Tarif Ongkir ShopeeFood Kenapa Tidak Naik Sesuai Peraturan Pemerintah?

Saya mendengar kabar waktu itu, pemerintah akan menaikkan tarif ojol, seiring dengan kenaikan BBM, Saya sebagai driver ShopeeFood, merasa senang, karena selama ini tarif ongkir tidak sesuai dengan yang diharapkan driver.

Saya pikir kami juga ojek online (ojol), bedanya kami tidak bawa penumpang, cuma bawa makanan/paket barang saja. Namun untuk mobilitas, kami juga pakai bensin, sama seperti ojol yang lain. Kenapa dari pemerintah juga mengabaikan kami? Tidak memperjuangkan nasib kami dan sepertinya kami diabaikan.

Kami menuntut hak kami, tolong dari pihak Shopee menaikkan tarif ongkir driver. Buat kami ongkir Rp6.400 terlalu kecil! Kami butuh ongkir dinaikkan! Tolong untuk driver ShopeeFood yang lain, perjuangkan nasib kalian! Kami juga butuh tarif ongkir dinaikkan  seperti Gojek, Grab, dan Maxim, karena kami juga sama-sama driver ojol.

Mochamad Zainuri
Malang, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

53 komentar untuk “Tarif Ongkir ShopeeFood Kenapa Tidak Naik Sesuai Peraturan Pemerintah?

  • 14 Oktober 2022 - (07:40 WIB)
    Permalink

    Bersyukur lah atas rezeki yg bapak terima,karena kenaikan tarip grab,sy sudah mulai kurangi belanja makanan via grab food,karena mahal biaya ongkirnya.kalau bapak ingin tarip di naikan tapi tidak ada yg pesan lagi,kan malah lebih sedih,lebih baik disyukuri aja dulu.maaf sekedar kasih saran

    10
    15
    • 15 Oktober 2022 - (12:04 WIB)
      Permalink

      Coba anda bayangkan posisi anda sebagai driver, tdk segampang cari kerja lain seperti kata anda

    • 15 Oktober 2022 - (19:02 WIB)
      Permalink

      Aplikator udh pasti fokus bgmna caranya konsumen pada loyal Krn aplikator pasti tau yg nmanya konsumen pasti pengen yg ongkos murah/bahkan gratis ongkir.klo Untuk driver udh yg no.sekian dah.klo ongkir naik pasti plnggan pada lbur,ujung”nya orderan anyep

  • 14 Oktober 2022 - (08:01 WIB)
    Permalink

    lha drivernya aja berlomba lomba menjila bonus mati matian, sampai oprek fake gps mana yg paling sakti dan ampuh..

    beranikan offbid jika memang menolak, jangan tiap hari on sampai tupo.

    aneh kan, pas gojek dan grab turun mreka ikut ikutan turunin tarif pendapatan driver,

    pas gojek dan grab udah naik drastis kok sopee tetep 6400 gak balek naik dengan dalih mreka kurir bukan ojol

    trus ngapain kemaren pas ojol turun kok sopee ikut turun. akal akalan perusahaan doang mah itu !!!

    12
    2
  • 14 Oktober 2022 - (08:12 WIB)
    Permalink

    Apa yang bikin males order makanan online? Harga ,kualitas, kuantitas tidak sesuai meskipun udah dijejelin promo pas makanan sampai kok masih kemahalan yah?

    Mumpung orang belum pada sadar beli langsung sendiri atau masak sendiri jauh lebih murah, jalani aja ?sambil banting setir pekerjaan atau bisnis lain ?

  • 14 Oktober 2022 - (09:11 WIB)
    Permalink

    Dengan tarif sekarang aja, banyak driver shopeefood yang ngeluh sepi orderan.
    Karena dari sisi konsumen, harga di shopee lebih mahal dari gojek / grab.
    Gratis ongkirnya cuma 2 ribu, biaya layanannya 5 ribu, diskonnya cuma gimmick, harga makanan di up 2x lipat sama resto.
    Kalau tarif ongkirnya naik, yakin tuh masih dapet orderan? Sekarang aja yang sering beli food online pada lebih milih beli di gojek / grab. Hehehehe.

    15
    1
      • 16 Oktober 2022 - (02:23 WIB)
        Permalink

        Dulu dan sekarang itu beda.
        Dulu ongkir di jabdoetabek malah 12k, driver terima 9600 ya tetap rame karena potongan ongkirnya masih gede, bahkan gratis.
        Sekarang cuma dipotong 2k doang.
        Coba kamu sesekali jajan lah di ShopeeFood, rasain sendiri jajan disitu. Worth it atau ngga. Tuh dibawah udah banyak konsumen yang bilang lebih mahal, karena memang faktanya demikian.

  • 14 Oktober 2022 - (10:41 WIB)
    Permalink

    Saya kalo ga terpaksa sekali, gamau beli di go/grab/shopee food. Mending beli langsung kecuali udah tau harga aslinya dan kalo promo bisa lebih murah mungkin beli. Harganya naik 2x lipat, belum lagi ga bisa liat resto/gerobak kaki limanya langsung.

  • 14 Oktober 2022 - (12:17 WIB)
    Permalink

    Sebenarnya kalau ada resto yang up harga sampai 2X dari harga asli ya kebangetan. Potongan terbesar kalau Shopee 40an %. Itu udah yang resto diskon 60%. Yang paling gede promonya.
    Kalau Grab ada yang lebih 40% , resto prioritas. Itu juga ga sampai 50% potongannya.
    Tetap saya harapkan naik ongkos untuk drivernya Shopee, ya seharusnya memang naik seperti Grab Gojek. Tapi tahu sendiri Shopee seperti apa ?

    • 15 Oktober 2022 - (15:42 WIB)
      Permalink

      Kebanyakan alibi gak liat pengorbanan driver dijalan seperti apa, shopee bisa sukses karena gotong royong g bakal bisa sukses klo jalan sendiri

  • 14 Oktober 2022 - (12:26 WIB)
    Permalink

    sy sebagai konsumen shopeefood, 2-3 bulan yg lalu masih menguntungkan, promo free ongkir & diskon nya menarik. Mulai bulan ini aja sy udah ngerem order food online. Karena ongkirnya mahal & ada biaya layanan segala, promo pun dipangkas, yg kalo ditotal2 jd mahal ketimbang beli langsung di restonya. Apalagi ongkirnya mau dinaikin? ya makin sepi deh. buat apa kalo ongkos gede tp pemakainya tidak ada?

    6
    1
    • 14 Oktober 2022 - (13:42 WIB)
      Permalink

      @Herwin “buat apa kalo ongkos gede tp pemakainya tidak ada?” Bener bangts, ya klo di rasa emng ongkir atau tarifnya kecil dan orderan sepi kenapa gak cari kerjaan yg laen aja ? Hidup itu pilihan lohh.. simpel sihh mau bgtu gtu aja atau berubah ?

      • 15 Oktober 2022 - (12:53 WIB)
        Permalink

        Coba anda bayangkan posisi anda sebagai driver, tdk segampang cari kerja lain seperti kata anda

  • 14 Oktober 2022 - (16:12 WIB)
    Permalink

    Sfood biaya layanan +ongkir gak ngotak promo cuma gimick yg jual mkn mahal, pernah beli ikan teri cuma diksh 2 sendok, sayur asem setengah plastik es, mending pake yg lain ada langganan ongkir

  • 14 Oktober 2022 - (17:01 WIB)
    Permalink

    konsumen sekarang udh pinter, pesen online kebanyakan porsinya dikurangin. Masa bayar lebih dpt dikit, klo tarif naik yg rugi bukan shopee tapi pelanggan. Alhasil bakal makin sepi yg pesen

    • 14 Oktober 2022 - (18:03 WIB)
      Permalink

      Bener, saya beli bubble tea/es di salah satu franchise yg lagi booming, kalau beli sendiri gelasnya diisi full, kalau beli lewat aplikasi isinya dikurangi seperempat atau bahkan sepertiga. Jatuhnya malah lebih mahal. Ga banget.

  • 14 Oktober 2022 - (17:24 WIB)
    Permalink

    Utk aplikator shopee tolong sedikit peka terhadap nasib driver, alibi kalian tentang driver kurir bkn masuk ojol tdk masuk di akal, intinya walaupun kurir & ojol sama² pake bbm, kami bth perhatian dari pemerintah, kami menuntut ongkir supaya di sesuaikan dgn kenaikan bbm sekarang ini, dari app sendiri rating shope driver 2,6 ⭐️ paling ancur, dari situ adalah gambaran pelayanan dari kalian jauh dari kata puas, beda dgn aplikasi sebelah rating gra# 4,2 ⭐️ dan goje# 3,5⭐️

    2
    2
    • 14 Oktober 2022 - (17:33 WIB)
      Permalink

      Tinggal uninstall aja mas, ganti aplikasi lain ,cuma yang heran udah tau gak masuk akal masih aja dikerjain ? bagaimana pun posisinya kan mitra mau nuntut apapun ya apalah daya Mitra bisa putus kapan saja.

      4
      1
  • 14 Oktober 2022 - (17:27 WIB)
    Permalink

    Tarif shopee food naik auto gak pakai lagi lah rugi bandar…. Terserah kalau driver merasa rugi kalau rugi tinggal auto unistall aja aplikasi driver Shopee food saya pengguna shopee food senang dg tarif yg murah…

    1
    3
  • 14 Oktober 2022 - (17:30 WIB)
    Permalink

    Kenapa masih jalan shopee ? Kan udah tahu tarifnya tidak masuk akal, cancel di-suspend,lewat di-suspend, ngga jalan karena hujan di telponini ? . Ente kadang kadang ente

    • 14 Oktober 2022 - (19:24 WIB)
      Permalink

      Ibarat buah simalakama. Ongkir naik, pesanan menurun. Aplikator bangkrut. Ongkir Rp. 6.400. Konsumen dan aplikator HEPI, Drivernya sing bangkrut. Saya berharap agar ongkirnya shopee turun lagi jadi Rp. 4.000. Dengan demikian ada alasan yang kuat bagi saya untuk menguninstal aplikasi shopee.

      1
      1
  • 14 Oktober 2022 - (18:37 WIB)
    Permalink

    untuk apa ongkir mahal tapi tidak ada yang pesan, lebih baik kecil tapi banyak orderan. dapat pemasukan

  • 14 Oktober 2022 - (22:05 WIB)
    Permalink

    Karena Shopeefood itu sejenis kurir online bukan ojek online, di semua aplikasi transportasi online biaya kurir beda dengan ojek online ny, semua sudah ada aturan nya. Makanya saya memilih hanya fokus ke ojol tidak jadi kurir, semuanya tergantung pilihan masing-masing, apalagi diskon shoopefood sekarang hanyalah gimmik.

    • 14 Oktober 2022 - (22:53 WIB)
      Permalink

      Iyaa masuk akal.. Shopeefood bukan tergolong perusahaan spt grab dan gojek, tapi lebih layanan kurir. Kalo naik juga y terserah hitung2an perusahaan nya tapi kalo order drop juga jadi masalah.. Krn harga makanan juga udah dinaikkan d app drpd realnya. Jadi disc kadangkala hanya gimmick

      • 15 Oktober 2022 - (12:56 WIB)
        Permalink

        Mslh nya ojol sama kurir sama² pake bbm sekarang harga bbm sdh naik seharusnya ongkir juga menyesuaikan kecuali driver pake motor listrik beda ceritanya

  • 14 Oktober 2022 - (23:48 WIB)
    Permalink

    Shopee food dll itu mahal ditambah ada biaya aplikasi. Penjual dan pembeli dipalak. Biar diakon 50% tetap mahal karna ada biaya pelayanan

  • 15 Oktober 2022 - (10:45 WIB)
    Permalink

    Saya pengguna si oren dan si ijo. Dari semua keperluan barang maupun makanan. Makin kesini saya merasa promo di si oren makin banyak trik agar keliatan lebih menarik saja. Lebih jujur promo dari si ijo yang ga banyak syarat dan ketentuan. Beberapa kali ada kendalapun customer service si ijo lebih gercep responnya. Jadi sekarang sudah uninstall si oren.

    • 17 Oktober 2022 - (07:46 WIB)
      Permalink

      toko ijo sekarang ada biaya layanan segala, dulu banyak order di toko ijo sampe ratusan kali sebulan dan sudah member diamond tapi sejak ada biaya layanan segala ya beralih ke yang gak banyak pungut biaya segala, jadi toko ijo sepi deh paling cuma 1 kali sebulan.

  • 15 Oktober 2022 - (11:04 WIB)
    Permalink

    sebagai ank kos tentu saya lebih senang harga yg lebih murah. Namun protes utk kesejahteraan kurir sfood juga tdk boleh diabaikan. Semoga perusahaan Shopee dapat memberikan solusi yang tidak merugikan pihak kurir ataupun konsumen.
    semoga kita semua dibukakan pintu rejeki yang seluas-luasnya.

  • 16 Oktober 2022 - (06:21 WIB)
    Permalink

    Kalau boleh saran, ayo para driver sfood pada kompak, tinggalkan profesi ini dan jadikan sampingan saja, jangan penghasilan utama. Kasian ke kaliannya merana dan ke konsumen juga bukan menguntungkan ko, kami merasa tarif kemahalan, jd yg salah dimana? Jawaban cuma satu : potongan komisi aplikator !! Lihat traveloka eats sudah ditutup, coba kalau kalian kompak saya yakin layanan ini jg tutup, biar tau rasa itu aplikator.

  • 17 Oktober 2022 - (07:44 WIB)
    Permalink

    toko ijo sekarang ada biaya layanan segala, dulu banyak order di toko ijo sampe ratusan kali sebulan dan sudah member diamond tapi sejak ada biaya layanan segala ya beralih ke yang gak banyak pungut biaya segala, jadi toko ijo sepi deh paling cuma 1 kali sebulan.

  • 18 Oktober 2022 - (02:10 WIB)
    Permalink

    Udah gapernah beli shopee food udah 4 bulan.
    Kebanyakan biaya tambahan ini itu.
    Harga makanan markup smua, voucher Diskon2an doang, biaya layanan, belum lagi driver minta tambahan 🙂
    Uninstalled

 Apa Komentar Anda mengenai ShopeeFood?

Ada 53 komentar sampai saat ini..

Tarif Ongkir ShopeeFood Kenapa Tidak Naik Sesuai Peraturan Pemerintah?…

oleh Bobon dibaca dalam: 1 menit
53