Surat Pembaca

Masih Disuruh Bayar Cicilan Padahal Pesanan Sudah Dibatalkan Traveloka Paylater

Pada tanggal 22 Oktober 2022, saya menerima tawaran dari aplikasi Traveloka berupa promo hotel hingga 70%. Tentu saja saya tertarik, kemudian saya mencoba memesan hotel dengan promo tersebut menggunakan limit Paylater yg memang diberikan oleh Traveloka. Dan benar saja, harga hotelnya jauh lebih murah daripada biasanya.

Ketika saya sudah berhasil memesan hotel yg saya inginkan (kamar standar belum termasuk sarapan) ternyata harganya berubah lagi menjadi lebih murah daripada yang saya pesan sebelumnya, kali ini sudah termasuk sarapan dan kamarnya juga jauh lebih bagus. Otomatis saya berubah pikiran lagi dan saya langsung membatalkan pesanan saya yang sebelumnya.

  • Ini nomor pesanan terakhir saya: 868396151
  • Maison Teras Kita Bandung

Tapi tidak disangka, saya terkejut melihat limit Paylater saya tidak kembali 100%, padahal di ketentuan refund dinyatakan dana akan kembali 100%. Lucunya lagi, saya diwajibkan membayar biaya cicilan atas pesanan yang sudah saya batalkan dan pembatalan ini pun sudah disetujui oleh pihak Traveloka.

Saya sudah coba menghubungi pihak Traveloka melalui Instagram dan menyampaikan keluhan saya, sayangnya respon dari mereka samasekali tidak membantu saya, saya pikir kalau sudah berhasil dibatalkan, limit saya akan kembali dan tidak ada tagihan sama sekali. Tapi kata mereka, proses refund tidak akan membatalkan cicilan, karena untuk pembayaran Paylater akan dikenakan biaya cicilan.

Memang betul pembayaran dengan Paylater akan dikenakan biaya cicilan, tapi jika pesanan yang saya bayar pakai Paylater tersebut sudah dibatalkan dan disetujui pembatalannya, apakah wajar saya masih dikenakan biaya cicilan? Dan kenapa ada tulisan pembatalan gratis di aplikasi tapi saya masih dikenakan biaya cicilan setelah saya batalkan?

Dan mereka bilang biaya cicilan tersebut wajib saya bayar. Kewajiban saya hanya membayar yang saya pesan aja, yang sudah saya batalkan dan disetujui pembatalannya tidak wajib saya bayar. Kecuali ada biaya tambahan dari pihak hotelnya. tapi ini kan tidak ada.

Ketika saya bilang saya tidak sanggup membayar cicilan yang mereka bebankan dan berharap solusi, mereka hanya merespon dengan template saja, seolah tidak serius menanggapi masalah saya.

Saya kecewa sekali dengan Traveloka. Ini terakhir kali saya menggunakan Traveloka. Saya harap traveloka bisa lebih mengevaluasi karena yang namanya pesan online pasti dihadapi dengan berbagai situasi.

Uly Syafitri Nasution
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat Tanggapan Traveloka untuk Bapak/Ibu Uly Syafitri

Kepada Yth., Bapak/Ibu Uly Syafitri Nasution, Terima kasih telah menjadi pengguna setia Traveloka. Menanggapi surat terbuka yang Bapak/Ibu Uly Syafitri...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Kalau cuma sarapan belum tentu enak. Paling cuma di kasih nasi dos...apalagi klw cuma hotel sekelas oyo...

    • Wkwkwkwk Apakah Maison Teras Kita Bandung sekelas Oyo? Baca baik baik artikelnya sebelum koment. Dan mohon maaf ya, bunga saya sudah dihapuskan oleh pihak Traveloka dan sudah tidak ada tagihan.