Surat Pembaca

Transfer dari BNI ke SeaBank, Saldo Pengirim Terpotong tapi Uang Belum Saya Terima

Yth. Pembaca Media Konsumen, Pihak Bank BNI, dan Pihak SeaBank,

Pada tanggal 25 September 2022 pukul 08:57 WIB, saya mengajukan refund ke salah satu seller handphone dengan nominal Rp13.500.000. Refund tersebut disetujui dan seller telah melakukan transfer melalui BNI dengan nomor referensi 202209250902234704, waktu transaksi 09:02:25 WIB.

Rekening tujuan adalah SeaBank milik saya. Namun ketika saya lakukan pengecekan, ternyata uang belum masuk. Seller mengirimkan bukti transaksi dan mutasi, berikut tangkapan layar percakapan dan bukti transfer yang dikirimkan:

Dari kejadian tersebut saya langsung menghubungi SeaBank. Namun hasilnya nihil, karena pihak penerima hanya bersifat pasif.

Kemudian saya mencoba menghubungi CS BNI melalui Twitter dan WhatsApp Business selaku pihak pengirim. Namun harus menunggu selama 5 hari kerja dengan nomor pengaduan: 2-00009743845 dan 2-00009744144.

Saya harap permasalahan ini dapat segera selesai karena uang tersebut akan saya gunakan untuk kebutuhan lainnya. Terima kasih. 🙂

Muhammad Nur Arif
Kudus, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Penjelasan BNI Tentang Transfer dari BNI ke SeaBank, Saldo Pengirim Terpotong tapi Uang Belum Saya Terima

Menanggapi keluhan Bapak Muhammad Haryoko di media online www.mediakonsumen.com pada tanggal 27 September 2022 dengan judul “Transfer dari BNI ke...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Dalam kasus transaksi antar bank, asas yang dipakai adalah "transaksi dianggap sah dan berhasil bila sudah masuk direkening tujuan". Jadi transaksi transfer dana tersebut bisa dianggap gagal. Jadi pihak pengirim dana lah yang harus melakukan follow up ke bank pengirim. Mintakan saja surat keterangan dari bank pengirim bahwa transaksi tersebut sukses terkirim. Dari surat tersebut barulah pihak bank penerima bisa melakukan pelacakan dimana pendingnya dana tersebut di internal sistem mereka.

    • Persis sama seperti yang saya alami hari ini, transfer dari seabank ke bni. Dari jam 8 pagi sampe detik ini belum masuk padahal saldo sudah terpotong sudah hubungi keduanya dan seabank meminta saya untuk menunggu 1x24 jam padahal duit mau di pake 😔😔. Dan coba transfer lagi yg kedua kalinya dari seabank ke bni dengan nominal kecil masuk yg agak gede belum masuk2.

  • Pernah seperti ini. Biasanya statusnya bisa return atau rejected. Kalau return butuh waktu 14 hari kerja untuk balik.

    Coba difollowup ke bank pengirim lagi untuk statusnya. Kalau sukses, berarti bola ada di Seabank