Masalah Pembayaran Tambah Daya PLN Menggunakan GoPay

Pada hari Sabtu, 24 September 2022, saya mengajukan penambahan daya listrik rumah saya melalui PLN Mobile, menggunakan metode pembayaran GoPay. Setelah konfirmasi pembayaran selesai, aplikasi PLN Mobile saya terus not responding, tanpa keterangan apa pun.

Beberapa lama kemudian, saya cek saldo GoPay saya ternyata sudah terpotong sesuai dengan tagihan yang saya bayar dan juga ada bukti transaksi sudah berhasil. Saya pun mengecek kembali aplikasi PLN Mobile saya dan ternyata statusnya masih menunggu pembayaran.

Saya kemudian melapor ke PLN di nomor telepon 123, untuk menanyakan status pembayaran saya. Setelah terhubung dengan call center PLN, saya disarankan untuk menghubungi pihak Gojek. Karena menurutnya status pembayaran saya belum ada di sisi PLN.

Saya pun lalu menghubungi pihak Gojek dan dijelaskan bahwa transaksi tersebut sudah sukses di sisi mereka dan silakan konfirmasi ke pihak PLN. Untuk kedua kalinya saya pun kembali menelepon PLN dan dikabarkan bahwa akan diproses 1×24 jam (saya menelepon kurang lebih pukul 12:50 WIB) apabila memang saya sudah membayar. Mereka pun menjanjikan paling lambat H+5 pihak PLN akan mendatangi rumah mereka untuk proses tambah daya. Saya pun diinfokan nomor pengaduan saya: 1752330

Selang beberapa lama kemudian saya pun mendapat email dari PLN, yang intinya transaksi saya gagal dan meminta saya untuk mengirim bukti transaksi GoPay saya ke mereka dan juga menginfokan nomor virtual account pembayaran saya. Saya pun membalas email mereka disertai bukti transaksi. Mengenai nomor virtual account yang mereka minta juga, saya tidak memberikan karena tidak ada nomor yang mereka minta di bukti pembayaran.

Karena tidak ada kabar dan email saya tidak dibalas juga, akhirnya saya menelepon kembali pada hari Minggu siang, setelah lewat dari 1×24 jam seperti janji mereka. Saya menginfokan sudah mengirim email berupa bukti transaksi saya. Namun mereka meminta saya untuk menginfokan 16 digit virtual account. Karena saya tidak tahu nomor virtual account, saya pun menelepon pihak Gojek untuk menanyakan nomor virtual account dari transaksi saya.

Informasi dari pihak Gojek, bahwa transaksi saya memang tidak ada nomor virtual account. Saya hanya diminta memberikan bukti sukses transaksi saya ke pihak PLN. Mereka memastikan transaksi saya sudah berhasil. Mereka hanya bisa memberikan informasi berupa nomor order dan ID transaksi saja (yang memang sudah ada di bukti transaksi yang saya terima).

Saya lalu menghubungi PLN kembali dan menegaskan bahwa dari pihak Gojek tidak ada nomor virtual account. Pihak call center PLN menjanjikan akan meneruskan laporan saya ke pihak terkait sesegera mungkin. Saya juga meminta mereka menyelesaikan laporan saya pada hari itu juga (Minggu, 25 September 2022), dikarenakan sudah lewat dari yang mereka janjikan pada hari sebelumnya.

Setelah saya menunggu hingga keesokan harinya, yaitu hari Senin, tidak ada balasan email maupun info dari mereka. Akhirnya saya menelepon kembali call center PLN. Pada kesempatan itu saya sudah panjang lebar menjelaskan kronologi hingga janji-janji mereka akan menyelesaikan laporan saya sesegera mungkin. Saya pun disuruh menunggu kembali dan seperti jawaban-jawaban sebelumnya, bahwa laporan saya akan diprioritaskan.

Keesokan harinya pada hari Selasa, tanggal 27 September 2022, saya menelepon kembali PLN dan saya kembali ditanyakan perihal nomor virtual account. Dengan rada jengkel akhirnya saya menagih janji mereka untuk menyelesaikan laporan saya dan mereka hanya menjawab sesegera mungkin menyelesaikan laporan saya. Hal inilah yang memutuskan saya untuk membuat laporan ke Media Konsumen, karena semakin kesini, mereka tidak bisa menjawab sampai kapan laporan saya diproses.

Melalui ini saya ingin menanyakan beberapa pertanyaan khususnya kepada pihak PLN:

  1. Bagaimana nasib uang saya yang sudah terpotong tetapi status masih dalam proses pembayaran?
  2. Mengenai nomor virtual account, apakah sangat diharuskan untuk diinfokan? Padahal dari pihak Gojek sendiri mengatakan tidak ada virtual account.

Akhir kata saya ingin sekali proses pembayaran saya disegerakan mengingat batas waktu program promo penambahan daya listrik akan berakhir sebentar lagi. Saya tidak ingin dana yang sudah terpotong dikembalikan ke saldo GoPay saya, yang mengakibatkan saya harus mengulang kembali transaksi saya (itu pun kalau laporan saya selesai sebelum hari Jumat nanti).

Tolong agar pihak PLN dan juga Gojek untuk berkoordinasi kembali mengenai virtual account, sehingga tidak ada lagi yang senasib dengan saya yang dilempar ke sana ke sini dalam membuat laporan.

Fachrudin Arrozy
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini: