Surat Pembaca

Tidak Pernah Daftar tapi Tiba-Tiba Terdaftar Jadi Agen Store dan Merchant Bank BRI

Awal masalah muncul ketika saya tiba-tiba mendapatkan notifikasi SMS dari BRI-Notif bahwa saya telah terdaftar menjadi Agen Store dan Merchant pada tanggal 30 November 2021. Karena saya tidak merasa mengajukan menjadi agen dan perlu digarisbawahi SAYA TIDAK PERNAH MEMBUKA REKENING BRI SENDIRI.

Saya langsung lapor ke twitter @kontakbri di hari itu juga. Dalam isi SMS itu terdapat link yang ditujukan untuk login ke akun. Namun saya masih membiarkannya dan menunggu balasan. Jawaban dari CS BRI pun tidak menyelesaikan masalah saya dan disuruh menunggu 20 hari kerja.

Sampai 20 hari kerja tidak ada hasil, akhirnya saya kembali follow up dan mendapatkan jawaban yang tidak solutif dan diselesaikan sepihak. Isi pernyataannya bahwa semestinya tidak mendapatkan SMS lagi.

Muncul lagi notifikasi SMS yang lebih menghawatirkan saya pada tanggal 22 September 2022 bahwa saya telah berhasil melakukan transaksi dengan QRIS. PADAHAL SAYA TIDAK MELAKUKAN APAPUN. Akhirnya karena saya penasaran, saya buka link awal untuk membuka akun, dan benar saja data saya lengkap tertera di sana dari nomor telepon, alamat, sampai-sampai ada nama “WARUNG TANTI” padahal saya tidak memiliki warung.

Saya melakukan pelaporan kembali ke twitter, namun benar-benar CS nya konyol dan pelayanannya sangat buruk. Sampai saya follow up di tanggal 25 dan 28 September 2022 namun tidak direspons. Baru tanggal 12 Oktober 2022 saya direspons namun kembali dengan jawaban yang tidak solutif.

Akhirnya tanggal 13 Oktober 2022 saya menelepon CS BRI 1500017, tidak mendapatkan jawaban dan dialihkan ke nomor 08001014017 khusus merchant. Dan CS-nya tidak memiliki sikap sebagai CS, dengan nada tinggi saya dibentak dengan kalimat “Ya udah sekarang maunya ibu bagaimana?!” konyol.

Akhirnya saya mencoba kembali hubungi 1500274 khusus CS QRIS. terhubung dengan CS Dani, dan dia membuatkan tiket pelaporan 42479514, dan saya diarahkan untuk mendatangi kantor BRI terdekat atau menunggu hingga 20 hari kerja dengan saya yang harus selalu melakukan follow up.

Tanggal 14 Oktober saya mendatangi kantor BRI cabang Ciputat Jl. Ir. Juanda, saya dilayani oleh CS Febri Subekti. Saya jelaskan dari awal kendala saya dan memberikan nomor tiket pelaporan yang sebelumnya sudah diberikan oleh CS Dani sebelumnya 42479514. Setelah dicek laporan tersebut closed karena jenis pelaporan merupakan informasi yang dimana tidak ada tindak lanjut. Itu berarti, CS BRI DANI TELAH MEMBOHONGI SAYA.

Oleh mas Febri saya diberikan nomor pelaporan baru TTB000042485209 yang ditujukan ke kantor pusat dengan SLA 14 hari kerja. Dan lagi-lagi tidak bisa diselesaikan langsung di tempat. Saya diarahkan juga untuk menghubungi CS BRI DI WhatsApp, sudah saya chat namun CS menutup chat tanpa memberikan konfirmasi apa pun.

Terlihat sepele namun ini menyangkut data identitas saya. Di mana saya tidak memiliki warung agen merchant apalagi rekening BRI, namun bisa terdaftar di BRI tiba-tiba. Luar biasa memang buruknya bank BRI ini. Semua CS-nya juga sama aja tidak memberikan jawaban pasti, membohongi saya, dan saya dilempar-lempar. Sudah habis energi, pikiran, kesabaran saya sama BRI yang buruk ini.

Maratina
Tangerang Selatan, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. atas Pengaduan Ibu Maratina Tanti

Sebelumnya kami menyampaikan terima kasih atas informasi dan masukan yang telah diberikan kepada Bank BRI dan mohon maaf atas kekurangnyamanan...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Terima kasih atas informasi yang disampaikan. Perihal tersebut saat ini akan kami tindak lanjuti. Tks~Bevi

    • Prut,
      Laporkan polisi supaya kasus tak selalu berulang.
      Penyalahgunaan Data itu bisa kena pasal loh, jangan menyepelekan

  • Mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Saat ini laporan akan kami tindak lanjuti. Tks~Bevi

  • Tutup ajah tabungan anda di bank BRI, pelayanan nya sangat buruk sepertinya, sangat memuakan!! buat bank tapi mempersulit nasabah

  • kalau ada notifikasi yang merasa kita tidak pernah melakukan apapun abaikan saja jangan pernah panik, berarti itu nomor HP kita tadinya bekas orang lain yang nomor sudah hangus, kemudian dijual lagi sama operatornya. walaupun nomor kita belinya di conter. nomer kita yang tersambung di mana. tidak hilang sebelum di ganti sama yang punya sebelumnya, karena saya juga begitu. biarkan saja kalau ada telpon jelaskan saja bahwa ini nomor kita yang di beli dari counter pulsa. saya juga begitu walaupun yang nelpon yang nagih utang. di jelaskan saja, walaupun mereka bilang mau kerumah pun jangan takut karena kita tidak merasa melakukan. okee

    • Anda sudah lakukan sbgmn mestinya meminta kejelasan data pribadi anda di pihak bank, anda sbg pemilik data pribadi berhak memperoleh jawaban jelas. Saran saya, laporkan BRI ke bank Indonesia atas penggunaan data pribadi anda dng tidak semestina,somasi BRI, laporkan ke Kemkominfo jg atas dugaan menggunakan atau membocorkan data pribadi anda dan jika masih tidak bisa membuktikan data tsb asli dari anda, gugat pidana saja! Banyak lembaga bantuan hukum gratis d Indonesia. Tuh bang Hotman memberikan jasa gratis.

      • kalau mau gugat BRI ya terserah, mau bantuan hukum gratisan atau yang berbayar ya silakan saja mau lapor ke polisi, ke bank Indonesia, k e menkominfo atau pun ke akhirat terserah emang gue pikirin????

      • Kalo tidak merugikan anda nggak usah diurus yg penting dihilangkan saja notifikasinya. Mungkin itu yg merugikan anda. Jgn buat repot sendiri bolak balik ke BRI tapi masalahnya nggak penting...

        • Nggak merugikan gimana??? Kalau ada DC yg tiap hari meneror kan PARAH!!! Kalau datanya disalahgunakan untuk PINJOL bisa jadi BENCANA!

      • Siapdeh mba/mas mantovaya. Mungkin bagi anda gakpenting, tapi itu terserah urusan anda aja. Bagi saya ini gak sepele dan penting utk diusut krn data identitas saya digunakan tanpa berdasarkan persetujuan saya.

    • Masalahnya pas saya login link dgn memasukkan id yg diinfo di sms, tertera nya nama lengkap, alamat rumah saya pak jelas. Padahal saya gakpunya rekening BRI

      • Saya berani jamin 100% kejahatan white collar itu ga dimulai dari luar,anda bukan nasabah BRI,tp bri bisa membuat layanan data sesuai data pribadi anda,di perbankan data nasabah utk apapun apalagi bikin rek pasti butuh verifikasi tatap muka,utk verifikasi wajah dng KTP dan rekam data biometrik.Jadi,bisa dipastikan ada oknum bri yg melakukan tindakan pidana. Saran saya, anda usut tuntas jika BRI tidak bisa membuktikan bahwa anda sendirilah yang mengajukan atau berhubungan langsung dng BRI (tdk bisa menunjukkan kapan,dimana,bukti rekam data biometrik dan digital) maka anda bisa melakukan gugatan pidana mbak! Jangan ragu! ??
        Kan aneh,ga punya rek BRI tp BRI bisa dpt data pribadi anda tanpa menghubungi anda atau anda mengontak bri utk kebutuhan layanan mrk. Patut ditelusuri!

    • Anda ini lucu Bro... Kalau itu nomer lama yg dijual lagi oleh operator, Datanya kan semestinya pemilik nomer yg lama bukan malah sebaliknya!!! Lucu!!!

  • Ternyata banyak orang pintar dan berdasi,tapi kelakuannya menipu orang dan menyalahgunakan jabatan dan fasilitasnya,nggak beda sama rampok dan begal,cuma lebih canggih dan punya fasilitas,tapi berjiwa pengecut dan berjiwa maling...

  • kok bisa ya... kebocoran data atau gimana ini...
    saran saya kalau mau respon cepat lain kali apabila CS via sosmed atau telpon lama responnya, langsung ke Bank cabang terdekat aja. Mencegah hal yg tidak diinginkan krn ngeri kali skrg tuh tiba2 nama kita bisa jadi sangkutan piutang atau malah jd yg berutang gara2 identitas kita dipake sm org gak bertanggung jawab.

    Semoga masalahnya cepat selesai pak/bu

  • Saya juga pernah kejadian serupa tapi nomor NIK terdaftar di bank swasta padahal saya bukan nasabahnya.

    Cek ke kantor cabang bank swasta itu memang benar NIK saya terdaftar sbg nasabah yang melakukan pinjaman mikro. Anehnya identitas ktp bukan atas nama saya tapi orang lain beda kota. Cek pakai alat ektp sidik jari benar bahwa NIK ktp atas nama saya dan akhirnya data orang itu dipisahkan dengan NIK saya.

    Untungnya orang itu memenuhi kewajiban pembayaran pinjaman mikronya sampai lunas dan itu sudah beberapa tahun yang lalu saat saya cek ke kantor cabang dan bayangkan jika orang itu tidak kewajibannya.

  • sama kek sayang kejadiannya, tiba2 ada sms dari bri udah terdaftar kek situ.... tapi sayang abaikan semoga gak berpengaruh ke tabungan kita...
    tapi emang gw akui bri itu bank plat merah terburuk dalam pelayanan.

  • Buatkan laporan kepolisian penyalahguna.an data pribadi itu sudah masuk pasal mbak
    Kalo sama kepolisian tidak di tangani lapor ke propam dengan bukti surat laporan dari kepolisian dan jangan lupa juga di viralkan biar banyak yang tau karna terkadang kalau cumak laporan saja lama prosesnya
    Kalau viral biasanya ceper kelarnya wkwkwkw