Kecewa dengan Layanan Kurir Rekomendasi Tokopedia

Pada tanggal 22 September 2022, saya melakukan pembelian 1 unit hp di Tokopedia. Setelah pembayaran berhasil, saya chat penjual agar bisa dikirim hari itu juga. Saya tidak terlalu perhatian dengan proses pengiriman yang menggunakan kurir rekomendasi. Karena selama checkout di Tokopedia, penjual selalu proses dengan resi reguler. Setelah resi diproses, keluarlah nomor resi: TKP01-K5TD2XF.

Hari itu juga barang dikirim oleh penjual, yang kebetulan kurir rekomendasinya adalah Anteraja. Awal perjalanan paket saya lancar di ekspedisi. Sampai pada tanggal 24 September 2022 pukul 00.02, paket saya berhenti di sorting center Jakarta Barat. Dari situ paket saya tidak bergerak sampai sekarang.

Saya sengaja menunggu kemungkinan resi akan update, ternyata sampai tanggal 25 paket saya tidak berubah posisinya, tetap di sorting center Jakarta Barat. Tanggal 25 malam saya chat penjual untuk minta bantuan follow up ke Anteraja, tetapi penjual sepertinya agak kurang tanggap dengan kendala saya.

Saya pun chat ke service center Tokopedia dan jawabannya disuruh menunggu sampai batas estimasi kedatangan, yaitu tanggal 26 September. Besoknya saya cek lagi resinya, dan posisinya tetap tidak berubah.

Akhirnya saya memutuskan untuk komplain di pusat resolusi Tokopedia. Setelah menunggu beberapa lama, ada balasan bahwa ekspedisi membutuhkan 4 hari kalender untuk investigasi internal. Berarti kalau dihitung dari tanggal 26 September, kita disuruh menunggu sampai tanggal 30 September.

Saya sangat menyayangkan dengan pelayanan Tokopedia yang tidak langsung tanggap dengan kendala saya. Padahal kurir rekomendasi juga bentukan Tokopedia, yang mana jika ada masalah harap langsung menghubungi Tokopedia, katanya begitu.

Perjuangan saya pun tidak berhenti sampai di situ. Saya langsung chat WhatsApp Anteraja, tetapi hanya dibalas oleh robot.

Kemudian komplain saya lanjutkan by phone ke CS Anteraja. Di sana saya diminta untuk menunggu hasil investigasi sampai tanggal 29 September, yang berarti saya tetap disuruh menunggu juga. Terakhir saya email ke Anteraja, dan jawabannya hanya disuruh menunggu tanpa ada estimasi waktu penyelesaian sama sekali, kesannya seperti tidak serius menangani masalah saya.

Sampai hari ini saya menulis surat ke Media Konsumen hasil tracking Anteraja tidak berubah sama sekali. Tetap di sorting center Jakarta Barat. Untuk Anteraja, mohon paket saya segera diproses dan segera dikirimkan ke alamat tujuan. Mengingat paket tersebut nominalnya sangat tinggi bagi saya dan akan segera dipakai adik saya untuk keperluan kuliah. Dan mohon diperbaiki sistemnya agar tidak terjadi kendala seperti ini lagi di kemudian hari.

Untuk Tokopedia mohon ditingkatkan lagi respons pelayanan CS dalam penyelesaian masalah. Untuk kurir rekomendasi juga harap dihapus saja, karena pembeli akhirnya tidak bisa memilih kurir yang efektif pengirimannya di daerah masing-masing.

Terima kasih untuk Media Konsumen yang sudah menjembatani saya untuk mengulas kekecewaan saya dengan pelayanan Anteraja.

Rara Galih Nirwana
Kota Pasuruan, Jawa Timur


Catatan redaksi (diperbarui 2/10/2022): Penulis menyatakan masalah di atas telah diselesaikan dengan baik oleh pihak-pihak terkait.

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Tenangkan diri untungnya belanja di official store otomatis tercover asuransi. Ditunggu saja sampai investigasi internal selesai. Kalau misalkan belum ada tanggapan dari antar aja, tokopedia akan setuju untuk proses klaim asuransi karena sudab melewati SLA yang sudah disepakati.

    • Sama.
      Saya Selaku Penjual Udah Ada Beberapa yg Tidak Update Kurir Rekomendasinya.
      Yang Pick up Sicepat tp yg Kirim JNE.
      Anehnya Semua Orderan Tersebut Sampai Sekarang Tidak Update, Tetap di Jakarta. Total Sudah Ada Lebih Dari 5 Orderan Begitu Semua. Belum Lagi yg di Pick Up Sicepat di Kirim Lion Parcel, sm aja Bgtu jg.
      Lebih Baik Tidak Usah Adanya Kurir Rekomendasi Dari Pada Lama Sampai Tujuan Bahkan Tidak Jelas Kapan Sampai Tujuan.

    • Bukannya mau membela pihak manapun.. Sebaiknya kalau barangnya mahal lebih baik pakai layanan instan atau sameday..

        • Oalah.. Kalau gitu ya layanan semalam sampai kali ya Kak biar cepat, sebab daripada hilang atau rusak di jalan lebih pusing lagi proses komplainnya..

    • Betul kak, alangkah baiknya memang menunggu investigasi Tokopedia selesai. Alhamdulillah kasusnya sudah terselesaikan dg baik oleh Tokopedia dg klaim asuransi.

      • kejadian juga saya alami saat ini,..saya pesan barang Ipad Air 5 dengan waktu pengiriman akan tiba di solo pada rentang 26-27 Sept 2022 kemarin dengan kurir rekomendasi Tokpe*, cukup sabar menunggu sambil pantau tracking resi yang tidak kunjung update,.dan pada akhirnya saya memutuskan untuk menanyakan kepada Toko penjual untuk minta bantu follow up, selang sehari saya menanyakan kembali kepastian barang kapan akan tiba dan penjual mencoba mengarahkan untuk komplain saja terkait barang tersebut ke Tokpe*, akhirnya saya memutuskan untuk komplain..dengan waktu tunggu 4 hari terhitung pengajuan komplain saya pada 30 September 2022, dan hari ini masih menunggu pihak Tokpe* dalam penyelesaian masalah ini,..cukup kecewa dengan pelayanan kurir rekomendasi dan harapannya dapat memperbaiki sistem pengiriman tersebut agar kehilangan/miss produk dapat di antisipasi

    • Alhamdulillah kasusnya sudah diselesaikan oleh Tokopedia kak, barang saya dinyatakan hilang & dana saya sudah direfund 100% oleh Tokopedia.

    • Saya sbg seller aja mematikan layanan kurir rekomendasi, pickup lama. Dan sejauh yg saya baca banyak problem jg.

  • Anteraja dan sicepat, pengiriman rekomendasi dari tokopedia banyak keluhan. Menurut saya tokopedianya cukup baik untuk berbelanja, tetapi disaat dihadapkan pada pengiriman anteraja dan sicepat, pembeli berfikir 2 kali untuk membeli, mau gunakan J&T atau JNE di tokopedia tidak rekomendasi untuk bebas ongkir, bahkan tidak ada saat chek out. Pada hal J&T dan JNE pengiriman yg bagus.
    TAPI,, kenapa yah tokopedia tidak rekomendasikan kedua expedisi itu, lebih fokus pada anteraja dan sicepat, pada hal kedua expedisi itu menurut saya expedisi terburuk dalam menangani paket kiriman, kalau bukan lama yah hilang atau retur tidak jelas....

    • @Fadel Indra
      Karena kata "rekomendasi" disitu adalah bahasa halus marketing. Artinya ada ekspedisi yang sedang terpuruk dan ingin mendongkrak kembali reputasi (tetapi tidak mau meningkatkan kinerja internal).

      Untuk ekspedisi yang kinerja dan layanannya sudah bagus, tidak ada alasan untuk menjalin deal bisnis dengan marketplace lewat "program rekomendasi blah blah".

      Disini dibutuhkan kejelian dan pengalaman dari buyer. Buyer cerdas yang puas dengan ekspedisi tertentu tidak akan terbujuk dengan iming-iming rekomendasi atau apalah. TS adalah salah satu contoh buyer yang kurang jeli dengan tidak melakukan cek dan recek sebelum checkout, atau tergiur program ini-itu.

      • Ts tidak bisa disalahkan karena waktu itu dia pasti pilih free ongkir yg sudah diacak kurirnya oleh toped yg kebetulan dapat kurir rekomendasi disini letak busuknya toped sudah tahu kurir rekomendasi banyak masalah masih aja dipakai barang yang harusnya dikirim oleh satu kurir harus dilempar lagi ke kurir lain saya juga pernah punya pengalaman kurang baik dengan kurir rekomendasi

  • Saya juga sedang belanja pakai kurir rekomendasi Tokopedia, dan kurir perngirimannya berganti dari SiCepat ke Anteraja. Yang jadi masalah adalah resi yang dari Tokopedia tidak bisa ditrack di Anteraja, hanya bisa ditrack lewat Tokopedia saja.
    Andaikan di Tokopedia juga memberikan info pergantian resi sesuai dengan jasa kurir yang sedang berjalan, pasti lebih baik.

  • Untuk Tokopedia mohon ditingkatkan lagi respons pelayanan CS dalam penyelesaian masalah. Untuk kurir rekomendasi juga harap dihapus saja, karena pembeli akhirnya tidak bisa memilih kurir yang efektif pengirimannya di daerah masing-masing.

    kurir rekomendasi itu kan termasuk free ongkir ya artinya tetap saja meski dihapus pembeli tidak bisa pilih kurir yang dikehendaki kecuali bayar ongkirnya..

    ini murni ada kendala di Anteraja bukan kendala di fitur kurir rekomendasinya. kemungkinan besar paketnya hilang.

    dan sekedar info sekarang JNE sudah termasuk kurir free ongkir bersama dengan Sicepat dan Anteraja

  • Iya, memang betul parah ini Kurir Rekomendasi nya Tokopedia, sama sekali tidak recomended! lebih baik tidak pakai fitur ini, pakai kurir pengiriman biasa saja.
    Paket pesanan saya juga perlu 2 hari - ya, 2 hari!! - buat hanya pindah dari SiCepat sebagai pickup ke JNE sebagai pengirim, dan di kota yang sama!
    tracking nya juga sangat ga update, lebih baik pilih kurir biasa saja.

    • Sama.
      Saya Selaku Penjual Udah Ada Beberapa yg Tidak Update Kurir Rekomendasinya.
      Yang Pick up Sicepat tp yg Kirim JNE.
      Anehnya Semua Orderan Tersebut Sampai Sekarang Tidak Update, Tetap di Jakarta. Total Sudah Ada Lebih Dari 5 Orderan Begitu Semua. Belum Lagi yg di Pick Up Sicepat di Kirim Lion Parcel, sm aja Bgtu jg.
      Lebih Baik Tidak Usah Adanya Kurir Rekomendasi Dari Pada Lama Sampai Tujuan Bahkan Tidak Jelas Kapan Sampai Tujuan.

    • Pengalaman saya kemarin juga gitu pas pake kurir rekomendasi,barang dikirim tgl 20 nyampe nya tgl 28 , dari bogor ke bandung

  • Sebagai seller, saya ngga centang pilihan kurir rekomendasi... (tapi kudu cek berkala, kadang tau2 bisa ON sendirinya). Tujuan nya ya biar ngga ribet begini, bisa seenaknya berganti ekspedisi di tengah proses, kendala tracking dan kalau stuck/hilang, bisa2 saling lempar tanggung jawab antara yg satu dgn laennya. Tapi fitur bebas ongkirnya tetap aktif krn layanan anteraja dan sicepatnya tercentang. Banyak keluhan yg saya baca di media ini ttg layanan mereka, namun sekian lama saya ngga pernah ada kendala berarti, paling sesekali aja sicepat wilayah saya kadang suka ganti kurir baru dan males pickup.

  • Kalau beli handphone di market place manapun saya tidak berani pengiriman reguler, semua tidak bisa di percaya. Kalau tidak instant ya sameday itu pun saya masih was-was. Kurir jaman sekarang yg penting mau di gaji kecil, antitude no sekian

    • Saya beli di Shopee menggunakan kurir J&T, Shopee Xpress dan JNE oke oke oke saja. Malah cuma 3 hari dari Jakarta Utara/Tangerang/Bekasi ke Jawa Timur 👍👍👍
      Khawatir belanja di Tokopedia

    • Saya beli di Shopee menggunakan kurir J&T, Shopee Xpress dan JNE oke oke oke saja. Malah cuma 3 hari dari Jakarta Utara/Tangerang/Bekasi ke Jawa Timur 👍👍👍
      Khawatir belanja di Tokopedia.

  • Ini contoh buyer tidak pakai akal. Beli HP untuk keperluan mendesak di toko online. Sudah tahu ribet, bnyak proses dan buang2 waktu nunggu barang . Knapa gak beli di toko conter hp langsung saja. Datang, bayar, ambil. Selesai.

    • Sepertinya anda menyalahkan buyer. Pintarlah dikit bang, jangan apa2 disalahkan buyer. Buyer membeli online kan pasti ada pertimbangan, dan anda harus paham, jangan semuanya disamakan dengan kamu.
      Sistem atau kurir harusnya yang perlu pembenahan, biar penjualan online menjadi lebih bagus dan aman.
      Pintarlah berkomentar, jangan keliatan picik.

    • Kalo gue sih punya was kurir yg biasa pickup jd gampang ya tinggal wa. Bilang ini Blum loe pickup ... Hihi. Biasakan itu save no hp kurir ygbiasa pickup loe