Surat Pembaca

Pengajuan Retur dan Pembatalan Limit Cicilan Akulaku

Yth. Akulaku Indonesia,

Melalui Media Konsumen, saya ingin mengajukan surat pembatalan limit cicilan Akulaku. Saya Shilfana, pengguna Akulaku sejak tahun 2018. Saya memesan HP Vivo V15 dengan warna coral red, pada hari Sabtu, 24 September 2022. Nomor pesanan: 202209240552376915420.

HP yang saya pesan telah diterima Kamis, 29 September 2022. Saya sudah membayar DP dan ongkos kirimnya. Setelah diterima dan di-unboxing ternyata pesanan saya tidak sesuai, maka saya mengajukan retur-refund di hari Jumat, 30 September 2022 dengan alasan-alasan berikut:

  1. HP yang saya terima tidak dalam kondisi baik, sedangkan di deskripsi seller mencantumkan bahwa kondisi HP 95%.
  2. Warna tidak sesuai, saya memesan Red Coral, tapi yang saya terima Topaz Blue.
  3. Banyak bagian HP yang cacat.
  4. Charger lama dan kotor.
  5. Slot charge HP lecet.
  6. Tidak ada jarum kunci pembuka SIM card.

Bukti-bukti foto telah saya cantumkan pada saat pengajuan ke seller. Namun, pengajuan retur-refund saya ditolak.

Saya telah dua kali mengajukan komplain via Live Chat dengan Customer Service. CS pertama mengarahkan saya untuk chat seller. Bila dalam 2×24 jam tidak ada respons, saya dapat menghubungi CS kembali.

Saya sudah chat seller, tapi tidak ada itikad baik. Seller bersikukuh bahwa produk yang saya terima sesuai dengan deskripsi. Karena rasa kecewa, maka saya mengajukan komplain kembali ke Live Chat CS. Namun saya tidak menemukan titik terang. Saya kembali diarahkan untuk chat seller.

Saya belum mengkonfirmasi pesanan yang saya terima, tapi di aplikasi Akulaku transaksi dinyatakan berhasil dan tagihan cicilan bulanan sudah masuk. Pada tanggal 6 Oktober 2022, saya mengirimkan email ke CS Akulaku atas pengajuan komplain dan perihal retur-refund. Namun hingga saat ini tidak ada tanggapan dari pihak Akulaku.

Akulaku, saya mohon dengan sangat untuk menindak seller tersebut agar tidak ada korban lain seperti saya. Saya sebagai pengguna aplikasi Akulaku merasa sangat dirugikan. Saya sudah sering membeli produk dengan Akulaku PayLater dan belum pernah bermasalah dengan produk yang saya terima. Namun kali ini, saya sangat kecewa dengan lambatnya tanggapan dari pihak Akulaku.

Saya mohon agar pengajuan retur-refund saya diterima dan limit cicilan saya dibatalkan. Mohon agar menjadi pertimbangan.

Terima kasih.

Shilfana
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Akulaku terhadap Surat Saudari Shilfana

Jakarta, 27 Oktober 2022 Kepada Yth. Redaksi Mediakonsumen.com di Tempat Dengan hormat, Terkait dengan surat pembaca konsumen dari Saudari Shilfana...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Waduh ini yg ada pembeli kena bully..

    Dari deskripsi barang yg dijual, sdh dijelaskan kalau barang second, warga yg dipilih kosong akan dikirim random. Anda membeli berarti setuju dengan deskripsi produk tersebut.

    Kalau barang lecet dll itu hal normal beli hp second, apalagi beli online harus siap konsekuensi nya.

    • Maaf ya mba lain kali lebih pintar sedikit, biasakan cari info dulu
      1 harga segitu bisa dapet hp baru dengan tipe yang beda atau tipe yang sama
      2 namanya hp second ya gak mungkin mulus
      3 untuk pembelian hp kalaupun terpaksa nyicil pake akulaku mending di shopee aja pembayaran via akulaku, relatif lebih bagus dari segala sisi dari pada beli di akulaku langsung,

    • Sudah jelas PEMBELI yang salah. Dijelaskan kondisi 90-95% random (dan prosentase kondisi fisik bebas dinilai, tidak ada sertifikasinya, jadi gak salah). Warna dikirim sesuai request (JIKA ADA). No Komplen No Retur. Garansi 2 hari secara sistem kalau ada error. Jadi fisik tidak masuk garansi. Dan jangan lupa video unboxing saat terima dan buka barang.

      BIJAKLAH dalam bertransaksi online. Baca semua keterangan / deskripsi sedetil-detilnya. Jangan malu untuk cerewet bertanya ke seller sebelum membeli. Kalau tidak puas dg jawaban seller, cari ditempat lain.

    • Terima kasih untuk Akulaku atas responnya terkait pengajuan retur saya dan mengupayakan prosesnya hingga pembatalan limit selesai. Semoga kedepannya Akulaku bisa lebih baik lagi. Untuk CS Mba Wanda, Terima kasih banyak, ya ??

  • Bukannya saya mau bela seller, tapi coba TS baca lagi deh deskripsi barangnya. Disitu dijelaskan kondisi barang 90% sampai 95%; kekurangan 10% itu termasuk lecet, kusam, buluk, dst. Itu termasuk asesori (charger dll). Kalau layar retak, hape nge-hang, GPS Wi-Fi nggak fungsi dst, harga dan persentase kondisinya nggak sampai segitu.

    Deskripsi juga sudah menjelaskan ketersediaan stok warna dan dikirim random jika warna yang dikehendaki tidak tersedia. Mana bukti TS sudah diskusikan stok warna pilihan dengan seller sebelum membeli? Boleh komplain jika TS sudah konfirmasi warna dan disetujui tetapi yang dikirim beda warna.

    Beli seken berharap kondisi gres? Jangan beli online. Beli seken berharap dapat jarum colokan slot kartu? Di rumah apa nggak ada jarum, peniti, kawat? TS butul-butul rruarr byasa!

    • Bnr banget gan,Wkwkw dan lagi dengan. Harga segitu beli hp second vivo lg wkwk,
      Harga segitu banyak hp baru yang spec nya jauh lebih baik, malah beli hap second keluaran 2019 adeuh

  • beli 2nd ngarepnya full set, mulus, kinclong, bersih, tanpa cacat. wkwkwkwwk suka lucu menghadapi berbagai macam pola buyer. unik2

    • kado buat ibunya tp dibeliin hp bekas. duh duh. ga sesuai ngomel2 "Kalo kamu di posisi saya bagaimana?" , kalo sy jd penjual, sy jwb "Buat kado ibu, hp baru lah, malu2in aja ngasih bekas" harga hp baru dgn harga segituan, banyak kok yg bagus.

        • Nah kan kebiasan si Agung ini, setiap yg komentar kontra dengan dia pasti di sebut kadal, kalo enggak babi, paling parahnya disangka gerombolan dari pihak aplikasi nya.
          Btw gung kasus buat top up chip lu udah selesai? Gimana nih Dana apa masih belum refund? Pantesan aja koar-koar ternyata udah frustasi akut.

      • Saya beli hp baru samsung harganya 2,6 di shopee , ini hp second vivo pula astagah, akulaku udh byk kasus tokonya pd gimana gitu, sering² baca mk untuk tambah² informasi, smoga kita ga mengalami hal² buruk tsb

    • Besok lagi dibaca dulu "DESKRIPSINYA",
      jangan di lihat dari rating tokonya doang.
      HP 2nd minta yang bagus? ?
      Kalau mau yang asli dari pabriknya beli aj di toko officialnya, set lengkap tuh:
      1. Warna sesuai
      2. Ga lecet
      3. Charger pasti baru
      4. Slot chargernya pasti ga lecet
      5. Pasti ada jarum kunci Slot SIM cardnya

    • Ngebacptaja nie orang .akun bayaran yg dikhususkan hadir untuk ngebully...mental loe yg hrsnya di bully

    • Jadiin plajaran aja mba..lain kali lbh teliti lg aja..klo prlu gausah pake akulaku lg.
      Kan udh bnyak contohnya disini..rajin buka MK

    • Anak durhaka
      Masa kasih kado ibunya hp seken
      Memalukan
      Klo mau kredit ya yg baru sekalian
      Hidup akulaku...???

  • Kasian kena bully, beli second minta lengkap, hehe...dtng langsung konter aja .jgn beli online..

  • Punya limit diakulaku, mending belanja di toko orange. Kan bisa bayar pake akulaku. Tokonya jg jelas, drpada diakulaku tokonya kebanyakan ga jelas.

    • Bnr banget, mending di toko orange checkout nya, di akulaku langsung pelayanan nya parah pernah 1x beli di akulaku langsung nyampe nya 10 hari padahal dari jakarta ke bandung doang

  • Kalo dilihat dari deskripsi kayaknya udah sesuai itu... Harganya memang kemahalan second segitu, tp ya kenapa dibeli ama buyer.. jd bkn salah sellernya kalo gini.. mgkn lebih teliti lagi lain kali.