Surat Pembaca

Tour Dibatalkan, Biaya 14,5 Juta Belum Dikembalikan oleh Tourpedia a.k.a. Holidaytour a.k.a. Paketwisataliburan

Pada tanggal 10 Desember 2021 saya merencanakan liburan ke Dubai, saya menghubungi CS Tourpedia dengan nomor 0812107269**. Lalu disepakatilah keberangkatan tour Dubai untuk tanggal 15 Januari 2022 dengan total sebesar 21,4 juta. Kemudian saya membayar DP 10,5 juta pada hari itu disertai dengan pelunasan pada tanggal 23 Desember 2021 ke no rekening Mandiri 12500106342** atas nama Yun**.

Kemudian 5 hari sebelum keberangkatan tour saya ditunda dengan alasan regulasi Covid di Dubai juga dengan alasan peserta tidak memenuhi kuota. Saya tidak tetap berpikir positive thinking karena situasi covid pada saat itu memang tidak menentu.

Dengan sabar saya menunggu sampai kapan saya bisa berangkat ke Dubai. Saya kembali diinformasikan tour saya ditunda karena alasan regulasi Covid di Dubai. Saya mulai kecewa karena tour saya ditunda dua kali. Kemudian saya mencari informasi dari teman saya yang ada di Dubai dan mereka mengatakan bahwa Dubai tetap menerima turis.

Kecurigaan saya mulai muncul, mungkin tour gagal mendapatkan klien untuk memenuhi kuota sehingga saya gagal berangkat. jikalau benar itu alasannya ada baiknya mereka mengatakan yang sebenarnya bukan dengan alasan regulasi. Namun saya tetap sabar karena uang saya bisa kembali 100% karena saya tidak berangkat sama sekali.

Kemudian pada tanggal 6 Februari 2022 saya mengajukan refund, CS mengarahkan saya untuk menirimkan pengajuan ke email tourpediaindonesia@gmail.com sambil tetap menyarankan saya untuk tetap berangkat pada bulan Maret. Namun saya sudah sangat kecewa dan berniat untuk menyelesaikan permasalahan saya dengan Tourpedia secepatnya.

Kemudian mulai dari bulan Maret sampai dengan Juni 2022 saya rutin menagih dan pada akhirnya chat terakhir saya tidak dibalas oleh CS sama sekali.

Setelah saya berselancar di internet saya menemukan website yang mirip dengan Tourpedia yaitu Paketwisataliburan. Lalu saya bertanya kepada admin Paketwisataliburan apakah mereka satu perusahaan? Mereka bilang iya. Kemudian saya melanjutkan permasalahan refund dengan Pak Did** Yun**** (0813239836**).

Mulai bulan Mei saya rutin mempertanyakan perihal kejelasan refund sampai pada akhirnya saya mendatangi office (mungkin rumah owner) di alamat Jl. Arabika VIII Pondok Kopi Jakarta Timur.

Pada pertemuan itu uang saya belum dikembalikan, Pak Did** Yun**** hanya berjanji akan mencicil biaya refund sebesar Rp. 4.936.500 setiap tanggal 1 dan 7 bulan Juli-Agustus. Untuk meyakinkan saya dia membuat surat diatas materai. Berikut saya lampirkan.

Pada tanggal 9 Juli dia telat mentransfer selama 2 hari ditransfer sesuai nominal, cukup membuat saya gusar. Pembayaran kedua setelah saya dengan susah payah menagihnya hanya ditransfer sebesar 2 juta pada tanggal 29 Juli.

Lalu setelah itu sampai pada hari ini saya tidak menerima uang refund yang telah dia janjikan dengan berbagai macam alasan. Total kerugian yang saya alami adalah sebesar 14,5 juta belum lagi dengan waktu, tenaga, dan pikiran untuk menagih dan memikirkan bagaimana caranya uang saya kembali.

Setelah saya melakukan banyak pengamatan, ditemukan bahwa Did** Yun**** ini telah banyak merugikan orang dengan nilai yang fantastis. Anda bisa cek laman ini:

Pengalaman Buruk Bersama Holiday Tour (PT Surya Cempaka Mulya)
https://mediakonsumen.com/2018/06/21/keluhan/pengalaman-buruk-bersama-holiday-tour-pt-surya-cempaka-mulya

“Bad Service” dan “PHP” oleh Holiday Tour (PT Surya Cempaka Mulya)
https://mediakonsumen.com/2019/07/27/surat-pembaca/bad-service-dan-php-oleh-holiday-tour-pt-surya-cempaka-mulya

Kisah yang dilaporkan pada website mediakonsumen sangat mirip sekali dengan kejadian yang saya alami. Modusnya tour mengalami banyak kendala, dan agen bersedia memberikan refund tapi refund hanyalah janji-janji dan uang yang dikembalikan tidak penuh sehungga sangat merugikan banyak orang dan khawatirnya akan lebih banyak yang mengalami hal yang sama oleh pak Did** Yun****.

Invoice saya pada tanggal 11 Desember 2021 tertera atas nama PT. Surya Cempaka Mulya. Namun sepertinya nama PT tersebut sudah memiliki banyak jejak digital negatif sehingga mereka sekarang menggantinya dengan PT. Toorizindo Cemerlang. Masih dengan website yang sama, dengan alamat yang sama, CS yang sama namun PT yang berbeda. Tentunya ini menimbulkan kecurigaan pada konsumen apalagi banyak jejak negatif yang sudah terbukti mereka lakukan sehingga merugikan banyak orang.

Holidaytour, Tourpedia, dan Paketwisataliburan adalah tour agent yang sama dibawah PT. Surya Cempaka Mulya yang kini menjadi PT. Toorizindo Cemerlang. Saya tidak bermaksud mencemarkan nama baik ini, dan apabila tulisan ini masih bisa Anda baca, ini berarti bahwa saya telah mengalami kerugian sebesar 14,5 juta yang belum mereka kembalikan.

Apabila anda sempat tertarik memilih Holidaytour, Tourpedia, dan Paketwisataliburan sebagai tour agent perjalanan anda, saya sarankan untuk mengurungkan niat Anda, karena sudah terbukti banyak yang dirugikan.

Ulum Dita
Kab. Bekasi Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Noted. bukan pencemaran nama baik. jelas meminta pertanggungjawaban yang ada. Lanjuttt terus kalo rngga jelas laporkan saja kepada pihak berwajib.

  • Bener bu banyak agen travel yang melakukan penipuan dengan modus cc.... anehnya mereka bisa dapet nomor klien r dari mana.... apakah dari pihak cc yang membocorkan datanya

  • Komunikasi dan kumpulkan para korban yang senasib untuk kemudian buat laporan polisi. Publikasi kasus lewat Media Konsumen tidak cukup, gunakan media lain. Tidak perlu risau dengan aduan balik perihal pencemaran nama baik karena anda dan korban lain pegang bukti-bukti setor dana dan pengembalian masih tertahan. Surat pernyataan bermaterai yang dibuat Didit Yunarto itu adalah salah satu bukti penting jika disertai bukti transfer yang belum tuntas.

  • info yg bermanfaat nih, jadi pelajaran bgt kl mau milih tour agent, dikejar aja terus 14,5 juta, minta refund dari feb 2022 skr udah okt 2022,belum lunas juga

  • Sehubungan dengan complain Ibu Dita, kami tanggapi sbb :
    1. Sebagian besar kronologis benar, dari sisi bu Dita (customer) tapi perlu juga dilihat dari sisi kami
    2. Kondisi terjadi masa pandemik Covid, dimana perjalanan masih buka tutup
    3. Kami sudah pernah menawarkan reschedule, karena dari operator UAE tidak bisa refund cash
    4. Karena tidak berkenan reschedule, kami menyanggupi untuk talangan refund scara cash
    5. Dalam perjalanannya karena masih kondisi pandemi, dan bisnis wisata ke luar negeri belum normal, memang ada keterlambatan. namun demikian kami sudah melakukan transfer talangan lebih dari separoh.
    6. Tiba2 Ibu Dita memberikan link, bahwa beliau sudah memposting keluhan ini di media konsumen dan bahkan membuat blog.
    7. Sebetulnya kami sangat dirugikan dgn artikel ini, karena usaha kami yg berbasis di web site sejak 2010 sangat terganggu. Namun demikian kami masih mentolerir kekecewaan dan postingan tsb
    8. Kami sdh pernah beberapa kali menawarkan akan segera menyelesaikan sisa refund (kalo hitungan kami sekitar 9 Jutaan lagi).
    9. Namun tidak direspon positif.
    10. Bahkan Ibu Dita pernah mengirim SS chat WA calon customer kami yg batal karena referensi media konsumen ini, Skali lagi kami tawarkan utuk menyelesaikan, dengan syarat tentu saja menghapus artikel. Namun tetap tidak ada respon positif.

    Demikian tanggapan kami.
    Sampai saat ini kami tetap beritikad baik menyelesaikan kasus ini.

    Apabila ada yg ingin klarisikasi langsung dengan kami daoat ke nmr 0813239836**.

    Demikain. Trims Media Konsumen.

  • Saya salah satu korban dari beberapa orang yg termasuk kena tipu dan selalu diberi janji yang tak ber ujung sama orang ini, yang sampai tgl dan hari ini uang saya belum di kembalikan....dengan dalih pembatalan Tour dan Umroh.
    Mari kita berdoa untuk orang ini supaya segera di laknat allah, dan di kutuk Allah seluruh keluarganya, kami salah satu korban dari beberapa orang yang kena tipu, mendukung untuk terus gerakan ini .....
    Amiennn ya allah semoga di dengar doa kami...
    salam dari orang yg di zolimi....
    Tertanda.....
    Bpk DY ( Sleman Bersinar )

    • jgn mau hapus artikel ini
      klo memang mau diselesaikan
      lunasi dan buat artikel baru dgn keterangan kasus sudah selesai
      klo belom dilunasi.buat artikel lagi

    • Saya mengalami hal yg SMA pak ,gmn dana ny UD d kembaliin blm pak ,klo blm kita lapor kn sama" aj biar d tindak