Surat Pembaca

Promo Tokopedia Tidak Transparan

Tokopedia secara sepihak membatalkan transaksi saya yang menggunakan kartu kredit + promo direct discount. Tokopedia secara sepihak membatalkan semua transaksi, padahal saya sudah menggunakan kartu kredit yang berbeda.

Alasan Tokopedia adalah fraud dan akun lebih dari satu. Aslinya saya hanya memiliki 1 akun yang terverifikasi. Apalagi akun saya sudah terhubung dengan e-wallet (GoPay atau OVO), yang mana 1 KTP hanya untuk 1 akun.

Yang lebih parah, customer care Tokopedia menyuruh untuk ganti metode pembayaran (selain kartu kredit) supaya bisa memakai promo. Ini kesannya membatasi hak konsumen dan secara sepihak ingin memaksakan untuk memakai metode GoPay.

Setiap jawaban dari customer care Tokopedia seperti template yang tidak bisa menyelesaikan masalah. Saya curiga Tokopedia tidak memiliki customer care, tetapi menggunakan automated reply yang selalu sama jawabannya.

Tokopedia melanggar hak konsumen dan tidak mengikuti UU konsumen.

Kelvin Connery
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Emang bgt sih pak kelemahan semua marketplace.
    Ketika kita jujur menggunakan kartu yg semestinya malah ditolak/dibatalkan sepihak.
    Artinya kebanyakan marketplace itu ambil untung dari fee kartu. Kl direct discount itu mereka ga dapet. Jadi ya begitulah...

  • Tokopedia melanggar hak konsumen dan tidak mengikuti UU konsumen.

    coba tolong tuntut, pengen liat goto masuk berita jadi kasus.

  • Dugaan manipulasi transaksi oleh akun A bukan hanya dikarenakan ada lebih dari satu transaksi promo menggunakan akun A.

    Bisa juga terjadi secara tidak langsung, misalnya:
    - Transaksi oleh akun lain tapi terkoneksi ke akun A melalui histori transaksi bank. Misalnya, Gopay akun B pernah di top-up melalui rekening bank yang terhubung ke Akun A. (Gopay Akun A dan B di top-up dari rekening bank yang sama).
    - Transaksi Akun B pernah dibayar melalui transfer dari Rekening bank yang sama dengan Akun A.

    Point di atas hanya salah satu parameter saja yang digunakan oleh sistem untuk mendeteksi 2 akun dengan pemilik yang sama.
    Tentu ada paramater lainnya juga...

    • Sy pernah beliin pulsa temen sy aja kena semprit karna nomor temen sy terdaftar di akun topednya