Surat Pembaca

Kirim Uang Pakai Aplikasi DANA, Keterangan Sukses tapi Saldo Tidak Masuk ke Rekening Tujuan

Pada tanggal 17 Oktober 2022 sekitar kurang lebih pukul 22:30 WIB, teman saya melakukan transaksi kirim uang ke rekening bank SeaBank saya dengan nomor **** **** 9504 sebesar Rp1.193.500, menggunakan metode kirim uang dari aplikasi DANA.

Saya sudah dikirimkan screenshot bukti foto kiriman transaksi sudah berhasil. Namun saat saya cek akun SeaBank saya, ternyata tidak ada saldo masuk dari akun DANA teman saya sejumlah Rp1.193.500. Saya sudah cek mutasi berkali-kali, tetap sama tidak ada saldo masuk hingga saat ini.

Saya juga sudah chat ke customer service-nya SeaBank, tapi katanya pada tanggal itu 17 Oktober 2022 memang tidak ada transaksi transfer masuk dari pihak aplikasi DANA.

Saya juga sudah minta tolong ke teman saya untuk komplain ke aplikasi DANA. Namun responsnya sangat lama, tidak ada nomor telepon yang bisa dihubungi untuk mempercepat penyelesaian masalah ini.

Berikut ini juga saya lampirkan bukti transaksi.

Semoga pihak Aplikasi DANA bisa segera menyelesaikan permasalahan ini. Terima kasih.

Agus Putra Pratama
Wonogiri, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Waduh,,ternyata bukan aku saja,,banyak juga yg nyangkut duit nya di DANA akhir2 ini,,kualitas pelayanan CS Dana jauh menurun..

    • Saya juga tf 30 sep di dana sampai hari ini tidak masuk tf nya padahal saldo dana saya sudah kepotong. Saya sudah komplain berkali kali lewat email, telp, cs bantuan. Udh ss bukti dari dananya serta mutasi laporan bank saya. Tetep aja jawabannya sedang ditindaklanjuti. Masa tindaklanjuti sampai 1bulan.

      • Saya thl 31 mei 2023 kemarin ngirim ke BNI saldo terpotongbdan keterangan aporan sukses ada tapi ke rek tujuan belum masuk sampai sekarang...

    • Aduuh gimana donk trnyata bnyk jg korban nya , saya baru 2 hari yg lalu jg transfer berhasil tapi setelah cek m banking tdk ada masuk uang nya , apalagi uang ny untuk pembayaran kpr. Saya jd sangat galau
      Udh d hubungi cs nya tapi saya takut uang ny tdk jg masuk . Baru kali ini kaya gini pdhal hampir tiap hari sya transfer pke dana

    • Sudah gitu nggak kapok kapok . Aku tuh sejak heboh Dana dana nyangkut, nggak pernah pake lagi.

      • idem pak. sy juga, pernah nyangkut 5jutaan disana, ampe berhari2 ga kelar2, kapok, begitu dana refund sy lgs tarik & ga pernah pake lg. isi kalo mau dipake saja. itupun kecil2an, kl nyangkut pun ga nyesek di dada

      • Iya , saya juga baru pertama kali ngalamin hal seperti ini, sebelum nya tidak tau , ternyata memang banyak yang mengalami permasalahan yang sama juga .

        • Saya uda ngirim dana ke no 0821636173** transaksi berhasil namun saldo dana ke no tersebut tidak masuk masuk mohon di bantu

  • Fungsi utama e-wallet adalah dompet menyimpan uang untuk membayar

    alangkah baiknya kalau mau transfer2 direct ke bank

    Dana juga bandel udah tau ewalet kasih fitur transfer gratis pula dan banyak yang nyangkut uangnya

    solusinya kalau mau transfer gratis coba gunakan flip, sehari paling individu bukan untuk bisnis gak nyanpe 5 juta gratis biaya transfer berkali2

    semua e wallet yang saya punya sih kosong, karena semua mobile banking udah bisa qris ga perlu top up lagi yang kena biaya admin 1000,

    • Hati hati ada trx mencurigakan di mutasi dana bang soalnya udah pernah saya alami saya top up dana 50k di alfamart di mutasi masuk tapi sisa 1k pas cek mutasi ada trx tidak dikenal sebesar 49k dan saya udah komplain ke email dana tpi gk balik lagi uang nya

  • Kemarin juga saya mengalami kejadian yang tdk mengenakan menggunakan aplikasi DANA, saya top up, tetapi tdk kunjung masuk saldonya, saya khawatir krna nilainya besar, setelag komplain vi email dan tlp, akhirny keesokan harinya saldonya masuk, coba email ke help@dana.id atau tlp ke CS nya 1500455, emailny cukup sekali saja jangan berulang, inshaa Allah langsung d tangani oleh DANA.

  • Menurut saya ini yang bermasalah ada pada system perbankan seabank. karena saya transfer kesana kemari pakai dana belum ada masalah, lihat saja seabank sedang banyak melakukan promo besar besaran join dengan Shopee. makanya hati hati dengan bank baru yang banyak melakukan iklan sistem perbankan mereka belum teruii sempurna.

  • Saya bukan karyawan DANA, terakhir kirim uang tanggal 26 Oktober 2022 dari CIMB Niaga ke Mandiri sebesar 5 juta, langsung sampai ke rekening tidak ada masalah. Kalo saya pribadi jarang sekali transfer uang pakai DANA bermasalah.

    Saran saya:
    1. Pastikan jaringan stabil ketika kirim uang pakai DANA, karena suka bermasalah ketika jaringan error ketika kirim uang.
    2. Hindari pengiriman uang di tengah malam, biasa bank akan tutup buku di jam tersebut.
    3. Bisa pakai alternatif selain DANA, yaitu Flip. Atau sekarang banyak juga bank digital menyediakan gratis transfer antar bank dan e- wallet secara real time seperti Jago, Seabank, Neo bank.

  • Saya sendiri udah mengalami Top up E money Rp.300rb tertulis sukses tapi saldo tidak bertambah. Proses komplain ribet dan sangat lambat. Akhirnya saya ikhlaskan.

  • Saya melakukan transaksi kirim uang dari dana ke rekening BRI dari tanggal 2 November 2022 sebesar 2.200.000 laporan transaksi berhasil tetapi uang belum masuk ke rekening tujuan sampai saat ini , sudah konfirmasi ke pihak dana katanya masalah sudah terselesaikan tpi uang saya blm masuk juga , mohon bantuannya cs dana ataupun rekan* yg pernah ngalamin seperti ini. Terimakasih