya pun melaporkan kejadiannya di tanggal tersebut dgn no laporan: 4688-3891. Untuk itu saya berharap pihak BRI atau pak Sammy dapat membantu saya mempercepat proses pengembalian dana saya yang sudah terpotong, sehubungan dananya akan saya pergunakan untuk tambahan biaya perawatan. Terima kasih, sebelumnya.