Batal Order Ternyata Tidak Bisa di Jakmall.com

Singkat cerita, saya minta pembatalan pesanan dalam waktu yang tidak terlalu lama saat setelah pembayaran. Lalu saya menghubungi penjual lewat menu pesan, dan juga menghubungi Customer Service Jakmall lewat email, dan dapat respons:

“Order yang sudah masuk dan telah terverifikasi pembayaran tidak bisa dibatalkan, silahkan hubungi Penjual untuk koordinasi pembatalan, namun keputusan tetap pada pihak penjual” sesuai snk https://www.jakmall.com/terms Bagian pembelian point 13.

Setelah +- 5 jam, penjual baru membalas pesan saya dan menginformasikan “Untuk pesanan yang sudah masuk sistem tidak bisa di-cancel/diubah”. Ternyata berbeda ya dengan penjelasan Support Jakmall dan tidak sesuai. Padahal pernah saya order ada salah satu barang yang kosong, lalu diubah oleh Penjual/Jakmall.

Link syarat dan ketentuan, penjelasan support Jakmall

Lalu pesanan saya di-update, berarti bisa diubah. Dalam hal ini penjual berbohong? Karena jika penjual tidak mau membatalkan tinggal diinfokan tidak bisa dibatalkan, bukan malah menyalahkan sistem.

Informasi bahwa tidak bisa dibatalkan karena sistem

Setelah beberapa lama diskusi, ternyata penjual menginformasikan kembali, bahwa pesanan tidak bisa batal karena pesanan sudah diserah terimakan ke ekspedisi, ini hal berbeda lagi.

Harusnya tim Support Jakmall info saja jika pesanan yang sudah berhasil dibayar tidak bisa dibatalkan, tanpa harus koordinasi lagi dengan penjual, toh penjual juga bilang tidak bisa karena sistem.

Dan untuk penjual jika memang sistem, ya sudah, tidak usah bilang “Barang sudah diserahterimakan ke ekspedisi”, jadi muncul kecurigaan lainnya. Ini karena sistem, karena sudah di ekspedisi, atau memang tidak bisa, atau tidak mau untuk membatalkan, atau mungkin karena pengiriman oleh “PICK N GO“?

Jika sudah di ekspedisi tidak bisa dibatalkan seharusnya sewaktu proses bisa dibatalkan, sesuai informasi support Jakmall

Yang saya tahu jika pengiriman dari sana pasti dari Penjual (Jakmall, Jakarta Notebook), hanya nama seller saja berbeda, tetapi Label SKU, stiker hologram sama semua, kecuali Penjual yang kirim sendiri, itu pasti beda.

Kesimpulan, harusnya ada pilihan batal, dan ada jeda waktu sehingga konsumen ada pilihan untuk membatalkan pesanan sampai waktu yang ditentukan/diproses.

Artikel ini saya buat karena saya merasa aneh, dan terkesan saling melempar tanggung jawab antara Penjual dan Jakmall. Semoga jadi perbaikan, demi kejelasan informasi dan kenyamanan konsumen.

Terima kasih.

Ferdianto
Kab. Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Jakmall.com atas Surat Bapak Ferdianto

Dengan Hormat, Sehubungan dengan dimuatnya Surat Pembaca di MediaKonsumen.com yang ditulis oleh Bapak Ferdianto pada tanggal 28 September 2022 berjudul...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Kalau pickNgo di Jakmall setahu saya barang sudah di titipkan (di stock) di gudangnya Jakmall, jadi pengiriman langsung dari gudangnya Jakmall jadi hemat ongkirnya kalau belanja dari beberapa seller yang sudah pickngo.

  • Saya belanja aman nyaman aja tuh malah hemat ongkir lagi belanja banyak kirim pake ojek hijo instant cepat sampai, saya jg bisa cepat kirim ke pelanggan saya lagi.

    • saya juga aman2 aja sih, cuma ya itu, info CS bs di koordinasiin, tergantung seller, kalo seller emang gk mau di batal ya blg aja gak mau, gak usah bilang udah gak bisa karena sistem, setelah itu, bilang nya beda lagi setelah udah di kurir, bilangnya kalo udah serah terima di kurir ya gak bisa (kalo ini masuk akal), berarti pas proses sebelum di serah terima kurir harusnya bisa kan, tggl tergantung mau apa gak.