Top Up ke Bank Neo Commerce Sukses tapi Status Saldo Aktif Rp. 0,- dan Penyelesaian Kendala Butuh 5-14 Hari Kerja

Kepada Yth. Bank Neo Commerce,

Perkenalkan nama saya Aria pemilik rekening Neo NOW dengan nomor 58594592*****852. Saya melakukan top up pada tanggal 28 September 2022 pukul 07:52 dan 10:06, sebesar Rp1.800.000 dan Rp20.000,  di sini tidak ada masalah status top up sukses dan saldo bertambah.

top up sukses
saldo bertambah

Namun saat saya melakukan transaksi pembayaran dan transfer, setelah memasukkan OTP dan tekan tombol Konfirmasi selalu gagal dengan keterangan saldo tidak cukup, padahal nominal pembayaran dan transaksi di bawah total saldo, saat saya lihat ternyata saldo aktif Rp0. Kok bisa, saldo Aktif Rp0?

saldo anda tidak cukup
nominal transaksi dibawah saldo
ada saldo, tapi saldo aktif Rp. 0,- ?

Karena merasa tidak wajar, saya mengajukan keluhan melalui twitter BNC, laporan pengaduan saya diterima dengan tiket nomor 1328360, dan ternyata masa penyelesaian kendala memakan waktu hingga 5-14 hari kerja.

5-14 hari kerja

Karena perlu diketahui sebelum ini pun saat saya melakukan top up pada bulan Juli 2022 di tanggal yang sama 28. Sempat pula ada masalah, namun saat itu, saya hanya perlu menunggu hingga 2 jam sebelum masalah selesai.

2 jam

Saya mengerti bahwa kemungkinan kendala dan gangguan transaksi itu ada, tapi waktu penyelesaian kendalanya yang saya keluhkan. Saat pertama 2 jam oke, tapi kalau 5-14 hari kerja?  Mengapa harus selama itu memakan waktu hingga 5-14 hari kerja, 2 minggu lebih hari biasa ? ini jelas mengganggu dan menghambat aktivitas transaksi. dan karena hal ini saya jadi mengalami keterlambatan membayar.

Ada apa dengan BNC, saya jadi bertanya tanya apakah sistem BNC ? atau kondisi BNC ? Dan ternyata saat saya melihat surat pembaca dan medsos twitter-nya, ada beberapa yang mengalami keluhan yang serupa.

Dan hingga surat pembaca ini dibuat, saya belum dihubungi oleh pihak BNC. Walaupun saat saya secara aktif terus bertanya kepada BNC baik lewat email dan twitter, jawabannya terkesan template tanpa solusi, sehingga saya terpaksa harus menulis surat pembaca di Media Konsumen ini.

Mohon kiranya untuk BNC agar bisa mempersingkat waktu penyelesaian kendala sehingga tidak terlalu mengganggu aktivitas para pemakai,

Saya ucapkan banyak terima kasih untuk kesempatannya pada mediakonsumen.com. Dan untuk BNC, semoga lebih baik dan lebih stabil ke depannya.

Aria Satia
Kabupaten Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat Tanggapan Bank Neo Commerce atas Keluhan Bapak Aria Satia

Jakarta, 4 Oktober 2022 Dengan hormat, Menanggapi pengaduan dalam Suara Pembaca yang dimuat Mediakonsumen.com dengan judul “Top Up ke Bank...
Baca Selengkapnya

Komentar

    • Salah milih rekening anda, pilih rekening yg biasa kan saldo anda di Neo now kosong, wkwkwk aku juga gitu dulu

      • dua dua nya saldo aktif 0, dan sampai sekarang belum ada tindak lanjut dari BNC, bisa cek di Instagram bankneocommerce ternyata banyak juga yang mengeluh akhir2 ini

  • Saya sendiri pernah mengalami saldo aktif rekening neobank saya Rp0 (nol rupiah). Saya mengetahui saldo aktif saya Rp0 ketika saya mau melakukan transaksi transfer dan mendapati keterangan bahwa saldo tidak mencukupi.

    Setelah saya mengadukan masalah ini, ternyata saldo saya semacam di-hold (ditahan) karena terjadi kesalahan sistem pada transaksi yang saya lakukan beberapa hari sebelumnya.

    Saya pernah melakukan satu kali transaksi transfer uang sejumlah Rp50.000 ke rekening BCA saya dan rekening BCA saya (rekening tujuan) menerima transfer uang dua kali dengan jumlah yang sama dari transaksi tsb. (total uang transfer yang diterima Rp100.000), tetapi di rekening neobank saya hanya terdebit Rp50.000.

    Semua saldo saya aktif kembali setelah neobank meminta izin mendebit rekening neobank saya sejumlah Rp50.000 atas kesalahan sistem tsb.

    • nah ini, harus kan begini, boleh tahu berapa lama waktu yang diperlukan apakah 5-14 hari kerja? karena hingaa saat ini, saya belum dihubungi BNC dan setiap saya tanya baik lewat ig, twitter dan email, jawaban nya selalu sedang proses,
      di ig bnc pun ternyata banyak yang mengalami masalah

      • Untuk kasus ini, saya diminta menunggu 2x24 jam. Kalau kasus lain yang saya alami, seperti transfer gagal saldo terdebit, diperlukan waktu 5–14 hari kerja.

  • COba di-update dulu aplikasinya. BNC sering rilis update, masalahnya terkadang rilis terbaru justru nge-bug. Nanti kalau aplikasi udah lancar, jangan sering-sering update

    • ini saya sampai datang ke kantor BNC terdekat, tapi tetap tidak bisa tarik tunai/transfer atau tutup rekening. harus tunggu pusat yang menghubungi lewat WA, harus bagaimana lagi coba

      • update, setelah dari kantor cabang BNC dan tidak ada hasil karena harus dari pusat, barusan sekitar jam 2 siang, saya dihubungi untuk Video Call Oleh Petugas BNC, oke setelah melewati berbagai macam verifikasi dan pertanyaan, ternyata belum selesai, harus menunggu email terlebih dulu, entah kapan datangnya entah apa isinya..

  • per hari senin tanggal 03 oktober ini jam 21.40, saya dapat pemberitahuan dari message di twitter bahwa akun saya sudah normal kembali dan bisa digunakan untuk bertransaksi, setelah saya coba ternyata benar, maka dengan ini saya nyatakan permasalahan ini selesai dan semoga untu ke depannya BNC lebih baik dan lebih stabil lagi, terima kasih untuk mediakonsumen yang telah menampung aspirasi saya

  • Serem ih, bnyk juga yang kayak gini.
    Perlu diketahui, meng hold dana akumulasi nasabah dalam jumlah banyak sangat penting dilakukan bank meski cuman 1 hari.
    Baik alasannya karena kesalahan sistem atau sengaja di hold, tetap mengerikan.