Surat Pembaca

Tidak Bisa Bertransaksi di Tokopedia karena “Terlalu Banyak Bertransaksi”

Saat ini saya mengalami problem untuk transaksi di Tokopedia, dikarenakan terlalu banyak bertransaksi/kelebihan penggunaan.

Padahal di sini konteks kasus saya:

  1. Saya bertransaksi dengan toko-toko yang memang sudah langganan. Hingga tahun lalu saya sudah cukup rutin untuk order karena kebutuhan sendiri.
  2. Nominal transaksi juga sewajarnya, tidak ada yang sangat besar untuk mengejar cashback.
  3. Saya menggunakan promosi/cashback yang disediakan dari Tokopedia. Apabila ada notifikasi tidak bisa menggunakan kupon cashback karena sudah melebihi batas, saya langsung disable kupon promo cashback tersebut.
  4. Saya berlangganan Tokopedia PLUS, yang mana sesuai promosi Tokopedia, bisa mendapatkan “BEBAS ONGKIR” tanpa batas. Maka dari itu saya berhak untuk menggunakan layanan tersebut dengan membayar metode pembayaran sesuai yang ditawarkan, salah satunya kartu kredit.

Yang saya sayangkan di sini, respons dari perusahaan sebesar Tokopedia, yang sudah public listed di BEI dengan valuasi yang ratusan triliun, untuk meng-handle kasus seperti ini saja sangat lama, tidak responsif dan menurut saya tidak profesional. Berikut ini screenshot respons dari Tokopedia:

Konteks tambahan kenapa saya sampai melaporkan ke sini, karena sebelumnya saya pernah terkena kasus yang sama pada tanggal 26 September 2022, dan baru diselesaikan tanggal 01 Oktober 2022, hanya perihal tidak bisa transaksi karena kelebihan penggunaan di Tokopedia.

Semoga pihak Tokopedia bisa menerima kritik dan masukkan, dan bisa mengubah sistem dan respons menjadi lebih cekatan, mengingat skala perusahaan dan bidangnya  teknologi. Karena hal seperti ini sangat mengganggu bagi konsumen yang sudah terbiasa belanja dan menjadi pelanggan setia di Tokopedia.

Johan
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Ini yang dibatasi cuma metode pembayaran KK ? Apa mungkin kebijakan dari bank penerbitnya ?
    Baru tahu sih kalau dibatasi pembelian di Tokped. Saya juga termasuk sering belanja di Tokped buat kebutuhan usaha, Diamond Plus. Tahun kemarin transaksi 1.700 X ga ada pembatasan tuh. Tapi memang jarang pakai KK, paling kalau nilai besar dan mau nyicil.

    • Ini gangguan dari tokopedia,aku kemaren pernah kejadian seperti ini langsung lapor tokopedia proses 3-4 hari baru bisa lagi

    • Langganan plus gw kok dihentikan sepihak sama Tokopedia ya dengan alasan sering transaksi ulang untuk resale/jual kembali,
      Buat apa coba daftar plus klo gx buat belanja untuk dijual, klo buat keperluan sendiri tanpa plus jg bisa, soalnya sering belanja di semua e-commerce, mau nulis di media konsumen belum sempet, begitu dihentikan lsg saya hapus aplikasi nya, member diamond plus rasa gembel di toped, sangat buruk gx sesuai promo free ongkir unlimited, ketika buat belanja melanggar aturan krn keseringan belanja, padahal sehari cuma 3-5 kali apalgi klo sehari 100x ?

      • Sy di jawa, Surabaya, udah diamond tapi ga isa daftar plus dr awal rame2 plus :((. Kayaknya keseringen belanja :((. Akhirnya banyak pke si orange

      • Akun Plus tokopedia juga dihentikan sepihak karena dituduh belanja resale.
        Padahal saya baru membayar 4 hr dan belanja 5x di toko yg berbeda.
        Pembayaran biaya plus 225.000 juga tdk bisa direfund

  • transaksi pembayar cod juga dibatasi,padahal transaksinya udah beda hari.akhirnya pakai transaksi marketplace biru,kebijakan tokopedia tambah aneh

  • Jadi inget jaman dulu sewaktu masih ada elevenia.com, sebelum yang lain pada ada (baca: maju). Saya juga dibatasin transaksinya, persis seperti TS karena sudah banyak transaksi.

  • Iya , saya jga di batalin otomatis trus, saya tanya cs tokped gak puas, yaudah ganti toko sebelah

  • Coba pembayaran nya jgn pake KK, pake transfer lngsung, kemungkinannya itu limit kartu kreditnya yang sdh melebihi batas limit..

  • KK belum over-limit kan? Apakah sebelumnya di hari yang sama sudah belanja beberapa kali dengan KK yang sama?

    Nafas saja kalau ngos-ngosan butuh jeda, cobalah belanja lagi di hari lain dengan KK yang sama.

  • Itu sih sepertinya bukan kesalahan Tokopedia. Saya jg sering mengalami hal yang sama, tidak hanya di tokopedia, tp juga di marketplace lain. Dan kebetulan juga pake CC BCA yg setahu saya memang membatasi penggunaan dalam 1 hari. Saya lupa tepatnya berapa, tp sekitar 10-15x transaksi per hari apalg digunakan di marketplace yg sama berulang kali. Tujuan pihak bank simple aja sih, takutnya dipakai untuk fraud. Jd dicoba saja tunggu 1x24 jam dari transaksi terakhir, kalo memang msh belum bisa transaksi baru deh telpon banknya.

  • Memang di batasin toh perhari 8 TRX pakai KK, coba hubungi kartu penerbit KK, jangan sikit ke MK, manja kali

  • Kalau sy juga sering dibatasi di tokopedia tetapi bukan pembayaran KKnya. Tapi pembelian pulsanya karena sdh melebihi batas yg ditentukan. Hal ini terjadi karena sy menggunakan 2 akun 1 tokopedia dan 1 mitra tokopedia.klw pembeliam pulsa sy lbih suka mitratokopedia karna lbih murah. Sehingga dalam 1 hari banyak sy membeli pulsa karna ada rekan2 yg beli pulsa sana sy. Sehingga jika habis kuota pulsa di mitra tokopedia sy pakai tokopedia namun ketika membeli pulsa yg terjadi justru notivikasi yg menyatakan tranksaksi tidak dapat dilakukan karema sudah melebihi pembelian. Sy pun nggak ngerti apakah transaksi di mitratokopedia terbaca jg ditokopedia kah.

  • Pembelian dengan KK ada batasan.
    Dulu saya di mandiri malah cuma 5x sehari. Habis itu ga bisa transaksi, harus tlp CS untuk reset