Surat Pembaca

Akun Shopee Dibatasi karena Tertaut dengan Akun Tidak Dikenal yang Menunggak SPayLater

Salam,

Terima kasih kepada Media Konsumen telah menerbitkan surat pembaca ini. Saya adalah pengguna Shopee, baik sebagai pembeli dan juga pedagang.

Pada tanggal 24 September 2022, saya hendak mengisi saldo iklan pedagang saya, tapi transaksi selalu gagal. Pertama saya mengira bahwa koneksi internet saya bermasalah, tapi setelah saya cek ternyata internet saya baik-baik saja. Akhirnya saya coba cek notifikasi akun Shopee saya dan di situ terdapat notifikasi bahwasanya akun saya dibatasi karena terdapat tunggakan SPayLater.
Yang membuat saya heran adalah, kenapa bisa ada tunggakan SPaylater sedangkan saya tidak menggunakan fitur tersebut?

Akhirnya saya hubungi CS Shopee perihal masalah yang saya alami dengan nomor aduan: 1573731261628203064. Dari jawaban CS dikatakan bahwa akun saya tertaut dengan akun penunggak SPaylater atas nama Qi** Wi*****, sedangkan saya tidak mempunyai kenalan dengan nama tersebut.

Dari situ pihak Shopee meminta saya melampirkan foto kartu keluarga saya. Saya kira bahwa setelah saya melampirkan data kartu keluarga masalah akan selesai dan akun saya akan dibuka kembali. Namun nyatanya sampai sekarang akun saya masih dibatasi.

Ketika saya coba chat kembali CS dari Shopee, jawabannya selalu saya disuruh menunggu sampai 3 hari kerja. Sekarang sudah lebih dari 3 hari kerja, tapi akun saya masih dibatasi. Dan juga di dalam akun pedagang saya masih terdapat saldo penjualan yang ditahan oleh pihak Shopee.

Yang menjadi pertanyaan adalah kenapa bisa platform sebesar Shopee bisa dengan mudah meloloskan seseorang menautkan akun orang lain tanpa melakukan verifikasi terlebih dahulu?

Di sini saya berharap kepada pihak Shopee supaya masalah saya segera diselesaikan, karena saya membutuhkan akun saya sebagai salah satu sumber mata pencaharian saya. Atau kalau memang Shopee mau menonaktifkan akun saya setidaknya kembalikan dahulu saldo penjualan saya.

Mungkin bagi Shopee nominalnya tidak seberapa, tapi bagaimanapun itu adalah hasil jerih payah dan keringat saya.

Terima kasih, wassalamualaikum.

Ananta
Lamongan, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Denger denger shopee emang lagi kelabakan manajemennya, bahkan beberapa shopee luar negeri pun bangkrut, gosip nya dari temen ane yang kerja dimarketplace juga shopee lagi kelabakan gara2 banyak yang gagal bayar shopeepaylater, makanya salah satu opsi biar pada bayar yah yang ada dikontak kita yang nomor nya tercantum ID shopee dan punya limit shopeepaylater dan ke detek gagal bayar yang kena nya yang 1 kontak dengan oknum galbay nya ini. Semoga cepat temu jalan keluar gan

  • Saya juga ada spaylater 500ribu dipake beli kaos kaki 12ribu seminggu kemudian dibayar ga lama saya mao ambil mesin cuci malah gabisa lapor cs bilang ada tungakan gua ss tungakan darimana Cs liat pake mata sampe detik ini spaylater gabisa digunakan anggap aja HANYA PEMANIS ? denger" Dari driver Shopee mao bangkrut biarin saya ga rugi

  • Mereka begitu ,kita juga harus begitu ,ambil aja limitnya ,ngga usah di bayar deh ,biar bangkrut skalian

  • Seharusnya tdk perlu sampai kasih KK. buat apa shopee? pantas saja banyak data bocor dari shopee ini. semoga perlindungan data udah resmi jadi UU. Biar jera itu shopee