Surat Pembaca

Reaktivasi Kartu SIM Indosat Dipaksa Migrasi ke Pasca Bayar 3 Bulan

Pada hari Selasa tanggal 11 Oktober 2022, saya bermaksud untuk reaktivasi SIM card Indosat, karena SIM card yang lama hangus pada bulan September 2022 (kelupaan isi ulang). Namun ternyata saya diwajibkan untuk ganti ke SIM card pasca bayar, minimal selama 3 bulan.

Saya diminta untuk membayar 3 bulan sekaligus di awal, sekitar Rp305 ribuan, yang jelas bikin saya kaget. Karena sangat berbeda dengan provider sebelah, yang hanya membawa KTP/KK dan penggantian kartu sebesar Rp15 ribu.

Saya tanya alasannya apa harus pakai pasca bayar? Dijawab “WAJIB” apabila mau memakai nomor yang sama oleh Gerai Indosat Purwakarta. Padahal saya tidak pernah ada masalah dengan prabayar yang saat ini dipakai. Saya cek semua pilihan paket pasca bayar, akhirnya diinfokan harus membayar/mengikuti program yang 3 bulan sebesar Rp 305 ribu

Form yang saya isi pun merupakan FORMULIR BERLANGGANAN, yang mana saya tidak pernah menginginkan perubahan layanan, hanya untuk reaktivasi kartu saja!

Setelah terpaksa bayar pun, masih harus menunggu 3×24 jam! Jujur saya sebagai pelanggan setia (dari tahun 2008) ini sangat mengecewakan.

Berbeda dengan provider Telkomsel, yang hanya bayar Rp15 ribu untuk pergantian kartu atau reaktivasi. Prosesnya cepat tanpa paksaan ini itu, kartu pun aktif dalam 1×24 jam. Sangat pro konsumen dibandingkan Gerai Indosat IM3.

Bagaimana konsumen betah untuk tetap dengan Anda wahai Indosat? Apalagi ini sangat memberatkan konsumen dengan kewajiban migrasi ke pasca bayar selama 3 bulan!!

Muhammad Zakariyya
Purwakarta, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

    • Masih proses penangangan katanya bro 😱
      Cuma REAKTIF kartu maksanya kebangetan suruh migrasi ke postpaid, saya udah coba untuk reaktif sendiri lewat hp dial *123*89#, tapi hasilnya harus ke gerai, pas dateng ke gerai diWAJIBkan migrasi postpaid 🤔

      • Kalau begitu menu reaktivasi lewat dial *123*89# itu untuk apa ya ? Kalau akhirnya harus ke gerai juga...

        • Yaa begitulah om smuanya melalui prosedur yang belibet, mungkin motonya "klo ada yang ribet ngapain pilih yg simple" 😁😁

      • Halo kak? Sekarang bagaimana sudah bisa aktif nomornya? Kebetulan nomor saya juga hangus tgl 18 Januari 2023 dan tanggal yg sama saya urus di gerai bantul..

        Bayar 405rb tp saya sama sekali tidak dapat formulir seperti kakak itu, ada nota tp juga tanpa cap dan sampai sekarang nomor saya tidak aktif kak..

        • Sudah selesai ka, langsung ada pihak indosat pusat hubungi saya dengan mba Aza, dibantu dengan cepat..dan alhamdulillah nomor balik lagi ke prabayar bukan pascabayar 🙏🏻

          • Tuh kan lagi-lagi akal2an oknum outsourcing provider.
            Nyatanya enggak kan?
            Emang culas tuh oknum ngejer setoran penjualan pasca bayar 😤

            Ini karena masuk ke mediakonsumen. Coba kalau ada user yang enggak tau, Auto dikibulin oknum CS.

          • Langsung di refund ka smuanya tanpa potongan sedikitpun.. pihak gallery minta maaf dll, systemNya yang aneh tuh tlp ke pusat indosat dengan yakin mengatakan bahwa itu hanya sebatas penawaran, tapi dilapangan terjadi pemaksaan.. so ada website seperti media konsumen ini ngebantu banget buat para konsument yang merasa mungkin dirugikan oleh provider/yang lainNya.. yaa mungkin kedepannya akan lebih baik lagi untuk provider" di negara +62 dengan tidak merugikan consumentNya sendiri.

    • Saya Rasa Bukan Hanya INDOSAT.
      Beberapa waktu lalu saya juga mau re-aktivasi nomor GSM di Gerai XL dan diharuskan pindah ke Pascabayar XL Prioritas (Tidak ada pilihan lain, kalo mau nomornya aktif lagi harus pindah ke Pasca Bayar). CMIIW.

  • dulu saya mau aktivin juga kirain SOP ternyata target pendapatan galery 🤣 akhirnya nomor pun hangus dan tak pernah berlangganan indosat 😄

    begitu ya cara indosat memperlakukan loyal customer yang lupa isi pulsa.

    sekarang dikantor wifi, di rumah wifi, emang pasti lupa isi sih karena salah satu provider pasti dinomorduakan

    solusinya pake auto isi pulsa 1 bulan satu kali yang 5000 ditokopedia biar gak lupa isi dapat masa aktif sama masa tenggang pas lah 30hari

    tapi ya dongkol juga kalau dipaksa pascabayar kalau isi pulsa sebulan cuma habis 10-50rb kenapa dipaksa bayar 100rb?

  • Kasus beginian lagi di MK?
    Provider ini lagi?

    Bosan. Basi.

    Cari di MK ini surat pembaca dengan kata kunci "aktivasi indosat" untuk mengetahui solusi apa yang sudah mereka (para korban) dapatkan dari perusahaan ini.

    Kalau nanti korban, bukan pelaku (perusahaan), bikin surat klarifikasi di MK kalau masalahnya sudah terselesaikan dengan baik... BASI.

    • Kalo kaga masuk MK konsumen selalu kalah bro dengan pihak CS gerai, karna mereka berdalihNya hal seperti ini WAJIB migrasi jadi postpaid😔

      • Nanti jangan mau disuruh membuat surat klarifikasi dan meminta maaf. Biar mereka yang klarifikasi sendiri.

    • Menurutku Ya jangan sampai hangus makanya gitu aja kok ribet. Aku juga pakai indosat dan tsel. Apalagi sekarang ada paket masa aktf jadi lebih aman. Aku yg udah lama pakai ya klo gk mau isi pulsa tinggal beli paket masa aktf.

  • kalo kasus anda dan nomornya udah hangus, pastinya perlakuannya beda dan bs jadi udah masuk recycle ! beda kalo ganti kartu karena rusak apa hilang dipaksa pascabayar itu baru salah indosat.

    • @Albert
      Bisa pak di reactivate. Asal isi pulsa 20rb udah bisa idup lagi nomernya. Di galeri isat daan mogot.

      • Nah seperti ini harusnya kita cuma reaktif kartu aja ko suruh migrasi postpaid, saya udah coba untuk reaktif sendiri lewat hp dial *123*89#, tapi hasilnya harus ke gerai, pas dateng ke gerai diWAJIBkan migrasi 🤔

    • InfoNya timpang tindih 🤔
      2x datang ke gerai kita ngbrol kalah Dalih sama CS karna itu kebijakan mutlak(WAJIB), mau ngomong apa lagi klo udah ada kalimat WAJIB 😔 pemaksaan sepihak.

  • sekitar tahun 2012 kartu as telkomselku juga hangus, gatau kenapa hangus, padahal seminggu sebelumnya ada transaksi transfer pulsa yg seharusnya lg masa aktif, kl tenggang pun harusnya 30 hari lagi baru hangus. Kata cs nya hangus krn ga diisi ulang, tp sy balik tanya kenapa sy bisa transfer pulsa? cs ga bs menjawab. ke grapari pun katanya harus ubah jd pascabayar. yaudah lah gausah, relain aja, padahal nomernya cantik. sy menduga ini hanya akal2an telkomsel aja utk merebut paksa nomer2 cantik

  • Tenang aja, ga akan diaktifin kok pasca bayarnya. Mereka cm pengen dibayar aja. Suami soalnya gt jg d Indosat Gallery Pondok Indah setelah jg dikerjain d Gallery Sarinah. Mnt bayar 3 bln blabla supaya nomor tetep sama. Gw tunggu eh ttp aja ga ada perubahan cm diaktifin doang. Kan brengsek emang.

    • Udah ada penangan dari indosat pusat langsung dan sudah selesai dengan solusi yang baik. Mendapatkan refund + kartupun kembali jadi prabayar dan tinggal tunggu kompensasi/hadiah pulsa 25rb rupiah...
      Makasih untuk mba Irbah aza yang langsung contact ke saya menangani problem ini dan semuanya udah clear, makasih untuk website @mediakonsumen yang sudah menyediakan layanan untuk para konsumen yang merasa ada yang dirugikan / kejanggalan.

  • Tenang mas abis ini muncul, biasanya akan ada yang konfirmasi.

    Saya pengguna Im3 juga semoga ga kelupaan isi pulsa dan selalu aktif. Ribet kalo kejadian kaya gini

  • Klo dulu sih nomer yang hangus memang harus ke pascabayar

    Sebenernya enak sih pake pascabayar, ga perlu ribet² isi ulang pulsa ato paket data, tiap bulan tinggal bayar aja ato bisa autodebet rekening

    Tapiiiii, promo² di pasca bayar itu dikiiiiiitttt banget
    Operator kayak lebih manjain pelanggan prabayar
    Padahal khan yg di pascabayar ini ibaratnya sudah pasti lah langganannya