Surat Pembaca

Saldo Rekening Minus, Akibat Sistem Pendebetan Tagihan yang Membingungkan

Salam Media Konsumen. Saya Ibu Rosilawati, nasabah BRI Ceria. Sebelumnya saya sudah menulis surat terbuka di MK terkait keinginan saya melunasi tagihan Ceria saya (tagihan periode 3 bulan saja). Saya sudah dua kali dihubungi via telepon oleh CS Bank BRI yang bernama Tama.

Saudara Tama menjelaskan bahwa saya bisa melunasi tagihan saya selama 3 bulan tersebut di awal, dengan syarat bersedia membayar semua tagihan berjalan berikut denda/penaltinya. Saudara Tama pun menjelaskan bahwa pelunasan bisa dilakukan dengan cara pendebetan langsung dari rekening tabungan BRI saya, jika tagihan di aplikasi sudah muncul.

CS BRI tersebut menyarankan saya untuk menyiapkan dana di tabungan sejumlah Rp1.500.000, agar aman ketika proses pendebetan dilakukan otomatis oleh Ceria (tagihan saya dengan nominal satu juta empat ratus ribu lebih). Jadi dana Rp1.500.000 itu untuk amannya saja (denda/penalti) sudah termasuk di dalamnya.

Maka saya siapkan dana sebesar itu di rekening. Pada tanggal 20 Oktober 2022, tabungan saya berhasil didebit oleh Ceria (nominal pendebetan sesuai lampiran) dan menyisakan saldo 100 ribuan di rekening sore. Saya pikir selesai dan lunaslah tagihan saya yang 3 bulan tersebut. Ternyata pada hari yang sama, ada pendebetan lagi dan menyisakan saldo tabungan saya yang minus empat ratus ribuan.

Tentu saja saya menjadi bingung. Berapa sebetulnya nominal yang seharusnya didebit oleh Ceria untuk melunasi tagihan tiga bulan saya tersebut? Kenapa tidak sesuai dengan yang dijelaskan oleh CS BRI kepada saya via telepon.

Kepada tim BRI Ceria yang terkait, saya mohon penjelasannya. Terima kasih.

Rosilawati
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. atas Pengaduan Ibu Rosilawati

Sebelumnya kami menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada Bank BRI dan mohon maaf atas ketidaknyamanan yang Ibu...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Kalo bingung, harusnya tanya langsung lagi lewat Call Center, gak usah buru-buru nulis di Media konsumen sih, pasti ada penjelasannya kenapa saldo bisa minus, entah karena pembayaran kurang atau apa.
    Mungkin lebih baik yang begini diselesaikan langsung dulu ke pihak terkait, gak usah langsung up up ke media

      • Benar hak konsumen tapi kita juga...... males deh nulisnya tampaknya anda belum pernah bekerja dibidang jasa (baca: belum punya pengalaman hidup) jadi nanti malah debat kusir.

      • Yakin bakal dijelasin solusi & kenapanya? Paling cuman case closed aja, bikin kepo yg baca aja

    • saya juga pake ceria aplikasinya bingungin buat yang suka sat set sat set

      pertama dia ga bisa pake bayar, tunggu cetak tagihan dulu baru bisa dibayar

      untuk menghindari gagal bayar saya selalu bayar manual direct debit atau briva sebelum japo

      pokoknya kalau belum cetak tagihan mau dibayar cepet bakal bikin pusing

      solusinya cuma 1 bayar sesuai tenor toh bunganya juga kecil gak kaya paylater lain

      kalaupun mau bayar lunas didepan bunga yang harusnya untuk 3bulan langsung ditagihkan bersama pelunasan jadi ya daripada uangnya dibayarkan semua, kenapa engga diputer dulu siapa tahu jago bikin duit beranak kan? hehehe

      • Emang pelayanan buruk, saya saja uang ditelan mesin 5 juta setor tunai urusannya gak kelar2. Sudah dibuat laporan 3 kali lagi.

    • Terima kasih atas sarannya. Saya pernah berkali-kali menanyakan mengenai tagihan di aplikasi Ceria ini by phone ke Call Center dan selalu mendapatkan jawaban yang tidak memuaskan. Berbeda halnya jika saya mengangkat di media konsumen, respon akan lebih cepat dan penyelesaian lebih tepat.

    • Untuk nulis di media konsumen ,semua punya hak, kalau mau baca Monggo tidak mau nggih Monggo. Manusia punya daya pikir dan cara berpikir kemampuan berpikir itu tidak sama. Kita hormati semua yg menulis di sini yg penting tidak menyinggung satu sama lain,mau bantu Monggo, yg tidak mau bantu alangkah bijaknya diam. Terima kasih salam warga Indonesia semuanya.?

  • bener juga tuh mbak sisy diatas, sebenernya bisa minta penjelasan dari sosmed resminya bri atau telfon 14017 beres kok, kalo tohpun deket sma kantor bri tinggal cetak buku tabungan minta dijelasin udah gak ribet, kalo ada yang gampang kenapa dibikin ribet mbak wkwk semoga cepet kelar lah mbakkk

  • Niatnya mau dapat simpati netijen, tp malah diceramahi hahhahaa. Semoga lekas kelar ya mba, dan saya yakin lebih cepat kelar kalo mbaknya hubungi langsung drpd di medkon ?masalah receh inimah

    • Hehe bacot gak ada kerjaan apa tah lu? Orang yang punya masalah sibuk pengen menyelesaikan eh malah u yang ribet suka" dia pakai media konsumen hak dia kok

    • Aplikasi Ceria belum ada customer service offline nya di kantor BRI yang saya datangi (kantor cabang Cimahi). Petugas keamanan hanya mengarahkan saya ke meja telepon di bagian customer service ketika saya menanyakan perihal tagihan ceria ini, dan setelah saya telepon ternyata tidak ada solusi atas pertanyaan saya karena telepon selalu terputus. Makanya saya menuliskan di MK ini.

      • inilah enaknya mengikuti berita dari Media Konsumen. kita jadi banyak tahu kasus2 yang terjadi melalui pengalaman konsumen.
        Melalui keluhan Anda, jadi tahu nih ada sistem dari suatu bank yang bisa melakukan perhitungan dengan nilai saldo minus.
        Apakah memang rumusnya dibuat bisa minus saldonya atau hal ini merupakan kesalahan teknis programming nya.
        Yang pasti, saldo minus bikin pusing nasabahnya... :)
        Thanks ya sudah berbagi pengalaman dan semoga permasalahannya cepat diselesaikan oleh pihak terkait.
        Salam sukses dan tetap semangat.

  • @tricklik_site (Verified) dan Channel Private BRI melalui WhatsApp hanya dengan nomor 08121214017 ya. Tks~Hiro (2)

  • Coba perhatikan, tiap ada yg komplain mengenai bank ini, banyak buzzers dengan nama yg beda2, ikut nimbrung belain banknya sambil nyeramahin yg komplain. ?

    Tetap semangat Bu!