Surat Pembaca

Transferan dan Penagihan Pinjol Emas Rupiah, Padahal Tidak Pernah Mengajukan Pinjaman

Saya ingin membagikan pengalaman dan meminta saran bagaimana harus menghadapi penagihan dari pinjol, yang saya tidak pernah setuju akan pinjamannya. Pada tanggal 12 Oktober 2022, saya mendapat WhatsApp dari nomor tidak dikenal, dengan mengatasnamakan aplikasi Dana Rupiah, yang meminta pelunasan tagihan.

Karena saya tidak pernah merasa meminjam dana dari aplikasi tersebut, saya jawab bahwa saya tidak pernah pinjam dari aplikasi tersebut, dengan menyertakan screenshot dari aplikasi tersebut bahwa saya belum pernah meng-input data untuk pinjaman, sehingga data pinjaman masih kosong. Mereka membalas bahwa telah ada dana yang terkirim sebesar Rp992.000 ke rekening saya.

Saya panik dan langsung mengecek rekening saya dan ternyata benar ada 2 kali transfer atas nama TRI USAHA BERKAT sebesar Rp992.000 dan Rp1.116.000. Saya panik dan takut, saya membalas ke WhatsApp tersebut, bahwa dana akan saya kembalikan sesuai dengan dana yang mereka transfer, karena saya tidak pernah menyetujui pinjaman tersebut. Namun saya diminta membayar Rp1.600.000 dari dana yang ditransfer sebesar Rp992.000.

Akhirnya mereka mau dan mengirimkan rekening VA permata Bank atas nama Sai MKI. Untuk dananya saya transfer kembali dan dikonfirmasi bahwa dana sudah mereka terima dan saya kembalikan.

Saya tahu bahwa akan ada 1 pinjol lagi menagih, dikarenakan ada 2 kali transfer ke rekening saya. Benar saja, kemarin 13 Oktober 2022 ada WhatsApp dari aplikasi Emas Rupiah menagih pembayaran. Saya coba cek di Google Playstore, ternyata tidak ada aplikasi atas nama tersebut.

Saya infokan kepada penagih bahwa saya tidak ada melakukan pinjaman dengan aplikasi tersebut dan saya coba cari di Google Playstore, aplikasi tersebut tidak ada. Mereka menagih sebesar RP1.800.000. Saya bilang kepada mereka, bahwa saya aka mengembalikan sesuai dengan dana yang mereka kirimkan, dikarenakan saya tidak merasa meminjam dari aplikasi tersebut.

Ancaman penyebaran data saya kepada kontak dan sosial media mereka lakukan, jika saya tidak melakukan pembayaran. Saya takut dan bingung harus seperti apa, karena data foto saya dan KTP ada pada mereka. Atas saran dari teman, saya melakukan pengecekan ke histori Google Playstore saya, untuk melihat aplikasi apa yang saya download, sehingga data saya ada di mereka.

Setelah saya lihat, ada aplikasi Tunai Pintar yang saya download pada saat itu. Saya coba mencari lagi aplikasi tersebut di Google Playstore dan mendapati ternyata aplikasi tersebut sudah tidak ada. Saya semakin ketakutan dan mencoba mencari info tentang aplikasi tersebut. Ternyata ada juga konsumen yang seperti saya mendapat dana dari aplikasi tersebut, tapi tidak mengajukan pinjaman.

Saya memang mendaftar di aplikasi Tunai Pintar untuk melihat limit saya, yang saat itu memerlukan dana. Akan tetapi saya yakin saya tidak pernah menyetujui peminjaman dana dengan nominal yang tertera. Saya takut akan data saya yang akan mereka salahgunakan dengan meminjam di aplikasi lain seperti ancaman mereka.

Apakah ada saran yang dapat membantu saya terkait hal ini? Saya bersedia mengembalikan dana yang telah dikirimkan sebesar Rp1.116.000, akan tetapi saya tidak mau mengembalikan dana dengan nominal mereka minta, dikarenakan saya tidak pernah menyetujui pinjaman tersebut. Apa yang harus saya lakukan terhadap penagihan-penagihan ini. Mohon bantuannya saya sangat takut dan bingung.

Salam.

Sandra
Denpasar, Bali

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Komentar

  • Mantap itu setau saya klo di sini ada orang yg kerjanya memang ngringkus pinjol ilegal, lapor buat ringkus pulang bawa duit banyak data aman, yg penting data gak cacat di ojk

  • Saya mengalami hal yg sama ga pernah ajuin pinjaman malah dpt tagihan, wa nya mengancam sebar data saya.
    Setelah baca komentar dr kaka2 sy niatkan utk mengabaikan nya saja.

  • Saya juga mengalami hal yang sama...pada saat ini dan sampai detik ini diteror terus menerus dan diancam padahal saya ngak melakukan peminjaman diaplikasi tersebut dan sy kmren mendapatkan wa dan sms dari pihak cs mas rupiah..sebelum saya mengembalikan dana sebesar 1800000 padahal dana yg masuk 1116000

  • Saya sedang mengalami hal yang sama.. dapet transferan 1.116.000 dan di suruh mengembalikan 1.8 jt.. dari pinjol ilegal kredit tunai.. tiap hari di wa.. kontak di telp dan di wa jg.. udah sempet lapor polisi tapi polisi bilang ga bs dibuatkan laporan karena belum ada ancaman yg membahayakan.. tapi sy takut di datengin k rumah.. walau pun polisi bilang pinjol ilegal ga akan berani..

  • Saya juga dapet TF 1.116.000 4x dan baru 4 hari saya di tagih... padahal saya blum pernah mengajukan pinjaman di aplikasi mereka... dan saya di acamakan di sebarkan data saya.. namun masih saya respon Selo.

    dan sudah 2 hari ini di wa terus dan di tlp akan di seberkan data saya.

    • mereka mengancam menyebarkan data ke semu kontak, Bapak sudah 2 hari tidak membayar, apakah pemyebaran data tersebut terjadi? hanya apa ancanam saja?

  • Sy jg lg diancem2 nih, atas pinjaman yg tdk sy setujui. Sblmnya tmn mnta tlg sy utk cek limit pake KTP saya dan ft selvi ktp jg sy sndiri. Uang masuk di rek sy atas nama PT. TRI USAHA BERKAT Rp. 1.116.000 x 2x = 2.323.000. Aplikasi POHON DUIT dan TUNAI KILAT PRO, aplikasi yang tdk ada di google play store sy. sy dimnta klik link utk pelunasan, kmdian ada terima verifikasi stlh input no HP, dan selanjtnya sy digiring utk install apk CASH DANA. sy g berani masukkan kode verifikasi. Mohon masukannya yaa, sy hrs bgmn? Mereka ancem trs akan sebar data. Terima kasih

  • Saat ini saya jg mengalami hal yang sama.. Saya tdk pernah menyetujui pinjaman ke apl ilegal tp dana masuk 2x.. 1.116.000.. Saya kaget karna saya tdk merasa meminjam uang.. Tetapi bbrp hri kmudian sy ditagih 2 apl yaitu new kredit dan kredit uang.. Saya kaget dan takut sekali.. Sy tanya apl apa dan sy digiring membuka link dan sy msuk ke aplk kredit rupiah.. Disitu memang benar ada tagihan sebesar 1,8 x 2.. Sy bnr2 takut dan akhirnya sy bayar lunas.. Akan tetapi setelah melunasi semuanya.. Tiba2 muncul lg tagihan dri new kredit yg lbh bnyk lgi.. Senilai 2,4... Sy cek rekening trnyata bnar ada dana msuk lgi senilai 1,488 dr PT.Tri Usaha Berkat.. Apa yg seharusnya sy lakukan.. Gimna klo saya tdk membayar tagihan tsb?

  • hallo semuanya
    saya mau menceritakan pengalaman saya baru terjadi tadi pagi
    saya di wa bahwa saya ada meminjam uang pada aplikasi singa berjaya dan meminta saya mengembalikan uang senilai 1,8 jt. tapi saya meminta mereka memberikan bukti mutasi ke rek saya tapi tidak mereka berikan mereka hanya mengancam akan menyebarkan informasi saya termasuk foto ktp dan foto diri saya.
    tapi tiba tiba pada jam 12an saya mendapat transfer senilai 1,448 jt sebanyak 2 x dan tidak lam ada wa masuk ke saya menyuruh saya mengembalikan uang pada aplikasi cairin pro dan banyak rupiah
    bagaimana solusi nya padahal saya tidak pernah meminjam pada aplikasi tapi saya hanya mempunyai pada aplikasi kredivo dan spay saja.