Surat Pembaca

Pelayanan DANA Tidak Memuaskan

Terima kasih media konsumen yang telah mengangkat surat ini. Saya menyampaikan keluhan terkait pelayanan dari salah satu aplikasi digital wallet yaitu “DANA”. Saya angkat di media konsumen karena sampai sekarang belum ada penyelesaian yang konkrit.

Kronologisnya seperti ini. Pada tanggal 4 Oktober 2022 saya melakukan transaksi kirim uang ke teman melalui Qris sebesar 1 juta. Setelah itu keterangan transaksi pending hingga hari ini tanggal 22 Oktober 2022. Setiap hari saya email dan laporan aplikasi dana dengan nomor pelaporan #19742219. Jawabannya textbook “sedang ditindak lanjuti tim resolusi”, tapi sampai sekarang belum ada solusi yang pasti dari DANA.

Saya kecewa dengan penurunan kualitas pelayanan dari DANA, padahal saya sudah lama menggunakan DANA dan member premium. Itu uang customer sebegitu lamanya tersangkut, bagaimana kinerja tim DANA dalam menangani masalah? Dan saya butuh uang tersebut dikembalikan.

Thanks.

Rendy Azis
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Pak, itu DANA sepertinya sedang "dibombardir" hacker. Jd karyawannya lg concern nutup celah tsb.
    Tunggu aja lg 2x24 jam. Kl ga ada respon baru recokin lagi.

    • Bombardir hacker gmna pak,klo keamanannya diserang 1-2 hari bisa ditangani tim,lah itu dari tanggal 4 sampai sekarang 23,,udah berapa hari tuh?..3 minggu..?
      Dan selalu jawabannya template

    • Aku juga pernah. TF, status proses nya bertambah terus. Dana pada akhirnya status sukses. Eh dicek tidak ada dana masuk. Capek komplain dan akhirnya aku relakan saja. Nominal 600k

      • Sama saya juga pengguna aplikasi Dana
        Mau minta tutup akun Dana saya yg lama,, belum juga di proses..
        Balasan nya lagi di tindak lanjuti..
        Sudah hampir 2 minggu
        Tidak ada hasil.

  • Apakah sudah bertanya SLA yang ada untuk case Anda? Jika tidak ada saran saya agar penggunaan transfer di aplikasi dompet digital dikurangi saja. Gunakan untuk pembayaran nominal kecil saja. Gratis transfer 10x memang fitur killer DANA, namun seperti pada kebanyakan semakin banyak jumlah user semakin lambat lah suatu aplikasi.

    • Lah,kan itu sudah saya jelaskan diatas sudah ada nomer pelaporan saya,,karna belum ada penyelesaian dari pelaporan saya yg berlarut larut,makanya saya angkat di media konsumen..

  • Kno TF ngga pake BANK BC a aja
    Dana kan dompet digital bkn bank
    Jd klo qda sistem error gitu ente ga bs dtg ke kantornya
    Heheekkk

  • Wah ngeri jg ya tf pke dana, byk kasus jg, klo ada mslh pun ga ngasih solusi, otw tutup akun dana ah

  • Kejadian sama kya sy, akhir september sy trf 50k via qris di DANA. Keterangan sukses tapi saldo ga diterima di rekening tujuan padahal saldo sy jelas udah berkurang dan keterangan sukses.
    Udah komplain via aplikasi dana di pusat bantuan, udah komplain via email jg tapi jawabannya sama sedang ditindaklanjuti padahal bukti bukti udah dikasih.
    Dari akhir september sampai sekarang akhir oktober GA ADA KEJELASAN DAN PENYELESAIAN dari pihak DANA, alhasil ikhlasin aja 50k yg entah kemana rimbanya.

  • Wah sama kasusnya kayak saya.
    Saya juga mengalami seperti anda dengan nominal Rp. 1.600.000 dari tanggal 25 Oktober sampai saat ini tidak ada kejelasan. Complain sudah lewat call center, email, pusat bantuan, jawabannya selalu "sedang ditindak lanjuti" .. mau sampai kapan nunggunya? Mereka ga bisa kasih kepastian...

  • Assalamualaikum, saya juga ada keluahan dengan aplikasi dana, masalah saya belum terselaesaikan, disuruh tunggu 1x24 jam, tapi sudah 4 bulan gak terselaesaikan, mohon pencerahan bagimana cara menulis artikel di MK, makasih

    • Saya sdh sebuln baru bisa..
      Tapi pihak Dana tidak mengetahui
      Penyebab nya..
      Cumn sya di telusuri kesalahn nya..
      Kan pihak Dana minta pto ktp saya..
      Sma pto selfi dengan ktp..
      Masih gagal.
      Setelah sya Cukur kumis sma jenggot
      Di sesuaikn dengn pto kto
      Akhirnya bisa di proses..
      Dan sekarng sudh bisa di gunakn..
      Coba sdr juga,,mungkin ada jenggot,sma kumisnya di sesuaikn dengn ktp..
      Di cukr dlu seblm selfi nya

  • saya juga mengalami hal yang sama
    uang nyangkut, uang di aplikasi sudah berkurang , namun kerekening tujuan belum masuk,

    sudah kirim email tidak d respon , jawabannya pake formate template, sudah report ke aplikasi di arahkan ke email.