Surat Pembaca

IndiHome Tidak Menepati Janji Penagihan

Saya pelanggan IndiHome dengan nomor ID: 111217071193. Bulan Agustus saya telat membayar hingga 2 bulan. Bulan September, pihak IndiHome datang menagih ke rumah saya. Karena saya tidak di rumah, akhirnya saya WA dan lanjut call. Saya keberatan untuk bayar tagihan Agustus, karena saya jadi bayar 2 bulan termasuk tagihan yang tidak saya pakai. Listrik saja kalau tidak pakai, kita hanya bayar biaya adminnya saja.

Si penagih menjelaskan bahwa saya salah, dan IndiHome tidak sama seperti PLN. Saya balik tanya, apa dari awal pemasangan dijelaskan seperti itu, karena umumnya orang awan pasti tidak tahu. Si penagih bilang harusnya dijelaskan, dll. Saya bersikeras tidak dijelaskan, karena kalau dijelaskan pasti tidak ada berani tunggakan. Si penagih tetap menjelaskan itu salah saya, seharusnya saya tahu dan itu dijelaskan di abonemen sebelum pasang.

Saya tanya balik waktu pasang ada tidak dijelaskan tentang abonemen seperti itu, karena umumnya orang awan tidak tahu atau minim. Atau mungkin di perjanjian ada atau tidak, saya tidak tahu. Si penagih tetap ngotot, dan saya juga tidak mau bayar yang tidak saya pakai. Padahal saya minta keringanan, dll.

Karena si penagih tetap ngotot salah saya, akhirnya saya mengatakan “Ok saya salah! Sekarang apa ada potongan karena saya merasa rugi bayar yang tidak saya pakai?”. Singkat cerita si penagih mengatakan akan tanya atasannya dulu. Tidak berapa lama si penagih telepon dan bilang atasannya setuju. Melihat prosesnya makin ribet, akhirnya saya ajukan potongan tersebut untuk tagihan bulan Oktober. Jadi, saya bayar full tagihan Agustus dan September, walau saya tidak pakai sebulan penuh.

Tanggal 17 mau jatuh tempo pembayaran IndiHome, alhasil saya WA si penagih untuk potongan tersebut (karena si penagih bilang, kalau untuk Oktober sebelum bayar kabarkan dia dulu). Sampai tanggal 20 saya tidak mendapat balasan. Saya sudah bolak-balik WA, hanya di-read, tidak dibalas. Pernah dibalas call tapi hanya sekali, itu pun sebentar terus saya WA balik, hanya di-read tapi tidak dibalas.

Hingga tanggal 20 jatuh tempo hanya dibalas tagihan IndiHome sudah jatuh tempo, tanpa membalas WA saya sebelum-sebelumnya. Setelah itu saya balas WA-nya lagi dari siang, terus sampai sore saya WA hanya di-read, tapi tidak DIBALAS!!

Pertanyaan saya:

  1. Apa seperti itu pelayanan IndiHome kepada pelanggan?? Waktu saya tidak bayar, ditagih sampai ke rumah. Saat aku tagih janji, semacam orang tagih hutang.
  2. Apa tidak bisa pelanggan minta keringanan untuk pembayaran yang tidak dipakai??

Yang paling buat saya kecewa sikap si penagih yang mengabaikan saya!! Saking geram, saya blok nomor si penagih.

Mohon maaf kalau ada salah kata atau tersinggung. Terima kasih.

Saat tagih telat bayar
Pembayara tagihan telat
Wa tgl 17
Wa tgl 19
Wa tgl 20

Maaf sebelumnya, saya masih menyembunyikan foto si penagih. Karena bagaimanapun itu sudah menyangkut ke person, saya hanya ingin itikad baik saja. Jadi tolong sebagai pelanggan direspons. Saya sangat kecewa saya tidak digubris. Terima kasih.

Tulus H Lumban Gaol
Medan, Sumatera Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Telkom Regional 1 Sumatera untuk Bapak Tulus

Kepada Yth. Redaksi Surat Pembaca Media Konsumen, Terima kasih kepada mediakonsumen.com yang telah memuat surat komplain pelanggan atas nama Bapak...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Tolong donk budayakan juga membaca, jgn bilangin org saja. Yg blg saya tdk salah siapa??? Tp kan jg konsumen berhak donk minta keringanan??? Sedangkan bungan bank dll atau apapun berhak donk minta keringanan???? Apalagi utk yg tdk kita pakai, sedangkan yg kita pakai za bs minta keringanan.

    Nah skrg masalahnya keringanan itu uda di ok kan, dan si penagih uda blg ke atasannya DAN OK!! Skrg dy nagih yg dijanjikan, tp hy diread tanpa di balas!!!

    Emg anda2 yg komentar diatas ini yg budiman, rajin membaca dan sangat teliti gk pernah alami yg namanya kesalahan/kesalahan dll seperti ini di bidang lain. Trus anda jg gk pernah yg namanya mengajukan keringanan/potongan dll dalam hal apapun. Dan seandainya ada barang yg diskon 20℅ to ternyata tdk di diskon anda baik donk gk protes walau anda ty gk di gubris alias dikacangin bolak-balik,anda wa di read tp gk di balas. Trus Anda sabar dan datang membeli barang tersebut lg. Ia kan?? Baik benar Anda!!!! Saluttttt sayaaaaa... Sayangnya saya tdk sebaik Anda yg budiman2 komentar di atas. Saya merasa memiliki hak utk meminta keringanan, dan sy jg berhak menagih janji yang mereka katakan.

    • Masbro walaupun tdk baca S&K nya tp anda saat mau pasang indihome pst memilih paket speed yg berapa dan dgn harga sekian per bulan. Nah saat pilih paket nya kan anda tahu kalo itu harga per bulan, bukan per pemakaian, jd dr situ saja seharusnya anda paham bhw harga yg anda setujui itu adalah harga mati yg harus anda bayar tiap bulan. Misalkan juga anda menyewa kamar hotel 500rb per hari, anda mau seharian tinggal di kamar atau seharian pergi dan hny dipakai cuma buat tidur malam kan jg sama yg anda bayar yaitu 500rb.
      Utk keringanan potongan biasanya diberikan malo ada kesalahan teknis / gangguan yg disebabkan oleh telkom dan diberi kompensasi dgn memberi potongan atau pembayaran tagihan bisa mundur beberapa hari sesuai kesepakatan.
      Mohon sbg konsumen kita harus bijak dlm menuntut hak2 kita tetapi tdk menyalahi kewajiban kita jg

  • Emang ga nanya2 dulu pas awal ya?. Indihome maupun apa internet rumahanpake ga dipake ya dibayar pd kesepaktn awal. Biasanya kalo ga dipake misal anda mudik. Tinggal minta putus aja sementara. Jgn malu untuk bertanya .

  • Ada-ada saja perilaku pelanggan Indihome, yang belum tersambung ngotot minta segera disambung, yang sudah tersambung gak mau bayar biaya langganan, maunya bayar abonemen aja. Emangnya Indihome itu seperti PLN pascabayar? Gak pakai cuma bayar abonemen aja?

    Alasan penulis tidak ada informasi sebelumnya, alasan yang mengada-ada, semua juga tahu kalau berlangganan Indihome itu bayarnya bulanan, mau dipakai atau gak tetap bayar tiap bulan. Makanya, jangan ikutan berlangganan sebuah layanan kalau gak siap bayar bulanan.

    • Ok deh pak, terimakasih sarannya. Ya semoga bpk tdk pernah mengalami yang namanya krisis keuangan. Dimana bln ini anda mampu, bbrp bln kemudian anda tdk mampu krna satu dan lain hal. Tapi umumnya yg namanya berlangganan, pasti krna menganggap mampu, tp sayangnya tdk ada yg tau hr depan. Dan sy jg baru kali itu telat. Thanks!!

      • sabar ya ,lain x gk usah pasang indihom mending nabung ,kan sayang uang perbulan buat bayar gituan ,mending beli kartu xl aja murmer bisa di bawa kemana2,sy udah males pake indihom ,udah sy putus ,masalh nya gk bisa di bawa kemana2 ,

        • Sepertiny pengajuan potongan anda tidak di setujui pusat dan penagih itu jg bingung mau bilang apa ke anda mkny cuma diread aja dan gada respon selanjutnya. Skr mending jke plasa telkom langsung minta kepastian kalo dr media konsumen ini gada hasil jg. Kedepanny sebaiknya pakai provider modem kartu gsm saja biar pulsa habis tinggal isi sesuai kemampuan dan tidak pasca bayar

          • Itu sdh disetujui, dan dia datang pun blg akan bantu. Hanya waktu mau dipotong ditagihan September krna sdh ok, aku keep krna hrs tunggu tagihan diubah by sistem. Jd nya aku minta dipotong bln 10, dan dy meng ok kan. Tgl 17 aq wa hy di read tanpa dibalas. Bukan hy skali saya wa, tp bolak-balik tp hy di read. Tb tgl 20 saya di wa tanpa balas wa sebelumnya, lalu saya wa lg. Coba bc gambar yg terlampir..... Nah, siapa yg tdk kesal?? Jd bg penagihan, sales dibenar kan mengumbar janji sesukanya dan bertindak sesukanya? Padahal saya memakai orbit 2 bh dan paket bulanan msh aktif smpai skrg, kartu saya pun simpati & AS salah satu aktif paket. Jd bs dibilang sy pengguna setia telkom. Saya kecewa, kalau memang tdk bs diberi keringanan ya dibilang di awal, dan jgn jg menyodori diri akan membantu jika membayar.

            Pihak telkom sdh menghubungi saya kemaren, dan mslh sdh selesai. Thanks...

  • Harusnya minta permohonan cuti klo gak dipake, cuti 3 bulan juga bisa, jadi yg SDH terbayar relakan saja klo mau lanjut pakee Indihome, siapa tau bln November dpt potongan, klo sdh kesel ya berhenti berlangganan..pindah paket lain ..kok repot

    • Saya tidak sehebat anda yang tau segala hal, bisa cuti dll. Mungkin kalau anda survey penduduk +62, mn banyakan yg tau sistem atau tdk???
      Apa saya yg pertama x mengalami hal seperti ini, shg pihak telkom tdk bs mengantisipasi masyarakat darurat membaca seperti saya ini? Ok sy salah, jd tdk mau memperdebatkan ini!

      Nah masalnya skrg, apa susah membalas wa?? beda kalau dy tdk read, ini di read tp di diamkan. Tiba pas tgl jth tempo hy wa "tagihan bln ini" tanpa balasan dr yg sebelum-belumnya. Mungkin kalau dy balas saja wa sy tdk sekesal ini apapun itu, tp kalau skrg disruh bayar full setelah kesel saya mikir keras!!

  • Pengen ketawa takut dosa. Anda beli kuota internet habis gak habis kuotanya tetap waktunya ya harus beli lg. Indihome anda kalau sdh terpasang mau pakai atau gak ya harus tetap dibayar sesuai paket yg anda ambil di awal. Gak mau pakai ya ajuin pencabutan. Kalau pasang di tengah bulan nanti ada prorata di tagihan. PLN pasca bayar biarpun anda gak pakai tetap ada 40 jam pakai yg harus dibayar, kec prabayar vocer. Kalau telpon biasa kalau gak pakai ada abodemen yg harus dibayar. Kalau gak tau ya cari tau dan mengerti aturan masing-masing berbeda

      • Truz maksud pertanyaan no 2 maunya dijawab apa? DC salah jawab dikejar trus padahal gak ada kebijakan kayak gitu. Jd maunya Indihome gak dipakai gak usah bayar atau gak bayar full ya..?? Haha lucu

  • biasanya setelah registrasi.. dan sebelum pemasangan... pasti ada email dr pihak telkom tentang "S&K".. berlangganan indihome...☺️☺️

  • Ya salah sih kolektornya iming² ke orang yang ga paham. DC itu asal situ bayar aja, ngomong apapun asal cepat lunas. Bapak nya juga salah karena belum tahu kalau harus bayar walau sudah diblokir, tapi sekarang sudah tahu kan Pak ?
    Dulu saya gangguan 2 hari, ga mati total cuma lemot. Saya telpon 147 minta ada pemotongan tagihan bulan depan, sebagai kompensasi internet lemot 2 hari. Itu sifatnya pengajuan dan nanti dikabari lewat email/telpon lolos atau ga. Kalau cuma dari omongan aja ga bisa dipegang, mungkin lain kali bisa jadi pelajaran.

    • Kolektor atau tdk kolektor saya kurang tau krna saya tdk dirumah. Saya dapat srt tagihan indihome krna ada dtg kerumah org indihome nagih dgn srt dr indihome. Saya wa, sebelum saya wa sy jg liat pp nya dipakai dinas telkom krna warna nya dan sdg posisi dikantor. Jadi saya yakin kalau mkin dy bagian penagihan lngsung dr telkom, bukan DC pihak ke tiga. Apalagi sebelum meng acc kan perkataan saya, dy akan mengajukan ke atasanya dlu. Dan uda deal....seharusnya dipotong saat tagihan saat itu juga yakni tagihan Agustus-September. Hanya saja karena mnrt sy repot apalagi uda lwat tgl jth tempo september (nanti jd smkn rugi akibat telat bayar krna uda tau sistemnya stlh kejadian telat itu), saya ajukan utk pemotongan bln 10, dan dy acc. Pdhl sy minta potongan tagihan tdk 100%, 50% pun tidak mengingat itu jg kesalahan saya krna tdk tau. Nah waktu mau jth tempo bln 10, itu yg sy ty.....krna dy blg ty dy saja sebelum bayar. Saya percaya krna sy merasa dy org telkom, bukan DC dr pihak ke 3. Makanya sy tagih janji dy..., kalau emg tdk, apa salahnya dy balas "utk keluhan dtg ke plasa atau call 147" Dan sebelum ke MK saya jg uda email..

      Sebenarnya sy kesal cara tanggapan wa si penagih. Terlalu susah membalas wa yg sdh di janjikan. Tapi, yaitu td....jadi pelajaran jgn percaya ucapan si org, dan kalau uda dapat potongan.....langsung dipotong saat itu jg, krna org bisa berubah!

      Ok pak, thanks masukannya...

  • Saya suka nih kata kata "listrik klo ga di pakai hanya bayar biaya admin saja"
    apalagi alasan waktu pemasangan tidak ada penjelasan dan orang awam..
    Tapi perlu di ingat juga klo wifi itu pemakaian unlimited jadi mau pakai sedikit atau banyak ya tagihan tetap, beda dengan listrik semakin banyak pemakaian semakin besar tagihan listrik "ups saya lupa kan orang awam ya jadi ga ngerti masalah beginian..
    Tapi klo emang TS berhasil minta keringanan ya boleh lah di tiru bukan cuma untuk wifi untuk yg lain juga bisa kali, jadi buat TS terus berjuang.. anda memang cerdas, saya aja ga pernah kepikiran sampai kesitu..

    • sy punya 2 rumah, ada 1 rumah kosong, sy ga tempati, tetap saja sy harus bayar PBB secara full. wkwkkwwkkw